Langkah-Langkah Membuat Akun Facebook Bisnis dengan Gampang

langkah-langkah membuat akun facebook bisnis

Langkah-langkah Membuat Akun Facebook Bisnis – Sebagai pebisnis, facebook adalah senjata yang paling ampuh untuk menggaet calon customer. Tanyakan pada pebisnis manapun, biasanya mereka akan mempunyai akun facebook lebih dari satu. Itu semua adalah upaya mereka untuk memasarkan produknya agar semakin luas jangkauannya.

Buat anda yang baru pertama kali memulai bisnis, maka juga harus rajin-rajin untuk merawat dan mengelola akun facebook bisnis. Jika memang account kita dirasa kurang, maka kalian harus menerapkan lagi langkah-langkah membuat akun facebook bisnis.

Fungsi akun ini adalah sebagai cadangan jika akun kita yang sudah ada terblokir oleh facebook karena keseringan ngiklan atau keseringan menambahkan teman, misalnya. Cara membuat dan mengelola FB itu gampang kok sob. Di dalam tulisan ini kita akan bahas dulu langkah-langkah membuat akun facebook bisnis.

Jadi memang terdapat perbedaan antara akun bisnis dan akun biasa atau pribadi. Kalau di akun biasa kita tidak dapat mengiklan atau promosi lainnya. Sedangkan di FB bisnis kita dapat ngiklan dan promosi lainnya. Kalau memang tujuan kita adalah untuk promosi dan branding, maka membuat account FB bisnis ini wajib hukumnnya.

Akun Facebook Bisnis Itu Cocok Banget Untuk Digunakan Oleh Pebisnis Pemula

Banyak pebisnis besar dulunya pasti sering bermain facebook untuk berjualan. FB memang menjadi semacam pintu gerbang bagi para digital marketer untuk berkembang. Misalnya adalah Pak Dosen Jualan. Sebelum jago SEO dan pakar whatsapp marketing, ternyata Pak Dosen juga sudah malang melintang berjualan di facebook lho.

Memang akun facebook bisnis itu cocok banget untuk digunakan oleh para pebisnis pemula. Account FB bisnis ini memungkinkan kita untuk belajar promosi, menyapa calon customer, serta memberikan layanan terbaik kepada mereka.

Baca juga :   Training Pemasaran Online untuk Pelaku Bisnis Online

Oleh karena account facebook bisnis itu cocok banget unutk digunakan oleh pebisnis pemula, maka kamu mulai harus terapkan langkah-langkah membuat akun facebook bisnis berikut ini.

Tapi sebelum itu mari kita bahas dulu apa kelebihan akun bisnis facebook jika digunakan untuk promosi. Simak beberapa kelebihannya di sub judul di bawah ini.

Akun Bisnis Facebook dan Kelebihannya

Tahukah kamu kelebihan akun bisnis facebook untuk promosi dan branding produk? Tentunya ada perbedaan antara FB pribadi dengan akun bisnis ya sob. Yuk simak beberapa di antaranya di poin-poin berikut ini;

  1. Memudahkan kita untuk mengkampanyekan produk lewat ads.
  2. Mempercepat interaksi antara toko kita dengan calon customer.
  3. Memudahkan kita untuk membuat fanspage guna keperluan promosi di sosmed.
  4. Banyak tools bakal memudahkan kita untuk mengedit profil toko, dan lain sebagainya.
  5. Dapat kita integrasikan ke instagram untuk makin meningkatkan engagement.

Itulah beberapa kelebihan akun bisnis facebook daripada jenis akun biasa. Kadang orang lupa untuk membuat akun bisnis facebook karena dia sudah menggunakan akun pribadi untuk promosi.

Tapi saran dari kami, lebih baik kamu membedakan antara akun bisnis dan akun pribadi. Karena dengan begitu kita tidak mencampuradukkan antara urusan pribadi dan bisnis. Jika kita sudah membedakan aku FB sejak awal, maka itu akan lebih baik. Karena kita tak perlu lagi memulai dari awal semua proses branding dan promosi produk.

Lalu bagaimana langkah-langkah membuat akun facebook bisnis? Tulisan berikut ini dapat menjadi pedoman untuk kamu dalam membuatnya. Akun fb yang baik adalah yang dibentuk sejak awal. Tips berikut ini akan lengkap mengulasnya.

Cara Membuat Akun Bisnis

  1. Siapkan akun email . Bisa akun google ataupun penyedia email lainnya.
  2. Wajib siapkan nomor hape yang belum digunakan untuk mendaftar fb.
  3. Buka laman berikut ini https://business.facebook.com/overview
  4. Klik Buat akun Baru.
  5. Masukkan nama, tanggal lahir, nomor hape.
  6. Lalu tengok sms yang masuk. Jika sudah masuk, lalu verifikasikan di halaman pendaftaran facebook.
  7. Kalau tidak ingin memakai nomor telepon, maka pakailah email untuk konfirmasi.
  8. Jika berhasil verifikasi, maka kita akan masuk ke dasbor facebook-nya.
Baca juga :   Kelas Digital Marketing “Inkubator Jualan Online” Batch 79 Tinggal Menghitung Hari

Itulah beberapa langkah-langkah membuat akun facebook bisnis. Barulah ketika akunmu sudah jadi, maka tahap selanjutnya adalah kita harus memberinya foto profil (logo, banner, atau gambar produk) agar nantinya orang bisa langsung mengetahui bisnismu.

Hal terpenting lainnya adalah kamu harus menyertakan informasi lainnya, seperti deskripsi, lokasi bisnis, kontak whatsapp, akun instagram, dan juga alamat website. Semua ini harus kita lengkapi agar orang yang berkunjung ke berandamu dapat melihat lihat platform lain.

Serta hal yang harus kamu lakukan adalah mencari Pertemanan Facebook untuk Target Market. Pilihlah calon teman FB yang sesuai dengan target pasarmu nanti. Ada banyak cara untuk mencari pertemanan itu, salah satunya dengan gabung di grup facebook, atau mencarinya lewat likes. Jadi kamu hal yang harus kamu lakukan adalah ;

  1. mencari halaman (fanspage) yang terkait dengan produkmu,
  2. lalu carilah salah satu postingannya,
  3. klik Likes
  4. Lihat siapa saja yang menyukai.
  5. Tambahkanlah mereka sebagai teman.

Hal yang perlu kamu ingat adalah jangan sampai kamu tambahkan teman secara membabi buta. Cukup 20 orang dulu dalam sehari. Dan hal ini harus kamu lakukan secara istiqomah. Insyaallah dalam sebulan kamu sudah dapat pertemanan tertarget yang banyak.

Facebook Business Login

Jangan lupa untuk log out akun sesaat setelah membuat akun facebook dan mencari teman tertarget. Barulah jika ingin masuk lagi, kita dapat masuk ke beranda halaman facebook business login. Untuk link masuk ke facebook business login sudah ada di atas.

Cara Mengubah Akun Facebook Menjadi Akun Bisnis

Terkadang ada beberapa kasus di mana kita sudah mempunyai account facebook biasa dan ingin merubahnya menjadi akun bisnis. Bagaimana cara mengubah akun facebook menjadi akun bisnis?

Baca juga :   Kalender Libur Lebaran Terbaru di Kampus Dosen Jualan 1442 H

Sebenarnya account FB biasa pun dapat kita gunakan untuk bisnis lho sob. Tapi kita harus membuka banyak pengaturan privasinya agar orang dapat menemukan bisnis kita. Caranya mengubah pengaturan privasi adalah sebagai berikut;

  1. Masuk ke halaman fb kamu.
  2. Klik Pengaturan dan Privasi.
  3. Pilih Pemirsa dann Visibilitas.
  4. Lalu pilih bagaimana orang mencari dan menghubungi anda.
  5. Ubahlah pengaturannya menjadi semua orang.
  6. Finish.

Selain dengan membuka pengaturan privasi, kamu juga dapat mengintegrasikan akun facebookmu dengan aplikasi bisnis seperti marketplace atau instagram misalnya. Hal ini dapat mempermudah kamu untuk promosikan barang di marketplace ke FB juga lho. Caranya adalah sebagai berikut ini;

  1. Hampir sama seperti langkah di atas, tetapi di bagian pengaturan itu pilihlah
  2. Lalu klik integrasi bisnis.
  3. Di situ kamu dapat mengatur aplikasi mana yang ingin diintegrasikan (digabungkan) ke akun fb bisnismu.

Itulah beberapa langkah atau cara mengubah akun facebook menjadi akun bisnis. Memang mengubah akun fb pribadi menjadi akun bisnis ini tidak kami sarankan. Lebih baik membuat akun baru agar pertemanannya dapat dimulai dari nol lagi. Sekian tips dari KDJ tentang langkah-langkah membuat akun facebook bisnis. Semoga bermanfaat.