Paham Pentingnya Sertifikasi Digital Marketing, 7 Mentor KDJ Sudah Bersertifikasi BNSP

Pentingnya Sertifikasi Digital Marketing

Pentingnya Sertifikasi Digital Marketing – Era yang serba digital membuat kita harus berlomba-lomba untuk mengikuti perkembangannya di jaman sekarang. Tidak mengikuti era digital berarti tertinggal beberapa tahun di belakang. Ini semua mulai dirasakan oleh banyak instansi, unit bisnis, lembaga, hingga individu ketika memasuki era internet.

Salah satu strategi untuk bisa survive di era digital adalah dengan sarana yang bernama digital marketing. Secara harfiah berarti pemasaran yang dilakukan secara online atau digital. Tapi digital marketing tak melulu tentang dunia bisnis dan usaha tapi lebih dari itu digital marketing juga terkait branding sebuah instansi, kelompok, dan perseorangan. Oleh karena luasnya cakupan dari digital marketing maka diperlukanlah sertifikasi digital marketing untuk menjamin kecakapan pemain-pemain di dalamnya. Nah artikel berikut ini akan ulas tentang pentingnya sertifikasi digital marketing.

Sebagai sebuah lembaga pendidikan informal, maka KDJ juga sudah lama mengantongi sertifikasi digital marketing di Indonesia. Kami mengakui bahwa standar kecakapan dalam sebuah profesi itu harus ada dan harus nyata karena ini ada kaitannya dengan pelayanan kami kepada masyarakat.

Lembaga yang melakukan sertifikasi digital marketing itu adalah BNSP (Badan Nasional Sertifikasi Profesi). Lembaga ini berkedudukan di Jakarta. Kamu sudah tahu belum tentang BNSP ini sob? Nah kalau belum tahu yuk simak penjelasannya di bawah ini.

Kenalan Sama BNSP yuk!

Jadi BNSP (Badan Nasional Sertifikasi Profesi) ini merupakan salah satu lembaga negara yang khusus mengurusi standar profesi dan keahlian di berbagai lini masyarakat. Barang aja ada sertifikasinya, masak pekerjaan nggak disertifikasi. Hehe.

Inilah fungsi dari BNSP yakni melakukan review terhadap pekerja professional, memetakan kompetensinya, kemudian memberikan sertifikat apabila yang bersangkutan sudah memenuhi kualifikasi.

Memang untuk dapat lolos di BNSP ini tidak mudah sob. Selain kita harus mempunyai kompetensi atau kemampuan yang mumpuni, ternyata kita harus punya pengalaman di bidang tersebut. Ada berbagai bidang yang dapat diberi sertifikasi oleh BNSP di antaranya adalah bidang hiburan dan kesenian, kehutanan, perkebunan, pertanian, hingga bidang pemasaran, dan digital marketing. Lalu kenapa setiap profesi harus mempunyai sertifikasi dari BNSP? Jawabannya ada di bawah ini

Baca juga :   Materi Dasar Digital Marketing di Kampus Dosen Jualan

Apa Sih Sertifikasi BNSP itu?

Sertifikasi BNSP ini merupakan usaha dari pemerintah agar setiap profesi yang ada di masyarakat dapat dimaksimalkan potensinya. Selain itu sertifikat ini juga menjadi sebuah acuan kelayakan suatu profesi untuk menangani problem yang serius di bidangnya.

Namun sertifikasi ini tidak wajib hukumnya. Jadi buat kamu yang masih belum ada sertifikat BNSP maka jangan khawatir. Kita masih dapat bekerja di sektor-sektor informal. Dan tak selamanya sebuah perusahaan membutuhkan sertifikasi BNSP sebagai kriteria karyawannya.

Namun beberapa bidang tertentu sangat membutuhkan sertifikasi BNSP ini. Terutama bidang kesehatan dan bidang teknologi. Termasuk dalam tulisan ini yang mana kita akan membahas pentingnya sertifikasi digital marketing. Jadi sertifikasi digital marketing di Indonesia juga menjadi salah satu tugas dari BNSP.

Lalu apa saja kompetensi yang dibutuhkan agar lolos sertifikasi bidang marketing ini? apa saja Gelar sertifikasi marketing nantinya? Lalu apakah sertifikasi profesi digital marketing ini menjadi sebuah kewajiban?

Kita nantikan jawaban dari semua pertanyaan tersebut lewat ulasan di bawah ini.

Sertifikasi untuk Digital Marketing

Mungkin sebagian kita menganggap digital marketing itu sesuatu yang rumit dan menjengkelkan. Kerumitan tersebut malah semakin rumit lagi perkara harus adanya imbauan sertifikasi digital marketing di Indonesia tanpa terkecuali.

Sebenarnya kenapa harus ada sertifikasi profesi digital marketing ini? bukankah tanpa sertifikasipun sudah ada banyak konten kreator yang muncul setiap bulannya?

Justru inilah pentingnya sertifikasi digital marketing, yakni untuk membedakan profesi digital marketing dengan konten kreator. Jadi, pada prinsipnya semua orang boleh berbicara tentang apapun di bidang digital dan internet. Namun kalau untuk mengajarkannya kepada orang lain/ masyarkaat tidak semua orang diperbolehkan.

Baca juga :   Wajib Tahu! Manfaat Email Untuk Perusahaan Anda

Sertifikat digital marketing BNSP ini menjamin bahwa  pelaku digital marketing sudah terjamin kompetensinya, kemampuannya, untuk mengajarkan ilmunya kepada masyarakat, baik secara komersil maupun tidak. Sedangkan kalau tips-tips dari para konten kreator itu bukannya tidak kredibel, tapi BNSP belum menjamin kalau semua ilmu mereka itu sudah sesuai dengan standar dari pemerintah.

Nah, gimana sob? Sudah mulai tercerahkan belum soal sertifikasi profesi digital marketing ini? ternyata penting banget ya standar kompetensi dari BNSP ini. Dengan adanya penjaminan kompetensi inilah apa yang terdistribusi ke masyarakat akan lebih berkualitas. Hehe.

Selain itu masih ada faktor lain mengapa sertifikasi bidang marketing itu penting. Berikut pentingnya sertifikasi digital marketing versi KDJ, sebagai lembaga pelatihan bisnis online di jogja.

Pentingnya Sertifikat BNSP untuk Tim Digital Marketing

  1. Menjamin mutu dan kualitas ilmu pemasaran yang diberikan kepada masyarakat.
  2. Memberikan standar khusus dalam pengolahan informasi di bidang digital, sehingga tidak ada kekisruhan di sana.
  3. Menyederhanakan struktur pengetahuan tentang pemasaran atau branding digital untuk lebih memaksimalkan hasil.
  4. Agar para pemain digital marketing dapat bekerja sesuai bidang yang menjadi kemampuannya.
  5. Memudahkan masyarakat dalam mengakses sumber-sumber pengetahuan di bidang pemasaran karena sudah ada mentor yang tersertifikasi di bidang tersebut.

Itulah beberapa pentingnya sertifikasi digital marketing versi kami. Tentu ada yang menganggap proses sertifikasi digital marketing BNSP itu tidak penting. Namun bagi KDJ, Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP Digital marketing) itu tidak hanya terkait dengan kemampuan dan kompetensi kita. Tapi juga berkaitan dengan kualitas pelayanan yang akan kita berikan kepada masyarakat.

7 Orang Bersertifikasi BNSP di Tim KDJ

Sebagai salah satu sekolah informal untuk digital marketing yang berdiri sejak tahun 2014, kami mafhum bahwa sertifikasi profesi digital marketing itu merupakan tanda bukti kelayakan kita dalam mengabdikan diri kepada masyarakat.

Baca juga :   Aplikasi E Wallet Terbaik untuk Kirim THR ke Tim Tanpa Ribet

Oleh karena itu KDJ sudah mengurus sertifikasi BNSP untuk Tujuh orang dalam tim kami yang layak mendapatkan sertifikat kompetensi penjamin mutu profesi tersebut. Dari ketujuh orang dalam tim kami tersebut, di antara keahliannya adalah dalam bidang;

  1. Content Writer
  2. Internet Marketer
  3. SEO Specialist
  4. Web developer
  5. Serta Influencer.

Kelima keahlian tersebut masuk dalam rumpun digital marketing, di mana beberapa kompetensi yang harus mereka kuasai antara lain adalah;

  1. Merencanakan Strategi Pemasaran
  2. Penggunaan Device Komputer
  3. Menggunakan aplikasi sosial media
  4. Kecakapan mengolah informasi di mesin pencari.
  5. Menyusun agenda periklanan.
  6. Membuat strategi pembelian dan pengadaaan media.
  7. Membuat rancangan kegiatan penjualan barang dan jasa.

Ketujuh poin tersebut merupakan kompetensi yang harus digital marketer miliki ketika mereka ingin mendapatkan cap dari LSP Digital marketing (baca: LSP Digital).

Barulah setelah kita mendapatkan standari jaminan mutu internet marketing tersebut kita dianggap layak untuk mengaplikasikan kemampuan untuk perusahaan, atau bahkan mengajarkan kemampuan tersebut kepada masyarakat. Otomatis lembaga pendidikan tersebut menjadi tempat kursus digital marketing yang bersertifikat.

Sertifikasi Penting tapi Bukan Segala-galanya

Bagi kami di Kampus Dosen Jualan, maka sertifikasi profesi digital marketing ini sangatlah penting. Sebab keahlian kami tak hanya untuk kami sendiri tapi juga untuk kami ajarkan kepada orang yang membutuhkan. Di situlah kami merasa pentingnya sertifikasi digital marketing.

Alhamdulillah, Puji Tuhan, telah ada tujuh orang di tim kami yang sudah mendapat sertifikasi bidang marketing tersebut. Sertifikasi ini menjadi tantangan bagi kami untuk terus mengembangkan diri agar keberadaan kami bermanfaat bagi orang banyak. Terima kasih.