Cara Memperkuat Keamanan Akun Google dengan Verifikasi Dua Langkah

Cara Memperkuat Keamanan Akun Google dengan Verifikasi Dua Langkah

Cara memperkuat keamanan akun google dengan Verifikasi dua langkah. Keamanan di era siber seperti sekarang sudah menjadi suatu hal yang wajib. Beberapa saat yang lalu publik sempat heboh karena adanya situs resmi negara mendapatkan hacking dari orang tidak dikenal. Hal ini merupakan salah satu kejahatan di dunia siber. Kalau kita tak segera memasang sekuritas, maka itu akan menjadi membahayakan. Dalam tulisan ini kita akan belajar bagaimana cara mengaktifkan sekuritas. Yakni cara memperkuat keamanan akun google dengan verifikasi dua langkah. Cara ini tergolong sudah banyak digunakan oleh para user google.Namun Jika kamu masih belum tahu caranya maka simak langkahnya berikut ini.

Verifikasi Dua Langkah

Pastinya kita sering mendapatkan notifikasi dari google bila kita sedang mencoba untuk login dari perangkat yang berbeda. Jangan khawatir, karena itu normal. Seringkali google akan mengingatkan penggunanya untuk senantiasa mengaktifkan verifikasi dua langkah guna mengamankan akunnya, entah itu dari peretasan maupun tindakan tidak bertanggung jawab lainnya. Salah satu cara memperkuat keamanan akun google adalah dengan verifikasi dua langkah. Jika ada notifikasi muncul, maka itu tandanya kamu sudah aktifkan verifikasi dua langkah. Namun pasti ada beberapa dari kamu yang belum mengkatifkannya.

Jika kamu masih belum paham bagaimana cara verifikasi dua langkah tersebut, di sini kami akan bagikan tutorialnya. Tutorial di sini dikhususkan untuk pengguna android dan ponsel pintar lainnya. Namun sebenarnya kita juga dapat melakukan verifikasi dua langkah tersebut via PC atau laptop. Nah, di bagian akhir tulisan nanti kita juga akan bahas tentang cara verifikasi kode menggunakan aplikasi google authenticator.

Baca juga :   Contoh Judul dan Deskripsi Youtube yang Bagus untuk Kontenmu

Baiklah sebelum kita berumit-rumit ria mengulas cara memperkuat keamanan akun google, maka kita simak dulu apa saja yang kita butuhkan untuk melakukan verifikasinya. Di antaranya adalah; perangkat android, akun google, serta aplikasi google authenticator untuk memverifikasi kode nantinya.

Tutorial Mengaktifkan Verifikasi Dua Langkah

Berikut adalah cara memperkuat keamanan akun google dengan verifikasi dua langkah atau (2FA);

  1. Siapkan login ke akun google kamu.
  2. Masukkan username dan password, lalu klik login.
  3. Pada bagian panel Navigasi, pilih
  4. Kemudian di bagian “login ke google” pilih Verifikasi dua Langkah lalu klik
  5. Lalu ikuti langkah-langkah selanjutnya yang sudah tertera di layar android kamu.

Lalu jika kamu masih kesulitan untuk melakukan verifikasi ini, maka hubungilah administrator google. Karena di beberapa kasus terdapat kesulitan untuk melakukan verifikasi ini.

Lalu apa keuntungan kita dengan mengaktifkan verifikasi dua langkah ini? Di antara manfaatnya adalah kita nantinya akan mendapatkan notifikasi perizinan proses login, jika proses login itu berasal dari kamu maka tinggal Ketuk YA. Lalu jika kamu ingin memblokir proses login, maka ketuk Tidak.

Sampai di sini apakah kita sudah berhasil untuk mengaktifkan verifikasi dua langkah? Ternyata tidak sob. Selain harus menyiapkan verifikasi dua langkah ternyata Kita masih perlu untuk memverifikasinya dengan bantuan aplikasi Google Authenticator. Apa itu google authenticator? Bagaimana jika kita belum install aplikasi tersebut? Tentunya aplikasi ini harus kita pasang untuk lebih mematangkan keamanan akun google. Jadi di era sekarang ini, para hacker sudah punya teknologi yang canggih untuk hacking. Kalau kita tak bisa melawan mereka, tentunya mereka akan dapat dengan mudah mengalahkan pertahanan akun kita. Apalagi akun kamu fungsinya untuk berbagai hal yang urgent, seperti bisnis, keperluan akademik, maupun untuk urusan publik lainnya. Yuk Kita simak cara untuk menginstall aplikasi tersebut guna keperluan verifikasi kode.

Baca juga :   Trik Follow Unfollow Instagram untuk Jualan Online

Menginstall Google Authenticator

Kode yang nantinya kita dapatkan dari google authenticator ini dapat kita terima meskipun kita menerima kodenya tanpa adanya koneksi internet. Cukup menarik bukan fiturnya? dan juga cukup canggih. Tapi ada beberapa persyaratan untuk menginstall ini di antaranya adalah android kamu sudah harus versi 4.4, serta sudah menerapkan verifikasi dua langkah.

Simak juga : Apa itu Gmail ?

langkah-langkah menginstall google authenticator;

  1. Masuk ke akun google kamu.
  2. Ketuk keamanan di bagian panel navigasi.
  3. ketuk verifikasi dua langkah.
  4. Lalu pilihlah tambahkan langkah kedua lainnya untuk memverifikasi bahwa ini mmang anda pada Aplikasi Authenticator.
  5. Lalu ketuk
  6. Ikuti step by step yang ada pada layar kamu.

Dan sambil kita menerapkan tutorial di atas, kamu juga dapat sambil menginstall aplikasi authenticator tersebut di link berikut ini Mendownload Google Authenticator. Lalu install aplikasi tersebut di android kamu.

Tunggu sampai proses instalasi selesai dan di akun google sudah menunjukan keberhasilan pengaktifan verifikasi dua langkah. Selamat mencoba.

Dengan mengaktifkan verifikasi dua langkah ini maka kamu dapat sewaktu-waktu memantau aktifitas mencurigakan seperti usaha peretasan dan lain sebagainya. Sehingga kamu dapat mengambil langkah cepat, seperti mengubah password atau menghubungi administrator google. Itulah cara mengaktifkan sekuritas google. Semoga akun kita tidak ada yang hack. Salam bermanfaat.