Buka-Bukaan Trik Iklan di Google Bersama Dosen Jualan Bapak Suryadin Laoddang

Buka-Bukaan Trik Iklan di Google Bersama Dosen Jualan Bapak Suryadin Laoddang

Buka-Bukaan Trik Iklan di Google Bersama Dosen Jualan Bapak Suryadin Laoddang

Tulisan ini saya rangkum dari Live webinar di Youtube Dosen Jualan yang hadir pada 23 April 2020 pukul 09.00 WIB. Pada webinar ini Bapak Suryadin akan menyampaikan materi berkaitan dengan trik iklan di google terutama bagi pemula yang baru mengenal cara beriklan di google ads. Dalam webinar kali ini, Bapak Suryadin juga berkolabori dengan Gus Nana Academy.

Pembukaan webinar Dosen Jualan dGus Nana buka untuk menjelaskan mengenai trik iklan di google. Trik ini diperuntukkan bagi pelaku UMKM maupun pemula dalam dunia bisnis yang ingin menerapkan cara iklan di google gratis. Google ads merupakan platform periklanan yang dimiliki oleh google. Bagi Anda yang pernah belajar tentang FB ads maka bisa lebih mudah memahami google ads. Google ads biasanya orang akan nyari atau butuh berdasarkan keyword. Contoh jasa catering Yogyakarta. Ketika Anda mengetikkan keyword tersebut maka google akan menampilkan informasi berkaitan dengan keyword tersebut. Cara beriklan di google ads sangatlah mudah dan tidak membutuhkan website.

Terdapat satu fitur yang bisa digunakan untuk cara beriklan di google yaitu google my bussiness atau GMN yang menyediakan fitur berbayar yaitu smart ads campaign. Saat seseorang mencari sesuatu maka iklan Anda akan muncul pada mesin pencari dan website atau aplikasi yang sudah bekerjasama dengan google. Cara pasang iklan di google tidak sampai 10 menit selama Anda memahami pola-pola iklan tersebut.

Keunggulan beriklan di google

Keunggulan cara iklan di google gratis menurut Gus Nana dalam webinar Dosen Jualan yaitu mudah, murah, fleksibel dan tertarget. Mudah yang berarti dalam mengeksekusi sebuah iklan di smart ads campaign semudah ibu-ibu memainkan hp android. Tentu saja cara iklan di google gratis mmbuat Anda tidak perlu repot belajar tenteng bahasa pemrograman, koding dan lain-lain. Hal yang terpenting dalam trik iklan di google melalui google ads adalah upload gambar, tagline dan isi konten. Murah berarti konsep google ads adalah sistem cost per click. Metode ini merupakan metode pembayaran dimana ketika iklan Anda di klik maka saldo Anda akan berkurang. Tetapi bisa Anda setting budget perhari minimal Rp 10.000.

Baca juga :   Hashtag untuk Reels Instagram Bagusnya Pakai Nggak ya?

Sedangkan tertarget yang berarti bahwa iklan-iklan Anda akan tertarget sehingga iklan-iklan Anda hanya akan muncul di keyword yang orang-orang ketikkan di mesin pencari agar tidak melebar ke produk lainnya. Fleksibel berarti semuanya bisa anda setting semudah Anda memainkan handphone android Anda. Iklan Anda bisa Anda setting memakai hp atau tablet sehingga sangat fleksibel.

Dasboard google ads ada dua yaitu smart ads campaign dan google ads yang keduanya adalah platform untuk google ads. Smart ads campaign sengaja google buat sebagai cara beriklan di google yang mereka peruntukkan bagi pelaku UMKM yang tidak mempunyai website atau toko online sendiri sehingga google mempersiapkan google my bussiness yang menjelaskan informasi alamat bisnis Anda. Lalu Smart ads campaign juga google peruntukkan bagi Anda yang merasa gaptek dan minder tentang belajar secara teknik di google ads. Smart ads campaign google peruntukkan untuk Anda yang takut mengeluarkan budget untuk iklan karena takut boros. Tak perlu khawatir sebab iklan Anda hanya akan muncul ketika oranglain mencarinya di mesin pencari google.

Manfaat iklan di google

Smart ads campaign sangat membantu Anda yang bermain SEO contoh jika Anda bermain sosial media organik, ternyata mengalami stagnan atau closingannya tidak meningkat. Dengan cara beriklan di google melalui google ads maka Anda bisa mengupgrade angkanya. Bagi Anda yang bermain SEO maka Anda harus siap bersaing dengan keyword-keyword lain sehingga membutuhkan waktu yang lebih lama. Melalui trik iklan di google maka bisnis Anda tidak perlu menunggu lama dapat ditemukan oleh konsumen.

Manfaat menggunakan cara iklan di google gratis melalui google ads menurut Gus Nana dalam webinar Dosen Jualan yaitu misalnya ada beberapa jenis produk yang tidak cocok kita iklankan di sosial media organik maka google ads bisa menjadi jembatan untuk beriklan produk tersebut. Google ads juga memiliki fitur yang mirip dengan facebook sehingga lebih mudah kita pakai. Adapun fitur andalan google ads adalah minat, topik, audience dan penempatan. Google juga bisa ngetrack pendapatan Anda misalnya Anda ingin menjual jam tangan seharga Rp 1,5 juta, kemampuan orang-orang yang bisa membeli jam tersebut maka akan direkomendasikan datanya oleh google melalui fiture pendapatan rumah tangga. Bahkan fitur ini juga tidak tersedia di platform lainnya.

Baca juga :   Kursus Jualan di Marketplace untuk Warga Piyungan oleh KDJ Jogja

Gus Nana dalam diskusi bersama Dosen Jualan menjelaskan bahwa beliau sangat menyukai google ads karena stabil sehingga tidak perlu repot mengelola iklan di google ads setiap harinya. Tugas seorang advertiser adalah memastikan informasi yang akan diberikan kepada audien benar-benar tersampaikan, tertarget dan tidak salah sasaran, apapun platformnya. Bagaimana caranya agar produk Anda tidak salah sasaran? Dengan sebuah tool google keyword planner untuk meriset keyword atau volume pencarian. Sehingga sebelum membuat iklan di google ads trik iklan di google sebaiknya riset keyword dan keyword turunan. Selanjutnya Anda akan ditunjukkan volume pencarian oleh google dan tingkat persaingan pengiklan.

Powerfull kah?

Bagi pemula yang masih bingung dana yang perlu dipersiapkan untuk beriklan di google maka google akan memberitahu data harga sesuai dengan keyword. Anda juga akan diberikan informasi pencarian keyword berasal dari daerah mana saja oleh google. Tentu saja melalui trik iklan di google ketika akan beriklan di google ads Anda tidak akan buta informasi dan tersesat.

Google juga akan memberikan laporan lengkap jumlah klik, jumlah tayang, CTR atau rasio click tayang (semakin tinggi CTR maka akan semakin bagus performa iklan Anda). Trik iklan di google menawarkan banyak pilihan fitur yang mudah dan menguntungkan iklan bisnis Anda. Beriklan di google ads memiliki alogaritmanya yang canggih dan diberikan rasa aman serta nyaman bagi penggunanya.

Google ads memiliki salah satu platform shopping ads adalah iklan bergambar yang muncul di search engine dan muncul di website serta video-video youtube. Google ads juga bisa kita gunakan untuk beriklan dengan target lokal area berdasarkan radius yang Anda inginkan dari lokasi usaha Anda. Tetapi Anda harus melakukan riset terlebih dahulu. Jangan memaksakan beriklan di search engine jika volume pencariannya rendah.

Baca juga :   Kursus Digital Marketing Ini Punya Kampus Asri di Pedesaan

Dalam webinar Dosen Jualan  ini menjelaskan trik iklan di google berupa poin-poin penting yang perlu kita riset cara beriklan di google ads selain keyword atau kata kunci yaitu volume penelurusan atau jumlah orang yang mengetikkan keyword dalam satu bulan, jumlah Cost per click keyword, mengikuti rekomendasi google angka yang perlu kita persiapkan perhari, lokasi target iklan Anda, dan device yang orang-orang gunakan untuk mencari iklan. Dalam seminggu semenjak anda membuat iklan, google akan memberikan laporan yang lengkap seputar iklan yang sudah Anda posting berjalan.

Kesimpulan

Semua jenis produk bisa kita iklankan di google selama memperhatikan beberapa trik iklan di google yang sudah ada di atas.  Tetapi jika produk Anda tidak ditemukan di google sebaiknya Cara pasang iklan di google gunakan platform iklan lain seperti di youtube dan display network atau aplikasi. Cara pasang iklan di google harus memperhatikan riset terlebih dahulu agar iklan tersebut menunjukkan hasil sesuai harapan. Untuk informasi lebih lanjut mengenai cara menghilangkan iklan di google dan lain-lain maka Anda bisa terus mengikuti live webinar dosen jualan, dan bagi kalian yang ingin mengetahui Pentingnya Manajemen Dalam Dunia Digital Marketing bisa baca artikel ini.

Semoga bermanfaat tulisan rangkuman saya di atas dari live youtube Dosen Jualan Suryadin Laoddang berkolaborasi dengan Gus Nana Academy.

======

Info Kampus Dosen Jualan

Membutuhkan Informasi Kursus internet marketing dan Pelatihan Jualan Online?
Hubungi admin kami di : 0821-3694-7525

Tersedia kelas Private Fb Ads, Private Instagram Ads, Private Landingpage, Private Website, Pelatihan Bimtek SEO, Private youtube marketing dan Private Whatsapp Marketing.

Jika ingin mengundang Seminar atau Workshop bisa menghubungi Pembicara Internet marketing.

Apabila membutuhkan konsultasi bisnis anda bisa menghubungi Konsultan bisnis online bersama Dosen Jualan bpk Suryadin Laoddang untuk sesi coaching bisnis.

klik gambar di bawah untuk terhubung langsung dengan admin Kampus Dosen Jualan Yogyakarta

 

chat wa admin kdj

 

Atau bisa datang langsung ke Kampus Dosen Jualan Yogyakarta

Alamat: Jalan Tembus Draman – Mutihan, RT.04 Pedukuhan Mutihan No. 99, Mutihan, Jatigrit, Srimartani, Piyungan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55792

Anda akan di sambut hamparan sawah nan hijau dan suasana pedesaan yang ramah 🙂