Aplikasi Pendukung Instagram untuk Bisnis yang Wajib Kamu Install

aplikasi pendukung instagram untuk bisnis

Aplikasi Pendukung Instagram untuk Bisnis – Sudah berapa lama kamu berjualan online dengan platform instagram? Selain terkenal sebagai toko onlinenya dunia maya, ada lagi nggak yang kamu kenal dari instagram selama berbisnis online dengan si doi? Ternyata usut punya usut ada banyak sekali tools yang bisa kamu manfaatkan untuk melancarkan bisnis di instagram lho?

Bisnis di platform ini memang gampang-gampang susah karena saat ini sudah banyak sekali saingannya, apalagi di masa pandemi muncul banyak sekali online shop baru. Otomatis kita dituntut untuk sigap pada kahanan, yakni meningkatkan kualitas dan kuantitas dari konten yang ada di instagram. Kalau kamu seorang pebisnis yang masih jarang mengupdate konten, dan tidak tahu bagaimana manajemen sosmed yang baik, maka ini adalah tulisan yang tepat untukmu.

Kemunculan banyak platform marketing terbaru, seperti tiktok, shopee, ataupun snack video, ternyata tidak menyurutkan kepopuleran instagram di mata pengguna. Ini adalah salah satu aplikasi yang sudah lama eksis dan tetap menjadi primadona. Lalu apa saja tools yang dapat kita gunakan sebagai pendukung instagram untuk bisnis. Yuk simak beberapa perangkat yang kamu butuhkan.

Aplikasi Jualan Online

Instagram adalah aplikasi yang bisa mempertemukan masa depan dan masa lalu. Aplikasi yang bisa menjangkau remaja, maupun golongan tua. Melalui perbaikan algoritma dan tampilan ternyata membuat instagram makin user friendly lho. Semenjak lama IG juga menjadi primadona untuk berbisnis online entah itu berjualan barang ataupun jasa.

Kalau ada pentas nominasi platform paling populer untuk jualan maka instagram adalah jawabannya. Hampir semuanya tersedia di sana. Belum lama ini pengembangnya juga meluncurkan fitur baru berupa IG Guide serta instagram marketplace yang makin memudahkan pebisnis online berjualan, serta mengedukasi pasar. Meningkatnnya fitur ini juga diiringi dengan meningkatnya pengguna, serta orang yang memanfaatkanya untuk berbisnis. Berhubung makin banyak pengguna maka kita harus update perkembangan sehingga tidak tertinggal. Tulisan ini akan menghadiahkan kepadamu paket berupa aplikasi pendukung instagram untuk bisnis.

Baca juga :   Contoh Tiktok Promosi Produk yang Ampuh Gaet Customer

Aplikasi Manajemen Konten Instagram

Hal tersulit dalam instagram marketing adalah membuat konten berjalan secara istiqomah atau kontinu. Kita membutuhkan tenaga dan ide yang harus tiada habisnya. Ide-ide yang langsung eksekusi Ini hanya dapat dilakukan oleh mereka yang benar-benar konten kreator. Sedangkan kita yang masih newbie harus mempersiapkan yang namanya tabel konten.

Tabel konten adalah tabel yang berisi jadwal kita harus posting apa dan bagaimana mengisi kontennya. Misalkan sehari ingin posting tiga kali berarti kamu harus bikin jadwal posting dalam tiga waktu, misalnya kalau KDJ pada pukul 09.00, 12.00, dan pukul 19.00. Kamu harus istiqomah selama sebulan posting pada jam-jam tersebut.

Inilah gunanya tabel konten, yakni untuk mendapatkan simpati dan perhatian dari followers. Sebab akun yang mempunyai jadwal posting rutin tentu lebih diperhatikan oleh followers daripada yang jarang posting.

Isi dari tabel konten antara lain adalah tanggal, tema, lead, isi postingan, caption, serta hastag yang akan kita pakai. Buatlah tabel kontenmu jauh-jauh hari. Semisal tabel konten untuk bulan April mendatang, harus kamu persiapkan sejak bulan Maret agar kamu tidak perlu bingung lagi saat mendekati hari H.

Aplikasi pendukung instagram untuk membuat tabel konten adalah Google Spreadhseet. Kita bisa membuat tabel-tabel untuk tema konten dan lain-lain lalu membagikannya pada tim. Ini akan lebih memudahkan daripada harus membuat tabel di excel. Kemudahannya adalah kita dapat memperbaharui tabel tersebut untuk kemudian bisa terlihat oleh tim lain. Jangan lupa untuk membagikan aksesnya kepada tim kamu, agar mereka bisa melihat tabel setiap kali akan membuat konten (design, hastag, caption, dan lain-lain.

Tools Optimasi Instagram

Kalau berbicara IG, tentu tidak dapat kita lepaskan dari yang namanya hashtag atau tagar. Ini merupakan salah satu elemen wajib dalam sebuah postingan IG. Jika ingin postinganmu diketahui oleh orang banyak, tentu harus memakai hashtag yang tepat. Lalu bagaimana menulis tagar yang benar untuk mendatangkan traffic dan interaksi di akun kita?

Baca juga :   Kenali Pengertian, Jenis, Cara Kerja dan Manfaat SEO

Meta Hashtag

Salah satu aplikasi pendukung instagram untuk bisnis adalah tools pembuat hastag. Ada banyak sekali tools yang bisa kamu manfaatkan. Dan kami menyarankan kepadamu untuk memakai metahashtag. Di sini kamu bisa membuat tagar untuk postingan secara gratis, dan tagar tersebut sudah ada volume berapa yang memakainya. Jadi kamu dapat memperkirakan jika persaingannya susah, maka tak usah memakai tagar tertentu.

Tips dari dosen jualan ketika menulis tagar adalah jangan sampai persaingannya lebih dari 500K. Di atas itu sudah sulit sekali untuk menembusnya. Kalau bisa temukan tagar yang pemakainya hanya 200k-250k karena masih berpeluang menaikkan postingan. Cara menggunakan  aplikasi pendukung instagram untuk bisnis ini mudah sekali kok. Kamu cukup masukkan kata kunci utama postingan lalu akan muncul rekomendasinya. Selamat mencoba.

Aplikasi Desain Konten Instagram

Sekarang kita tidak lagi harus menguasai aplikasi yang berat-berat untuk membuat konten yang menarik di IG jualan. Cukuplah kita menginstall Canva untuk membuat design yang menarik dan dapat memanjakan mata customer. Aplikasi pendukung instagram untuk bisnis ini wajib ada di hape android kita dan kalau perlu kita menggunakan versi berbayar agar lebih banyak fiturnya.

Harga akun canva premium ini lumayan murah mengingat begitu bergunanya aplikasi ini untuk mendukung jalannya konten kita. Kamu bisa lho bikin konten microblog (berbentuk swipe) hanya berbekal canva. Tentu ada banyak template yang bisa kamu manfaatkan untuk ini. Selain membuat design kamu juga bisa membuat story dari aplikasi tersebut.

Cara Bikin Template Story Instagram

Aplikasi pendukung instagram bernama canva ini juga menyediakan banyak sekali template untuk bikin story IG. Tinggal kamu searching saja template jenis apa yang kamu inginkan, lalu akan muncul banyak pilihan yang sesuai konten. Kita tinggal mengganti background serta mengganti tulisan teks saja jika ingin mengkreasinya. Kalau kita kreatif tentu akan menghasilkan story IG yang bikin gatel customer buat komen.

Baca juga :   Untuk Mendaftarkan Domain co .id dibutuhkan apa saja?

Aplikasi Posting Otomatis Instagram Gratis

Namanya seorang pebisnis pasti ada saja kesibukannya sehingga lupa pada jadwal postingan. Terkadang hal tersebut bisa mengurangi traffic dan interaksi. Jangan sampai deh kamu kelupaan upload konten. Kalau tidak ingin lupa, maka ada satu aplikasi pendukung instagram untuk bisnis yang bisa menjadwal postingan, misalnya jam 09.00, 12.00, dan jam 19.00.

Aplikasi Upload Instagram Di Pc

Aplikasi pendukung itu bernama Creator Studio. Ini adalah tempat bagi kita mengupload postingan, serta menyetting jam lalu mereka akna menguploadnya sesuai dengan jadwal tersebut. kamu dapat membuka creator studio dari PC atau laptop yang telah terhubung ke internet.

Di antara yang bisa kita setting di sana adalah;

  1. Foto/gambar
  2. Caption
  3. Hashtag
  4. Serta Jam posting.

Kita harus senantiasa teliti dalam mengecek dan menjadwalkan postingan ini karena sekali saja salah maka tidak bisa diedit dan harus take down. Inilah salah satu kelemahan creator studio yakni menuntut penggunanya bisa lebih berhati-hati dalam menjadwalkan posting.

Instagram memang platform yang mendukung untuk bisnis online. Pengaturan bisnis di instagram harus dilakukan dengan kerja keras karena saat ini sudah banyak sekali saingan kita di luar sana. Namun itu saja tidak cukup, karena saat ini kita harus kerja cerdas dalam bisnis. Dalam arti harus sepadan antara usaha dan hasil. Dan beberapa aplikasi di atas bisa menajdi pendukung instagram untuk bisnis. Simak terus konten dari KDJ yang menarik lainnya. Semoga bermanfaat.