List Building dan Cara Mengumpulkannya

list building whatsapp

Cara Mengumpulkan List Building di Whatsapp Untuk Bisnis Marketing

Pada kesempatan kali ini saya akan merangkum Live Webinar dari Youtube Dosen Jualan bersama Bapak Suryadin Laoddang tentang List Building di Whatsapp. Live Webinar ini berlangsung pada tanggal 25 April 2020 pukul 09.00 WIB. Pada kesempatan kali ini Live Webinar ini Bapak Suryadin akan mengundang Iswan Febriyanto. Bagi anda yang ketinggal tidak bisa mengikuti siaran Live Webiar maka saya akan informasikan isi rangkuman video tersebut.

Pada Live Webinar kali ini bapak Suryadin akan membahas mengenai bagaimana cara bermain WA marketing. Lebih khususnya akan membahas mengenai List Building di Whatsapp. Apa sih list building itu? Secara sederhana intinya mengumpulkan database sebanyak-banyaknya.

Seiring perkembangan dunia digital marketing, saat ini setiap orang tidak perlu lagi untuk merantau jauh-jauh. Kalau dulu untuk mendapatkan kesuksesan kita harus merantau agar sukses merintis karier. Namun sekarang anda sudah tidak perlu merantau lagi, karena dunia digital sudah memudahkan semua pekerjan anda.

Pada kesempatan kali ini akan dijelaskan mengenai WA Marketing, lebih khususnya List Building di Whatsapp. “WA Marketing ini merupakan salah satu aplikasi sejuta umat. Orang boleh bermain Facebook, Instagram, Youtube, Website, pasti larinya ke Whatsapp” ungkap Bapak Suryadin Laoddang. Sudah banyak sekali di dunia ini yang lebih memilih WA sebagai aplikasi untuk memperlancar komunikasi.

“Mau menjalankan marketing online, mau marketing offline, mau produk creator, mau jualan produk, jualan jasa, pasti larinya, closingnya ke What’sapp” tambahan dari beliau.  Nah, pada kesempatan kali ini kita akan membahas List Building di Whatsapp. Mengingat List Building di Whatsapp ini merupakan sesuatu yang baru. Tentunya banyak yang bertanya apa sih list building WA? Bagaimana cara mencari list building? Tujuan dari List Building di Whatsapp itu untuk apa?

Baca juga :   Comma Separator Dosen Jualan Comeback, Bantu Kebutuhan SEO-mu

Cara Mengumpulkan List Building

Pada kesempatan kali ini mas Iswan Febriyanto akan dijelaskan mengenai cara mendapatkan ribuan kontak Whatsapp. Sehingga anda nantinya bisa mengelola database ini sesuatu tujuan anda. Sehingga ketika anda bisa menguasai data tersebut maka ini bisa memudahkan anda untuk jualan, mempromosikan produk, dan tujuan lainnya.

Tentunya List Building di Whatsapp ini sangat penting apabila anda ingin meningkatkan penjualan produk melalui dunia digital marketing. Nah, pastinya anda bertanya-tanya bagaimana mengelola dan mengumpulkan database nomor WA secara legal dan efektif. Tentunya ini berhubungan demi meningkatkan penjualan produk anda.

Cara ini pastinya cukup mudah untuk anda praktikkan mengingat anda pastinya juga sudah memiliki akun WA di masing-masing smartphone. Dalam dunia digital marketing kita harus bisa menguasai data sehingga anda bisa mengukur dan berbuat sesuatu dengan database. Sehingga siapa saja yang bisa menguasai data maka merekalah yang bisa menguasai dunia bisnis.

Whatsapp List Building

Apa saja yang perlu kita persiapkan terlebih dahulu sebelum List Building di Whatsapp. Jadi terdapat 2 persiapan yang harus anda lakukan yaitu persiapan non teknis dan persiapan teknis.

Persiapan Non Teknis

  1. Mengenal Diri Sendiri

Apabila tujuan pertama anda adalah personal branding maka anda harus mengenal value diri anda yang akan anda munculkan. Ketika tujuannya untuk personal branding maka anda harus pahami dulu profesi diri anda. Kemudian kemampuan apa saja yang akan anda tunjukkan ke masyarakat. Setelah itu silahkan tunjukkan prestasi yang anda miliki sesuai dengan kemampuan diri anda. Jangan lupa memberikan nomor HP yang mudah dihubungi, akun social media sehingga anda lebih mudah dihubungi.

  1. Mengenal Produk

Kalau tujuan utama anda mengumpulkan database ini untuk produk branding maka anda harus mengenal tentang value produk. Apabila tujuan awal anda produk branding maka anda harus tahu tentang benefits produk, features produk, dan experience. Sehingga ketika anda sudah mengenal produknya maka ada akan lebih mudah membuat konten tentang produk tersebut.

  1. Taaruf dengan Audience

Pada tahan taaruf dengan audience ini anda harus mengenal lebih dekat dengan para audience. Hal ini untuk memudahkan anda untuk minta database mereka minimal nama dan nomor WA. Pastikan anda paham mereka dan apakah sudah sesuai dengan market pasar anda atau tidak. Sehingga database yang anda kumpulkan ini sesuai dengan terget pasar anda. Nah, agar database anda sesuai dengan tegret pasar maka anda bisa mulai membuat demografi, behaviour, kebutuhan dan solusi. Intinya anda harus tahu semua audience mulai mengenal kebiasaan, kebutuhan dan mampu memberikan solusinya.

Baca juga :   Internet Marketers Nahdlatul Ulama (IMNU) Sebagai Strategi NU di Dunia Digital

Persiapan Teknis

Cara mendapatkan ribuan kontak Whatsapp ini kita tidak boleh secara sembarangan. Jadi ada etika dan cara yang lebih baik dalam mengumpulkan database untuk WA. Jangan sampai anda meminta database tanpa izin audience. Jadi tujuan anda yaitu bagaimana mereka sendirilah secara wajar memberikan nomor WA dan nama tanpa ada unsur paksaan. Jadi tahapan yang harus anda lakukan untuk List Building di Whatsapp yaitu :

  • Mempersiapkan Lead Magnet

Lead magnet merupakan kunci awal untuk anda bisa meminta nama dan nomor What’sapp. Anda bisa membuat ebook PDF, membuat video series, dan voucher diskon sehingga bisa menarik perhatian audience. Bagi mereka yang tertarik bisa mencantumkan nama dan nomor WA. Jadi anda menawarkan sesuatu untuk mendapatkan data berupa nama dan nomor WA.

  • Menyiapkan Landing page atau Google Form

Setelah anda menyiapkan lead magnet maka langkah selanjutnya adalah menyiapkan landing page atau Google from. Menyiapkan Google Form ini untuk List Building di Whatsapp sehingga lebih maksimal. Kalau anda tidak bisa menggunakan website maka bisa menggunakan aplikasi Whatsapp untuk mengumpulkan list nomor WA. Apabila anda sudah memiliki list WA maka jangan langsung melakukan promosi, jadi anda harus mengelolanya dulu dengan tepat. Mengingat WA marketing ini anda akan masuk ke dunia audience, sehingga sangat penting untuk anda mengetahui apa saja konten yang tepat untuk mereka.

  • Menyiapakan Whatsapp binsis

Setelah itu anda perlu siapkan aplikasi whatsapp binsis untuk melakukan promosi ke para audience. Dengan modal List Building di Whatsapp anda bisa melancarkan kegiatan promosi anda.

  • Menyiapkan konten edukasi

Cara mendapatkan ribuan kontak Whatsapp selanjutnya yaitu dengan klasifikasi  konten edukasi. Tentunya cara ini membuat proses promosi anda akan lebih mudah dan tepat sasaran. Apabila tujuan anda untuk personal produk maka anda bisa kirim konten secara personal. Jadi jangan mengirim promo ke group karena tidak efektif. Kalau anda ingin merekrut reseller maka anda bisa mengundang mereka pada grup khusus. Kemudian anda bisa mengedukasi mereka mengenai cara-cara jitu berjualan. Ingin tau tips tajir melintir? baca disini.

Baca juga :   10 hari belajar SEO di Kampus Dosen Jualan Jogja

Demikianlah isi rangkuman mengenai List Building di Whatsapp untuk menjalankan bisnis WA Marketing. Tentunya dengan menjalankan berbagai panduan dari mas Iswan Febrianto kita semua bisa paham untuk mengumpulkan ribuan kontak Whatsaap. Semoga rangkuman saya dari Live Webinar di Youtube Bersama dengan Founder Dosen Jualan Bapak Suryading Laoddang ini bermanfaat untuk anda semua.

======

Info Kampus Dosen Jualan

Membutuhkan Informasi Kursus internet marketing dan Pelatihan Jualan Online?
Hubungi admin kami di : 0821-3694-7525

Tersedia kelas Private Fb Ads, Private Instagram Ads, Private Landingpage, Private Website, Pelatihan Bimtek SEO, Private youtube marketing dan Private Whatsapp Marketing.

Jika ingin mengundang Seminar atau Workshop bisa menghubungi Pembicara Internet marketing.

Apabila membutuhkan konsultasi bisnis anda bisa menghubungi Konsultan bisnis online bersama Dosen Jualan bpk Suryadin Laoddang untuk sesi coaching bisnis.

klik gambar di bawah untuk terhubung langsung dengan admin Kampus Dosen Jualan Yogyakarta

 

chat wa admin kdj

 

Atau bisa datang langsung ke Kampus Dosen Jualan Yogyakarta

Alamat: Jalan Tembus Draman – Mutihan, RT.04 Pedukuhan Mutihan No. 99, Mutihan, Jatigrit, Srimartani, Piyungan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55792

Anda akan di sambut hamparan sawah nan hijau dan suasana pedesaan yang ramah 🙂