Iklan Kolaboratif Facebook : Pengertian, Kelebihan, dan Cara Menjalankan

Iklan Kolaboratif Facebook

Iklan Kolaboratif Facebook. Selama ini banyak orang yang berbisnis online biasanya menggunakan banyak platform guna menunjang promosinya. Kita tahu platform yang paling banyak digunakan di antaranya adalah platform promosi pihak ketiga atau yang biasa kita sebut dengan marketplace. Di marketplace ini menyediakan banyak fitur sehingga kita tidak lagi harus membuat website dengan segala tools dan piranti bisnisnya. Itulah yang menyebabkan banyak sekali pemain bisnis menggunakan marketplace untuk mengupload produk. 

Namun tetap ada kekurangan dalam berjualan di marketplace ini. Kita tidak akan pernah tahu usia pembeli, gender pembeli, maupun data-data yang lain karena itu merupakan hak milik dari shopee atau marketplace. Di sinilah kadang para pebisnis mengalami kendala karena mereka akan kesulitan menentukan dan mencari pasarnya. 

Namun hal itu kini sudah bisa diatasi. Mulai awal tahun 2022, shopee sudah memperbolehkan pemakainya untuk melakukan iklan kolaboratif facebook. Jadi ini merupakan sebuah terobosan dari shopee dan facebook untuk memudahkan para pebisnis online. 

Dengan adanya iklan kolaboratif facebook dan shopee ini maka anda bisa mendapatkan data-data iklan facebook yang melakukan pembelian di shopee misalnya. Pun anda juga bisa melakukan setting iklan via shopee seller center untuk mendapatkan pengalaman yang terbaik.

Nah lewat pengertian singkat tersebut kita akan simak apa pengertian collaborative ads berikut ini.  

Pengertian Collaborative Ads

Berdasarkan sedikit penjelasan di atas, maka kita bisa simpulkan bahwa collaborative ads adalah sistem periklanan di mana kita bisa mengarahkan traffic dari satu platform ke platform lain. Pada dasarnya tidak ada platform yang sempurna. Dengan adanya iklan kolaboratif facebook ini maka anda mengarahkan lead dari facebook atau instagram menuju ke shopee untuk melakukan transaksi dan pembayaran. 

Baca juga :   Peran copywriting

Inilah yang dimaksud dengan collaborative ads. Bahkan kolaborasi antar platform ini juga tak sekadar untuk mendapatkan penjualan saja. Di sini kita juga bisa mendapatkan data data pelanggan yang membeli produk kita di marketplace. Kemudian data tersebut bisa kita gunakan untuk melakukan strategi kampanye di platform lainnya. 

Saat ini collaborative ads merupakan langkah yang diambil oleh banyak orang yang tidak atau belum mempunyai website. Di sini kita tak perlu lagi membuat CTA yang mengarah ke WA. Tetapi dapat langsung mengarah ke shopee atau marketplace. 

Itu baru beberapa kelebihan dari iklan kolaboratif facebook. Kelebihan lainnya adalah sebagai berikut. 

Kelebihan Iklan Kolaboratif Facebook

Jadi di balik banyaknya penggunanya sekarang, ternyata memang ada segudang manfaat dari iklan kolaboratif facebook ini. Anda patut tahu agar nantinya bisa segera mengeksekusi cara ini ke depannya untuk bisnis. Di antara keungulan dari iklan kolaboratif adalah sebagai berikut : 

  • Hasil yang Akurat

Hasil dari iklan kolaborasi ini sudah tidak diragukan lagi yakni akurat. Sebab anda tidak hanya akan mendapatkan data berupa klik dan tayangan saja namun ada juga data seputar berapa yang memasukkan ke troli, dan berapa yang sukses melakukan check out. 

Hasil yang akurat ini sebab di marketplace lah kita melakukan setting iklan sehingga apapun yang berhubungan dengan produk kita otomatis akan tercatat oleh marketplace. 

  • Tidak Butuh Setting Tracking

Kalau anda menggunakan facebook atau mungkin landing page biasa ketika beriklan, maka otomatis anda harus melakukan setting tracking agar mendapatkan data-data dari customer yang mempunyai kedekatan dengan kita. Namun di sini ketika anda sudah menjalankan kolaborasi ads maka itu tak perlu lagi. 

Baca juga :   Contoh Konsep Video Marketing yang Bisa Kamu Coba di Platform Jualan

Sebab ketika kampanye anda berjalan dan lead yang masuk mengarah ke shopee maka pihak marketplace otomatis mencatat customer tersebut karena mereka mempunyai datanya. Inilah kelebihan dari iklan kolaboratif facebook. 

  • Target Menjadi Lebih Tepat Sasaran

IKlan kolaboratif juga dalam perjalannya bisa menjadikan kampanye kita semakin tepat sasaran. Sebab kita mendapatkan data customer kita lewat marketplace yang telah terhubung ke iklan. 

Jadi ketika anda hendak melakukan kampanye lagi tidak perlu bingung cari referensi melainkan tinggal melihat data sebelumnya, misal berapa yang check out dan mana yang sekadar memasukkan ke keranjang. 

  • Optimasi akan Sesuai dengan Keinginan Kita

Lalu keunggulan lain dari collaborative ads ini adalah kita bisa membuat optimasi kampanye yang sesuai dengan keinginan kita. Jadi kita tidak lagi gambling dalam menentukan target audience untuk menerima iklan tersebut. 

Tentunya sebelum menjalankan iklan kolaboratif facebook, kita harus tahu dulu apa saja tujuan dari iklan kolaborasi tersebut. Di bawah ini ada beberapa tujuan iklan kolaborasi sehingga anda tahu apa tujuan anda beriklan di sini. 

Tujuan Iklan Kolaboratif

  • Tujuan Awareness

Jadi dalam tujuan awareness ini kita bisa mendapatkan perhatian atau dikenal oleh publik yang kita harapkan. Misalnya produk anda selama ini belum begitu dikenal produk, kemudian anda melakukan kampanye untuk semakin mengenalkan produk tersebut. Caranya bisa anda lakukan dengan iklan kolaboratif facebook. Anda bisa mendapatkan kunjungan pada toko online anda dengan cara ini. 

  • Tujuan Traffic

Kemudian tujuan lain dari iklan adalah untuk mendapatkan traffic. Jadi tujuannya lebih kepada pengumpulan data dari pengunjung. Tentu data ini bisa kita gunakan untuk melakukan perancangan kampanye atau iklan ke depannya. 

Baca juga :   Seharian Belajar Trik Jualan Di Shopee Banjir Orderan

Orang biasanya akan beriklan dengan tujuan traffic saat mereka membutuhkan informasi mengenai audience tertentu. Lalu agar mendapatkan informasi terbaru makanya mereka harus melakukan iklan. 

  • Tujuan Penjualan

Kemudian tujuan lain dari kolaborasi iklan ini tentunya adalah meningkatkan pendapatan melalui penjualan. Tujuan ini bisa anda capai jika anda telah melakukan perancangan di iklan secara matang. Dan cara agar beriklan secara matang adalah dengan mencoba mengenal audience melalui kedua cara di atas. 

Strategi Menjalankan Iklan Collaborative Facebook

Kami akan membahas bagaimana cara setting atau menjalankan iklan kolaboratif facebook dan shopee. Jadi kami akan bahas secara garis besar saja. Sebab kami akan membahasnya secara lebih detail di artikel lainnya. Untuk garis besar cara menjalakan iklan kolaboratif adalah sebagai berikut:

  1. Anda harus Mengirimkan Surat kerjasama kepada marketplace yang intinya izin untuk menjalankan iklan kolaboratif di facebook/instagram. 
  2. Tujuan izin itu adalah untuk mencari restu dari si pemilik marketplace sehingga ia mengizinkan kita mengakses data mereka terkait customer. 
  3. Kemudian jika sudah anda akan diarahkan untuk menghubungkan facebook dan shopee seller center. 
  4. Jika kedua akun sudah terhubung maka anda bisa menjalankan iklan dari shopee seller center. 
  5. Anda kemudian diharuskan untuk memilih produk mana saja yang ingin diiklankan dan mana yang tidak. 
  6. Pilihlah setidaknya 1-10 foto produk untuk dipasang di iklan facebook maupun instagram.

Itulah beberapa langkah dalam menjalankan iklan kolaboratif facebook. Barangkali ada kesempatan kita akan bahas secara lebih detail di artikel lainnya. Semoga bermanfaat.