The Next Level Optimasi Google Maps

Optimasi Google Maps

Di artikel kemarin yang ini telah membahas bagaimana mendaftar di Google Bisnisku sekaligus memasang sebuah titik Google Maps serta optimasinya. Mungkin dari kalian yang sudah mempraktekkan optimasi Google Mapsnya ada yang belum berhasil-berhasil atau mungkin udah ada yang baru beberapa hari sudah muncul di bagian atas ketika mengetikkan kata kunci yang sesuai. Namun jika titik Google Maps kamu belum naik naik juga, aku kasih tips nih bagaimana melakukan optimasi Google Maps yang lebih lengkap, manjur, dan tentunya yang paling up to date.

Kenapa Harus Optimasi Google Maps?

Optimasi Google Maps .

Tak bisa dipungkiri mayoritas pembeli masih menggunakan Google untuk menemukan bisnis lokal yang ada di sekitaran tempat mereka. Menurut penelitian, pencarian dengan niatan mencari yang lokal bisnis menghasilkan konversi sampai 80% lhoo. Maka dari itu mubazir banget rasanya jika kamu tidak bisa mengoptimalkan Google Maps yang telah kamu buat. Yang belum membuat bisa baca baca artikel yang kemarin ya, sudah lengkap cara buatnya sampai ke akar-akarnya lho.

Fungsi Optimasi Google Maps

Ada beberapa benefit yang dapat kamu peroleh jika melakukan next level Google Maps diantaranya sebagai berikut:

  • Mendapatkan Lebih Banyak Ulasan

Pernah dong kamu mencari sebuah tempat di Google Maps dan memperhatikan ulasannya terlebih dahulu. Bukan karena mager, tapi itu memang sebuah fasilitas yang Google berikan agar tidak kecewa ketika datang ke tempat tersebut.

Baca juga :   Pengertian, Fungsi dan Manfaat Google Drive

Selain itu, ulasan dari Google Maps ini fungsinya juga banyak lho, apa aja?

  • Meningkatkan Kredebilitas Bisnis

Kredebilitas adalah suatu tingkat kepercayaan suatu bisnis di mata para pelanggan kamu,. Dengan memiliki kredebilitas yang baik tentu akan naik pula kredebilitas dari bisnismu.

  • Meningkatkan Hasil Pencarian di Google

Semakin banyak ulasan yang ada, maka Google juga akan meningkatkan hasil pencarian secara organik di mesin pencari mereka.

  • Meningkatkan Jumlah Pengunjung di Toko Offline

Perlu diingat jika review-review yang diberikan bersifat positif seperti “pelayanannya ramah”, “barangnya lengkap-lengkap” dan “produk berkualitas” maka para calon pelanggan kamu tidak akan ragu lagi untuk datang langsung ke toko kamu.

Cara Optimasi Google Maps

Sebelum memulai optimasi titik Google Maps, ada baiknya kamu memeriksa kembali semua informasi bisnis. Semakin banyak informasi yang bisa kamu berikan maka semakin baik pula bagi calon pelanggan, selain untuk calon pelanggan informasi bisnis yang lengkap dapat memberikan rasa kepercayaan bagi Google untuk menampilkan titik Google Maps di pencarian atas lho.

Setelah melengkapi informasi bisnis, kamu bisa mengikuti next level optimasi Google Maps di bawah ini:

  • Mencek Spam yang Ada di Google MapsOptimasi Google Maps

Apa yang terlintas di pikiranmu setelah melihat gambar di atas? Yap itu adalah spam dari suatu tempat yang mendaftarkan banyak tempat dengan nama yang mirip beberapa kali di Google Maps. Dengan melakukan spam seperti di atas maka semakin besar peluang mereka untuk tampil di halaman atas Google Maps, namun apa dampaknya bagi kamu? Dampaknya adalah tempat atau titik Google Mapsmu akan sulit naik karena para pesaing melakukan spam titik Google Maps. Solusinya adalah kamu bisa melaporkan tempat-tempat yang titiknya bersifat spam atau palsu dengan melaporkan ke pihak Google. Gimana caranya?

  1. Cari usaha bisnis di Google Maps,
  2. Geser layar ke bawah dan pilih sarankan edit,
  3. Pilih tempat sudah tutup permanen atau bersifat spam,
  4. Pilih spam sebagai alasan,
  5. Klik kirim.
  6. Membangun Tautan Lokal
Baca juga :   Cara Live di Shopee Agar Banyak Penonton

Tak bisa dipungkiri bahwa tautan lokal sangat penting bagi algoritma Google. Sampai sekarang platform tersebut masih cukup mengandalkan tautan ataupun backlink sebagai alat ukur untuk menyajikan tempat kepada user Google.

Cara membangun tautan lokal bisa dengan memanfaatkan hubungan lokal yang sekiranya cocok untuk saling support membangun tautan lokal ini.

  • Selalu Update Gambar di Google Maps

Kebanyakan orang ketika titik Google Maps mereka jadi, mereka tidak mengupdate gambar produk produk terbaru mereka. Walau kelihatannya sepele, namun dampaknya kamu bisa memanfaatkan ini untuk optimasi Google Maps lebih jauh dari yang lainnya.

Jadi jangan malas untuk update gambar di Google Maps yaa…

  • Melacak Hasil dengan Google Bisnisku

Salah satu langkah optimasi Google Maps yang lainnya adalah dengan mengevaluasi lagi langkah-langkah yang sudah diberikan salah satunya dengan Google Bisnisku. Google Bisnisku menawarkan sebuah fitur untuk kemajuan Google Maps kamu, disana kamu bisa melihat beberapa point berikut:

  1. Jumlah listing muncul di Google Maps,
  2. Tindakan pelanggan seperti mengunjungi situs web, meminta arahan, mengecek nomor telepon,
  3. Sumber pelanggan meminta informasi bisnis,
  4. Banyak foto yang dilihat oleh pelanggan,
  5. Hari paling banyak menerima panggilan,
  6. Dan masih banyak lagi.

Untuk mengecek itu semua kamu bisa kunjungi Google Bisnisku lalu masuk dengan akun kamu lali pilih “wawasan” di sisi paling kiri.

Nah itu tadi next level untuk optimasi Google Maps, lakukan langkah-langkah di atas maka kamungkinan titik Google Maps kamu muncul diurutan atas akan semakin besar dan bahkan pasti muncul cepat atau lambat.

Yang paling penting titik Google Maps kamu jangan ditinggal ngak diurusin, ntar yang ada malah semakin menghilang titik Google Maps kamu kayak dia.

Baca juga :   Cara Mengatur Lokasi di Marketplace Facebook

Hal yang Membuat Titik Google Maps Anjlok

Tapi ada juga lho hal-hal yang membuat titik Google Mapsmu anjlok ke bawah selain ngak kamu urusin. Apa aja hal-hal itu? Langsung cek berikut ini:

  • Tidak Merespon Ulasan Negatif/Bintang Rendah

Banyak pelanggan ketika kesal datang ke suatu tempat dan tidak menyukai produk atau pelayannya akan menilai buruk di Google Maps.

Langkah jika kamu menemui pelanggan seperti itu adalah dengan memberikan penjelasan dan meminta maaf dengan baik-baik serta tidak mengulangi kesalahan lagi. Dengan begitu pelanggan mungkin bisa untuk memaklumi dan mengganti bintang ke lebih tinngi.

  • Informasi Bisnis yang Tidak Lengkap

Seperti yang sudah dijelaskan diawal bahwa kalau semakin lengkap informasi bisnis maka akan semakin baik dimata Google maupun dimata konsumen.

Jadi jangan sekali-kali diabaikan ya karena demi kesehatan kredebilitas bisnismu juga.

  • Kualitas Gambar yang Rendah

Walau tidak berefek secara langsung, namun kualitas gambar yang lebih jelas akan membuat mood para calon pelanggan menjadi tidak bagus.

Yang ada kalau ada calon pelanggan iseng malah langsung mereview negatif padahal belum mencoba produk dan pelayanan dari bisnismu.

Kesimpulan

Nah itu tadi the next level optimasi Google Maps yang bisa kamu praktekkan sendiri di rumah pagi-pagi sambal minum susu hangat.

Selalu urusin optimasi Google Maps mu agar semakin muncul keatas lagi ketika calon pelanggan mengetikkan kata kunci yang sesuai dengan bisnismu.

Walau memang mengoptimalkan Google Maps membutuhkan usaha dalam bentuk waktu dan tenaga tapi hasil yang muncul masih cukup bagus untuk mendapatkan pelanggan lokal maupun pelanggan dari wilayah yang cukup jauh.

Tetap semangat membangun bisnismu dan nantikan artikel artikel berkualitas lainnya dari website ini. Jumpa lagi di lain kesempatan. See you next time…