Fitur Gmail Dan Fungsinya yang Mungkin Kamu Belum Ketahui

Fitur Gmail Dan Fungsinya

Email merupakan platform paling penting dalam urusan bersosial media di internet. Namun saking pentingnya justru tidak banyak yang paham seluk beluk fitur email dan fungsinya. Bahkan ada beberapa orang yang hanya menggunakan email manakala untuk mendaftar di playstore atau saat akan daftar akun sosmed. Memang itu tidak salah, akan tetapi buat kita yang pekerjaanya bersinggungan langsung dengan email tentu harus tahu fungsinya. Oleh karena itu tulisan ini akan bahas tentang fitur gmail dan fungsinya.

Akan ada banyak manfaat apabila kita tahu fitur dari email terutama fitur gmail dan fungsinya. Dengan begitu kita dapat secara maksimal memanfaatkannya, dan tidak ada fitur yang ketinggalan lagi. Karena pada dasarnya email ini juga mempunyai kelebihan tersendiri untuk berkomunikasi daripada platform lain. Beberapa kelebihan email untuk media berkomunikasi adalah sebagai berikut;

  1. Lebih bersifat private untuk berkomunikasi dua arah.
  2. Terpercaya untuk komunikasi antar instansi ataupun antara instansi dengan perseorangan.
  3. Murni untuk berkomunikasi secara dua arah dan tidak banyak distract (penganggu).
  4. Dapat menyertakan file dalam setiap surel yang kita kirim.
  5. Berbiaya murah dan terpercaya.

Mungkin itu beberapa kelebihan email yang dapat kita manfaatkan ketika berkomunikasi. Dari kesemuanya tentu kita dapat menambahkan bahwa email sangat bermanfaat untuk mendaftarkan akun sosial media kita. Ini juga merupakan sebuah bukti bahwa email adalah induk dari semua sosmed. Tidak akan ada sosmed tanpa ada email. Sebelum kita bahas fitur gmail dan fungsinya maka kita bahas terlebih dulu mengenai fungsi fitur pada email itu apa saja.

Baca juga :   SEO Instagram ? Pengertian, Fungsi, dan Strategi Penerapan

Fungsi Tools Email

Secara umum fungsi email setidaknya ada tiga. Pertama fungsinya adalah untuk mengirimkan pesan, lalu untuk menerima pesan, dan yang ketiga adalah untuk menyimpan pesan. Sebuah email setidaknya harus punya ketiga fungsi tersebut karena kalau tidak maka gugurlah ia sebagai sebuah email.

Namun, seiring perkembangan teknologi banyak penyedia layanan email yang mengupgrade fiturnya menjadi lebih canggih lagi. Misalnya google yang menyediakan email sekaligus untuk menyisipkan pesan file. Untuk itu mari kita bahas mengenai fungsi icon pada email secara umum.

Fungsi Icon Pada Email

Sudah kita sebutkan bersama-sama bahwa fungsi email adalah untuk mengirim, menerima, dan menyimpan pesan. Ternyata ada banyak layanan email yang sudah canggih sehingga mempunyai fitur yang lengkap. Selain ketiga di atas ternyata fungsi email adalah untuk mengirimkan atau menyisipkan pesan dalam bentuk file digital kepada alamat email orang lain.

Fungsi-fungsi pada email juga meningkat dengan adanya fitur  draft, atau penyimpanan pesan sebelum pesan itu terkirim. Kita mengenal ada beberapa jasa penyedia email yang lazim orang gunakan di seluruh dunia. Di antaranya adalah gmail, yahoo mail, proton mail, tutanota, dan lain sebagainya. Dari kesemuanya ternyata yang memenangi persaingan adalah google mail yang mana punya banyak produk turunan dan pengguna di seluruh dunia. Maka dari itu tulisan ini akan secara khusus membahas fitur gmail dan fungsinya agar kamu lebih mengenal si dia. (Selengkapnya Baca : Pengertian Gmail dan Manfaat Gmail)

Selama ini kita mengenal gmail hanya berfungsi untuk mengirim email dan untuk mendaftar akun sosial media. Tetapi ternyata fitur gmail dan fungsinya tidak terbatas sampai di situ. Bagi kamu yang masih belum kenal dekat dengan si gmail maka wajib untuk menyimak tulisan ini sampai habis.

Baca juga :   Fitur Instagram untuk Digital Marketing yang Paling Powerfull

Memang apa sih manfaat dari mengetahui fitur gmail sampai detail itu? Fungsinya minimal adalah untuk memudahkanmu ketika bekerja dengan platform ini. Kita tahu bahwa sesuatu yang tidak kita kuasai sepenuhnya maka tidak dapat memudahkan pekerjaan kita. itulah manfaat mengetahui fitur gmail dan fungsinya.

Menu Pada Email Dan Fungsinya

  1. Fungsi Starred Pada Email

Kita akan bahas satu persatu fitur google mail yang mungkin jarang sekali tersentuh ketika membuka aplikasi ini. bagi kamu yang tidak akrab dengan gmail pasti jarang sekali mengetahui fitur starred pada menu yang ada. Padahal sebenarnya fitur ini sangat bermanfaat sekali buat kamu ketika akan menyimpan pesan yang penting atau urgent. Lalu bagaimana memanfaatkan menu ini ketika kita bekerja dengan gmail?

Caranya adalah begini, misalkan kamu mendapatkan email penting seperti pengumuman lolos pekerjaan, revisi skripsi, undangan nikahan, atau apapun itu maka klik kanan pada email yang bersangkutan lalu pilihlah starred. Maka otomatis pesan atau surel yang kamu pin atau bintangi akan tersimpan di menu starred yang ada di bawah menu Inbox atau kotak masuk.

  1. Fitur Pada Gmail Yang Digunakan Untuk Mengatur Waktu Tunda Adalah

Pernahkah kamu sebal karena masuk notifikasi email yang tanpa ampun sehingga ketika kamu ingin mencari email penting masuk justru tidak ketemu? Padahal email yang penting itu belum kamu bintangi atau starred? Maka solusinya adalah kita harus memfilter setiap email tidak penting yang masuk dengan fitur Snooze.

Ini merupakan salah satu fitur gmail dan fungsinya yang tidak banyak orang ketahui. Siapa sangka ternyata ini adalah tools yang dapat mengatur email mana saja yang dapat masuk ke inbox dan kapan email tersebut masuk. Caranya adalah sebagai berikut ini;

  • Masuklah ke menu Inbox.
  • Pilihlah email yang menurutmu tidak penting dan berulang.
  • Klik kanan pada email tersebut.
  • Pilih
  • lalu pilihlah kapan email akan masuk ke inbox.
  • Kamu dapat memilih besok, lusa, atau bahkan minggu depan, dan minggu depannya lagi.
  • Sesudah begitu, maka email tersebut maupun email-email berikutnya akan masuk ke menu snooze dan baru akan masuk ke inbox dalam waktu yang telah ditentukkan.
Baca juga :   Manfaat Artikel Seo Friendly Bikin Traffic Website Melejit

Bagaimana sobat? Cukup unik bukan fitur gmail dan fungsinnya tersebut? dan terakhir kita akan bahas fungsi lain dari gmail yang mungkin tidak banyak orang mengerti. Apa ya kira-kira fungsinya?

  1. Fungsi Ikon Pada Gmail yang Jarang Orang ketahui

Tahukah kamu bahwa ada fitur yang namanya kategori dig mail?  Ini adalah fitur gmail dan fungsinya yang wajib kamu tahu ketika akan membeda-bedakan dan menyeleksi kontak yang ada agar sesuai dengan pengelompokannya.

Ini adalah fitur yang bermanfaat sekali untuk seorang pebisnis, terutama untuk membuat pesan broadcast ke banyak kontak. Sebenarnya ini fitur yang hampir mirip dengan labeling yang ada whatsapp business. Jadi kita dapat menggolongkan kontak dan email yang masuk ke dalam kelompok tertentu. Misalnya label PEKERJAAN, KULIAH, PRIBADI, FREELANCE, dan lain sebagainya. Sebagai informasi saja bahwa fitur ini ada di bagian bawah menu yakni di bawah menu Drafts.

Tools Google Mail dan Manfaatnya

Setelah kita sima bersama tulisan di atas ternyata kita menjadi tahu bahwa ada banyak fitur gmail dan fungsinya yang sebelumnya kita tak tahu. Pada dasarnya semuanya adalah untuk memudahkan pekerjaan kita yang berkaitan dengan email. Semoga tulisan ini bermanfaat dan dapat memudahkan pekerjaan kamu. Sekian dan terima kasih. Salam inspirasi.