Pentingnya Instagram Untuk Bisnis

pentingnya instagram bisnis

Instagram merupakan salah satu media sosial yang banyak digandrungi tidak hanya dikalangan remaja namun juga kalangan dewasa dan orang tua. Tampilanya yang simple dan menarik membuat banyak orang gemar memainkan media yang satu ini. Selain dapat digunakan untuk posting foto dan video, Instagram juga bisa digunakan untuk update instastory.

Seiring berkembangnya teknologi yang semakin pesat, Instagram mulai digunakan untuk berbisnis online. Hal ini membuat Instagram mengalami peningkatan pada jumlah penggunanya.

Instagram memberikan kemudahan bagi para penggunanya. Untuk mereka yang ingin berbisnis, mereka dapat beralih ke akun Instagram Bisnis. Sementara yang tidak ingin berbisnis tetap bisa menggunakan Instagram Personal.

Apakah kalian sudah tahu sejarah mengenai berdirinya Instagram dan apa manfaatnya untuk bisnis? Dalam artikel kali ini kami akan membahas mulai dari pengertian, sejerah hingga pentingnya Instagram untuk bisnis.

 

Pengertian Instagram

Instagram adalah salah satu aplikasi sosil media yang berbasis android, iPhone, Windows Phone dan dapat digunakan di computer atau PC. Akan tetapi penggnaan Instagram melalui PC tidak bisa sepenuhnya seperti yang ada pada smartphone.

Aplikasi Instagram sama seperti halnya dengan aplikasi lainnya dimana penggunanya dapat menambah jumlah pertemanan. Istagram menggunakan istilah Follow untuk mengikuti dan Follower adalah untuk pengikut. Selain sebagai layanan untuk posting foto dan juga video, Instagram juag bisa digunakan untuk update story yakni di Insta Story yang  akan hilang setelah 24 jam.

 

Sejarah Berdirinya Instagram

Pada awal berdirinya Instagram bernama Burbn yang didirikan oleh perusahaan Burbn Inc. pada tahun 2010 dengan Mike Krieger dan Kevin Systrom sebagai CEO. Pada awalnya Instagram hanya bisa digunakan di iPhone dan memiliki banyak fitur. Kemudian Mike Krieger dan Kevin Systrom mengurangi fitur-fitur tersebut menajdi aplikasi untuk share foto, komentar dan like. Sejak saat itulah mulai dibentuknya Instagram.

Baca juga :   Tips Memilih Guru Digital Marketing untuk Toko Online Anda

Pada 2012, Instagram resmi di ambil alih pengelolaanya oleh perusahaan Facebook. Kemudian pada tahun 2016 logo Instagram diubah dan mulai diperkenalkan ke public dengan tampilan yang lebih elegan.

 

Fungsi Instagram

Aplikasi social media Instagram memiliki banyak fungsi untuk penggunanya. Sebagai berikut:

  1. Sarana pemasarana (markting online)

Seperti yang telah kita ketahui jika sekarang ini Instagram diguanakan sebagai media untuk mempromosikan produk (marketing online). Aplikasi ini dimanfaatkan para pemilik bisnis untuk promosi, karena Instagram memiliki fitur posting foto dengan mencantumkan deskripsi yang lengkap sehingga mempermudah penjual untuk menawarkan produknya.

  1. Hiburan

Selain digunakan untuk menawarkan/memasarkann produk, Instagram juga digunakan sebagai media untuk hiburan. Kalian bisa mencari postingan-postingan video lucu yang ada di Instagram.

  1. Tempat mencari dan berbagi ilmu pengetahuan/informasi

Karena saking banyaknya pengguna Instagram, semakin banyak pula orang yang memposting foto dan video yang berisikan ilmu pengetahuan dan juga informasi-informasi penting seperti info mengenai pendidikan, berita dunia, lowongan kerja dan lain-lain. Jadi ada banyak informasi yang kalian bisa dapatkan melalui instagram.

  1. Media chatting

Kalian juag bsia chatting dengan temanmu mengguankan Instagram melalui fitur yang ada di dalamnya yakni Direct Message (DM). Kalian dapat berbagi foto atau video melalui DM.

 

Pentingnya Instagram Untuk Bisnis

Instagram memiliki peranan yang penting dalam dunia bisnis. Selain berperan sebagai media promosi, Instagram digunakan untuk menemukan identitas visual sebuah bisnis oleh orang awam. Dengan hadirnya Instagram di tengah-tengah para pebisnis, perusahaan lebih dikenal oleh khalayak masyarakat.

Dengan adanya fitur insight pada akun Instagram Bisnis akan memepermudah pemilik bisnis untuk memantau bisnisnya.

Berbisinis menggunakan Instagram memiliki beberapa manfaat bagi para penggunanya, antara lain:

  1. Meningkatkan traffic
  2. Meningkatkan kepercayaan konsumen karena adanya testimoni
  3. Peningkatan keterlibatan
  4. Mendapatkan keunggulan yang kompetitif
Baca juga :   Sssstttt!!Ini dia cara mendapatkan uang dari media sosial

 

Selain memiliki banyak fungsi dan peranan penting dalam dunia bisnis, Instagram juga memiliki kekurangan dan juga kelebihan untuk bisnis online yang harus kalian ketahui. Sebagai berikut:

Kelebihan:

  1. Gratis
  2. Memiliki banyak pengguna
  3. Memiliki fitur pemantau bisnis (Insight)
  4. Mudah digunakan
  5. Dapat terkoneksi dengan media social lainnya

Kekurangan:

  1. Persaingan ketat
  2. Durasi video pendek
  3. Banyak spam
  4. Memerlukan koneksi internet

 

Dengan demikian, Instagram memberikan banyak kemudahan bagi para penggunanya. Jika kalian ingin berbisnis online, gunakanlah akun bisnis untuk menjalankan bisnis online yang kalian miliki meskipun akun bisnis tidak bisa di privacy.

Semoga artikel ini bermanfaat. Terimakasih sudah membaca.

 

======

Info Kampus Dosen Jualan

Membutuhkan Informasi Kursus internet marketing dan Pelatihan Jualan Online?
Hubungi admin kami di : 0821-3694-7525

Tersedia kelas Private Fb Ads, Private Instagram Ads, Private Landingpage, Private Website, Pelatihan Bimtek SEO, Private youtube marketing dan Private Whatsapp Marketing.

Jika ingin mengundang Seminar atau Workshop bisa menghubungi Pembicara Internet marketing.

Apabila membutuhkan konsultasi bisnis anda bisa menghubungi Konsultan bisnis online bersama Dosen Jualan bpk Suryadin Laoddang untuk sesi coaching bisnis.

klik gambar di bawah untuk terhubung langsung dengan admin Kampus Dosen Jualan Yogyakarta

 

chat wa admin kdj

 

Atau bisa datang langsung ke Kampus Dosen Jualan Yogyakarta

Alamat: Jalan Tembus Draman – Mutihan, RT.04 Pedukuhan Mutihan No. 99, Mutihan, Jatigrit, Srimartani, Piyungan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55792

Anda akan di sambut hamparan sawah nan hijau dan suasana pedesaan yang ramah 🙂