Belajar Setting Instagram Ads bagi Pemula untuk Meningkatkan Penjualan

dosen jualan, kampus digital marketing, Sekolah jualan online, sekolah digital marketing

Belajar Setting Instagram Ads bagi Pemula untuk Peserta Mentoring Instagram Ads Bersama Dosen Jualan

Tulisan ini saya rangkum dari Live Webinar di Youtube Dosen Jualan bersama Bapak Suryadin Laoddang. Live Webinar ini tayang pada 17 April 2020 yang menjelaskan mengenai mentoring instagram agar instagram berfungsi optimal dalam dunia bisnis. Untuk kesempatan webinar kali ini, Bapak Suryadin ingin mengajak para pelaku bisnis untuk setting instagram ads bagi pemula.

Dalam video webinar Dosen Jualan tersebut, beliau ingin membagikan ilmu mentoring instagram dan pengalaman mengenai cara beriklan di instagram ads. Diharapkan tulisan ini bermanfaat bagi Anda terutama bagi para pelaku bisnis pemula yang belum mengetahui banyak hal seputar instagram dan kaitannya dengan promosi sebuah bisnis melalui instagram ads.

Pengenalan Instagram Ads

Pembukaan live webinar mentoring instagram dibuka dengan pemberian contoh iklan Instagram ads yang ditunjukkan oleh Bapak Suryadin melalui akun instagramnya. Perlu anda tau bahwa sebelum mempraktikkan cara-cara setting instagram ads bagi pemula yang akan Bapak Suryadin sampaikan. Sebaiknya akun instagram Anda sudah disetting menjadi akun bisnis. Dalam video mentoring instagram tersebut, beliau mencarikan contoh iklan yang memiliki paduan gambar dengan teks tidak lebih dari 20%. Beliau mencontohkan sebuah gambar iklan yang teksnya menyatu dengan gambar dan tidak diketik. Tentu, iklan tersebut tidak mengandung teks melainkan 100% gambar. Tentu persyaratan iklan Instagram ads dengan komposisi tersebut harus benar-benar diperhatikan agar iklan yang Anda promosikan berhasil.

Sesudah gambar yang ada di postingan Instagram ads tersebut dibuka maka akan muncul menu “promosikan”. Kemudian silakan klik menu promosikan maka iklan tersebut akan dihubungkan ke facebook dengan tampilan pada layar instagram Anda “hubungan ke halaman facebook”. Tunggu beberapa saat selama instragam memproses koneksi ke facebook tersebut.

Baca juga :   Cara Buat Katalog Whatsapp Business Bermodal Ilmu Dasar Digital Marketing

Selanjutnya akan muncul tampilan pada Instagram ads yaitu pilih tempat untuk mengirim orang. Menu tersebut berisi pilihan profil Anda, situs website Anda dan pesan direct Anda. Tujuan tampilnya menu ini adalah tempat untuk menggiring orang melihat iklan Anda. Pada menu profil Anda, berfungsi untuk iklan yang ditujukan bagi akun instagram Anda. Iklan ini bertujuan untuk mengiklankan akun instagram Anda agar lebih banyak yang melihat dan berinteraksi sehingga dapat meningkatkan followers.

Sedangkan untuk menu situs web Anda pada Instagram ads berfungsi untuk mengarahkan ke landing page Anda. Menu pesan direct Anda berfungsi untuk orang yang membaca iklan Anda maka akan terhubung dengan DM atau inbox Anda. Pada kesempatan webinar kali ini, Bapak Suryadin ingin mengajak Anda belajar menggunakan pilihan menu Pilih Tempat untuk Mengirim Orang dengan memilih situs web Anda.

Pasang Situs Web

Setelah memasuki menu pilih tempat untuk mengirim orang, silakan pilih situs web Anda kemudian klik panah ke kanan yang ada di pojok kanan atas layar Anda. Kemudian akan muncul menu dengan tulisan otomatis di bagian paling atas dan bagian paling bawah bertuliskan buat milik Anda sendiri. Karena Bapak Suryadin sudah sering beriklan melalui instagram maka pada tampilan menu tersebut akun beliau berisi  banyak menu di antara menu otomatis dan buat milik Anda sendiri. Sedangkan bagi pemula yang belum pernah beriklan di instagram maka hanya akan muncul dua menu yaitu otomatis dan buat milik Anda sendiri. “Kalau Anda memilih otomatis, maka instagram akan menargetkan iklan Anda kepada para pengguna instagram yang memiliki minat yang mirip dengan audience Anda atau followers Anda selama ini” Kata Bapak Suryadin dalam mentoring instagram tersebut.

Misalnya followers Anda 10 ribu orang dan mereka mayoritas adalah penggemar donat maka instagram akan mengiklankan akun Anda untuk mencari para followers instagram lain yang belum menjadi followers Anda tetapi mereka adalah penggemar donat. Untuk menu buat milik pada setting instagram ads bagi pemula Anda sendiri berarti Anda dapat mengatur sendiri sesuai keinginan target Anda.  Silahkan klik menu tersebut dan instagram akan menampilkan form yang harus Anda isi dengan nama pemirsa, lokasi, minat, usia dan jenis kelamin.

Baca juga :   Cara Agar Viral Di Reels Bermodal Hastag dan Jam Posting

Berdasarkan lokasi

Nama pemirsa bisa Anda isi dengan nama pemirsanya Misalnya Latihan Ig Ads. Menu lokasi bisa anda isi dengan lokal “Kalau lokal akan menjangkau orang-orang dalam radius tertentu di sekitar wilayah lokasi Anda berada sekarang atau hp Anda aktif sekarang” kata Bapak Suryadin selaku Founder Dosen Jualan . Misalnya anda isi 5 kilometer atau sesuai keinginan Anda. Jika menginginkan daerah lain dalam setting instagram ads bagi pemula silahkan matikan menu lokasi Anda saat ini pada tampilan layar. Lalu ketikkan nama area yang Anda inginkan, misalnya Klaten dan atur jaraknya lalu klik yes atau tanda centang di pojok kanan atas layar handphone Anda.

Bila lokasi yang Anda pilih berdasarkan wilayah maka Anda mengetikkan sendiri lokasi wilayah yang Anda inginkan. Misalnya Anda ketikkan Kebumen maka iklan Anda tersebut jangkauannya di wilayah Kebumen. Lalu apa perbedaan menu wilayah dan lokal? Untuk menu wilayah hanya bisa Anda tulis dengan nama satu kecamatan atau kota. Sedangkan menu lokal pada setting instagram ads bagi pemula bisa menyasar titik area tertentu. Misalnya sama-sama lokasi di Kebumen tetapi Anda fokuskan untuk sekitar Alun-alun Kebumen saja. Jika menu lokasi sudah selesai Anda isi, berikutnya isi kolom minat sesuai dengan pengguna instagram sasaran Anda. Misalnya sepeda maka akan muncul rekomendasi-rekomendasi yang mirip dengan sepeda.

Berdasarkan Minat

Contoh lain untuk menu minat, jika Anda ingin menyasar penggemar sepeda yang berduit biasanya penggemar sepeda tersebut suka bepergian menggunakan maskapai yang mahal salah satunya dalah Garuda. Kemudian ketikkan Garuda pada menu minat maka akan muncul rekomendasi berbagai nama maskapai. Jika sudah oke silakan klik Yes. Maka iklan instagram ads bagi pemula tersebut akan menjangkau orang di kawasan Alun-Alun Kebumen yang memiliki minat sesuai. Jangan lupa memilih sasaran usia dan jenis kelamin pengguna instagram lalu klik Yes atau tanda centang di bagian atas. Pada webinar tersebut, Bapak Suryadin mencontohkan rentang usia yang kita inginkan adalah usia 29 sampai 52 tahun dan hanya bagi laki-laki saja iklannya.

Baca juga :   5 Alasan Kenapa Kursus Digital Marketing Online

Atur Sesuai Budget

Perlu Anda perhatikan di bagian form Instagram ads ini akan muncul tulisan 1000 potensi orang dijangkau yang berarti bahwa iklan Anda tersebut nantinya bisa menjangkau kurang lebih 1000 orang. Bila Anda sudah setuju silakan klik next maka akan muncul tampilan budget, Misalnya Rp 20.000 per hari dan tentukan durasinya sesuai keinginan Anda minimal 3 hari. Klik Yes maka akan muncul tampilan menu dan klik buat promosi. Maka iklan Anda tersebut akan Instagram promosikan sesuai dengan menu yang sudah Anda isi dan lakukan tahap demi tahap setting instagram ads bagi pemula. Bagi pemula yang sudah memiliki akun instagram maka bisa memulai cara-cara tersebut secara mudah. Pastikan Anda mengikuti webinar Dosen Jualan bersama Bapak Suryadin Laoddang yang membahas mentoring instagram mengenai menghubungkan instagram dengan fanpage Facebook.

Untuk informasi lebih lanjut seputar Instagram ads bagi pemula maka Bapak Suryadin akan memberikan informasi dan ilmunya melalui mentoring instagram di webinar yang rutin upload melalui akun Youtube Dosen Jualan. Semoga bermanfaat tulisan rangkuman saya di atas dari live webinar Dosen Jualan bersama Bapak Suryadin Laoddang

======

Info Kampus Dosen Jualan

Membutuhkan Informasi Kursus internet marketing dan Pelatihan Jualan Online?
Hubungi admin kami di : 0821-3694-7525

  1. Tersedia kelas Private Fb Ads.
  2. Private Instagram Ads
  3. Kelas Landingpage
  4. Belajar Website
  5. Pelatihan Bimtek SEO
  6. Private youtube marketing dan Private Whatsapp Marketing.

Jika ingin mengundang Seminar atau Workshop bisa menghubungi Pembicara Internet marketing.

Apabila membutuhkan konsultasi bisnis anda bisa menghubungi Konsultan bisnis online bersama Dosen Jualan bpk Suryadin Laoddang untuk sesi coaching bisnis.

klik gambar di bawah untuk terhubung langsung dengan admin Kampus Dosen Jualan Yogyakarta

 

chat wa admin kdj

 

Atau bisa datang langsung ke Kampus Dosen Jualan Yogyakarta

Alamat: Jalan Tembus Draman – Mutihan, RT.04 Pedukuhan Mutihan No. 99, Mutihan, Jatigrit, Srimartani, Piyungan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55792