Cara Melihat Analisis Tiktok dengan Tools Maupun Tanpa Tools

Cara Melihat Analisis Tiktok

Cara Melihat Analisis Tiktok – Bermain tiktok ternyata tidak menjamin kita bisa melihat jumlah pengunjung yang telah melihat video kita. Paling-paling kita hanya bisa melihat jumlah likes dan komentar saja. Berhubung  banyak orang yang bertanya bagaimana menganalisis jumlah pengunjung di akunnya, maka dalam kesempatan ini akan kami bagikan cara nya.

Mengetahui jumlah pengunjung ini penting karena dari sana kita bisa menganalisa bagaimana strategi untuk meningkatkan engagement dari sebuah akun. Melihat analisis ini juga penting untuk mempersiapkan bagaimana konten seharusnya kita buat. Jika jumlah engagement nya bagus berarti konten tersebut dapat menjadi branding kita ke depannya.

Banyak manfaat lain dari melihat pengunjung antara lain adalah untuk mempersiapkan data guna monetisasi akun kita kelak apabila jumlah followers dan pengunjungnya sudah banyak. Bagaimanapun followers adalah pihak yang akan menjadi mitra bisnis kita di dalam tik tok. Tanpa mereka kita tidak bisa mendapatkan traffic.

Bagi mereka yang berjualan tentu juga harus sering-sering melihat analisistiktok nya karena ini menyangkut bagaimana mereka merencanakan strategi pemasarannya. Keberhasilan dari sebuah marketing sangat ditentukan oleh berapa jumlah interaksi dan engagement di sebuah postingan. Tanpa berlama-lama kami akan bagikan tentang cara melihat insight akun kita dengan cara yang mudah dan gampang dilakukan.

Algoritma Tiktok

Sebelum kita menginjak bagaimana cara menonton jumlah penonton di tiktok maka, kita akan membahas algoritma aplikasi ini terlebih dahulu. Aplikasi ini melakukan penilaian berdasarkan dua kriteria, yakni trending dan interaksi. Semakin konten kamu mengikuti jenis konten yang sedang trending, maka akan semakin mudah tiktok melakukan penilaian.

Baca juga :   Pengertian Marketplace, jenis-jenisnya yang ada di Indonesia

Penilaian tik tok apakah sebuah video masuk ke FYP atau tidak adalah jenis konten yang harus sesuai trending saat ini. Maka dari itu setiap konten kreator akan mengkreasikan postingannya sesuai dengan sesuatu yang viral saat ini, semisal yang pernah viral adalah sikut challenge. Namun juga jangan lupakan kriteria penilaian aplikasi yang satu ini.

Penilaian lain terhadap sebuah postingan kita adalah terkait jumlah interaksidi ketika kita mengupload konten. Jika kontenmu banyak yang suka dank omen, tentunya tik tok melihat ini sebagai sebuah nilai plus dan akan memperbesar peluang videomu masuk ke dalam FYP. Kriteria ini harus kamu penuhi sebelum menginjak ke kriteria selanjutnya yakni jumlah followers.

Sebenarnya jumlah followers tidak begitu mempengaruhi algoritma tiktok. Karena aplikasi ini lebih mengutamakan interaksi dan trending. Namun jumlah followers akan menentukan video kita ditonton atau tidak. Setiap jumlah follower tentu akan meningkatkan viewers dan bahkan like ke videomu. Pokoknya semua itu harus kita prioritaskan, yakni trending, interaksi, dan juga jumlah followers.

Baca Juga : Cara Membuat Plot Video Tiktok

Tiktok Analytics Tanpa Aplikasi dan Tool Tambahan

Bagi kamu yang tidak mau repot-repot menggunakan tools, ternyata melihat analisis tiktok bisa cukup dari aplikasinya saja lho. Namun ada syarat yang sebelumnya harus kamu penuhi yaitu akunmu sudah menjadi pro dulu. Cara mengubah akun tiktok biasa menjadi pro cukup dari setting saja. Dengan menjadikan akunmu pro, berarti semakin mempermudah dirimu untuk menjadi kreator di tik tok.

Setelah akunmu menjadi pro, maka kamu bisa melihat analisis itu dari dasbor tiktok. Caranya adalah sebagai berikut;

  • Hidupkan WIFI/Paketan/ modem atau apapun itu yang bisa membuat hapemu masuk ke dunia maya.
  • Buka aplikasi tiktok, tapi begitu muncul video segera skip karena kita tidak akan scroll-scroll saja melainkan akan melihat jumlah pengunjungnya.
  • Buka Profil Pengguna yang ada di sebelah kanan, Klik
  • Klik titik tiga yang ada di bagian kanan atas, lebih tepatnya pojokan.
  • Kamu sudah masuk ke Menu Pengaturan dan Privasi.
  • Klik Kreator yang ada di baris keempat dari menu tersebut.
  • Setelah itu klik Analisis yang ikonnya mirip grafik. Ada di bagian paling atas.
  • Nah, setelah masuk ke sana kita akan tersuguhi bagaimana traffic di setiap postingan yang dibuat.
  • Kita bisa setting melihat performa postingan 7, 28, atau 60 hari terakhir.
  • Untuk mempermudah kita piliha tujuh hari terakhir saja. Karena lebih simpel dan tidak begitu banyak data.
Baca juga :   Buka-Bukaan Trik Iklan di Google Bersama Dosen Jualan Bapak Suryadin Laoddang

Di sana kita bisa melihat jumlah tayangan video, pengikut, serta jumlah tampilan profil. Semua data dalam bentuk grafik sehingga kita bisa melihat perkembangan dari satu hari ke hari berikutnya.

Kita juga bisa melihat performa akun kita per kontennya. Jadi dari satu postingan berapa yang likes, share, dan lain-lain. Selain itu bisa juga kita tonton jumlah followers kita di bagian analisis itu. Kalau kita pengen cara melihat analisis tiktok yang lebih lengkap bisa juga melalui bantuan aplikasi atau tools. Cara ini cocok buat mereka yang engagement akunnya sudah tinggi sehingga butuh aplikasi tambahan.

Tiktok Insight apabila Kita Lihat dengan Bantuan Tools

Bisa juga kamu tonton performa akun lewat sebuah aplikasi atau tools. Cara ini membutuhkan kita keluar dari aplikasi tik tok. Namun tidak lama kok karena kita Cuma akan melihat jumlah traffic saja. Apabila kamu belum tahu cara nya maka kita akan berkenalan dengan tools berikut ini. Yang kamu perlukan untuk menuju ke sana adalah akun email.

Cara Menonton Viewers Tiktok dari Exolyt

Bagi yang belum tahu apa itu exolyt maka kami akan kenalkan sekarang juga. Ini merupakan tools yang memudahkan kita menonton jumlah likes, komen, share, dan lain-lain dari akun tik tok kita. Caranya cukup mudah, kamu harus siapkan email dan paket data atau wifi dulu sebelumnya. Berikut akan kami bagikan cara nya;

  • Bukalah browser dari PC/Laptop yang telah terkoneksi dengan internet.
  • Masuklah ke URL www.exolyt.(com) (tanpa tanda kurung di .com)
  • Loginlah terlebih dahulu, kalau belum ada akun maka klik register.
  • Jika sudah masuk ke dashboard maka bisa mulai kita gunakan.
  • Masukkan username akun yang akan dilihat performanya.
  • Tingga lihat hasil lengkapnya.
Baca juga :   Produk Laris Di Fb Ads Cocok Jadi Ide Jualan Kamu

Exolyt bisa kita gunakan untuk melihat di antaranya adalah tingkat engagement atau interaksi dalam bentuk persen, follower like ratio (rasio pengikut yang like), likes, comment, dan share. Apabila kita bandingakan dengan analisis bawaan tik tok tentu tools ini lebih lengkap karena ada rasio like dari followers dan lain-lain. Namun kamu boleh memakai analisis di tiktok tanpa ribet membuka tools berikut ini, karena ini sunnah dan tidak wajib.

Sesuai janji kami di atas sudah dibagikan mengenai cara melihat analisis video tiktok menggunakan dua cara. Bagi kamu yang belum tahu salah satu caranya buruan segera aplikasikan. Karena penting melihat analisis ini setiap minggunya agar akun tiktokmu bisa makin powerfull. Apalagi akun untuk jualan harus makin menggebu optimasinya. Kalau engagement mu masih rendah jangan insecure karena semua bisa kita perbaiki dengan menambahkan konten secara istiqomah. Sekian tips dari kami di Kampus Dosen Jualan. Semoga bermanfaat. See you.