Cara Agar Bisnis Muncul di Pencarian Google

Cara Agar Bisnis Muncul di Pencarian Google

Belum lama kemarin ada sebuah trend di Twitter viral berbunyi “Usia 25 tahun harus sudah punya apa aja ya?”, sentak trend di Twitter ini mengundang banyak cuitan pro dan kontra pasalnya banyak yang mereka pikirkan adalah tentang target uang entah itu 100 juta, 200 juta, dan seterusnya. Walau banyak dari mereka yang menyebut kalau target itu bukan sekedar nominal uang aja, namun ada baiknya kamu perlu juga menarget finansialmu. Salah satu caranya jika pekerja bisa me-push diri agar terus bisa berkembang, belajar skill-skill baru dan yang lainnya. Namun jika kamu pebisnis akan lebih mudah lagi untuk mendapatkan income lebih agar target impianmu cepat tercapai. Salah satu caranya dengan memanfaatkan search engine terbesar saat ini, siapa lagi kalau bukan Google. Lanjut sekarang kita bahas cara agar bisnis muncul di pencarian google.

Cara Daftar Usaha di Google

Sejak tahun 2015 lalu, Google telah menjalankan misi untuk memberdayakan para pebisnis di Indonesia untuk memanfaatkan platform mereka sebagai sarana mencari suatu barang atau toko di Indonesia. Jika kamu dulu waktu sekolah belajar tentang simbiosis mutualisme, langkah google tadi juga sama dengan simbiosis mutualisme, dimana kedua belah pihak (pebisnis dan google) memiliki hubungan timbal balik yang saling menguntungkan. Nah gimana cara agar bisnis muncul di pencarian Google? Nampaknya Google sudah menyiapkan cara agar bisnis muncul di pencarian Google, apa saja caranya? Simak sampai akhir…

Baca juga :   Pengertian Marketplace, jenis-jenisnya yang ada di Indonesia

1.      Google Bisnisku

Google Bisnisku atau yang sering orang sebut Google My Business adalah cara agar bisnis muncul di pencarian Google dengan memanfaatkan sebuah layanan gratis yang Google berikan untuk para pelaku bisnis agar lebih mudah ditemukan di Google Search dan Google Maps.

Layanan ini akan memunculkan bisnismu secara lengkap di sebelah kanan halaman Google seperti apa yang sering kamu temui platform tersebut.

Banyak keuntungan yang bisa kamu ambil dari fitur ini seperti engagement, kepercayaan publik akan bisnis yang sudah diverifikasi oleh Google, maupun sebagai cara untuk berkomunikasi dengan pelanggan.

2.      Pengen bisnis kamu muncul seperti ini?

Keren ngak bila bisnis kamu bisa muncul seperti pada kotak hitam di atas, bukan hanya keren aja tapi pasti juga bisa menarik konsumen dan meningkatkan penjualan.

Gimana caranya? Ternyata cukup mudah lho, siapkan secangkir kopi dan ikuti langkah langkah berikut ini:

– Masuk Google Bisnisku

Jika sudah masuk ke website google bisnisku, klik kelola sekarang untuk mendaftarkan bisnis.

– Memilih Email

Login dengan akun Google yang kamu mau.

– Memasukkan Nama Bisnis

Di halaman ini kamu diminta untuk memasukkan nama bisnis, masukkan nama perusahaan atau nama bisnis yang sedang dijalankan.

cara menaikan rating google maps

– Buat Profil

Masukkan kategori bisnis, misal kamu pembuat buku kamu bisa memilih kategori penerbit buku lalu klik berikutnya,

Masih dihalaman buat profil, kamu akan diberi pilihan untuk menambahkan lokasi bisnis kamu atau tidak. Sekedar saran untuk menambahkan lokasi bisnis kamu sekalian, agar seperti pepatah “Sekali mendayung, dua tiga pulau terlampaui”,

bisnis muncul di google bisnis muncul di google

Jika kamu tadi memilih ya, maka kamu harus mengisi data alamat seperti berikut,

Baca juga :   Dari Piyungan Branding Perguruan Tinggi Kota

Next kasih penanda ke lokasi persis tempat bisnis kamu berada, ngak lupa kan lokasi bisnismu hehe,

cara agar tempat usaha muncul di google maps

Next lagi ada pertanyaan apakah kamu melayani pelanggan di luar lokasi kamu atau tidak,

Jika kamu tadi memilih “Ya”, sekarang tambahkan area layanan mana saja yang dapat kamu layani, dengan ini google dapat mengetahui jika bisnis kamu bisa relevan untuk untuk konsumen dari area mana saja,

Masukkan detail kontak agar pelanggan bisa mengetahui kemana mereka harus melakukan pembelian jika menemukan bisnismu di halaman Google. Jika belum mempunyai website, kamu bisa membuat situs gratis juga lho di sini,

Akan ada pertanyaan terakhir di bagian membuat profil, jika kamu memilih “Ya” maka Google akan memberitahukan kabar terbaru jika ada update ke email kamu. Langkah ini bersifat opsional yaa.

– Verifikasi

Langkah verifikasi ini masukkan nama kontak untuk menerima surat dari kantor pos, surat yang kamu terima adalah kode verifikasi bukan surat dari kekasih.

Sesuaikan Profil

Tambahkan jam kerja operasional toko kamu,

Aktifkan fitur pesan agar pelanggan dapat mengirimkan pesan ke bisnismu di google,

Cara agar bisnis muncul di pencarian Google adalah dengan memberikan unsur SEO di dalam deskripsi ini,

Foto bisnis dapat berupa foto toko, produk, maupun testimoni,

Di sini kamu langsung beriklan sekarang juga, namun step ini bisa dilewati juga. Untuk info cara beriklan dengan baik di Google kamu bisa membaca artikel trik iklan di Google,

Dan wow profil bisnis kamu sudah hampir siap, cukup mudah bukan cara agar bisnis muncul di pencarian Google,

cara daftar usaha di google

Setelah klik lanjutkan dan sekarang kamu Google Bisnismu sudah siap dan tinggal minum kopi sambal menunggu kode verifikasi dari Google.

Baca juga :   Kelas Inkubator Angkatan 54

Cara Menaikan Rating Google Maps

Setelah verifikasi di Google Bisnisku tadi selesai, kamu sudah mempunyai sebuah titik Google Maps bernama toko yang telah dibuat tadi lho. Nah sekarang muncul pertanyaan lagi, bagaimana cara menaikkan rating di titik google maps yang tadi telah ada?

Cara-cara optimasi untuk menaikkan rating google maps dapat menggunakan cara berikut:

  • Ulasan yang Lebih Banyak

Dengan ulasan yang banyak dan bagus, dapat membantu membangun bukti sosial yang  berfungsi untuk mengelola harapan pelanggan dan mendorong calon pelanggan baru untuk membeli produk kamu.

  • Optimasi Deskripsi Bisnis

Semakin informatif info yang ada maka semakin bagus juga untuk bisnis kamu. Namun perlu diperhatikan juga perlu adanya kata kunci yang ada pada deskripsi bisnis ini agar mesin pencari Google lebih mudah lagi menemukan bisnismu.

  • Menggunakan Iklan

Tak bisa dipungkiri bahwa dengan iklan bisa menaikkan trafik kunjungan yang tinggi dan akan memancing adanya interaksi pelanggan atau yang biasa dikenal dengan engagement.

  • Mempertahankan Alamat Fisik Bisnis

Seiring perkembangan zaman, AI Google semakin pintar untuk memberikan rekomendasi toko kamu ke pelanggan, maka dari itu lebih baik untuk mempertahankan alamat fisik bisnis dan tidak banyak berubah.

Sudah Menambahkan Tempat di Google Maps tapi Tidak Muncul?

Nah biasanya ada masalah klasik yang sering banyak muncul yaitu titik Google Mapsnya menghilang. Sebenarnya masalah itu bukan karena titik Google Maps bisnisnya menghilang tapi karena ada banyaknya kompetitor di sekitaranmu sehingga titik Google Maps kamu kalah dengan titik Google Maps milik orang lain. Cara mengatasi hal ini bisa dengan melakukan optimasi-optimasi yang telah ada di atas.

Dengan tips dan trik cara agar bisnis muncul di pencarian Google tentunya dapat menaikkan penjualanmu dengan memanfaatkan platform Google. Jika ada pertanyaan dan komentar tentang artikel ini, bisa langsung dituliskan di kolom komentar di bawah. Nantikan artikel baru setiap harinya di website resmi Kampus Dosen Jualan.