Tema Digital Marketing untuk Webinar Kewirausahaan di Kampus

Tema Digital Marketing

Tren berwirausaha sekarang sedang digemari oleh anak-anak di bangku kuliah di hampir seluruh kampus-kampus tanah air. Sudah mulai banyak organisasi intra maupun pihak fakultas yang menyelenggarakan seminar kewirausahaan untuk menunjang soft skill anak didik yang berguna untuk kehidupan pasca kampus nantinya. Tentunya kegiatan-kegiatan tersebut ada yang bersifat daring (online) maupun luring (luar jaringan), yang kesemuanya tentunya membutuhkan tema bahasan yang akan menjadi fokus pada diskusinya. Tulisan ini akan memberikan insight kepadamu tentang tema digital marketing atau tema webinar kewirausahaan yang cocok untuk kita adakan di kampus.

tentunya tema ini sangat penting, mengingat dari tema webinar kita akan dapat mempromosikan agar banyak yang ikut. Kalau dari temanya saja sudah tidak menarik, tentunya orang akan enggan untuk ikut dalam webinar kewirausahaan tersebut. Kami tim riset KDJ sudah menyiapkan untukmu 5 tema digital marketing untuk webinar kewirausahaan di kampus. Dari tema ini pula nantinya panitia akan dapat menentukan siapa sebaiknya yang akan mengisi seminar tersebut. Sebab sebuah seminar tidak akan menarik apabila pembicaranya tidak kompeten di bidang tersebut.

Dari tema digital marketing untuk seminar kampus tersebut nantinya kita dapat memilih akan mengundang siapa pembicara internet marketing yang tepat dan kompeten. Dari tema ini pula kita juga dapat menentukan siapa target audience yang akan kita sasar nantinya. Jika temanya adalah bisnis untuk pemula, maka jangan sampai kita mempromosikan seminar itu untuk para pebisnis skala besar karena sudah pasti tidak akan laku. Maka dari itu mari kita simak apa saja tema digital marketing yang cocok untuk anak kuliahan. Sebelum itu mari kita simak dulu tips-tips dalam menentukan tema webinar digital marketing berikut ini.

Baca juga :   Ayo Ikut Kelas Inkubator Jualan Online (IJO) Jarak Jauh biar LDR-mu Makin Lengkap

Tema Webinar Digital Marketing

Apa sajakah pertimbangan kita ketika akan menentukan tema webinar digital marketing untuk acara kampus? Tentunya beberapa tips berikut ini akan dapat mencarikanmu jalan keluar agar bisa menghasilkan tema yang unik, menarik, bernilai jual, dan juga dapat bermanfaat untuk pesertanya. Sebuah tema digital marketing yang tidak menarik pasti tidak akan dapat menarik minat calon peserta, sebab mereka dapat menemukan seminar itu di banyak tempat lain. Lalu tema digital marketing yang tidak bernilai jual juga tidak dapat menarik peserta untuk menyisihkan sebagian uangnya untuk investasi ke dalam acara tersebut. Maka dari itu simak beberapa tips untuk menentukan tema webinar digital marketing berikut ini;

  1. Sesuaikan dengan Segmen Audience di Kampusmu.
  2. Bertanya kepada pembicara internet marketing yang sudah punya kredibilitas mengisi acara di kampus.
  3. Lihat tren kewirausahaan yang sedang berkembang di kampus.
  4. Lakukan survey terhadap kebutuhan skill mahasiswa di kampus.
  5. Cari perbandingan dengan tema seminar di kampus lain.

Kelima tips di atas adalah cara kita untuk mencari tema webinar kewirausahaan di kampus. Jadi memang temanya harus kamu sesuaikan dengan kebutuhan skill mahasiswa. Selain itu kamu juga harus melihat tren terkini yang berkembang. Karena tanpa mengikuti tren maka itu tidak akan  bisa menarik audience. Untuk mencari tema yang menarik kamu juga bisa mencari perbandingan dengan tema seminar di kampus lain. Biasanya kita akan menemukan pembeda jika sudah menemukan tema milik orang lain. Namun tidak ada salahnya juga kita melakukan survey terhadap apa yang dibutuhkan oleh oleh mahasiswa.

Pada dasarnya setiap acara yang kita lakukan di kampus pasti ada tujuannya. Sebab kampus adalah tempat kita untuk merancang kegiatan yang berguna untuk mahasiswa. Untuk itulah kami bagikan juga tentang tujuan webinar digital marketing di kampus. Simak baik-baik, sebab tips berikut ini juga bisa kamu sertakan kedalam proposal untuk meminta pendanaan ke fakultas. Setelah itu nanti kita akan bahas tentang tema digital marketing yang sedang laku keras di pasaran.

Baca juga :   Manfaat Memiliki Cita2 yang Wajib Diketahui Orang Dewasa

Tujuan Webinar Digital Marketing

Berikut adalah beberapa tujuan webinar digital marketing di kampus. Jika kampusmu merupakan kampus ekonomi atau bisnis yang sedang merancang kegiatan untuk seminar kewirausahaan, maka tulisan ini akan bagikan perihal bagaimana merumuskan tujuan webinar tersebut. Sebab webinar yang tanpa tujuan hanya akan membuang-buang keuangan saja. Maka dari itu simak tujuannya berikut ini;

  1. Meningkatkan kapasitas skill mahasiswa dalam bidang kewirausahaan.
  2. menciptakan iklim bisnis yang semarak di kampus.
  3. memperkenalkan mahasiswa pada pandangan-pandangan praktisi bisnis yang sudah sukses jadi tak sekedar berteori di kelas.
  4. memberikan motivasi pada mahasiswa untuk mau memulai bisnis.
  5. sebagai trigger untuk mahasiswa yang masih belum tertarik untuk berwirausaha secara mandiri.

Itulah kelima tujuan webinar kewirausahaan dan marketing ketika acara itu dilakukan di kampus baik swasta maupun negeri. Mungkin gambaran di atas dapat menjadi semacam alarm tentang pentingnya sebuah seminar dan diskusi soal bisnis, terutama di kampus dengan latar belakang bisnis yang kuat seperti FEB misalnya. Setelah mengetahui tujuannya, mari kita simak contoh-contoh tema digital marketing untuk webinar kewirausahaan di Kampus.

Topik Seminar Digital Marketing di Lingkungan Universitas

  1. Panduan Digital Marketing untuk Pemula

Usahakan jangan merumuskan tema digital marketing yang terlalu rumit dan terlalu umum. Seperti misalnya tema “Optimalisasi Bisnis Melalui E-commerce”. Tema tersebut terlalu umum dan rumit. Cobalah untuk mencari tema lain yang lebih mudah namun materinya detail, seperti “Belajar Upload List Product di Marketplace untuk Menangkan Halaman Satu Pencarian. Tema yang detail seperti itu lebih banyak peminatnya daripada tema yang pertama. Sebab tema yang terakhir itu lebih ramah untuk pemula dan jelas tujuannya.

  1. Tren Digital Marketing Terbaru

Kalau sekarang adalah jamannya tiktok dan youtube, maka jangan lagi buat tema seputar yang tidak update dengan tren. Biasanya tema-tema seputar facebook atau whatsapp itu sudah tidak relate dengan perkembangan marketing di era milenial. Maka jangan pakai tema tersebut ketika membuat acara seminar marketing di kampus. Akan lebih baik jika kamu membuat tema dengan judul “Kiat Jualan Laris Lewat Konten Tiktok, Dapat Cuan dari Kegabutan”, dan lain sebagainya. 

  1. Cara Membentuk Tim Digital Marketing

Biasanya mahasiswa sudah mempunyai patungan bisnis sendiri untuk menunjang keuangan mereka. BIasanya mereka akan melakukan dana usaha atau danus untuk menutup keuangan di kampus. Jadi tidak ada salahnya kamu membuat tema seminar kewirausahaan itu dengan tema seperti, “Bagaimana Membentuk Tim Digital Marketing untuk Danusan Laris dan Menguntungkan?”. Hal-hal yang praktis semacam itu biasanya lebih banyak peminatnya daripada tema tema yang masih belum mereka ketahui seperti bisnis skala besar misalnya.

  1. Mengelola Konten untuk Digital Marketing

Sama seperti poin kedua di atas, kita juga harus mengetahui bagaimana merancang konten untuk jualan di samping kita mengetahui platform terbaru untuk marketing. Sebab kendala utama para mahasiswa biasanya adalah kontinuitas. Untuk penguasaan sosmed sudah tak perlu kita pertanyakan lagi. Tapi apakah mereka bisa membuat konten secara rutin dan berkelanjutan?

Baca juga :   Kisah Pembicara Webinar Sukses: Pak Suryadin Laoddang

Maka dari itu buatlah tema digital marketing, misalnya dengan tajuk seperti ini “Bagaimana merangkai hari-hari dengan konten di media sosial” Tips istiqomah ngonten anti-males”

  1. Manajemen Resiko serta Pembentukan Pra-pengalaman

Banyak sekali mahasiswa yang mencoba bisnis tapi masih takut akan kerugian, baik material maupun finansial. Maka dari itu buatlah seminar internet marketing dengan tema seputar manajemen resiko agar lebih menguatkan mental dan pengalaman para mahasiswa. Buatlah tema misalnya, seperti berikut ini; “Bagaimana jika bisnis belum untung? Iklan boncos? dan akun jualan terseok-seok tiada bertujuan?”.

Itulah kelima tema digital marketing yang dapat kamu manfaatkan sebagai ide untuk membuat acara webinar di kampus. Semoga bermanfaat ya sob. Salam inspirasi.