Cara Mengumpulkan Reseller Sebagai Mitra Bisnis Kita yang Setia

cara mengumpulkan reseller

Bagaimana sih caranya mendapatkan pasukan reseller yang setia dan tidak jadi kutu loncat? Apakah kamu pernah merasakan sudah lama jualan tapi tidak pernah punya reseller yang bakalan mempercepat penjualan di tokomu? Sudah nawarin sana-sini tapi yang berminat tidak pernah lebih daripada tetangga sekitar? Pasti itu semua pernah kita alami sebagai seorang pebisnis online. Semua memang ada caranya. Dan jika selama ini kamu belum sukses dalam menerapkan cara mengumpulkan reseller, maka simaklah artikel berikut ini.

Sebenarnya cara mengumpulkan reseller itu gampang-gampang susah. Gampangnya karena biasanya sifat dari ke-reseller-an ini adalah musiman. Ada musim-musim tertentu mereka sangat antusias untuk ikut berjualan online. Tapi ada kalanya juga, tak ada satupun orang yang mau untuk membantu jualkan produkmu. Kita akan keluar dari dua kondisi tersebut. Karena sebenarnya antuasisme reseller itu dapat kita ciptakan dengan beberapa tips dan cara. Tulisan ini akan memaparkan 5 cara mengumpulkan reseller yang pastinya dijamin loyal dan setia.

Sebab reseller yang  setia dan loyal itu sebenarnya dapat kita ciptakan. Alasan reseller pergi dari kamu adalah karena mereka tidak mendapatkan apa yang mereka harapkan. Oleh karenanya ciptakanlah kesetiaan reseller. mereka pasti akan setia kalau mendapatkan value dari kita, selain tentunya adalah laba dan keuntungan atau persenan. Tidak ada yang namanya reseller sepanjang hidupnya hanya ingin menjadi reseller. Pasti mereka menjadikan profesi reseller sebagai batu loncatan untuk naik level. Di sinilah kita harus ambil peran. Berilah sesuatu yang bermakna untuk mereka. Simak cara mengumpulkan reseller setia di bawah ini.

Kata Kata Untuk Merekrut Reseller

Jadi di era sekarang, merekrut reseller itu tidak hanya sebatas dengan kata-kata Kalau dulu mungkin kita masih dapat merekrut reseller hanya bermodal bacot, tapi tidak untuk sekarang. Di jaman sekarang, mereka tidak bingung untuk mencari supplier barang, beda dengan 10 taun lalu misalnya. Oleh karena itu jangan hanya posisikan dirimu sebagai supplier saja. Mainkan peranmu sebagai influencer juga. Sediakan mereka fasilitas untuk berkembang. Cari letak potensi mereka, maka otomatis mereka akan mengikutimu dan siap menjadi mitra untuk meningkatkan jualanmu.

Baca juga :   Dewa Eka Prayoga, Dewanya Dunia Bisnis Jualan

Syarat Membuka Reseller

Pada dasarnya tidak ada syarat membuka reseller. Seberapapun skala bisnis kita, kamu boleh menjadi seorang supplier. asalkan kamu harus mempunyai sumber daya yang cukup untuk menyediakan apa saja yang mereka butuhkan. Beberapa syarat untuk kamu pebisnis online yang ingin membuka kesempatan reseller antara lain adalah;

  • Ilmu pemasaran terutama digital marketing dasar untuk pembinaan.
  • media promosi, dapat berupa flyer, poster, foto produk, katalog, dan lain sebagainya.
  • Promo dan Giveaway atau reward rutin.

Selain ketiga hal di atas, masih ada beberapa hal yang sebenarnya dapat kamu berikan atau tawarkan kepada mereka. Di antaranya adalah sesi gathering atau temu bisnis untuk membahas persoalan-persoalan mereka, untuk menentukan target, dan lain sebagainya. Meskipun tidak ada syarat membuka reseller, tapi kamu harus siapkan hal-hal di atas sebelum benar-benar ingin mempunyai pasukan reseller.

Selepas kamu tahu cara dan syarat membuka reseller, selanjutnya kita akan bahas tentang cara mengumpulkan reseller. Kami akan bagikan lima tips untuk kamu agar cepat dan tepat dalam menyeleksi reseller. Simak caranya di bawah ini.

Simak juga : Tips Membina Reseller

Tips Merekrut Tim Reseller yang Tangguh dan Setia

  1. Contoh Iklan Mencari Reseller

Kadangkala kalau ingin menarget orang yang tepat maka kamu harus memasang iklan untuk itu. Jadi tidak ada salahnya kamu mencari reseller dengan cara kilat yakni lewat ads. BIasanya yang digunakan untuk iklankan kemitraan adalah facebook dan instagram karena dua platform tersebut demografinya cocok untuk target reseller.

Namun yang harus kamu perhatikan ketika mengiklankan kemitraan reseller adalah kamu harus siapkan budget yang cukup maksimal untuk ini. Yang namanya iklan pasti ada boncos-boncosnya, jadi kalau kamu belum yakin akan mendapatkan reseller dari iklan maka jangan lakukan terlebih dahulu.

  1. Mengadakan Live Webinar untuk Lead Magnet

Tips lain untuk cara mengumpulkan reseller adalah dengan mengadakan live webinar sebagai lead magnet. Jadi yang akan kita bahas nantinya di live webinar ini adalah tips-tips seputar kewirausahaan, digital marketing, kisah inspiratif mitra, kisah kesembuhan atau testimony, serta sharing bisnis lainnya yang relevan.

Baca juga :   Inilah 5 Aset Digital Marketing Terpenting, Persiapkan Mulai Sekarang

Untuk lebih menarik calon reseller baru, maka kamu harus mencari pembicara yang benar-benar mempunyai followers. Dari sini nantinya mereka akan bisa mengikuti kamu juga atau tokomu. Cara mengumpulkan reseller melalui live webinar saat ini sedang ngetrend terutama di masa pandemic seperti sekarang Saat di mana kita tidak bisa bertatap muka untuk bersosialisasi.

  1. Materi Untuk Reseller Juga Selalu Berikan Selain Value Lainnya

Cara mengumpulkan reseller selanjutnya adalah dengan menyiapkan materi untuk pembinaan reseller, seperti materi edit foto produk, materi nulis caption, materi upload listing, materi optimasi facebook, instagram, dan lain sebagainya. Di sini mereka akan senang karena kita juga memberikan value untuk mereka.

Poin di nomor tiga ini dapat kita mixing dengan poin nomor dua juga. Karena materi pembinaan reseller ini juga bisa kita berikan lewat webinar ataupun pembuatan video pembelajaran. Di masa sekarang kita tak perlu lagi untuk bingung memilihh media pembelajaran untuk reseller.

  1. Berburu Kontak Mereka dari Google Maps

Kamu ingin cara mengumpulkan reseller secara lebih private dan intim? Lebih baik pergunakanlah trik whatsapp marketing untuk mewujudkan mimpimu itu. Tapi kalau ingin menerapkan WA Marketing maka harus mempunyai database dulu dong. Di sinilah kita akan mencari database calon reseller kita. Caranya adalah menggunakan aplikasi sejuta umat bernama google maps.

Jadi kamu hidupkan GPS kamu sebelum mengetikkan jenis barang apa yang akan kamu cari di gmaps. Lalu ketikkan nama barang jualanmu di sana. Misalnya kamu ingin cari reseller untuk jualan stik golf maka carilah toko peralatan olahraga terdekat.

Dari sanalah kamu bisa mengambil kontak person yang tertera di dalamnya. Tawari toko tersebut untuk menjualkan barangmu tersebut. Tentunya dari situ mereka akan mempertimbangkan kembali whatsapp yang masuk dari kamu tersebut. karena jualan mereka masih ada relasinya dengan produkmu.

  1. Cara Mencari Reseller Di Instagram Dengan Mengadakan Live Rutin

Mengapa harus mengadakan live instagram? apakah untuk cara mengumpulkan reseller harus melakukan live sambil diskusi? Tentunya tidak sob. Sebab kamu cukup menggunakan live tersebut semisal untuk packing barang. Jadi kamu live saat packing barang ke customer. Barangkali dari satu dua penontonmu berminat untuk menjadi resellermu itu perkara lain. Yang penting mereka tahu bahwa kamu sedang jualan dan laku. Itu sudah menjadikan mereka tertarik sendiri untuk gabung nantinya.

Baca juga :   Kalender Libur Lebaran Terbaru di Kampus Dosen Jualan 1442 H

Sesekali kamu juga bisa menggelar live IG berbagi cara untuk berjualan. Misalnya kamu bahas tentang cara membujat judul di marketplace dan taruhlah keterangannya di pin. Itu akan efektif untuk menahan seseorang agar tidak swipe live kamu.

Sekian tips dan cara mengumpulkan reseller dari kami. Semoga tips ini dapat menjadi pembuka wawasan kita untuk terus meningkatkan kapasitas diri. Semoga bermanfaat.