Cara Mengedit Video Tiktok yang Sudah di Draft Pakai 5 Fitur Berikut Ini

cara mengedit video tiktok yang sudah di draft

Pada postingan sebelumnya kita sudah mengulas bagaimana edit postingan tiktok sebelum take video. Sekarang kita lanjut pada langkah selanjutnya ya Sobat. Yakni bagaimana cara mengedit video tiktok yang sudah ada di draft atau yang sudah kamu take. Para konten kreator biasanya membedakan sebuah konten menjadi dua yakni pra-take videon (sebelum pengambilan gambar) dan post take (setelah pengambilan gambar). Kali ini kita akan ulas tips dalam mempercantik konten yang sudah kita ambil melalui kamera.

Tips ini cocok buat kamu yang baru pemula dalam belajar main tik tok. Sebenarnya bagi yang sudah mengenalnya, aplikasi ini sangat gampang lho. Tidak lebih sulit dari instagram dan selainnya. Namun bagi kita yang masih belajar tentu akan bingung bagaimana memproses sebuah konten sehingga jadi postingan yang menarik.

Tiktok sudah menyediakan banyak fitur untuk mempermudah edit video. Berikut ini adalah beberapa fitur khas milenial yang akan membuat kontenmu semakin menarik di mata netizen. Tentunya setelah mengetahui fitur-fiturnya kamu harus mempraktekkan bagaimana cara memproses konten yang cantik di tik tok. Inilah beberapa fitur yang harus kamu kenal agar makin mudah menggunakan aplikasi khas milenial ini.

Cara Edit Video Tiktok agar Keren

Aplikasi ini adalah gudangnya orang-orang kreatif. Kalau kita ingin menggunakannya sebagai media promosi, tentu pembuatan konten adalah sebuah tantangan tersendiri karena kita harus melawan sekian banyak orang agar viral. Tik tok tak sekadar aplikasi joget pinggul saja apabila kamu dapat memanfaatkannya sesuai cara yang tepat. Yang terpenting juga adalah dalam mengedit dan memahami bagaimana sebuah video dapat mengkomunikasikan suatu pesan kepada penonton. Berikut ini adalah fitur yang bakal mendukung kamu terkait cara mengedit video tiktok yang sudah ada di draft;

  1. Cara Mengedit Video di Tiktok dengan Tulisan

Apabila kamu sudah mempunyai konten yang siap dipost di draft, maka berilah sepenggal teks penjelas sebelum videomu meluncur ke postingan. Sebuah tulisan akan menambah keterangan pada sebuah konten karena teks mempermudah kita dalam menjelaskan suatu hal. Mengedit postingan dengan menambah sebuah teks tentu akan mempermudah penonton ketika menikmati videomu.

Baca juga :   Kenapa Memilah Kursus Digital Marketing Bersertifikat?

Fitur teks di tiktok ternyata juga dapat kita percantik dengan berbagai efek lho. Kamu juga bisa mempercantik video di draft dengan tulisan bergerak juga. Tentunya ini menjadi nilai tambah bagi kontenmu. Jangan lupa untuk mengedit tulisannya agar tidak terlalu panjang. Penonton sangat suka pada kalimat penjelas yang singkat dan mencerahkan.

  1. Cara Menambahkan Suara Sendiri di Tiktok

Kamu juga dapat menambahkan suaramu sendiri ke video di draft lho. Cara ini dapat kamu lakukan dengan mengedit video lewat fitur Sulih Suara. Seperti yang kita tahu, bahwa tiktok adalah platform social video yang bisa memuat gabungan teks, suara, dan video sekaligus. Maka dari itu sosmed ini juga bisa kita gunakan untuk menambahkan suara sendiri.

Bagi kamu yang punya suara bagus tak perlu repot-repot mencari dubbing lagi untuk mengedit konten yang ada di draft. Cara nya adalah kita cukup merekam suara di saat mengedit nya. Tekan Sulih Video lalu ceritakan apa kejadian yang ada di kontenmu. Tentu ini akan menambah nilai sebuah konten, karena efek suara menjadikan postinganmu menjadi lebih hidup.

Bagi kita yang masih bingung bagaimana cara menempatkan suara kita di antara keterangan video, maka sesekali putarlah konten tersebut sebelum posting. Apabila dari draft kamu masih ada space kosong maka isilah dengan suaramu sendiri.

  1. Cara Menambahkan Lagu di Video Tiktok

Fitur ini tentu sudah tidak asing bagi kita yang sering bermain tik tok. Sebuah konten tanpa adanya music tentu akan krik-krik dan tidak menarik. Di sini kita bisa mengedit sebuah video dengan menambahkan berbagai varian suara, mulai dari reff music hingga suara hewan lho. Setiap harinya juga ada banyak sekali  jenis suara yang sedang viral di timeline tik tok.

Baca juga :   5 Penyebab Jualan di Instagram Tidak Laku

Buat kamu yang ingin kontennya viral maka jangan lupa mengedit konten yang ada di draft dengan menambahkan jenis suara yang sedang viral. Ini akan mempercepat postingan kita masuk dalam FYP orang lain.

Saat ini beberapa jenis suara viral di tiktok di antaranya adalah Ampun Bang Jago, Pipipi Calon Mantu, Biarlah Semua Berlalu, dan lain-lain. Kita tidak harus joget kok untuk menyesuaikan dengan jenis musiknya. Joget hanyalah salah satu cara untuk membuat sebuah konten di tiktok. Ada banyak skema video lain di antaranya adalah dengan membuat skema drama di konten yang akan di draft.

  1. Cara Mengubah Suara di Tiktok

Berbagai skema tik tok, terkadang ada yang mengharuskan kita untuk mengedit video dengan menambahkan efek suara tertentu agar konten semakin unik. Keunikan itu akan semakin nyata apabila kita bisa gabungkan efek suara + tulisan + video.  Apabila videomu dapat menjaring simpati penonton dalam 5 detik pertama, maka kami pastikan videomu akan masuk di FYP mereka.

Ada banyak sekali efek suara yang bakal membantu kita dalam cara mengedit video tiktok yang sudah di draft. Semisal adalah efek suara “penjual bakso tikus”,  “efek suara sinchan”, ataupun lainnya. Jangan ragu untuk mencari formula suara terbaik, karena jenis-jenis suara tertentu hanya cocok di konten tertentu pula. Cara untuk menambahkan efek suara adalah dengan klik Efek Suara lalu pilihlah efek yang ada seperti Tupai, Bariton,  Mic, Megaphone, Robot, ataupun Suara Raksasa. Selamat memilih variannya.

  1. Cara Menyesuaikan Lagu di Tiktok

Ada lagi salah satu fitur di tik tok yang membantu kita dalam cara mengedit konten yang sudah di draft. Terkadang kita ingin menekankan pada suara tertentu, misalnya suara kita lebih keras dibanding dengan backsound musik. Cara untuk mengakalinya adalah dengan klik Volume yang ada di menu bagian kanan layar.

Baca juga :   Cara Menurunkan Spam score Blog dan Website

Di sana akan terbedakan menjadi dua suara yakni suara asli (dari video) dan suara tambahan. Musik itu termasuk suara tambahan, oleh karenanya boleh kita agak kecilkan untuk memperjelas suara aslinya. Begitupun sebaliknya apabila kamu ingin cara mengeraskan suara tambahan maka tambahlah volume dari tambahan itu dan kecilkan suara asli.

Kalau semuanya sudah siap dan sudah sesuai selera kamu maka klik centang merah yang ada di kanan layar. Kamu senantiasa harus mengecek audio dari kontenmu karena video tiktok tanpa sebuah suara akan hambar sekali. Agar kamu semakin paham dengan cara menyesuaikan suara ketika mengedit konten, maka sering-seringlah menyimak potongan video pendek di Youtube. Ini akan membantu kamu dalam mengedit sebuah konten agar layak untuk masuk tik tok.

Sekian mengenai tips bagaimana cara mengedit video tik tok yang sudah ada di draft. Rajin-rajinlah posting untuk menambahkan interaksi di akunmu. Apabila akunmu sudah banyak interaksi maka mudah saja postinganmu masuk ke dalam FYP orang lain.

Kalau ingin belajar bagaimana algoritma tik tok, serta bagaimana membuat konten yang menarik, dapatlah datang langsung ke Kampus Dosen Jualan Jogja karena akan banyak sekali pemateri keren yang bakal membimbing kamu untuk Tiktok Marketing. Semoga bermanfaat. (Info Selanjutnya hubungi kami di 0821 3694 7525)