Cara Mereview Google Maps dengan Local Guide : Pertemuan V Mentoring Onboarding Bank BI

cara mereview google maps

Ketemuan lagi di dunia maya teman-teman, sayangnya gak ditemani oleh Luna Maya. Semoga tidak ditemani oleh Lucinta Luna, gelay. Materi hari ini adalah lanjutan dari materi kemarin yang, masih tentang cara mereview Google Maps. Fitur ini adalah ibarat tempat menuangkan kesan kita terhadap suatu tempat. Juga sebagai cara kita untuk mendapatkan poin. Lho kok poin? Apakah dengan mereview suatu tempat maka kita akan mendapatkan poin? Yuk simak faktanya berikut ini.

Jadi memang bukan rahasia lagi kalau Google my business dapat mendatangkan poin selain kita juga akan mendapatkan keuntungan berupa promosi bisnis gratis dari sana. Namun tidak serta merta ketika kita memberikan review maka maka akan mendapatkan poin. Sebelumnya kamu sudah harus mendaftar di akun local guide agar ketika menerapkan cara mereview google maps kamu bisa mendapatkan poin.

Apakah poin ini dapat kita tukarkan dengan uang? Ataukah poin ini dapat kita gunakan untuk membeli barang? Tentunya tidak sobat KDJ semua. Poin yang kita dapatkan di google maps ketika mereview suatu tempat akan terakumulasi untuk menaikkan lencana akun local guide kita. Beberapa kelebihan jika kita dapat menaikan akun local guide adalah kita dapat mudah membuat titik maps di google. mungkin kamu sering mengalami kesulitan ketika membuat titik maps dengan akun biasa. Tapi itu tidak akan terjadi jika kamu membuatnya dengan akun local guide.

Sebuah akun local guide juga dapat menjadi media untuk kita mempromosikan suatu produk tertentu. Jadi ketika kamu mereview sebuah tempat, maka kamu dapat sekaligus mempromosikan produk kamu sendiri di review tersebut. sebuah akun local guide dengan lencana bintang yang tinggi tentu akan lebih banyak yang melihat daripada review dari akun biasa. Itulah beberapa manfaat jika kita dapat menerapkan cara mereview google maps dengan akun local guide. Lalu bagaimana peraturan pemberian poin di google maps?

Baca juga :   Kelebihan Dan Kekurangan Google Bisnis

Sistem Poin di Google Reviews dengan Akun Local Guide

Di Google Local Guide, semakin sering banyak review yang Anda berikan, makin tinggilah bintang Anda, makin tinggi bintang Anda, makin mantap juga kredibilitas Anda di Google. Tingginya kredibilitas tersebut membuat anda akan makin dipercaya oleh google. Makin banyak potensi hadiah dan fasilitas yang Anda dapatkan, lho tentunya. Berikut adalah point yang bakalan Anda dapatkan di Google Local Guide;

  1. Memberikan 1 Review akan mendapat 10 poin per review
  2. Dengan memberikan 1 Review dengan lebih dari 200 karakter akan mendapat 10 poin bonus per review
  3. Memberikan 1 Rating akan mendapat 1 poin per peringkat
  4. Dengan memberikan 1 Foto akan mendapat 5 poin per foto
  5. Memberikan 1 Video akan mendapat 7 poin per video
  6. Dengan memberikan 1 Jawaban akan mendapat 1 poin per jawaban
  7. Merespon 1 Tanya Jawab akan mendapat 3 poin per respons
  8. Melakukan 1 Pengeditan tempat akan mendapat 5 poin per edit
  9. Dengan melakukan 1 Penambahan tempat akan mendapat 15 poin per tempat yang ditambahkan
  10. Melakukan 1 Penambahan jalan akan mendapat 15 poin per jalan yang ditambahkan
  11. Dengan melakukan 1 Pemeriksaan fakta akan mendapat 1 poin per fakta yang diperiksa

Maka rajin-rajinlah Anda memberikan review di Titik Google Maps teman Anda, atau tempat-tempat yang pernah Anda kunjungi, atau di sekitar Anda. Cara Mereview Google maps ini harus segera anda terapkan.Tips dari Dosen Jualan adalah anda harus senantiasa menghidupkan fitur lokasi agar dapat merekam tempat mana saja yang anda kunjungi.

Sebab biasanya google maps akan menyarankan sendiri kepadamu untuk mereview tempat terakhir yang anda kunjungi. Jadi tidak lama begitu anda sampai rumah, maka pemberitahuan itu akan masuk dan bisa anda review tempat tersebut.

Baca juga :   Menulis Artikel SEO Friendly itu Gampang dan Mengasyikan, Simak Caranya Berikut Ini

Mumpung masih hangat maka segeralah untuk review tempat itu. Jangan sampai menunda-nunda sehingga anda sudah lupa dengan kesan di tempat itu. Tidak perlu panjang reviewnya, karena anda dapat mengkombinasikan review dengan foto sehingga dapat meningkatkan poin yang anda dapatkan.

Ulasan Google Tidak Muncul? Biasanya Karena Hal-hal Berikut ini

Terkadang ulasan yang anda berikan di sebuah titik tempat tertentu tidak muncul karena suatu hal. Ini sering sekali terjadi di akun local guide. Beberapa sebabnya adalah ulasanmu google angkap sebagai spam sehingga anda harus berhati-hati. Dan jangan lupa untuk memberikan ulasan dengan cara yang sopan. Meskipun anda mengkritik tapi usahakan kritik yang membangun. Berikut adalah beberapa sebabnya ulasan google tidak muncul;

Meski Anda bebas memberikan komentar di tempat orang lain, tapi hindarilah memberi komentar berikut :

  1. Kritik Negatif, menjatuhkan, apalagi fitnah. Semua UMKM dalam proses bertumbuh, tentu ada banyak hal yang perlu kita perbaiki bersama. Biarkan mereka berproses. Misalnya, ada restoran yang masakannya gak enak. Maka berilah komentar seperti ini :

“Keren banget restonya, terutama desain eksterior dan interiornya, parkirnya luas, mudah dijangkau, titik G-Mapsnya tepat. Semoga kedepan menu masakannya makin variatif dan mak nyoos”

  1. Jangan numpang jualan, komentar Anda tidak boleh terang-terangan jualan disana. Itu tidak beretika, tidak santun. Solusinya, gunakanlah nama akun email Anda yang berbau jualan (kata kunci), dengan demikian Anda sudah jualan secara terselubung, biarkan orang yang penasaran dengan nama itu dan menghubungi Anda.
  2. Janganlah memasang foto produk Anda di kolom komentar / foto.
  3. Juga tidak baik, jika Anda mencantumkan nomor HP dan alamat web Anda disana. Termasuk alamat link marketplace Anda. Lebih baik cantumkan saja nama produk anda di user yang anda pakai untuk mereview.
Baca juga :   Cara Caper ke Customer dengan Rumus AIDA dalam Jualan

Ulasan Di Google Map Tidak Muncul

Terkadang setelah kita menerapkan cara mereview google maps maka ulasan itu tetap tidak akan muncul di titik maps. Selain berbagai sebab di atas, ternyata ulasan yang tidak muncul itu sebabnya adalah alamat IP device yang anda pakai. Maka dari itu usahakan jangan memakai wifi secara bersamaan. Melainkan pakailah data pribadi dengan IP yang berbeda-beda.

Praktek Review Google

Nah , setelah kita menerapkan cara mereview google maps maka selanjutnya kita akan praktek bersama. Masih tetap dengan bantuan sahabat, teman, kolega, keluarga, dan tetanggamu, maka mintalah mereka untuk memberikan review. Namun bagi yang belum menyelesaikan membuat titik maps maka selesaikanlah terlebih dahulu dengan langkah-langkah berikut ini;

  1. Yang belum beres praktek buat titik Google Mapsnya, selesaikanlah!
  2. Bagi yang belum beres posting gambar dan foto, selesaikan!
  3. Yang belum memberikan review ke semua Google Maps temannya selesaikanlah!

Jika anda sudah berikan review ke beberapa tempat maka saatnya mintalah review dari semua kolega dan keluargamu. Lalu jangan lupa untuk membalas review mereka.

Cara Membalas Ulasan Di Google Maps

Cara membalas ulasan di google maps sangatlah mudah. Sebuah review yang masuk akan muncul di notifikasi. Lalu bukalah notif tersebut dan balaslah. Dengan membalasnya berarti anda akan menghalau ulasan tersebut terhapus oleh Google.

Itulah beberapa cara mereview google maps dan beberapa aspek yang patut kita perhatikan sebelum melakukan review. Semoga bermanfaat untuk bisnis anda. Salam inspirasi.