Kenali Pengertian, Jenis, Cara Kerja dan Manfaat SEO

Saat ini, para pelaku bisnis menggunakan website sebagai wadah promosi berbagai produk mereka, baik berupa barang maupun jasa. SEO (Search Engine Optimization) adalah cara untuk mempromosikan dan memamerkan produk atau profil situs web untuk perusahaan dan bisnis kalian. Simak artikel berikut ini untuk mengetahui pengertian, jenis, cara kerja serta manfaat SEO untuk pengoptimalan website kalian!

Sebenarnya ada banyak cara untuk melakukan promosi selain dengan SEO. Mulai dari SEM (Search Engine Marketing) yang berfokus pada iklan Google, kemudian optimasi media sosial dan banyak metode lainnya di bidang saluran pemasaran. Namun pada artikel kali ini, mimin hanya berfokus pada pembahasan yang berkaitan dengan pengertian, jenis, tipe, dan manfaat dari SEO.

 

Apa itu SEO?

Kita akan membahas pengertian SEO yang sebenarnya. Search Engine Optimization atau SEO adalah suatu bentuk apresiasi yang diberikan kepada website terdaftar di halaman pertama mesin pencari Google.

Jadi, definisi umum SEO adalah cara mengoptimalkan situs web untuk mendapatkan peringkat yang baik di halaman mesin pencarian, terutama dalam pencarian organik. Pencarian organik pengguna lakukan dengan memasukkan kata kunci pencarian (keyword) pada mesin pencari Google.

SEO lebih berfokus pada penelitian kata kunci organik, berbeda dengan SEM yang berfokus untuk menjalankan iklan di Google. Jadi, jika kalian ingin membuat website, mimin sarankan mengoptimasinya dengan SEO. Karena apabila kalian menggunakan SEM, kalian akan membutuhkan modal yang besar untuk menjalankan iklan di Google.

Baca juga :   Belajar PBN (Private Blog Network) Dengan Gampang Ya di Kampus Dosen Jualan Aja

 

Jenis Trafik SEO

Setelah mengetahui pengertian dari SEO, mimin akan mulai membahas beberapa jenis trafik SEO. Saat ini, ada tiga jenis trafik SEO yang diklasifikasikan menurut fungsi dan kinerjanya masing-masing.

Quality Traffic

Jenis pertama adalah Quality Traffic yang juga dikenal sebagai trafik yang berkualitas. Untuk menentukan nilai kualitas trafik, kalian dapat mengukurnya dari nilai konversi yang dihasilkan dari data pengunjung yang masuk pada website kalian.

Untuk website bisnis, semakin banyak pengunjung website yang menjadi pembeli, semakin baik kualitas trafik website kalian. Secara umum, pelanggan akan melihat dan mencari tahu produk-produk yang kalian tawarkan. Oleh karena itu, hal ini termasuk ke dalam trafik yang menggunakan bantuan kata kunci transaksional.

Quantity of Traffic

Kuantitas trafik juga sangat perlu kalian perhitungkan untuk meningkatkan performa situs web. Semakin banyak pengunjung ke setiap halaman situs web kalian, semakin tinggi pula nilai trafik yang akan kalian dapatkan.

Jadi, ketika kalian mengembangkan situs web bisnis, kalian perlu memperbanyak halaman dengan konten berkualitas. Di mana, kalian dapat membuat kumpulan artikel blog yang berisi kata kunci informasional.

Organic Traffic

Dan tipe yang terakhir adalah trafik organik, di mana para pemilik website sangat menyukai trafik ini karena gratis. Meskipun gratis, namun kalian juga tetap dapat mendatangkan jumlah pengunjung yang lebih banyak serta meningkatkan konversi, lho.

Sebagai contoh, ketika seseorang mengetikkan kata kunci dalam mesin pencari di sebuah browser. Selanjutnya user tersebut akan mengklik link yang ditampilkan pada hasil pencarian. Nah, kunjungan link tersebut yang merupakan sebuah organic traffic.

 

Cara Kerja SEO

Setelah mengetahui beberapa jenis trafik SEO, maka berikutnya kita masuk pada pembahasan mengenai cara kerja SEO. Memahami cara kerja SEO dapat membantu kalian dalam pengoptimalan halaman website pada mesin pencari.

Baca juga :   Jenis - Jenis Search Engine Optimization (SEO)

Untuk mendapatkan peringkat 1 hingga 3 di halaman pertama mesin pencari, tidak sesederhana yang kalian bayangkan. Mesin pencari atau search engine sendiri memiliki tiga tugas utama untuk mencari permintaan atau request yang pengunjung ketikkan.

Crawling

Proses yang pertama adalah mesin pencari akan melakukan crawling. Tujuan crawling adalah untuk mengumpulkan informasi dari seluruh website, mulai dari halaman hingga link.

Indexing

Setelah berhasil melakukan crawling, langkah selanjutnya web crawler akan menyimpan informasi tersebut ke dalam entry list: index.

Ranking

Nah, pada tahap terakhir, search engine akan menampilkan hasil peringkat website. Search engine mengurutkan peringkat berdasarkan pencarian yang paling sesuai dengan konten yang relevan dengan keyword yang pengguna sasar.

Selanjutnya, algoritma Google juga akan memastikan bahwa pengguna menerima informasi dan konten dari sumber yang relevan dan andal. Google sendiri juga memiliki update algoritma yang akan berubah seiring waktu tergantung perkembangan zaman dan teknologi yang tersedia.

Penyebutan algoritma tersebut menggunakan nama-nama khusus. Nama-nama tersebut yaitu Panda, merupakan algoritma yang berkaitan dengan kegiatan penyaringan (filter), apresiasi serta pemberian penalti pada konten website. Kemudian Penguin, merupakan algoritma yang bertugas untuk mencegah spamdexing. Terakhir yaitu Hummingbird, merupakan algoritma yang bertugas untuk meningkatkan kualitas dari kedua algoritma yang telah mimin sebutkan sebelumnya.

 

Manfaat SEO

Setelah kalian mengetahui pengertian, jenis dan cara kerjanya, maka hal lain yang perlu kalian tahu untuk memantapkan pengetahuan dasar kalian adalah manfaat dari SEO. Berikut ini telah mimin rangkup beberapa manfaatnya:

SEO dapat Meningkatkan Trafik Pengunjung

Dengan adanya SEO, maka manfaat yang dapat kalian dapatkan adalah meningkatnya jumlah trafik pengunjung website secara organik. Kalian tidak perlu mengeluarkan biaya untuk promosi iklan karena menggunakan SEO itu gratis.

Baca juga :   Ikut Kelas Cara Menjadi SEO Specialist Yang Cocok Untuk Pemula

Meningkatkan Konversi Bisnis

Manfaat yang kedua adalah dapat meningkatkan nilai konversi. Pastikan kalian menargetkan kata kunci transaksional untuk menarik pengunjung yang ingin membeli produk atau layanan yang kalian tawarkan di website.

Menjangkau Lebih Banyak Pengguna

Selain itu, SEO juga dapat menjangkau khalayak yang lebih luas. Kalian cukup dengan membuat postingan blog, menerapkan kata kunci yang informatif, dan mengoptimalkan baik di halaman maupun di luar halaman.

Dapat Melakukan Promosi 24 Jam

Kalian bisa memanfaatkan SEO untuk promosi 24 jam namun dengan biaya yang cukup terjangkau, lho. Beda halnya jika kalian memanfaatkan jasa iklan Google Ads atau FB Ads yang mengharuskan kalian mengeluarkan biaya yang cukup tinggi. SEO dapat mengiklankan brand kalian selama 24 jam nonstop tanpa ada hentinya selama situs website kalian tidak hilang.

Dapat Bersaing dengan Perusahaan Besar

Jika kalian memiliki bisnis yang masih berkembang, biasanya kalian akan takut membayangkan persaingan sengit dengan perusahaan-perusahaan besar, karena kesempatan untuk bersaing rasanya tidak ada. Namun, keraguan tersebut bukan hal mustahil jika kalian menggunakan SEO, lho.

Hasilnya bisa menjadi luar biasa, apalagi jika saingan kalian tidak menerapkan SEO meskipun mereka merupakan perusahaan besar. Cara mudah untuk melakukan persaingan ini adalah lebih banyak membuat konten berupa artikel untuk mengisi halaman website kalian.

Memperoleh Keuntungan Bisnis Jangka Panjang

Manfaat yang terakhir adalah kalian dapat memperoleh keuntungan (manfaat) jangka panjang. Selain itu, pastikan untuk secara teratur mengoptimalkan situs web kalian, melakukan riset kompetitor, dan mengikuti perkembangan algoritma Google terkini.

 

Itulah tadi pembahasan kita seputar pengertian, jenis, cara kerja dan manfaat SEO.

Semoga artikel ini dapat membantu pemahaman kamu ya!

Hotmaria S