Cara Optimasi Seo Instagram

Cara Optimasi Seo Instagram

Bagaimana apabila jurus search engine optimization (SEO) kita gabungkan dengan kekuatan instagram untuk mencapai performa terbaik bagi sebuah akun IG? Kombinasi antara SEO dan perawatan instagram telah melahirkan suatu jurus baru yang bernama cara optimasi SEO instagram.

Optimasi SEO Instagram bukanlah SEO pada umumnya. Namun optimasi instagram juga bukan pengelolaan sosial media pada umumnya. Jadi optimasi SEO ini meminjam teknik dari search engine optimization namun memanfaatkan platform instagram. Atau basisnya di instagram.

Kalau selama ini kita menganggap bawah akun instagram cukup dikasih postingan dan story sudah cukup, maka itu salah besar. Kita juga harus menerapkan cara optimasi SEO di Instagram atau yang kerapkali disebut cara optimasi SEO instagram.

Jurus optimasi ini sangatlah penting untuk meningkatkan performa akun kita di IG nantinya. Apabila anda masih bingung mengenai cara optimasi SEO instagram, maka janganlah khawatir. Sebab cara dan jurus ini memang tergolong masih sedikit orang yang menyadari. Kami membagikan jurus ini baru kepada anda yang membaca tulisan berikut ini.

Agar anda memahami lebih lanjut mengenai optimasi SEO instagram, maka perlu menyimak pemaparan dan uraian di bawah ini. Baru nanti kita akan lanjut tentang trend SEO instagram di tahun 2021-2022.

Baca juga : Cara Membuat CTA di Instagram

Optimasi Instagram Adalah

Apa itu optimasi instagram? Seringkali kita mengenal istilah ini dari kursus-kursus digital marketing yang ada di iklan maupun internet. Lalu optimasi itu sendiri apa? Apakah optimasi hanya senantiasa berkait erat dengan website?

Ternyata optimasi itu tidak hanya terkait dengan website. saat ini sudah ada banyak sosial media yang menerapkan algoritma model search engine. Jadi boleh kita sebut bahwa sosial media pun sebenarnya juga sebuah search engine atau mesin pencari. Berhubung sosial media adalah mesin pencari, maka kita bisa menerapkan optimasi di website untuk mengoptimasi mesin pencari. Termasuk dalam tulisan yang akan kita bahas saat ini yakni cara optimasi SEO instagram.

  1. Seo Instagram 2021

Sepertinya tahun 2021 hingga 2022 sekarang adalah momen di mana instagram sedang menerapkan SEO di dalam algoritmanya. Walaupun saat ini instagram sedang sibuk dengan pengoperasian Reels, namun kalau kita tak mempunyai teknik optimasi instagra, maka akan tetap kalah dengan pesaing.

Baca juga :   Kelebihan dan Kekurangan Video Marketing

Sebenarnya ada banyak teknik seo di sosial media lainnya, seperti teknik optimasi SEO di yotuube maupun facebook. Namun yang paling sulit adalah optimasi instagram. Sebab kita perlu melakukan setting beberapa hal saat menerapkan SEO instagram 2021.

Sampai sini belum begitu banyak yang tahu perihal seo instagram 2021, maka dari itu seringkali orang masih melakukan kesalahan ketika melakukan optimasi instagram ini. Kita nanti akan bahas tentang kesalahan dalam optimasi SEO instagram di bawah ini. Namun sebelum itu mari kita bahas dulu tentang search engine IG dan algoritma yang ada.

  1. Search Engine Ig

Kita pasti mempunyai setidaknya satu atau dua akun instagram. Ketika berada di aplikasi tersebut seringkali kita akan membuka yang namanya explore atau search engine IG.Sama seperti sebuah mesin pencari, maka kita dapat mencari hal apapun di sana.

Tentu dalam mencari itu kita akan menemukan banyak akun yang muncul untuk pertama kali. Akun yang pertama muncul itulah yang telah menerapkan SEO instagram. Sebab mereka dapat muncul ketika kita menginginkan.

Lalu bagaimana kita dapat menerapkan cara serupa agar postingan atau akun kita dapat segera ditemukan oleh para pencari ketika mereka mencarinya? Apalagi kalau tidak dengan cara menerapkan cara optimasi SEO instagram yang tepat dan efektif. Sayangnya belum banyak yang tahu cara ini. Kalaupun tahu biasanya akan sangat permukaan sekali. Maka dari itu mari kita bahas tentang kesalahan dalam optimasi akun IG menggunakan jurus SEO. Apa saja kesalahan ketika kita menerapkan cara optimasi SEO instagram?

 

Kesalahan Optimasi Akun Ig

Dengan kita mengetahui kesalahan optimasi akun IG, maka kita akan sukses menerapkan optimasi SEO di instagram. Simak beberapa kesalahan mendasar para digital marketer berikut ini;

  1. Nama Pengguna dan Nama Akun

Alangkah baiknya apabila nama pengguna dan nama akun kita menggunakan kombinasi antara kata kunci target dan kata keterangan. Kadangkala kita merasa gengsi apabila menggunakan buying keyword untuk nama atau username. Tapi tahukah anda bahwa justru hal itulah yang akan mempercepat akun kita ditemukan oleh para pencari di instagram?

Baca juga :   Kursus Marketplace agar Jualan Laris di KDJ pada 25 Nov-2 Des 2021

Maka dari itu mulai sekarang jika ingin membuat akun IG Untuk jualan atau bisnis maka gunakan kata-kata yang mengandung buying keyword dan nama barangnya ya sob. Syukur-syukur jika menyertakan juga target kotanya.

  1. Bio Kurang Relevan dengan Niche

Jangan pernah menyepelekan bio. Kolom yang berisi tulisan dengan karakter minim itu ternyata punya dampak yang besar terhadap SEO instagram kita lho. Sebab bio ini adalah keterangan yang akan membantu pencari untuk memastikan apakah akun kita sesuai dengan yang mereka cari atau tidak.

Jika bio yang  anda tulis tidak sesuai dengan niche yang ada di username maupun display name, maka akan sulit untuk bisa menerapkan cara optimasi SEO Instagram. Minimal ketika menuliskan bio, anda menulis pula kata kunci yang ada di username. Lalu bisa juga ditambahkan dengan sinonim dari kata kunci. Misalnya produkmu jual mukena di Yogyakarta, maka sinonimnya adalah toko kerudung di jogja. Begitu sob.

  1. Hastag Tidak Konsisten

Lalu ketika memposting foto ataupun video, jangan lupa untuk sertakan juga hastag atau tagar ya sob. Sebab hastag yang konsisten akan membentuk pola perilaku akun kamu sehingga lekas dikenali di Instagram.

Hastag yang kita pasang di postingan juga harus konsisten dari satu post ke post lain. Bahkan kalau bisa kita menggunakan alat pencari tagar. Jangan sampai kita tak konsisten memakai hastag. Misal hari ini menggunakan tagar bertema mukena, tapi besok menggunakan tagar petualangan, maka itu adalah perilaku yang tak baik untuk akun kita.

  1. Tidak Ada Teks Alternatif

Lalu ketika memposting foto di IG jangan lupa untuk memberikan teks alternative. Apa itu teks alternative? Jadi teks alternative itu adalah kata kunci yang kita taruh di bagian teks alt.

Baca juga :   Manfaat Youtube Marketing Untuk Bisnis

Caranya adalah sebagai berikut; scroll ke bawah sebelum klik posting pada dasbor posting. Di sana akan muncul teks alt. Klik tulisan tersebut, lalu akan muncul kolom. Di situlah yang harus kamu isikan dengan tema dari postingan kamu.

  1. Tidak Menambahkan Lokasi

Ketika memposting juga berikan letak lokasinya. Terutama lokasi kota yang akan anda target. Misalnya anda menarget kota Cilacap, maka ketika memposting berikan lokasi postingan itu di Cilacap ya sob.

  1. Tak Meletakkan Kata Kunci di Caption

Lalu ketika menulis caption atau copywriting, anda juga harus menaruh setidaknya satu kata kunci di caption.

Itu berfungsi agar instagram mengenali jenis postingan yang kamu posting.

Itulah beberapa konsep dasar ketika menerapkan cara optimasi SEO Instagram. Jangan sampai melupakan tidak mengisinya sebab kesalahan itu seringkali dilakukan bahkan oleh mereka yang sudah jago dalam membuat konten.

Sekian tulisan hari ini. Semoga tips ini dapat bermanfaat.