KDJ Duwe Gawe : Membincang Scrum & Agile Leadership di Kampus Dosen Jualan

Scrum & Agile Leadership

Para bussines owner dari berbagai daerah datang melawat ke Kampus Dosen Jualan pada Rabu, 11 November 2020 kemarin. Entah disengaja atau tidak, acara sharing membincangkan scrum & agile leadership itu bertepatan dengan tanggal 11 bulan 11. Besar kemungkinan acara terlaksana tanpa rencana. Sebab dari poster jarkomannya nampak sederhana untuk acara yang mempertemukan para suhu dan mastah di bidang bisnis dan jualan.

Para tamu mulai memenuhi aula Kampus Dosen Jualan pada pukul 09.00 yang Pak Suryadin Laoddang dan tim KDJ, serta peserta Inkubator Jualan Online sambut ubtuk bersiap menimba ilmu dari para pendahulunya. Acara telah buka oleh Pak Dosen Jualan yang menggunakan setelan santai kaos dan celana panjang kargo. Memang sejak semula acara hadir santai agar para tamu lebih menikmati suasana sharing di KDJ yang terletak di tengah pedukuhan.

Sesi pertama sharing diarahkan langsung oleh Pak Dony, atau yang kerap disapa Mbah Dony, yaitu orang yang sudah mendalami cukup lama terkait dunia Scrum dan Agile Leadership. Mbah Dony menuturkan bahwa saat ini, di tengah situasi perekonomian yang berubah total, Scrum dan Agile Leadership kembali disebut-sebut di dalam pembahasan mengenai bisnis. Hal itu disebabkan Agility bisa mempercepat atau mengefektifkan sistem tertentu untuk dapat mencapai goals.

Mbah dony sharing mengenai Scrum & Agile Leadership

Mbah Dony menjelaskan bahwa perbedaan antara Scrum dan Agile adalah kalau Agile merupakan mindset, cara berpikir agar suatu sistem bisa berjalan secara efektif untuk melewati target sasaran. Agile ini biasa dipakai oleh kalangan ahli IT tetapi kemudian diaplikasikan dalam pengaturan kinerja manusia dalam sebuah perusahaan. Agile juga terkait dengan aspek bagaimana manusia di atur sedemikian rupa agar bisa bekerja secara maksimal dan efektif. Sedangkan Scrum merupakan alat untuk menyokong Agile tersebut. Scrum merupakan cara agar Agility yang awalnya digunakan dalam dunia IT kemudian dapat diaplikasikan dalam pengaturan sumber daya manusia.

Baca juga :   Indexing dan Backlink Untuk Meningkatkan Trafik Website

Guna memperjelas definisi, kemudian Mbah Dony langsung mempersilahkan Mbak Nisa  (Owner Fabil Cosmetics) untuk membagikan pengalamannya. Mbak Nisa selalu menekankan kepada rekan sejawatnya untuk menjaga profesionalitas dalam ruang kerja. Karena tanpa profesionalitas maka bisnis akan terhambat oleh hal-hal yang tidak perlu. Justru ketika di luar ruang kerja rasa kekeluargaan harus kita tingkatkan agar semangat per individu terus terjaga.

Contoh scrum yang baik

Di dalam sesi sharing ini, Mbah Dony memberikan dua contoh penerapan scrum dalam tim bisnis, salah satunya dari Mbak Nisa dan lainnya berdasarkan pengalaman dari Dosen Jualan sendiri. Pada sesi kedua, Mbah Dony menelanjangi kiat-kiat rahasia Kampus Dosen Jualan sehingga mampu bangkit kembali setelah terhantam badai pandemi sejak awal 2020 lalu.  Mbah Dony menyebutkan setidaknya ada sembila prinsip di dalam Scrum, antara lain; developing, reflecting, forming, inspiring, engaging, unifying, empowering, serta achieving. Pak Dosen Jualan menimpali bahwa Kampus Dosen Jualan sudah melakukan kesemuanya sehingga dapat segera bangkit setelah vakum beberapa bulan karena terhantam efek pandemi. Awal kisah bahwa KDJ sempat bongkar pasang tim karena perginya beberapa anggota sebelum akhirnya mencapai komposisi yang solid seperti sekarang.

Kampus Dosen Jualan selama tiga bulan ini berisi tim yang melakukan kinerja dengan semangat tinggi dan dengan karakter khas milenial: mampu beradaptasi dengan situasi yang baru. Pak Dosen Jualan mengaku tidak merasa menjadi bos sejak KDJ menerapkan Scrum dalam jadwal kinerjanya. Sebab sebutan bos hanya untuk mereka yang takut posisinya akan tergantikan, sedangkan pak Dosen Jualan sudah sejak semula memberikan wewenang penuh untuk pengaturan kerja kepada anak-anak KDJ. Pak Dosen Jualan percaya bahwa para milenial ini lebih mempunyai daya inisiatif yang tinggi dalam merespon tantangan baru yang muncul setiap detiknya. Tetapi pak Dosen tetap memberikan contoh-contoh kepada tim KDJ tentang sesuatu yang belum mereka tau, tanpa memberikan instruksi khusus kepada tim. “Justru Leader Tim yang sekarang berani memberi instruksi kepada saya”, kata pak DJ sambil mengelus dada, diikuti tawa seluruh peserta.

Baca juga :   Optimasi IG Marketing ala Dosen Jualan

Itu tadi sekelumit cerita dari Acara Jogja Bussines Agility Meetup pada hari kemarin. Simak keseruan acaranya di postingan selanjutnya. Semoga menginspirasi.

 

======

Info Kampus Dosen Jualan

Membutuhkan Informasi Kursus internet marketing dan Pelatihan Jualan Online?
Hubungi admin kami di : 0821-3694-7525

Tersedia kelas Private Fb Ads, Private Instagram Ads, Private Landingpage, Private Website, Pelatihan Bimtek SEO, Private youtube marketing dan Private Whatsapp Marketing.

Jika ingin mengundang Seminar atau Workshop bisa menghubungi Pembicara Internet marketing.

Apabila membutuhkan konsultasi bisnis anda bisa menghubungi Konsultan bisnis online bersama Dosen Jualan bpk Suryadin Laoddang untuk sesi coaching bisnis.

klik gambar di bawah untuk terhubung langsung dengan admin Kampus Dosen Jualan Yogyakarta

 

chat wa admin kdj

 

Atau bisa datang langsung ke Kampus Dosen Jualan Yogyakarta

Alamat: Jalan Tembus Draman – Mutihan, RT.04 Pedukuhan Mutihan No. 99, Mutihan, Jatigrit, Srimartani, Piyungan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55792

Anda akan di sambut hamparan sawah nan hijau dan suasana pedesaan yang ramah 🙂