Ide Bisnis Menjelang Idul Fitri

Ide Bisnis Menjelang Idul Fitri

Ide Bisnis Menjelang Idul Fitri. Apakah kalian ingin memanfaatkan bulan Ramadhan sebagai waktu untuk memulai usaha atau bisnis? Kalau iya, maka ada baiknya kalian mencari tahu terlebih dahulu ide bisnis menjelang Idul Fitri. Karena kalau bisnis yang kalian pilih tepat dan sesuai dengan momen Ramadan, maka kalian bisa saja memperoleh omzet berkali-kali lipat dibandingkan bulan-bulan biasanya. Oleh karena itu, yuk simak sejumlah ide bisnis di bulan Ramadhan berikut ini sebagai bahan pertimbangan kalian!

Ide Bisnis Menjelang Idul Fitri

Berikut ini 9 peluang usaha di bulan Ramadhan yang bisa kalian coba:

  • Jualan Takjil

Momen puasa adalah momen yang ditunggu-tunggu. Pada masa ini, orang banyak akan mencari makanan takjil sebagai bahan berbuka. Tampaknya, takjil menjadi ciri khas makanan berbuka puasa dan menjadi sangat banyak peminatnya menjelang Ramadan ini.

Oleh karena itu, kalian bisa memanfaatkan peluang tersebut untuk berjualanan makanan takjil. Kalian bisa berjualan di halaman rumah ataupun melalui sosial media untuk menjangkau pasar yang lebih luas. Kalian hanya memerlukan modal ratusan ribu saja untuk memulai usaha ini. Pilihlah makanan takjil yang mayoritas memiliki rasa manis. Karena kebanyakan orang yang berpuasa akan suka mengonsumsi makanan atau minuman yang manis.

  • Katering Makanan Sahur atau Berbuka

Pada saat puasa, biasanya kita akan membatasi aktivitas yang berpotensi membuat lelah untuk menyimpan energi sampai berbuka tiba. Supaya kita bisa melaksanakan kewajiban puasa penuh. Nah, karena itu biasanya juga orang akan malas atau tidak sempat untuk menyiapkan makanan sahur maupun berbuka. Di sinilah kesempatan kalian.

Cobalah untuk menawarkan jasa catering untuk menu berbuka dan sahur. Sediakan menu yang variatif dengan jenis yang lengkap mulai dari lauk-pauk, sayur, buah-buahan, dll. Karena saat puasa, orang harus mengonsumsi makanan sehat untuk menjaga stamina dan kesehatan tubuh.

Baca juga :   Pengaruh PPKM Terhadap UMKM dan Strategi Bertahan Saat Pandemi

Kalian bisa sekaligus menawarkan antar jasa makanan juga, lho. Hitung-hitung bisa menambah profit. Atau kalian bisa menawarkan jasa kalian kepada sekolah atau kantor-kantor yang berencana mengadakam acara buka bersama.

  • Jual Jasa Laundry

Selain tidak sempat menyiapkan menu sahur dan berbuka baik karena malas ataupun karena sibuk, ada kemungkinan juga orang-orang akan tidak sempat mencuci pakaian mereka. Tidak sedikit orang akan kesulitan membagi waktu karena sibuk menyiapkan lebaran.

Selain itu, saat puasa orang-orang akan berusaha menjaga staminanya dengan membatasi aktivitas yang menguras tenaga, seperti mencuci pakaian misalnya. Apalagi apabila mereka belum memiliki mesin pencuci, tentu saja pekerjaan yang satu ini akan sangat melelahkan. Oleh karena itu, membuka jasa laundry bisa menjadi pilihan usaha yang tepat untuk dilakukan menjelang lebaran.

  • Jual Aneka Buah-Buahan

Ide bisnis lainnya adalah menjual aneka buah-buahan. Saat berbuka puasa, banyak orang yang akan mencari buah-buahan sebagai bahan pencuci mulut sekaligus untuk menjaga stamina dan imunitas tubuh. Hal ini supaya kesehatan tubuh bisa terjaga dan bisa menjalankan puasa satu bulan penuh tanpa adanya halangan karena sakit.

Cobalah untuk memulai usaha menjual buah-buahan yang segar dan banyak dicari orang saat bulan Ramadan, misalnya lemon, blewah, timun suri, dan lain-lain. Sebagai untuk pencuci mulut, buah-buahan juga kerap kali ditambahkan sebagai pelengkap dalam pembuatan makanan takjil atau es buah.

  • Baju Lebaran dan Peralatan Sholat

Menjelang hari Raya, banyak orang yang ingin membeli baju lebaran dan mengganti peralatan sholatnya supaya dapat tampil lebih fresh. Baju lebaran dan alat sholat yang baru juga menambah sukacita dan kesan lebaran yang benar-benar terasa.

Nah, apabila kalian memutuskan untuk menjalankan usaha ini, pilihlah busana muslim dan perlengkapan sholat yang tren dan sesuai fashion saat ini di kalangan target pasar kalian. Untuk modal usaha yang satu ini memang cukup besar karena bisa mencapai hingga puluhan juta.

Baca juga :   David vs Goliath dalam Bisnis Kita

Namun, jangan khawatir! Karena apabila busana dan alat sholat yang kalian jual berkualitas tinggi, maka modal tersebut pasti dapat kembali dan keuntungan kalian sudah tidak diragukan lagi.

  • Parcel Lebaran

Parcel lebaran merupakan salah satu usaha yang paling banyak dicari menjelang hari Raya Idul Fitri. Mulai dari individu, UKM, hingga instansi dan perusahaan besar pasti membutuhkan usaha yang satu ini menjelang lebaran.

Mereka biasanya akan mengirimkan parcel kepada para saudara, relasi, partner bisnis, karyawan, dan lain-lain menjelang lebaran tiba. Hal yang perlu kalian tahu adalah yang menjadi pembeda antara penjual parcel yang satu dengan yang lainnya adalah kekreatifannya. Jadi, pastikan kalian memilih dekorasi parcel atau menyusun dengan unik dan beda ya!

  • Pre Order Kue Lebaran

Selain mengirimkan parcel, sebagian orang juga kadang memilih untuk mengirimkan kue kering lebaran kepada saudara, kerabat, rekan kerja, dan sebagainya. Kue lebaran adalah kuliner yang wajib ada di dalam setiap rumah ketika hari Raya Idul Fitri tiba.

Oleh karena itu, kalian tidak perlu khawatir apabila ingin menjalankan usaha ini. Karena target pasar kalian sangat banyak jumlahnya. Kalian hanya perlu fokus ke skill membuat kue dan bagaimana resep supaya kue tersebut menghasilkan rasa yang lebih enak dari yang lain.

Nah, supaya kalian lebih fokus dan menghasilkan rasa yang maksimal, kalian bisa menerapkan sistem pre order. Supaya kalian tidak terburu-buru mengerjakannya dan menjaga kualitas kue yang akan kalian produksi

  • Jual Jasa Sewa Mobil

Menjelang lebaran, kendaran menjadi salah satu yang paling banyak dicari orang. Pada saat Hari Raya, orang akan berbondong-bondong untuk berkumpul atau mudik mengunjungi sanak saudaranya. Budaya pulang kampung di Indonesia ini akan membludak ketika lebaran tiba.

Baca juga :   Peluang Usaha di GunungKidul Wonosari dan Sekitarnya

Apabila kalian memiliki mobil yang menganggur? Kenapa tidak memanfaatkannya saja untuk mendapatkan cuan? Nah, kalian bisa memanfaatkan momen ini dengan menjual jasa sewa mobil. Kalian boleh menyewakan mobilnya saja, atau sekaligus menyediakan sopirnya apabila dibutuhkan customer.

  • Jasa Supir Mudik

Ide bisnis menjelang Idul Fitri yang terakhir adalah menjadi supir mudik. Apabila kalian tidak memiliki kendaraan roda empat untuk disewakan, namun kalian ingin membuka usaha, maka kalian bisa menjual jasa mengendarai kendaraan saja bagi orang-orang yang akan mudik lebaran. Hitung-hitung kalian bisa sekalian jalan-jalan gratis nih!

Memang, untuk menjadi sopir kalian harus rela tidak merayakan lebaran bersama keluarga dan orang-orang terdekat karena harus mencari cuan dengan berperan sebagai supir buat orang yang akan mudik ke berbagai daerah. Untuk membuka usaha ini, kalian tidak memerlukan modal apapun, kalian cukup memiliki skill mengemudi dan kartu identitas yang dibutuhkan sebagai syarat pengendara roda empat saja. Cukup mudah bukan?

Itulah tadi ide bisnis menjelang Idul Fitri yang bisa kalian pertimbangkan. Semoga informasi di atas dapat membantu dan memberi gambaran mengenai bisnis yang akan kalian jalankan menjelang lebaran ya! Semoga berhasil. (hotmaria s)