Cara Meningkatkan Engagement Instagram 2022

Cara Meningkatkan Engagement Instagram 2022

2022 adalah tahun yang menuntut anda untuk serba cepat. Dalam arti cepat melayani customer, cepat menjawab kebutuhan pasar, serta cepat mengikuti tren marketing terkini. Jelas ini merupakan sebuah tantangan buat kita yang masih dalam tahap awal belajar digital marketing. Meskipun begitu kita harus senantiasa belajar untuk mengejar ketertinggalan.Tidak ada kata telat dalam belajar. Kalau kita tertinggal di satu platform, manfaatkanlah platform lain. Salah satu platform yang dapat kita gunakan untuk ajang marketing adalah instagram. Di sini terkenal ketat sekali persaingannya. Lalu bagaimana cara meningkatkan engagement instagram 2022 saat ini?

Ini merupakan awal tahun yang bagus untuk merancang strategi-strategi baru guna meningkatkan brand awareness. Apakah harapan kita di tahun 2022 hanya sebatas di angan-angan saja? Tentunya buang jauh-jauh angan-angan itu. Lekaslah untuk mulai menggapai harapan. Di sini kita akan belajar hal mendasar dulu, yakni bagaimana cara meningkatkan engagement instagram 2022.

Ini penting untuk kita persiapkan karena di tahun 2022 akan lebih banyak kejutan, baik dari segi audience maupun inovasi dari para perancang sosial media. Maka dari itu gunakanlah platform instagram untuk mengikuti trend yang ada. Dan salah satu yang harus kita tingkatkan untuk masuk ke persaingan atau trend adalah bagaimana cara meningkatkan engagement IG. Lalu apa itu engagement sebenarnya? Kok seperti sering mendengar tapi sulit diterapkan? Daripada bingung mari kita simak penjelasannya berikut ini.

Baca juga :   Jenis - Jenis Search Engine Optimization (SEO)

Apa Itu Engagement Instagram

Jadi engagement instagram adalah skala interaksi postingan atau akun kita dengan audience yang ada di sosial media, baik mereka yang menjadi followers kita maupun yang tidak.. Jadi jika digolongkan ada setidaknya dua engagement, yakni engagement postingan dan engagement akun. Antara postingan dan akun ini sebenarnya terkait erat, namun penghitungannya memakai rumus yang berbeda.

Untuk penghitungan engagement akun IG maka rumusnya adalah di bawah ini;

  1. Penghitungan skala interaksi akun

Engagement rate (ER) = (Jumlah like, comment, dan share : jumlah followers) x 100

Tentunya angka ER ini dari waktu ke waktu senantiasa berubah. Semakin besar jumlah followers maka harus makin besar pula jumlah like, comment, dan share. Sebab kalau tidak maka nilai ER nya akan rendah dan itu terhitung di IG sebagai penurunan performa akun.

  1. Penghitungan skala interaksi postingan

Lalu bagaimana rumus untuk menghitung skala interaksi (ER) di postingan? Di sini rumusnya hampir sama dengan yang di atas. Namun indikator pembandingnya saja yang berbeda. Berikut untuk rumus ER postingan;

ER Postingan = (Jumlah like + komen : impresi ) x 100.

Jika anda belum tahu apa itu impresi, maka bisa anda lihat di bagian insight instagram. Impresi adalah jumlah views di sebuah postingan. Semakin tinggi impresi, maka harusnya like dan komen juga makin tinggi untuk tetap menjaga ER nya tinggi.

Memangnya apa pentingnya kita menjaga ER (skala interaksi) tetap tinggi? Apakah ada manfaatnya? Tentu ada manfaat jika engagement rate kita tinggi. Manfaatnya adalah sebagai berikut ini;

Pentingnya Engagement Instagram

Jawaban atas mengapa kita harus mengetahui meningkatkan ER adalah sebagai berikut;

  1. Untuk melihat skala kepuasan audience

Jadi memang tidak semua pemilik akun instagram tahu berapa nilai ER mereka dan bagaimana cara meningkatkan engagement instagram 2022 ini. Namun kalau kita tahu betapa pentingnya mengetahui nilai ER ini pasti akan lebih aware. Skala interaksi dapat kita gunakan untuk melihat berapa tinggi kepuasan audience ketika melihat konten kita di instagram.

Baca juga :   Cara Membangun Backlink Berkualitas Bersama Didik Arwinsyah

Kalau nilai ER nya rendah, sudah pasti kepuasan audience akan rendah karena konten kita tidak menyediakan apa yang mereka cari. Kalau sudah mengetahui nilai ER maka langkah selanjutnya bagi kita adalah meningkatkannya dengan berbagai cara, semisal dengan memberikan Call to action yang jelas serta membuat konten yang lebih interaktif lagi.

  1. Guna melihat seberapa jauh keberhasilan marketing

Tentunya ada dua tujuan di dalam marketing, yakni branding dan selling. Kedua hal itulah yang bisa menjadi tolok ukur keberhasilan dalam marketing. Nah, untuk melihat skala keberhasilan selling itu bisa kita lihat dari penjualannya. Lalu bagaimana cara mengetahui keberhasila branding? Tentu caranya adalah dengan melihat nilai interaksi postingan di instagramnya.

Kalau nilai interaksi (ER) nya rendah maka kita harus meningkatkan lagi kapasitas marketing kita.

  1. Membandingkan diri dengan kompetitor

Kita juga bisa melihat ER dengan tujuan untuk  membandingkan diri kita dengan kompetitor. Seorang pebisnis tentu harus tahu seberapa jauh perkembangan kompetitor. Dari sinilah kita bisa perlahan-lahan mengejar mereka dan bahkan mengalahkan konten mereka.

Cara Meningkatkan Engagement Instagram 2021

Jelas diperlukan banyak perjuangan agar engagement rate kita tinggi. Kalau di tahun kemarin kita saksikan konten video dapat menjadi kunci perkembangan akun, maka di tahun 2022 ini sudah berbeda lagi.

Kalau konten jenis carousel atau microblog masih banyak peminatnya di tahun 2021, beda lagi ceritanya di tahun ini. Di sinilah pentingnya update perkembangan, karena algoritma dari tahun ke tahun senantiasa berubah. Jadi buat kamu yang mengandalkan instagram untuk bisnis, jualan, maupun branding, segeralah siapkan cara meningkatkan engagement instagram 2022 ini. Agar bisnismu tidak ketinggalan saingan dengan bisnis-bisnis yang lain.

Kiat Meningkatkan Engagement Instagram Di Tahun 2022

Kita dapat menerapkan cara meningkatkan engagement instagram 2022 ini dengan kombinasi antara kiat tahun lalu dengan update terbaru. Untuk lebih jelasnya simak beberapa poin kiatnya di bawah ini;

  1. Cara Mendapatkan Insight Instagram dengan Konten Reels

Kalau bertanya konten apa yang sedang banyak peminatnya, maka jawabannya adalah reels instagram. Inilah kunci bagi pertumbuhan akunmu. Kalau ingin mendapatkan insight yang maksimal juga dapat menggunakan reels ini. Otomatis dengan sering upload reels, maka insight akunmu akan cepat meningkat.

  1. Cara Meningkatkan Popularitas Instagram dengan Lebih Banyak Kolaborasi

Kerja-kerja kolaborasi sangat disarankan di instagram saat ini. Apa artinya kerja kolaborasi? Jadi  di sini kita membangun sebuah jejaring dengan akun lain yang punya irisan tema untuk memantapkan trust customer kepada akun kita. Yang namanya customer pasti akan semakin percaya jika kita mempunyai teman collabs di sosial media. Maka dari itu segera temukan teman kolabs mu. Usahakan jangan produk seniche agar tidak saingan.

  1. Untuk Semakin Meluaskan Jangkauan dengan Bangun Komunitas

Ini merupakan strategi yang digunakan oleh para content creator besar di instagram. Biasanya mereka mempunyai sebuah komunitas tersendiri untuk menguatkan daya tawarnya di sosial media.

Baca juga :   Pengen Cari Oleh-oleh Khas Jogja? Ke Bagbone Handcrafts Saja

Buat anda yang ingin mempunyai nama dan citra, maka tidak ada salahnya mencoba bergabung dengan komunitas yang menjual produk yang sama namun dengan merk yang berbeda. Dengan gabung bersama komunitas, anda dapat menjadwalkan live instagram bareng maupun bisa mencari jejaring lainnya.

  1. Jangan Lupa Interaksinya Lewat Stories

Kita bisa menjalin interaksi lewat stories dengan followers yang kita punya. Jadi interaksi lewat stories ini bisa menjadi salah satu cara meningkatkan engagement instagram 2022. Sebab dengan adanya komunikasi antara anda dengan followers, maka instagram menandai itu sebagai kedekatan kita dengan pengikut.

Maka dari itu jangan tunda lagi untuk membuat stories yang menjalin engagement. Jangan lupa juga untuk membalas coment di stories yang masuk ke sana.

  1. Membuat Instagram Shop

Kalau anda sudah bisa menerapkan Cara Optimasi SEO Instagram, maka bolehlah ilmu tersebut anda terapkan di dalam mengupload foto produk di instagram shop. Melalui kombinasi antara foto produk dan kata kunci maka akan semakin mempercepat produkmu ditemukan di instagram.

Itulah tadi kelima cara meningkatkan engagement instagram 2022. Semoga dapat menjadi insight baru dan dapat anda terapkan di akun jualan sehingga bisa mendatangkan lead masuk atau closingan.