Kelebihan Dan Kekurangan Google Bisnis

Kelebihan Dan Kekurangan Google Bisnis

Kelebihan dan Kekurangan Google Bisnis – Sudah tahu belum kalau google maps itu awalnya bernama google earth? Sebelum menjadi yang seperti sekarang, ternyata google maps alias google my business mempunyai sejarah pengupdate-an fitur yang panjang. Update fitur tersebut bertujuan untuk mengikuti perkembangan umat manusia yang senantiasa berubah.

Setiap aplikasi yang memudahkan kerja manusia pasti punya kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Termasuk saat ini yang menjadi gmaps atau google bisnis pasti punya kelebihan dan kekurangan google bisnis. Adanya plus dan minus itulah yang nantinya akan membuat developer melakukan updating. Lalu apa saja kelebihan dan kekurangan dari google earth sampai dia harus dikembangkan seperti yang sekarang. Simak dulu uraiannya berikut ini ya sobat.

Kelebihan Dan Kekurangan Google Earth

Dulunya kita sempat kenal aplikasi yang namanya google earth. Lambangnya globe bumi dan apabila kita buka maka akan muncul gambaran dari peta bumi dan wilayah-wilayah di suatu negara. Namun ada banyak kekurangan dari google earth ini, di antaranya adalah;

  1. Pemindaian kurang cepat karena aplikasinya berat.
  2. Update kontur peta dan lokasi-lokasinya lambat karena butuh peran google untuk merubah dan menambah.
  3. Menggunakan teknologi satelit sehingga tidak optimal dalam pemindaian lokasi.

Adanya beberapa kekurangan tersebut ternyata tidak mengurangi kepopuleran google earth karena kelebihan dari aplikasi ini adalah dia termasuk salah satu electronic map generasi pertama. Lalu seiring perkembangan waktu ternyata developernya merasa bahwa aplikasi tersebut tidak efektif, sehingga terlebur ke dalam gmaps atau google bisnis. Namun bagaimanapun google earth adalah kakak tertua dari gmaps dan perintis dalam aplikasi peta bumi di telepon genggam.

Google Bisnisku atau Google My Business

Generasi awal dari peta bumi di telepon genggam dalam bentuk google earth lalu mengalami perkembangan menjadi gmaps yang kita kenal sekarang. Secara umum gmaps ini lebih user friendly dan berkembang sedemikian cepat karena terdapat peran user dalam memperluas dan mengupdate lokasi yang baru.

Baca juga :   Contoh URL Website Blog yang Bagus untuk Nama Domain Kamu

Beberapa waktu lalu sempat terdengar berita dari luar negeri, bahwa ada seorang petugas sekolah yang sedang mengecek gmaps lalu lalu menemukan bangkai mobil tenggelam di sebuah danau. Usut punya usut ternyata bangkai mobil itu merupakan korban kecelakaan tunggal yang terjadi sepuluh tahun silam. Berkat gmaps dan petugas sekolah tadi, ternyata misteri yang terkubur selama sepuluh tahun dapat terbongkar.

Inilah salah satu kelebihan dan kekurangan google maps. Di balik kekurangan ternyata ada kelebihan. Dan di balik kelebihan yang menonjol ternyata tetap ada kekurangan yang harus kita perbaiki ke depannya.

Kemudian apa saja contoh dari google bisnis itu? Untuk apa saja kegunaannya? Bagaimana membuatnya? Semua akan kita ulas bersama lewat uraian di bawah ini.

  1. Contoh Google Bisnisku

Kamu tahu bedanya google maps dengan google bisnis belum? Ternyata banyak orang masih bingung dengan kedua istilah ini. Sebenarnya kedua istilah tersebut merujuk pada satu aplikasi yang sama, yang membedakan hanyalah fungsi dan sudut pandangnya.

Sebelum membahas mengenai kelebihan dan kekurangan google bisnis mari kita bahas tentang perbedaan gmaps dan google bisnis. Jadi kalau gmaps adalah fitur dari google yang biasa dipakai oleh penggunannya untuk mencari gambaran sebagian dari wilayah bumi, entah itu lokasi, kontur, jalan, rute, dan lain-lain.

Sedangkan google bisnis atau google my business adalah fitur dari google bagi para pebisnis agar dapat mendaftarkan atau menambahkan lokasi bisnisnya sehingga bisa terdeteksi google. BIasanya google bisnis dipakai oleh seseorang untuk menamai sebuah tempat atau titik di google . Nah, inilah yang menjadi kelebihan google bisnis yakni kita dapat menambahkan titik baru sehingga gmaps bisa meluas.

Baca juga :   Apa kalender konten itu?

Ada banyak titik di bagian belahan bumi yang telah orang buatkan namanya. Pemanfaatan google bisnis di antaranya adalah untuk menamai; nama kantor, instansi, rumah pribadi, tempat publik, toko, tempat bisnis, taman, terminal, dan masih banyak lagi.

Kalau sobat KDJ, mungkin sudah terbiasa membuat titik maps untuk bisnis atau tokonya kan? Membuat sebuah titik maps memang gampang-gampang susah. Gampang apabila titik yang kita buat lekas terverifikasi oleh google. tapi susahnya kalau sudah berbulan-bulan belum ada verifikasi sehingga titik maps tersebu tak kunjung muncul di google. Inilah nanti yang akan menjadi kelebihan dan kekurangan google bisnis.

Setiap titik maps mungkin butuh waktu yang berbeda-beda untuk bisa masuk ke dalam indexing google. berikut kita bahas bersama megenai verifikasi gmaps dan waktu yang dibutuhkan.

  1. Google Bisnisku Verifikasi

Butuh waktu yang berbeda-beda bagi sebuah titik maps untuk bisa tampil di dalam google. Agar titik bisnismu dapat muncul secara cepat di google maka persiapkan antara lain; Nama Toko/Kantor,  Jam Buka/Tutup, Alamat Lengkap, No Hape Admin, Email Toko, dan Foto Toko.

Setelah menyiapkan semua itu, maka kamu dapat menepatkan presisi di gmaps agar titikmu benar-benar tepat sesuai lokasi. Kalau bisa kamu dapat menggunakan titik lintang dan bujur agar lebih presisi lagi.

Setelah melengkapi semua persyaratan dan kamu telah mendaftar, maka tinggal menunggu verifikasi dari google. Biasanya verifikasi akan terkirimkan dalam waktu 1-3 bulan. Verifikasi tersebut dikirim melalui waktu POS. Jadi buat kamu yang ingin membuat titik maps harus kamu siapkan sejak lama agar nantinya saat membutuhkan lokasi tokomu sudah siap.

Pada beberapa kasus terkadang verifikasi tersebut tidak terkirimkan kepada kita. Di mana google melihat kita tidak melengkapi persyaratan administrative di atas dengan baik dan benar. Untuk menghindari hal itu maka siapkanlah informasi yang akurat terkait tokomu dan pakailah akun local guide untuk membuat titik maps baru. (Baca Juga : Cara Menaikan Rating Google Maps).

Baca juga :   Cara Membuat Konten Original dengan Jurus ATM (Amati, Tiru, Modifikasi)

Agar kita dapat mengoptimalkan google bisnis maka harus tahu apa saja kelebihan dan kekurangan google bisnis. Di bawah ini adalah uraian lengkap terkait kelebihan serta kekurangannya, agar kamu dapat memberi optimasi terbaik untuk toko online kamu.

Kelebihan Dan Kekurangan Google Maps dan Google BIsnis

  1. Kelebihan Google Bisnisku

Di antara yang menjadi kelebihan dari google bisnis adalah sebagai berikut;

  • Memudahkan sebuah tempat bisnis ditemukan oleh customer.
  • Membantu kita dalam bersaing dengan kompetitor yang sudah go-online.
  • Membuat kita selangkah ke depan daripada mereka yang belum go online.
  • Memberi kesempatan kepada customer untuk memberikan testimony (ulasan) secara langsung.
  • Meluaskan jangkauan pemasaran dari toko.
  • Membantu maksimalkan website toko online.

Dari sekian banyak kelebihan itu tentu masih ada kelebihan lain yang mungkin kita rasakan. Meskipun begitu, kita wajib tahu juga apa saja kekurangannya agar dapat menutupi kekurangan tersebut. Simak poin-poinnya di bawah ini.

  1. Kekurangan Google My Bisnis

  • Rawan mendapatkan ulasan negative (kampanye negatif)
  • Juga rawan terhadap penutupan bisnis oleh pihak kompetitor.
  • Verifikasi yang cukup lama dan tidak ada kepastian.
  • Gampang tergeser oleh kompetitor karena cukup ketat.
  • Sulit untuk membuat presisi titik koordinat yang tepat.

Itulah poin-poin penting dari kelebihan dan kekurangan google bisnis yang selama ini telah penulis rasakan. Mungkin dari semua kelebihan dan kelemahan tersebut kita dapat makin mengoptimalkannya untuk kemajuan bisnis. Ingat terus, ambil kelebihannya dan atasi kelemahannya. Semoga bermanfaat dan salam inspirasi.