Cara Membedakan Artikel SEO dengan Artikel Biasa

Cara membedakan artikel SEO dengan artikel biasa

Artikel SEO tampaknya sudah tak asing lagi bagi telinga kita. Karena memang akhir-akhir ini banyak perusahaan yang sedang gencar mencari digital talents termasuk salah satunya Content Writer. Tugas seorang Content Writer tidak jauh-jauh berhubungan dengan artikel SEO. Artikel SEO bermanfaat untuk menarik pengunjung ke website. Untuk kalian yang belum paham artikel SEO, tenang saja! Karena di sini mimin akan bagikan informasi mengenai pengertian artikel SEO itu sendiri, apa saja ciri-cirinya dan bagaimana cara membedakan artikel SEO dengan artikel biasa.

Yuk langsung saja! Pantengin terus artikel ini sampai akhir ya untuk mendapatkan keseluruhan informasi yang akan mimin bagikan!

 

Apa itu Artikel SEO?

Artikel SEO merupakan tulisan yang dibuat dengan ketentuan-ketentuan tertentu secara khusus untuk optimasi halaman suatu website. Ketentuan penulisan artikel ini berguna untuk membantu mesin pencari dan pembaca dalam memahami keseluruhan isi artikel. Di mana, mesin pencari ini nantinya akan menentukan ranking website pada Google setelah memahami isi dan struktur artikel berdasarkan aspek SEO.

Simplenya, kalau artikel kalian tidak dapat dibaca oleh mesin pencari, maka artikel kalian tidak bisa di-ranking. Akibatnya, artikel kalian menjadi susah untuk ditemukan pembaca. Kalau seperti ini, maka trafik website kalian akan menjadi sepi.

Perlu kalian garis bawahi bahwa artikel SEO memiliki tujuan utama yaitu menarik pengunjung untuk membaca artikel sampai selesai, bukan meningkatkan penjualan. Jadi, penulis artikel harus mengutamakan pemilihan kata yang menyenangkan dan mudah dipahami. Bukan berfokus pada kata-kata bualan yang bertujuan mempromosikan produk secara terang-terangan.

Baca juga :   Apa Itu Deal Maker serta Skill yang Harus Dipelajari

Namun, tidak menutup kemungkinan kalau artikel SEO ini juga mempengaruhi penjualan atau tingkat konversi. Karena dengan menghasilkan artikel-artikel yang mengedukasi dan terbukti kebenarannya, maka pelan-pelan pengunjung akan percaya dengan brand atau perusahaan kalian. Sehingga pada akhirnya pun pengunjung lebih yakin untuk membeli produk-produk yang kalian jual.

Tapi kalian harus ingat ya, bahwa artikel SEO ini hanya sebagai pengantarnya saja, bukan sebagai alat utama untuk meningkatkan penjualan.

 

Ciri-Ciri Artikel SEO

Nah, setelah kalian sudah tahu pengertian dari artikel SEO, selanjutnya kita akan melanjutkan pembahasan tentang ciri-ciri artikel SEO itu sendiri, untuk semakin memantapkan pemahaman kalian mengenai perbedaan artikel SEO dengan artikel biasa.

Memiliki Struktur Heading yang Sesuai

Struktur heading merupakan struktur penulisan judul dan sub judul artikel. Penulisan ini secara otomatis akan dibedakan berdasarkan ukuran huruf. Tujuan struktur heading adalah membantu mesin pencari membedakan kalimat utama dengan kalimat pendukungnya.

Tidak hanya mesin pencari, namun struktur heading ini juga memudahkan pembaca untuk menangkap ide-ide dalam artikel dengan cepat. Sehingga pembaca dapat langsung loncat ke sub judul tertentu yang membahas informasi yang sedang mereka cari.

Memiliki Internal dan Eksternal Link

Internal link memiliki fungsi menghubungkan antara satu artikel dengan artikel lainnya yang memiliki pembahasan serupa. Artikel yang dihubungkan menggunakan internal link masih berasal dari website yang sama. Sedangkan pada eksternal link, artikel yang dihubungkan berasal dari website yang berbeda. Jadi, eksternal link bertujuan untuk memberikan referensi tambahan dari website lain kepada pembaca.

Mesin pencari nantinya akan menelusuri setiap link yang ada pada artikel. Dengan adanya link ini, maka artikel maupun website dapat saling mendukung satu dengan yang lainnya.

Baca juga :   Aktifitas Menunggu Waktu Berbuka Puasa yang Asyik

Internal dan eksternal link juga memberikan kemudahan bagi pembaca yang membutuhkan pembahasan lebih lanjut dari artikel yang sedang mereka baca. Dengan mengklik internal link, Google akan mengarahkan pembaca ke artikel atau website lainnya yang memberikan penjelasan lebih dalam tentang suatu hal yang berkaitan dengan artikel sebelumnya.

Mudah Dibaca Robot dan Manusia

Secara teknis, artikel SEO harus nyaman dibaca baik oleh robot maupun manusia. Penulis harus mampu memutar otak untuk memilih kata-kata yang menarik dan mudah bagi pembaca untuk memahaminya. Artikel juga harus memiliki susunan paragraf yang rapi dan tidak menggunakan kata yang berulang.

Jumlah kalimat dalam satu paragraf tidak boleh kepanjangan, supaya pembaca bisa mengetahui ide pokoknya dengan mudah dan cepat. Selain itu, penggunaan kalimat pasif juga dibatasi persentasenya. Kalian disarankan menggunakan hanya kisaran 10% kalimat pasif dari seluruh jumlah kata pada artikel. Bahkan, jumlah kata dalam satu kalimat pun tidak boleh kebanyakan.

Tidak Terlalu Panjang dan Tidak Terlalu Pendek

Artikel yang panjang tentu akan lebih baik dari pada artikel pendek. Artikel panjang memungkinkan penulis untuk memberikan pembahasan yang lengkap mengenai suatu ide atau informasi tertentu. Semakin lengkap pembahasan pada artikel SEO, maka akan semakin tinggi tingkat relevansi dan kualitasnya di mata mesin pencari dan pengunjung. Ingat, dalam menulis artikel SEO, aspek relevansi menjadi poin yang paling utama.

Meskipun begitu, bukan berarti kalian memanjang-manjangkan kalimat yang kalian tulis dan menambah kata-kata yang tidak perlu hanya untuk menghasilkan suatu artikel yang panjang ya! Atau sebaliknya, artikel yang panjang justru kalian tulis sependek mungkin. Karena nantinya akan menimbulkan kekecewaan pengunjung dan ujungnya akan mempengaruhi ranking website kalian pada Google.

Baca juga :   Menulis Artikel SEO Friendly itu Gampang dan Mengasyikan, Simak Caranya Berikut Ini

Penggunaan Kata Kunci yang Tepat

Sebelum menulis artikel SEO, langkah pertama yang harus kalian lakukan sebagai penulis adalah melakukan riset kata kunci. Penggunaan kata kunci yang tepat akan meningkatkan peluang naiknya jumlah trafik secara drastis. Untuk mendapatkan kata kunci yang tepat, kalian harus memperhatikan dua aspek yaitu relevansinya dengan artikel dan jumlah volumenya.

Kalian bisa menggunakan bantuan tools untuk menganalisis kata kunci artikel. Contoh tools yang dapat kalian pakai yaitu Google Keywords Planner, Google Trends, dan lain sebagainya.

 

Cara Membedakan Artikel SEO dengan Artikel Biasa

Sekarang kalian sudah mengetahui ciri-ciri dari artikel SEO. Lalu, bagaimana cara membedakan artikel SEO dengan artikel biasa? Jawabannya cukup mudah. Kalian dapat membedakan keduanya berdasarkan ciri-ciri yang mereka miliki.

Pada artikel SEO, sudah jelaslah memiliki ciri struktur heading yang jelas, memiliki eksternal dan internal link, kalimat dan paragraf tidak boleh terlalu panjang maupun terlalu pendek, menggunakan kata kunci, dan sebagainya.

Sementara pada artikel biasa, penulisan artikelnya tidak mengikuti aturan-aturan SEO tersebut. Dengan kata lain, artikel biasa tidak menargetkan kata kunci tertentu, penulisan secara natural dan tidak terikat dengan ketentuan SEO sehingga penulis lebih bebas mengekspresikan diri lewat tulisannya. Artikel biasa juga menggunakan sedikit link atau bahkan tidak menggunakan link sama sekali.

 

Sekarang kita sudah berada di akhir artikel nih. Terima kasih buat kalian semua yang telah membaca artikel sampai selesai. Jangan lupa untuk bagikan artikel ini ke teman kalian yang membutuhkan, dan nantikan artikel-artikel mimin berikutnya ya!

Semoga pembahasan mengenai pengertian artikel SEO, ciri-ciri dan bagaimana cara membedakan artikel SEO dengan artikel biasa ini dapat bermanfaat buat kalian semuanya!

Hotmaria S