Kekurangan Promosi di Whatsapp Bisnis yang Perlu Kita Ketahui

Kekurangan Promosi di Whatsapp

Kekurangan promosi di whatsapp —Sebagai aplikasi yang mempunyai ratusan juta pengguna, tentunya whatsapp juga tidak tertutup pada kekurangan yang dimilikinya. Telah kita bahas pada postingan sebelumnya bahwa whatsapp adalah aplikasi yang sangat mudah untuk kita operasikan. Namun tahukah anda bahwa whatsapp mempunyai beberapa kelemahan, terutama untuk kita yang memanfaatkannya untuk digital marketing atau pemasaran online. Tulisan ini tidak berniat untuk memberikan kampanye yang negatif kepada aplikasi yang satu ini. Namun ini adalah sebentuk usaha agar kita menyadari kekurangan tersebut serta dapat mempergunakan sebaik-baiknya di balik kekurangan yang ada.

Whatsapp Marketing Riwayatmu Kini

Pertama-tama kita akan membahas mengenai whatsapp sebagai media promosi atau sebagai piranti digital marketing. Di sini peran whatsapp dalam digital marketing sangatlah penting. Whatsapp merupakan kawah tempat pertemuan antara penjual dan pembeli yang melakukan negosiasi di platftorm lain. Whatsapp adalah media sejuta umat karena usia berapapun dan kalangan manapun menggunakan media ini. Proses marketing via whatsapp atau yang akrab kita sebut sebagao whatsapp marketing kini sudah tidak terhitung jumlahnya. Saking mudahnya pengoperasian whatsapp akhirnya membuat semakin banyak orang melakukan proses digital marketing di sini. Namun whatsapp juga tidak lepas dari cacat. Whatsapp terkenal sebagai tempat di mana banyak bersliweran hoax dan berita palsu. Itu hanya salah satu kekurangan yang whatsapp miliki. Tulisan ini akan mengulas mengenai kekurangan promosi di whatsapp.

Kekurangan Whatsapp

Kecintaan kita kepada whatsapp tentunya tidak akan pernah pudar hanya karena tulisan ini mengulas mengenai kekurangan whatsapp. Justru kecintaan ini akan bertambah besar manakala kita mengetahui kekurangan dan kelebihan dari suatu hal. Untuk itu kita akan membahas satu per satu kekurangan whatsapp agar kita semakin bijak kapan harus menggunakan whatsapp untuk marketing dan kapan harus menggunakan platform lainnya.

Baca juga :   Contoh Kata Kata Pesan Diluar Jam Kerja, dalam Whatsapp Business

Secaa umum kekurangan whatsapp adalah minimnya pengamanan chat atau privasi penggunannya. Kita sering mendengar bagaimana whatsapp banyak yang meretas sehingga data pengguna dimanfaatkan oleh orang tidak bertanggung jawab. Ini hanya satu kekurangan whatsapp. Kekurangan lainnya adalah terkait dengan banyaknya hoax yang beredar di dalamnya. Tentu kita sering mendengar bahwa grup whatsapp keluarga adalah lalu lintas hoax paling ramai dalam telepon seluler. Ada benarnya juga karena informasi-informasi tak bertanggung jawab itu tidak hanya terkait penipuan uang melainkan juga propaganda politik. Tulisan ini akan berfokus pada kekurangan whatsapp sebagai media untuk mempromosikan sesuatu. Yuk, simak ulasan dari kami berikut ini mengenai kekurangan promosi di whatsapp

Kekurangan WA Sebagai Media Promosi

Kelemahan Whatsapp Bisnis sebagai media untuk promosi atau digital marketing adalah format marketingnya masih bersifat pasif. Maksudnya adalah digital marketing dalam whatsapp sifatnya masih penjual mencari pembeli, dan bukan pembeli mencari penjual. Tentu kita sudah banyak menyimak banyak trik whatsapp marketing cenderung penjualnya secara aktif mencari pembeli agar jualannya laku. Cara ini sudah agak konvensional dalam bidang digital marketing dan membutuhkan tangan tangan kreatif untuk dapat mengupgrade format marketing dalam whatsapp. Whatsapp sebetulnya juga lebih cocok sebagai media untuk mengclosingkan transaksi daripada untuk marketing atau selling. Oleh karenanya kita perlu trik dan strategi lebih lanjut kalau memang pangsa pasar potensial kita masih berada di whatsapp. Kekurangan Promosi di whatsapp berakibat adanya kelemahan ketika kita memaksa berjualan di whatsapp

Kekurangan Berjualan di Whatsapp

Sekali lagi tulisan ini tidak bermaksud melarang pebisnis untuk menggunakan whatsapp. Tetapi untuk menginformasikan bahwa selama ini ada beberapa aspek yang perlu kita perhatikan sebelum menggunakan whatsapp bisnis unttuk berjualan. Kekurangan yang nampak nyata dari berjualan di whatsapp adalah terbatasnya daya jangkau whatsapp bisnis dan terbatasnya media kita untuk mempromosikan produk. Meskipun whatsapp bisnis mempunyai fitur katalog yang sudah kita bahas panjang lebar beberapa hari lalu, namun katalog itu tidak bisa maksimal apabila produk kita banyak. Oleh karena itu whatsapp masih memerlukan platform lain untuk dapat kita gunakan sebagai media berjualan. Misalnya dengan memback up nya melalui website ataupun katalog online di google drive.

Baca juga :   Keahlian yang dibutuhkan tahun 2021, Buruan Siapkan Keahlian Terbaikmu

Keterbatasan yang ada di aplikasi whatsapp bukan sebuah halangan sebenarnya untuk memakai aplikasi ini sebagai media berjualan. Buktinya Bapak Dosen Jualan, Suryadin Laoddang, mampu untuk menggali trik dan tips whatsapp marketing secara mendalam saking kecintaan beliau pada aplikasi yang satu ini. Bapak Dosen Jualan menggunakan kelemahan whatsapp justru sebagai kelebihannya. Terbukti ada banyak trik yang beliau miliki dan masih work dicoba untuk berjualan online.

Kelebihan dan Kekurangan Whatsapp Business : Dua hal yang tidak mutlak

Bisa jadi kekurangan whatsapp itu memang sengaja agar kita lebih kreatif lagi dalam menggunakannya. Maka bolehlah kita menyebut kalau kelebihan dan kekurangan whatsapp business itu sebenarnya tidak mutlak. Maksudnya adalah kita tetap dapat berjualan di whatsapp bisnis asalkan kita mempunyai ilmu yang cukup untuk mengotak-atiknya.

Whatsapp Business juga masih memberi kelonggaran kita untuk menggunakan gratisan maupun yang premium. Jadi mungkin karena kita sering memakai yang gratisan, maka whatsapp hanya memberikan fitur yang terbatas kepada kita. Bayangkan, fitur gratisan whatsapp bisnis saja sudah powerfull sekali kita gunakan, apalagi kita menggunakan yang premium. Tentu akan lebih berdaya guna sekali untuk proses digital marketing.

Biaya Whatsapp Business yang Premium

Kalau selama ini kita menggunakan whatsapp business yang gratisan, kita juga wajib tahu berapa biaya whatsapp business yang premium. Melansir dari website tekno.kompas.com, menyebutkan bahwa biaya whatsapp business API adalah sekitar 280.000 hingga 350.000 rupiah. Di awal penggunaan whatsapp business premium kita masih harus membayar biaya sekitar 330.000-350.000. Kita akan mendapatkan 250.000 pesan untuk kita gunakan dalam proses marketing. Jadi dengan membayar sekitar 330.000 rupiah kita mendapatkan 250k pesan. Apabila sudah terlampaui angka tersebut maka kita akan mendapatkan potongan harga sebesar 300.000 rupiah untuk pesan yang akan kita gunakan. Biaya untuk whatsapp business API yang premium ini berbeda antar satu negara dengan negara yang lain.

Baca juga :   The Next Level Optimasi Google Maps

Kelebihan Whatsapp Business yang Premium

Ada harga ada barang. Rumus tersebut berlaku untuk aplikasi whatsapp business. Ternyata ada banyak sekali perbedaan antara whatsapp business gratisan dengan versi berbayar. Apa saja perbedaannya?

Whatsapp business versi premium dapat kita pergunakan dalam skala luas. Oleh karena itu dulunya hanya Perseroan Terbatas saja yang diperbolehkan mempunyai whatsapp business API. Selain itu kelebihannya WA Bisnis Premium adalah akunnya dapat terakses oleh banyak pengguna dalam waktu bersamaan. Kita tahu sendiri bahwa whatsapp business versi gratisan hanya bisa kita hidupkan di satu handphone saja. Selain itu whatsapp business versi API juga bisa melakukan blast pesan ke banyak nomor tanpa menyimpan nomornya. Cara ini biasanya di gunakan oleh perusahaan besar yang sudah mapan. Nah, untuk perusahaan yang besar biasanya sudah teverified sehingga kita dapat mengetahui itu akun palsu atau tidak. Whatsapp business yang sudah terverified biasanya akan ada centang hijaunya. Proses untuk mendapatkan verifikasi ini cukup lama dan harus berkoordinasi dengan pihak whatsapp API untuk mengurus persyaratannya.