Berikut Ini 10 Hal Yang Seharusnya Kalian Persiapkan Menjelang Bulan Ramadan.

Persiapan menyambut bulan Ramadan

Bulan suci Ramadan sudah ada di depan mata. Tinggal menghitung hari, umat Islam akan memasuki bulan suci Ramadan dan melaksanakan kewajiban ibadah puasa selama sebulan penuh. Untuk menyambut bulan yang suci ini dan menunaikan ibadah puasa dengan maksimal, sudah sewajarnya kalian melakukan persiapan yang matang. Yuk, cari tahu persiapan menyambut bulan Ramadan apa saja yang harus kalian siapkan!

Perkuat Iman

Persiapan paling mendasar untuk menyambut bulan suci Ramadan adalah mempersiapkan iman. Persiapan secara iman bisa kalian lakukan dengan memulai melatih diri untuk meminimalisir atau menghindari kebiasaan-kebiasaan buruk sebelumnya dalam kehidupan sehari-hari.

Hal sederhana yang bisa kalian lakukan misalnya adalah shalat lima waktu yang tidak pernah bolong atau menghentikan kebiasaan mabuk-mabukan, merokok, berzinah, dan kebiasaan buruk lainnya yang bisa mengotori hati dan pikiran kalian.

Lakukan Puasa Sunnah

Persiapan mendasar yang bisa kalian lakukan lainnya menjelang bulan Ramadan adalah dengan berpuasa lebih dahulu di bulan sebelum Ramadan. Hal ini bertujuan untuk membiasakan tubuh menjalani puasa, sehingga nantinya kalian bisa lebih mudah menahan godaan selama menjalankan puasa satu bulan penuh.

Nah, puasa Sunnah bisa kalian lakukan setiap hari Senin dan Kamis. Hari Senin merupakan hari kelahiran Nabi Muhammad SAW, sedangkan hari Kamis adalah hari di mana amalan diangkat di hadapan Allah, sehingga alangkah baiknya apabila kedua hari tersebut kalian gunakan untuk berpuasa. Keutamaan yang akan kalian dapatkan dari puasa Senin Kamis ini adalah menghapus kesalahan dan meninggikan derajat.

Baca juga :   Manfaat Berbisnis di Usia Muda, Biar Cepat Halal hingga untuk Tabungan Hari Tua

Lunasi Hutang Puasa Tahun Lalu

Apabila di tahun lalu kalian tidak dapat menjalankan puasa sebulan penuh selama karena berbagai halangan seperti sakit, datang bulan atau hamil, maka kalian perlu melunasi hutang puasa tersebut sebelum memasuki bulan puasa yang baru.

Kalian bisa melakukan puasa Qadha untuk melunasinya. Puasa Qadha merupakan jenis puasa yang dilaksanakan untuk membayar hutang puasa yang dilaksanakan pada saat bulan Ramadan. Puasa Qadha berlaku bagi orang-orang yang sebenarnya sanggup berpuasa namun terhambat karena halangan atau uzur yang mereka alami pada saat bulan Ramadan.

Melakukan Doa Ziarah

Menjelang bulan suci Ramadan, biasanya umat Muslim akan melakukan ziarah ke makam keluarga dan kerabatnya. Tentu saja hal kebiasaan ini adalah sangat baik dan menjadi kesempatan bagi kita untuk mendoakan saudara dan kerabat kita yang telah lebih dulu meninggal.

Namun, ada beberapa hal nih yang harus kalian perhatikan dalam melakukan doa ziarah, di antaranya:

  • Berwudhu sebelum melakukan ziarah
  • Mengucapkan salam kepada ahli kubur
  • Membacakan doa untuk almarhum
  • Membacakan surat-surat pendek Al-Quran
  • Menjaga ketertiban dan sopan santun dengan tidak menginjak bagian atas makam.

Persiapkan Fisik dan Jasmani

Memasuki bulan Ramadan juga berarti kalian harus mempersiapkan diri untuk melaksanakan kewajiban sebagai umat Islam, yakni berpuasa dan mengumpulkan pahala. Karena ibadah puasa dan pahala yang kita lakukan dengan ikhlas dan tulus hati, dapat menghapus dosa dan perbuatan buruk kita sebelumnya.

Oleh karena itu, untuk dapat menjalankan ibadah puasa dan beramal dengan maksimal, kalian tentunya membutuhkan kondisi fisik dan jasmani yang prima. Karena apabila kalian sakit, maka sudah pasti kalian tidak bisa menjalankan puasa.

Nah, mulai sekarang hindarilah kebiasaan-kebiasaan yang tidak sehat seperti bergadang dan mengonsumsi makanan yang tidak bersih dan sehat. Mulailah bangun kebiasaan berolahraga dan kalau perlu kalian bisa menambah dengan konsumsi vitamin atau suplemen kesehatan.

Baca juga :   Jualan Paling Laris di Bulan Ramadhan untuk Sambut Rezeki Ramadhan

Persiapkan Jiwa dan Mental

Selain mempersiapkan fisik dan jasmani, jangan lupakan juga untuk mempersiapkan jiwa dan mental kalian! Sambutlah bulan suci Ramadan dengan jiwa yang bersih dan hati yang tulus. Akan lebih baik apabila kalian melakukan refleksi diri, menyadari dosa-dosa dan kesalahan kalian, dan bertaubat agar semua ibadah yang akan kalian lakukan bisa lebih khusyuk dan fokus.

Kesehatan mental juga menjadi sangat penting untuk kalian perhatikan. Tahukah kalian bahwa mental yang sakit secara tidak sadar dapat memicu sakit fisik juga? Oleh karena itu, jangan sepelekan yang satu ini ya. Jiwa dan mental harus kalian persiapkan dengan penuh iman dan hati yang ikhlas ketika beribadah. Dengan begitu, hambatan dan rasa malas beribadah akan bisa kalian atasi dengan mudah.

Perdalam Ilmu dan Pengetahuan Agama

Persiapan menyambut bulan Ramadan selanjutnya adalah memperdalam ilmu dan pengetahuan kalian mengenai agama. Pelajari dan pahami hal-hal apa saja yang boleh dan tidak boleh dilakukan oleh umat Muslim selama bulan Ramadan! Jangan lupa juga untuk mengingat dan mempelajari kembali tata cara ibadah yang baik dan benar sesuai ajaran Islam.

Kalian juga bisa memperdalam ilmu dan pengetahuan agama dengan cara memperbanyak bacaan-bacaan mengenai agama dan sering mengikuti forum-forum yang membahas seputar agama untuk memantapkan pengetahuan kalian. Supaya kalian bisa menunaikan ibadah di bulan Ramadan kelak dengan lebih afdal.

Persiapkan Amal dan Materi

Pada bulan Ramadan, persiapan materi juga menjadi sangat penting dan sebaiknya jangan kalian lewatkan. Selain karena kebutuhan sehari-hari yang akan meningkat serta harga-harga barang yang kemungkinan besar melonjak menjelang bulan Ramadan, kalian juga tentu ingin meningkatkan amal dengan berzakat dan bersedekah di bulan Ramadan, kan?

Baca juga :   Sewa Konsultan Digital Marketing Untuk Bisnis Online Anda

Nah, oleh karena itu mulailah untuk mengelola keuangan kalian dengan bijak. Hiduplah lebih hemat! Bedakan mana kebutuhan dan mana keinginan semata. Hal ini bertujuan agar uang yang kalian miliki mampu memenuhi kebutuhan selama bulan suci Ramadan berlangsung.

Persiapkan Kebutuhan Ramadan Sehari-Hari

Mulailah untuk mempersiapkan kebutuhan sehari-hari dengan menambah persediaan. Supaya ketika berpuasa, kalian tidak perlu belanja ke pasar setiap hari karena bisa membuat kalian capai. Jadi, untuk menjaga tenaga ketika berpuasa kelak, penuhi semua kebutuhan bulan Ramadan kalian sedini mungkin.

Selain itu, jangan lupa juga untuk melengkapi kebutuhan untuk ibadah. Jangan sampai ibadah shalat kalian terhalang karena lupa membeli perlengkapan ya!

Bersihkan Rumah dan Lingkungan Sekitar

Persiapan menyambut bulan Ramadan yang terakhir adalah bersih-bersih. Pada saat melaksanakan ibadah puasa, biasanya kita akan mengurangi pekerjaan-pekerjaan berat yang menguras tenaga dan membuat kita merasa lelah. Nah, oleh karena itu lakukanlah pekerjaan-pekerjaan itu sebelum memasuki bulan Ramadan, seperti bersih-bersih lingkungan sekitar.

Kalian pasti tahu bukan slogan kebersihan sebagian dari iman? Slogan tersebut benar adanya. Dengan kalian membersihkan rumah, pekarangan, sampai jika bisa berpartisipasi membersihkan masjid dan musholla akan menjadi lebih baik. Lagi pula, lingkungan yang bersih bisa meningkatkan mood dan mengurasi kemungkinan stress. Sehingga kalian bisa menjalankan ibadah puasa dengan maksimal nantinya. Yuk, tunggu apalagi? Bersihkan rumah dan lingkungan sekitarmu sekarang juga! Ingat, Ramadan tinggal beberapa hari lagi.

 

Berakhir sudah pembahasan kita kali ini mengenai persiapan apa saja yang perlu dilakukan menjelang bulan suci Ramadan. Semoga informasi di atas bisa membantu kalian mempersiapkan diri dengan baik menjelang Ramadan ya!

Hotmaria S

 

 

Pengunjung juga mencari:

  • kata kata copywriting untuk donat