Cara Agar Viral Di Reels Bermodal Hastag dan Jam Posting

Cara Agar Viral Di Reels

Saat ini kita bisa membuat sebuah konten video yang cantik lewat fitur instagram yang namanya Reels. Fitur ini sebenarnya sudah ada sejak lama di platform tersebut, namun baru resmi masuk ke Indonesia pada akhir tahun 2021. Sebagai sebuah platform video, tentunya ada momen di mana sebuah konten bisa viral di sana. Untuk itu mari kita bahas tentang strategi dan cara agar viral di Reels. Cara ini akan banyak berguna karena selama ini algoritma reels masih belum banyak orang yang tahu.

Memang sudah banyak video yang berhasil viral di reels, namun kita akan bahas strategi atau cara agar viral di reels. Tentu ada kriteria-kriteria khusus agar video kita bisa diterima oleh khalayak ramai di Instagram. Di sini juga ada perbedaan antara platform Reels IG dengan tiktok. Memang sekilas nampak sama, tapi fiturnya pun beda apalagi dengan algoritmanya.

Jadi buat anda yang pernah viral atau fyp di tiktok, maka jangan berbangga dulu bila menggunakan reels. Sebab masih banyak rahasia yang belum terungkap di dalamnya. Maka dari itu kita akan membahassnya dalam tulisan bertajuk cara agar viral di reels berikut ini.

Tentunya tidak ada yang bisa menjamin video kita dapat viral atau tidak. Tapi setidaknya kita sudah memahami algoritma dan kriteria konten di reels sebagai bentuk usaha agar bisa viral atau mendapatkan banyak penonton.

Apa Itu Reels dan Bedanya dengan Fitur IG Lain

Reels menjadi fitur instagram yang paling terbaru masuk ke Indonesia. Kalau kita melihat konten-konten di dalamnya tentu ada banyak yang berasal dari luar negeri. Itu wajar, sebab reels tergolong telat masuk ke Indonesia. Jadi belum banyak orang Indonesia yang menggunakan platform ini untuk berkonten ria.

Baca juga :   Cara Mengatur Lokasi di Marketplace Facebook

Paling pol mereka hanya menggunakan untuk mengabadikan momen keluarga, berwisata, ataupun momen lainnya. Masih jarang orang membuat secara khusus konten reels untuk mencoba-coba agar viral. Di sinilah kita akan menerapkan cara coba-coba tersebut agar dari sekian banyak konten reels yang kita buat dapat viral di sana.

Tentu reels mempunyai banyak perbedaan dengan fitur instagram lainnya. Kalau fitur lainnya mungkin hanya mempunyai jangkauan yang minim, tapi reels ini beda. Jadi reels memang mempunyai jangkauan yang lintas akun dan bahkan lintas negara. Maka dari itu inilah keistimewaan dari reels, di mana kita dappat besar potensinya untuk membuat konten yang viral.

Reels juga mempunyai banyak efek suara yang membuat orang menjadi tertarik dengan konten tersebut. Jelas saat ini reels menjadi jenis konten primadona di instagram. Kalau ingin eksis di IG syaratnya anda harus berhasil membuat konten yang viral ini. Memang tidak harus viral several-viralnya, namun setidaknya kita harus rutin membuat konten di sana. Karena seiring waktu, instagram akan mendeteksi aktiitas kita dan akan meluaskan jangkauan akun kita.

Memang di antara kelebihan konten reels ini ada sebuah usaha yang berdarah-darah. Selain itu juga ada modal yang tidak sedikit. Maka dari itu kita akan bahas betapa konten reels itu memang benar-benar banyak kelebihannya. Baru nanti kita akan bahas tentang tips atau cara agar viral di reels.

Kelebihan Konten Reels

Kita sudah sebutkan di atas, bahwa ada banyak keistimewaan dan kelebihan konten reels. Untuk membuat kamu paham bagaimana menentukannya reels untuk perkembangan akun IG maka simak beberapa kelebihan konten reels berikut ini;

  1. Mempunyai jangkauan antar negara.
  2. Nuansa kontennya lebih mewah.
  3. visualisasinya cukup jernih dengan resolusi tinggi.
  4. Cocok untuk semua kalangan dan status sosial.
  5. Gampang untuk dinikmati karena terintegras dengan instagram.
Baca juga :   Fitur Instagram untuk Digital Marketing yang Paling Powerfull

Itulah beberapa kelebihan dari konten reels yang dapat kita sebutkan. Sebenarnya masih banyak kelebihan lain. Tentunya, setelah mengetahui apa kelebihan reels, selanjutnya kita akan bahas cara agar viral di reels. Sebab kalau tidak segera mengeksekusinya, kita tidak dapat lekas menikmati apa saja kelebihan reels instagram.

Cara Agar Fyp Di Reels

Pembahasan yang kita tunggu-tunggu akan datang juga. Sekarang mari kita bahas cara agar viral di reels. Mungkin dari sini nanti kita akan semakin semangat membuat konten di sana karena memang kalau sudah menemukan caranya pasti akan gampang.

Inilah tips agar FYP di reels yang mungkin dapat kamu coba.

  1. Hashtag Reels Viral

Sama seperti jenis konten lainnya di instagram, maka reels juga harus kita kasih hastag yang sesuai sob. Jadi algoritma reels juga memperhatikan tagar apakah yang kita pakai ketika menguploadnya. Namun pekerjaan rumah kita di sini adalah bagaimana mencari hastag yang sesuai dengan jenis konten kita.

Sebab konten kita adalah konten dengan jenis video, sehingga akan lebih susah untuk mencari temanya atau menggolongkannya sesuai tema. Maka dari itu anda bisa membaca tulisan berikut ini untuk memahami penulisan tagar di reels ( Hashtag untuk Reels Instagram ).

Agar lebih menarik, jangan lupa untuk memberi captionnya juga. Sebab caption ini berfungsi untuk menjelaskan video tersebut secara lebih detail. Guna mempermudah, berilah caption itu satu kata kunci untuk menjelaskan video. Jika video anda bertema tentang keluarga, maka kata kuncinya adalah family. Lalu carilah hastag yang relevan dengan satu kata kunci tersebut.

  1. Cara Agar Reels Instagram Banyak Yang Nonton

Kita diharuskan untuk mengupload video yang beresolusi tinggi ketika membuat konten di Reels IG. Jadi satu syarat khusus ketika ingin videomu banyak yang menonton maka buatlah kualitas video kamu menjadi bagus, minimal beresolusi 360x.

Baca juga :   Tipe-Tipe Pelanggan Dan Ciri Cirinya serta Cara Menghadapi

Ini merupakan syarat minimal karena kalau di bawah itu maka instagram secara otomatis tidak akan merekomendasikan video kamu di beranda reels orang lain. Mungkin akan beda cerita dengan tiktok, yang mana konten yang viral adalah konten dengan interaksi tertinggi. Namun reels tidak seperti itu. Resolusi video menjadi salah satu hal yang menentukan agar bisa FYP.

Konten sesederhana apapun kalau kita buat dengan visualisasi yang cantik maka berpotensi besar untuk masuk ke FYP.

  1. Jam Fyp Di Reels Instagram

Anda sebaiknya juga memperhatikan jam Fyp di reels instagram. Ini merupakan jam prime time di mana konten reels berpeluang besar untuk viral di sana. Maka dari itu berdasarkan sependek pengelamana kami, jam prime time yang bagus untuk posting di reels adalah antara pukul 16.00-18.00 serta pukul 10.00-12.00.

Kami menjadikan kedua waktu tersebut sebagai waktu untuk memposting video. Apapun kontennya pasti akan kami posting pada jam tersebut. Nantinya tidak lama setelah posting akan kelihatan apakah konten kita viral atau tidak. BIasanya tiga jam setelah posting akan kelihatan. Namuna besar kemungkinannya juga video kita baru viral setelah 24 jam berikutnya. Jadi memang tidak ada rumusan saklek untuk ini.

Pengunjung juga mencari:

  • cara agar reels ig fyp