Ini Dia Manfaat Website Untuk Bisnis

Manfaat Website Untuk Bisnis

Belum Punya Website? Berikut Manfaat Website Untuk Bisnis

Bagi para pengusaha yang sudah naik daun usahanya, website bukanlah suatu hal yang asing lagi. Mereka mendapatkan manfaat website untuk bisnis karena ada banyak keutungan yang akan didapatkan dari penggunaan website. Di era yang sudah semakin maju ini sangat sayang jika tidak memanfaatkan website untuk bisnisnya.

Jaman dulu mungkin banyak pengusaha kecil-kecilan yang menganggap jika website tidak begitu penting untuk usahanya. Berbeda dengan jaman sekarang, banyak pemilik usaha yang saat ini sudah mulai melek teknologi. Hal ini menjadikan pemilik usaha online mulai bermunculan di tengah-tengah masyarakat dan menggunakan website untuk update informasi seputar bisnisnya.

Seiring berjalannya waktu, pemilik usaha kini mulai merambah dunia wesite untuk dijadikan sebagai media promosi. Tapi, tak sedikit juga yang belum menggunakan website untuk bisnisnya karena mereka berfikir jika usahanya masih kecil dan tidak perlu menggunakan website.

Alangkah lebih baiknya mari kita simak dulu penjelasan mengenai website, apa sih website itu dan apa aja sih manfaat website untuk bisnis, agar nantinya kita bisa mendapatkan gambaran yang pasti terkait penting atau tidaknya website untuk bisnis.

Apa itu website?

Website merupakan kumpulan dari halaman web atau kumpulan domain yang saling berhubungan dan dapat kamu akses secara luas dengan menggunakan internet melalui halaman depan (home page).

Website pada umumnya berisikan sebuah informasi yang berupa teks, gambar, animasi, video dan masih banyak lagi.

Jenis-jenis Website Berdasarkan Fungsinya

  • Company Profile

Company profile adalah website yang perusahaan gunakan untuk menampilkan informasi-informasi perusahaan seperti alamat, visi misi, produk dan lain-lain.

  • Government

Merupakan website resmi milik pemerintah atau organisasi pemerintah yang mereka gunakan untuk menampilkan informasi terbaru seputar pemerintah.

  • E-commerce
Baca juga :   Perbedaan Tiktok dan Snack Video , Kamu Pilih yang Mana?

Website e-commerce merupakan website yang mereka gunakan untuk mempromosikan suatu produk dan juga untuk transaksi jual beli.

  • Blog

Blog biasanya berisi sebuah artikel seputar informasi, ide, atau bahkan pengalaman pribadi penulis. Tujuannya adalah untuk berbagi pengetahuan kepada pembaca.

Manfaat Website untuk Bisnis

Berikut ini ada beberapa manfaat website untuk bisnis yang harus dan wajib kamu ketahui:

  • Meningkatkan kredibilitas perusahaan

Jika pengguna internet semakin banyak, tidak menutup kemungkinan jika akan semakin banyak pencari informasi menggunakan internet. Hal ini menjadi salah satu kesempatan emas bagi para pemilik bisnis untuk membuat website. Dengan membuat tampilan yang menarik pada website, maka pelanggan akan lebih percaya dengan produk kamu hanya dari melihat profiil yang kamu buat.

  • Meningkatkan trafik penjualan

Dengan memiliki website untuk bisnis, maka trafik penjualan akan semakin meningkat. Hal ini karena banyak orang yang ingin mencari sesuatu dengan cara mencarinya di mesin pencari, Google. Jika bisnis yang kamu jalankan memiliki website, tidak menutup kemungkinana jika pelanggan/konsumen akan mudah menemukan dan membeli produk kamu. Dengan demikian, omset kamu akan dapat meningkat.

  • Mudah diakses dan dijangkau

Website merupakan salah satu layanan yang mudah untuk diakses dan dijangkau oleh siapapun. Jika bisnis kamu memiliki website, maka para pelanggan akan sangat mudah untuk menemukan bisnis kamu di internet melalui website yang kamu buat.

  • Menjangkau target pasar yang lebih luas

Website merupakan sarana yang tepat untuk dijadikan sebagai tempat promosi. Dengan menggunaan website untuk bisnis kamu, maka target pasar akan lebih luas. Hal ini karena website dapat dijangkau dari mana saja dan kapan saja.

  • Bisa selalu update informasi kepada pelanggan
Baca juga :   Contoh Kalender Konten Instagram Versi Kampus Dosen Jualan

Dengan memanfaatkan website untuk bisnis, Kamu dapat melakukan update informasi setiap hari dan pelanggan akan mudah mendapatkan informasi tentang produk kamu melalui website toko online kamu.

  • Hemat biaya

Beriklan mengguankan website sangat membantu kamu dalam menghemat biaya. Hal ini berbeda dengan beriklan menggunakan tv atau radio yang membutuhkan biaya cukup mahal.

Contoh Website Builder untuk Marketing

Tenang aja untuk membuat website saat ini ngak perlu jago coding kok. Kamu bisa manfaatkan website builder untuk mesin membuat website dan menyambungkan ke domain .com atau domain lainnya yang mungkin kamu rasa lebih efektif dan berpotensi muncul di pencarian google lebih banyak.

Apa saja website builder yang bisa kamu gunakan? Berikut 4 website builder yang bisa kamu gunakan saat ini:

  • WordPress

WordPress.org merupakan sebuah platform untuk membuat website yang sudah lama dan popular hingga saat ini. Tak sering pasti kamu pernah menemukan artikel di google yang websitenya menggunakan domain .wordpress.

Namun jika kamu tidak menginginkan website berdomain .wordpress kamu bisa menyambungkan dengan domain lain yang lebih baik. Untuk yang masih pemula, wordpress.org ini menawarkan kemudahan dalam fleksibilitas dan kustomisasinya yang lebih mudah dan tentu memuaskan.

  • Wix

Siapa sih yang tidak mengenal website builder yang satu ini. Wix merupakan website builder yang memiliki banyak fitur menarik sehingga bisa kamu gunakan untuk berbagai kepentingan.

Website builder yang satu ini memiliki fitur templete yang banyak serta fitur drag and drop yang bisa kamu gunakan untuk mengkostumisasi website sesuai dengan keinginanmu sendiri lho. Wix juga menawarkan paket berlangganan yang bisa kamu gunakan jika wix gratis tidak cukup untuk memberikan manfaat website untuk bisnis.

  • Zyro
Baca juga :   Perlu Konsultan Digital Marketing di tahun 2021?

Mungkin namanya tidak begitu popular seperti wordpress. Namun zyro menawarkan website yang bisa kamu gunakan untuk jualan dengan setup dalam waktu yang sekejap. Disini kamu tak perlu banyak ribet ribet untuk membuat website bisnis.

Bahkan kamu bisa berlangganan mulai 20 ribu perbulan untuk website bisnis, di dalamnya sudah ada bandwidth dan storage tanpa batas lho. Jadi tak perlu ragu lagi untuk menggunakan website builder yang satu ini.

  • BigCommerce

Seperti namanya, bigcommerce memang fokus untuk pembuatan website untuk ecommerce. Namun walau begitu cocok untuk website ecommerce, bigcommerce lebih berpihak kepada mereka yang sudah familiar dengan website bisnis alias kurang cocok untuk pemula.

Kamu bisa mencoba menggunakan bigcommerce secara gratis selama 15 hari dan sekiranya cocok bisa berlangganan dengan paket yang disediakan.

Nah itu tadi 4 website builder yang bisa digunakan untuk mendapatkan manfaat website untuk bisnis.

Bagaimana banyak kan manfaat website untuk bisnis!

Bagaimana pendapat kamu, apakah website penting untuk usaha kamu? Terlepas dari penting atau tidaknya, membuat website untuk bisnis merupakan langkah yang tepat yang harus kamu ambil. Hal ini karena, website sangat menguntungkan, seperti yang sudah dijelaskan di atas website memiliki banyak manfaat untuk bisnis kamu.

Jadi, sekecil apapun usaha kamu gunakanlah website untuk memasarkan produk kamu agar trafik penjualan kamu semakin meningkat. Jika kamu ingin mempelajari tentang Contoh Tulisan Artikel SEO untuk Mengisi Website dan Blog Kamu

Semoga artikel ini bermanfaat. Nantikan artikel-artikel menarik lainnya di website ini. See Youu…