Tips Membina Reseller dari Mas Erwin Winardi – Liputan Sharing Session

tips membina reseller

Tips Membina Reseller – Pada hari Senin, 16 Februari 2021 kembali Kampus Dosen Jualan menyelenggarakan bincang online bertajuk sharing session dengan alumni KDJ. Sesi sharing ini terlaksana setiap minggu sekali dengan melibatkan alumni KDJ dari penjuru Nusantara. Mereka membahas mengenai segala rupa dan upaya dalam membangun bisnis online mereka. Dalam kesempatan kali ini kami kedatangan alumni dari bagian timur pulau Jawa yakni Mas Erwin Winardi dari Banyuwangi.

Erwin Winardi merupakan pegiat internet marketer di Kabupaten Jember. Beliau aslinya dari Banyuwangi akan tetapi memutuskan untuk menetap di Jember untuk mengembangkan bisnisnya yang berupa jualan alat kesehatan dan skincare. Beliau pernah belajar di kelas KDJ pada pertengahan tahun 2020, tepatnya beliau merupakan angkatan kedua dari Kelas Facebook Organik KDJ.

Erwin Winardi memberikan sedikit pengalamannya dalam bidang bisnis online terutama bagaimana tips membina re-seller, mulai dari jatuh bangun hingga akhirnya bisa mengembangkan produknya secara masif sampai sekarang. Awalnya beliau merupakan pemain offline alias beliau berjualan secara manual dari pintu ke pintu. Kemudian perusahaan tempatnya bekerja menyelenggarakan pelatihan online marketing untuk karyawan.

Dari Agen Pemasaran Produk Hingga Berkenalan dengan Facebook Organik

Akhirnya mas Erwin berkenalan dengan yang namanya facebook organik. Itu terjadi pada tahun 2017. Dengan berbekal hape barunya, Pak Erwin mencoba peruntungan melalui ngiklan di facebook. Tetapi karena sesuatu hal akhirnya beliau malah boncos, itu tidak lain karena iklan yang disetting dari hapenya sering gagal mendarat ke target customer. Karena boncos akhirnya beliau memutuskan untuk berhenti jualan online dan kembali jualan secara manual.

Pucuk di cinta ulam pun tiba, pada pertengahan 2020, pak Erwin winardi bertemu dengan iklan Kelas Facebook Organik di KDJ. Tanpa pikir panjang akhirnya beliau memutuskan belajar di sini secara online sebulan full. Pada saat itu memang kelas FB Organik di KDJ masih belum dilakukan secara tatap muka. Namun ini tidak mengendorkan semangat beliau untuk terus mengupdate ilmu untuk kesuksesan bisnisnya. Banyak sekali tips tips yang dia dapatkan dari Kampus Dosen Jualan.

Baca juga :   Cara Daftar di Aplikasi Toko Rame, Platfrom Praktis untuk Jualan Online

Cara Mencari Reseller Sebanyak-banyaknnya

Saat moderator sharing bertanya kepada Mas Erwin sudah punya berapa reseller saat ini, dengan penuh kepercayaan diri beliau menjawab bahwa sudah ada ratusan reseller yang menjadi mitranya. Ini tidak lepas dari ilmu yang beliau dapat dari kelas FB organik juga, begitu tuturnya. Dari sekian banyak reseller tentunya yang aktif memasarkan dan menjual produk cukup 30% saja, karena dari 20% saja sudah dapat memback up jobdesk dari 80% lainnya. Ini merupakan hukum Paretto dalam bisnis yang jarang sekali diketahui ketika membina re-seller.

Cara Mencari Reseller di Facebook

Butuh berapa lama waktu Mas Erwin untuk mengumpulkan reseller sebanyak itu? Ternyata beliau sudah menggaet reseller ini sejak beberapa tahun yang lalu tepatnya tahun 2018. Di sini beliau memakai berbagai cara pendekatan untuk mencari reseller dari offline hingga online. Ternyata beliau merasakan bahwa facebook adalah media paling mudah untuk memobilisasi emak-emak menjadi mitranya. Sebab media yang paling mudah digunakan oleh emak-emak adalah facebook jadi difokuskanlah media promosi untuk bisnis mas Erwin adalah FB.

Cara mencari reseller di facebook ibarat mencari padi di antara tumpukan sekam. Sebenarnya ada banyak yang berminat menjadi re-seller tapi mereka butuh dipilah-pilah dan harus meyakinkan. Sesuai dengan ilmu yang dia dapat dari Kelas FB Organik KDJ, maka beliau mulai menerapkan ilmu tersebut untuk jualan. Pertama dia harus melakukan targeting, lalu menjalin relasi pertemanan, barulah beliau berani untuk ngechat itupun belum langsung menjurus ke jualan.

Cara Menarik Minat Reseller

Ada sebuah tips unik yang harsu kita terapkan ketika menjaring dan membina reseller.Sebagai seorang pebisnis yang tidak hanya sehari dua hari berjualan di dunia maya, maka pak Erwin sudah makan asam garam dunia perbisnisan. Menurut pemaparannya, pak Erwin pernah mendapat chat dari seorang suami calon reseller-nya yang isinya menanyakan apa niat ngechat istrinya. Alhasil beliau harus menjelaskan apa niatannya ketika menghubungi tiap client-nya.

Baca juga :   Strategi Viral Marketing untuk Pelaris Jualan Onlen

Kita harus mengetahui seluk beluk dan data pribadi calon reseller sebelum kita menawarkan kemitraan kepada mereka. Dengan begitu kita akan mengetahui apa yang mereka butuhkan dan apa yang menarik mereka untuk join. Memang proses penjaringan reseller tidak dapat kita lakukan secara instan. Butuh waktu yang lama untuk merawat mereka agar tertarik dan semakin tertarik bermitra dengan kita.

Cara Menawarkan Produk ke Reseller

Narasumber menjelaskan bahwa tips menawarkan produk ke reseller juga gampang-gampang susah. Mereka akan bersimpati kepada produk kita apabila mereka juga yakin dapat menjualnya. Lalu bagaimana tipsmengetahui apa saja yang calon butuhkan untuk kita tawari produk?  Caranya adalah dengan mengajak mereka berteman baik di dunia nyata maupun dunia maya. Kebanyakan dari reseller mas Erwin adalah emak-emak.

Menurut beliau ketika menghadapi emak-emak harus memakai cara yang sabar. Sebab mereka menjalani bisnis juga tidak dapat sepenuhnya dan totalitas. Namun apabila kita punya tips membina reseller, tentu akan lebih mudah dalam memobilisasi. Karena pada dasarnya emak-emak suka ngerumpi dan sharing sehingga lebih mempercepat marketing produk.

Narasumber juga menjelaskan kepada hadirin, bahwa ketika berjualan di facebook juga jangan sampai melupakan aspek edukasi di facebook. Ketika memposting jangan langsung memberondong teman-temanmu dengan konten jualan, tetapi kadang perbanyak juga konten edukasi seperti cara cara, tips, dan rekomendasi lainnya.

Cara Mengelola Reseller

Dalam membina reseller, yang pertama harus kita perhatikan adalah apa yang mereka butuhkan, di luar produk dan fasilitas fisik. Tentu yang re-seller butuhkan untuk menjadi mitra kita adalah dengan memberikannya ilmu dan pelatihan untuk marketing. Ini kadang kita lupakan sebagai mitra mereka. Tanpa sebuah ilmu pemasaran, tentu mereka akan kesulitan dalam membantu penjualan kita.

Baca juga :   Kelas Inkubator Jualan Online kita kembali lagi, Batch 76

Pak Erwin memaparkan bahwa mitranya senantiasa diberikan ilmu terkait jualan di sela-sela kegiatan harian. Ini lebih mudah karena tidak ada waktu yang pasti kapan harus belajar. Selain itu suasana belajar yang informal juga lebih mudah untuk transfer pengetahuan. Apa yang mas Erwin dapatkan di kelas facebook organik menjadi tips daging untuk dia bagikan kepada mitranya.

Cara Membuat Sistem Reseller

Setelah kita membina re-seller dengan memberikannya pengalaman dan pengetahuan, maka tugas kita selanjutnya adalah membuat sistem yang tepat agar mereka dapat kita kelola secara maksimal. Tips membina reseller agar yang bersistem adalah dengan membaginya berdasarkan kemampuan penguasaan tools marketing. Bagi yang sering menjual di marketplace, maka kelompokkan mereka di satu kelompok. Dan bagi yang suka berjualan di facebook juga kelompokkan mereka di sana.

Ini merupakan tips untuk memudahkan kita membina mereka juga. Sebab tidak ada yang fokus pada banyak platform maka, sistem paling mudah untuk membina mereka adalah dengan pengelompokkan tersebut.

Tepat pukul 20.00 sesi sharing section ini berakhir. Banyak pertanyaan yang tercuit dari pemirsa di Instagram. Sesi sharing bertajuk Tips Membina Reseller yang berdasarkan pengalaman mas Erwin winardi ini akhirnya berakhir. Minggu depan aka nada sesi sharing lagi yang tentunya akan mengulas seputar bisnis online dan jualan. Semoga bermanfat.