Manfaat Pelatihan Digital Marketing Untuk Guru Sekolah

Manfaat Pelatihan Digital Marketing Untuk Guru Sekolah

Manfaat Pelatihan Digital Marketing untuk Guru Sekolah. Pandemi kemarin, yang bahkan sampai sekarang belum juga mereda, sepertinya menjadi titik tolak perubahan dalam pendidikan di Indonesia dan bahkan dunia. Banyak terjadi perubahan dalam sistem pembelajaran, kurikulum, relasi antar akademika, hingga dituntutnya pegawai sekolah agar bisa lebih menyesuaikan diri dengan kondisi pandemi. Sebab kondisi pandemi ini menyebabkan setiap orang harus menyesuaikan dengan tools-tools baru dalam hal digital. Tidak ada ceritanya lagi seorang guru tidak bisa mengoperasikan zoom di masa daring (dalam jaringan) ini. Itu hanya salah satu contoh saja.

Tapi memang kemampuan digital tidak hanya harus dimiliki oleh seorang guru, melainkan juga seluruh orang yang ingin eksis di publik. Tanpa kemampuan digital kita tak akan dapat mengikuti perkembangan zaman, yang serba menuntut kecepatan, ketepatan, dan kuantitas. Kemampuan digital itu semakin urgen manakala kita melihat banyak standarisasi yang diterapkan baik oleh pemerintah maupun swasta untuk karyawan yang akan masuk ke instansi mereka. Bahkan instansi pendidikan sekarang juga sudah membuat standarisasi dalam hal kemampuan digital para pelakunya.

Hal inilah yang menyebabkan kita, para guru sekolah di Indonesia, mau tidak mau harus beralih ke sistem belajar dan mengajar secara digital. Bahkan tidak hanya sistem pembelajarannya saja yang digital melainkan juga dalam hal branding sekolah dan nilai-nilai yang dianut oleh sekolah tersebut. Berhubung sudah sangat urgent, maka kita akan share beberapa manfaat pelatihan digital marketing untuk guru sekolah. Sebab inilah wadah dan ajang bagi guru untuk dapat belajar digital secara mendalam tidak hanya dalam aspek teknis tetapi juga dalam hal penggunaan atau fungsinya.

Baca juga :   Cara Balas Chat Otomatis WA dengan Fitur Away Messages

Pentingnya Digital Marketing untuk Pegawai Sekolah

Mungkin sudah banyak sekolah-sekolah mewajibkan kemampuan digital untuk para pegawai mereka. Sebab urusan pegawai adalah dalam hal administrasi, di mana di masa sekarang kita membutuhkan banyak interaksi di dalam dunia digital saat masa pandemic seperti sekarang. Namun nyatanya tidak hanya pegawai sekolah saja yang wajib belajar digital marketing, sebab guru juga punya kewajiban serupa.

Seorang guru di dunia digital adalah pemain yang harus hadir di tengah narasi yang ada. Tanpa kehadiran guru, maka para siswa akan mempelajari materi pelajaran dari sumber yang kurang kredibel. Maka dari itu guru harus menyadari posisinya dan harus mulai mengupdate kemampuan digital.

Lalu apa saja yang akan dipelajari dalam setiap pelatihan digital marketing untuk guru? Sebelum kita simak tentang manfaat pelatihan digital marketing untuk guru sekolah maka kita simak dulu apa saja materinya;

Materi Kursus Digital Marketing

Pasti banyak yang kepo apa sebenarnya yang akan guru pelajari ketika mereka mengikuti pelatihan digital marketing. Inilah beberapa materi yang disarankan oleh Pak Dosen jualan yang juga sering mengisi materi digital marketing untuk sekolah-sekolah di sekitaran Yogyakarta dan Jawa Tengah. Beberapa waktu lalu, tim di Dosen Jualan juga ada yang pergi ke Kebumen untuk mengisi pelatihan digital marketing di SMKN 1 Kebumen. Di sana tim Dosen Jualan mengajarkan bagaimana cara mengoptimalkan akun Sekolah dan pribadi untuk branding dan marketing.

Selain di kebumen, tim di sini juga mengajar digital marketing di Sekolah BIAS (Salah satu sekolah islam dengan jejaring yang luas di Yogyakarta dan Jawa Tengah). Di sini berkumpul para guru untuk menyimak pemaparan dari tim Dosen jualan(pembicara internet marketing) tentang cara marketing sekolah secara efektif dan tertarget. Itu hanya beberapa sekolah yang sudah di sambangi oleh tim Dosen Jualan selain beberapa universitas seperti UNY, UII, UIN, dan lain sebagainya. Maka dari itu simak beberapa materi yang akan kamu terima ketika mengikuti pelatihan digital marketing untuk guru;

  1. Whatsapp Marketing, berisi trik jitu dapatkan murid baru lewat aplikasi chat. Di sini juga akan bahas cara dapatkan database segar untuk marketing kan sekolah.
  2. Optimasi Google Maps Sekolah, berisi cara menata dan memposting ulasan, foto, dan lain-lain di titik maps sekolah.
  3. Sales Script, materi ini berisi bagaimana ketika menghadapi customer, calon customer, ataupun orang tua murid di aplikasi chatting.
  4. Optimalisasi sosial media, berisi materi seputar bagaimana membuat konten di instagram, facebook, tiktok, dan lain sebagainya.
  5. Pengelolaan Website Sekolah, materi ini berisi tips bagaimana meningkatkan kunjungan website sekolah untuk kelancaran branding sekolah tersebut.
Baca juga :   Kesusahan Cari Pelatihan Digital Marketing Berkualitas? Coba ke KDJ Saja!

Itulah materi-materi yang biasa kami berikan ketika mengisi di pelatihan digital marketing untuk guru sekolah. Setelah tahu apa saja materinya, mari kita simak tentang manfaat pelatihan digital marketing untuk guru sekolah berikut ini.

Kegunaan Digital Marketing untuk Guru Sekolah

  1. Memudahkan Guru untuk Berkomunikasi dengan Orang Tua Murid

Digital marketing sebenarnya tidak hanya menyangkut jualan saja. Di sini juga ada yang namanya sales script di mana dalam pelatihan internet marketing, maka guru akan belajar bagaimana caranya menghadapi pesan chat dari orang tua guru. Sebab tidak semua orang mempunyai kemampuan chatting yang baik. Maka dari itu dalam materi sales script kita akan belajar menghadapi komplain, pesanan, dan lain sebagainya.

  1. Memudahkan Guru dalam Mengolah Urusan Administrasi

Urusan administrasi sekarang juga terkait dengan database yang akan kita kelola. Di dalam digital marketing kita akan belajar bagaimana caranya mengolah database (misalnya data siswa) menjadi peluang untuk mendatangkan kemanfaatan.

  1. Agar Guru dapat Mengikuti Perkembangan Keilmuan dan Teknologi Terkini

Saat ini guru juga harus bisa mengelola media sosial dan akun di internet mereka. Minimal guru paham bagaimana sebuah akun bekerja dan bagaimana mencari sumber dari internet yang bejibun banyaknya. Sebab kalau tidak, para guru akan kebingungan luar biasa. Inilah salah satu manfaat pelatihan digital marketing untuk guru sekolah.

Manfaatnya juga terkait dengan bagaimana guru mengoperasikan tools-tools untuk mendukung pembelajaran seperti zoom, whatsapp, google, dan lain sebagainya.

  1. Membantu Guru untuk Mendapatkan Peluang Pemasukan Lain di Luar Gaji Bulanan

Dengan belajar digital marketing, maka guru juga dapat menyambi peluang lain untuk mencukupi pengeluaran. Misalnya dengan cara berjualan di luar jam sekolah. Atau juga bisa dengan membuka jasa les private untuk para murid yang membutuhkan. Semua ini butuh yang namanya dighital marketing untuk memasarkan.

  1. Memudahkan Guru untuk Menarik Murid Saat Pendaftaran Siswa Baru.

Guru adalah pihak yang sangat berperan penting dalam merekrut siswa baru, sebab mereka mengetahui tentang motivasi orang tua menyekolahkan anaknya. Berhubung itulah maka banyak guru juga harus belajar digital marketing karena itu akan menunjang kemampuan mereka ketika harus menawarkan sekolah kepada yang membutuhkan. Selain itu kemampuan marketing sang guru juga dapat menjadi alat untuk mewartakan kebaikan dan ilmu kepada orang lain di luar sekolah tersebut. Itulah kiranya beberapa manfaat pelatihan digital marketing untuk guru sekolah. Semoga tulisan ini dapat bermanfaat dan untuk info selengkapnya tentang bagaimana cara mengundang mentor Dosen Jualan ke sekolah anda maka langsung saja hubungi whatsapp berikut ini; 0821 3694 7525.

Baca juga :   Jobdesk Content Writer yang Harus Anda Ketahui!