Tools AI untuk Menulis Artikel

Tools AI untuk Menulis Artikel

Pernahkah anda mendengar tentang AI atau artificial intelligence? Sejak viralnya trend efek tiktok untuk AI kemarin pasti sudah banyak orang yang mengenal kecerdasan buatan ini. Orang awam yang awalnya masih abstrak dalam memahami soal AI kemudian menjadi mengenal meskipun masih sangat sempit mengenalnya. Selain untuk membuat efek animasi sebenarnya AI bisa kita gunakan untuk banyak keperluan lain seperti membuat artikel. Dalam artikel ini kita akan bahas secara singkat apa saja tools AI untuk menulis artikel serta bagaimana menerapkannya. 

Sebenarnya AI ini sudah muncul sejak beberapa puluh tahun lalu. Di luar sana juga sudah banyak pakar yang memanfaatkannya untuk berbagai keperluan. Namun di Indonesia saat ini masyarakat baru tahap pengenalan terhadap kecerdasan buatan. Melihat dari antusiasme masyarakat tentu AI ini patut kita tunggu gebrakannya. Meskipun banyak orang sudah mulai menaruh simpati pada kecerdasan buatan tapi kita masih perlu banyak tahu soal seluk beluk AI ini. Sebab dengan mengenalnya, maka kita bisa memanfaatkannya untuk banyak hal positif. Pun jika kita tahu seluk beluk AI maka kita tidak akan tergantikan oleh kehadirannya. Melainkan kita sanggup mengolahnya menjadi tools yang memudahkan pekerjaan manusia. 

Sebelum kita berkenalan dengan tutorial menulis artikel dengan AI maka simak dulu apa yang disebut dengan kecerdasan buatan tersebut. 

Apa Itu AI (Artificial Intelligence)

AI atau kecerdasan buatan merupakan sebuah gebrakan baru dalam teknologi di era kita dewasa ini. Kalau melihat dari akar katanya (artificial intelligence) maka kecerdasan buatan ini bisa kita simpulkan bahwa teknik berpeluang menyamai atau bahkan melebihi kekuatan otak manusia. 

Baca juga :   Kenapa Logo Halal Diganti? Lalu, Bagaimana Dampaknya dengan Pelaku Bisnis UMKM?

Kecerdasan buatan sebenarnya terdiri dari sebuah pemrograman yang serba matematis. Di sini teknik memang bisa diprogram sedemikian rupa sehingga bisa menghasilkan sebuah alat yang mirip dengan tugas tugas manusia. Oleh karenanya produk turunan dari AI ini biasanya memang bertugas menggantikan kerja manusia seperti di mesin penghitungan, alat alat produksi pabrik, serta bahkan dalam hal penulisan. Seperti dalam artikel ini yang akan membahas soal tools AI untuk membuat artikel. 

Kecerdasan buatan ini digadang gadang bisa melampaui pekerjaan dan kecerdasan manusia. Namun hal itu tidak akan terjadi kalau kita mampu mengelola dan manajemen tools nya sehingga bisa memudahkan pekerjaan kita. AI ini juga mempunyai kekurangan terutama terkait dengan manajerialnya. Tidak mungkin AI bisa berjalan sendiri tanpa kita yang memprogramnya. Nah, untuk itu mari kita manfaatkan AI untuk semua aktivitas dan pekerjaan kita saat ini. Termasuk jika anda seorang digital marketer atau pebisnis online mari kita manfaatkan AI juga. Di bawah ini akan kita bahas soal bagaimana memanfaatkan AI untuk marketing. 

Artificial Intelligence untuk Marketing

Kecerdasan buatan kini sudah gampang kita gunakan untuk berbagai bidang kehidupan termasuk dalam soal marketing atau pemasaran. Ada banyak teknologi AI yang bisa kita gunakan untuk marketing antara lain adalah : pembuatan konten sosial media, pembuatan robot otomatis untuk posting produk, pembuatan artikel, serta dalam hal memahami kecenderungan audience atau customer. Semua ini bisa kita manfaatkan secara mudah di era dewasa ini. Khusus dalam artikel ini kita akan bahas soal AI untuk membuat artikel. Jadi beberapa waktu lalu kita sempat mendengar kabar bahwa copywriter atau penulis iklan akan menjadi pekerjaan pertama yang tergantikan oleh AI. Namun apakah benar-benar terjadi hal tersebut?

Baca juga :   Facebook Ganti Nama Meta : Ada Hal apa di Baliknya?

Admin melakukan observasi sederhana terhadap beberapa tools ai untuk menulis artikel. Hasilnya memang sangat mencengangkan. Sekarang kita tak perlu lagi sibuk menulis untuk membuat caption di sosmed. Kita cukup ketikkan beberapa frasa, lalu mesin akan membuatkan artikelnya untuk kita. 

Itulah tools ai untuk menulis artikel dan kehadirannya yang hampir saja menggantikan manusia. Tenang, selagi kita masih bisa melakukan manajemen terhadap kecerdasan buatan itu insha allah tidak akan tergantikan olehnya. 

Tools AI untuk Membuat Artikel

Kali ini kita akan berkenalan dengan kecerdasan buatan untuk menulis artikel. Ada satu tools yang selama ini admin pakai untuk membantu tugas dalam penulisan. Namun admin tentunya tidak secara full memanfaatkan tools tersebut untuk penulisan. Sebab secanggih canggihnya teknologi pasti tidak pernah bisa membantu 100 persen pekerjaan manusia. Untuk itu mari kita berkenalan dengan tools AI untuk menulis artikel berikut ini. 

Kami akan perkenalkan tools yang bernama Open AI Chat. Tulisan ini tidak hendak mempromosikan aplikasi tersebut sebab semua orang bisa mengaksesnya secara gratis. Tujuan artikel ini adalah untuk memudahkan para content writer dalam menemukan ide menulisnya. Jika anda memakai open AI Chat ini maka anda bisa menulis artikel dengan bahan yang berasal dari tools tersebut. Jadi kita tidak memakainya untuk membuat artikel secara otomatis ya sob. Cukup kita mengambil bahan darinya. 

Nah untuk membuat artikel menggunakan Open AI tersebut yang perlu anda ketahui adalah anda sudah harus tahu hendak menulis tema apa. Misalnya anda hendak menulis tema soal whatsapp maka perjelas lagi aspek mana yang akan dibahas. Misalnya cara mencari database whatsapp. Jika anda sudah mempunyai outline artikel maka anda tidak akan kesulitan untuk memakai open AI ini. Jadi konsep dalam open AI chat ini adalah anda bisa memasukkan beberapa kata atau frasa lalu anda mendapatkan informasi soal kata tersebut lengkap. Open AI chat ini memang kecerdasan yang merekam semua informasi di google lalu mengolahnya untuk disajikan kepada anda. 

Baca juga :   Cara Caper ke Customer dengan Rumus AIDA dalam Jualan

Cara Memakai Tools AI untuk Menulis Artikel

Lalu bagaimana cara menggunakan tools AI untuk menulis artikel? ternyata caranya mudah. Pertama anda harus login dulu ke URL berikut ini -> chat.openai.com/chat.

Di sini anda diharuskan untuk mengisi nama, nomor hape, dan juga email. Jika sudah konfirmasi maka anda bisa mendapatkan halaman login. 

Dari sini silahkan anda konfirmasi dulu untuk nomor hapenya. Dan beberapa saat kita sudah bisa masuk ke halaman loginnya. Jika sudah masuk maka anda bisa mengetikkan kata atau frasa sesuai dengan informasi yang anda butuhkan semisal “mengupas mangga”. 

Nantinya open ai chat akan mengetikkan semua informasi yang anda butuhkan soal mengupas mangga. Biasanya informasi itu disodorkan secara perlahan agar anda bisa mencernanya. Jika sudah selanjutnya anda bisa copas informasi yang diberikan oleh chat open ai itu ke dalam outline tulisan anda. Dari sini kita harus pandai pandai menata informasi menjadi sebuah artikel. Kita tidak bisa asal saja dalam menata informasi karena hal itu bisa menyebabkan artikel kita tidak mudah dibaca. 

Jika outline artikel anda sudah jadi selanjutnya anda bisa mengecek kembali isi artikel tersebut. Jika anda ingin artikel itu menjadi SEO maka anda bisa tambahkan sub judul dan juga kata kunci.

Itu dia cara memakai tools AI untuk menulis artikel. Semoga bermanfaat.