Facebook Ganti Nama Meta : Ada Hal apa di Baliknya?

facebook ganti nama meta

Jagat dunia sosial media di Indonesia ikutan gonjang ganjing perkara perubahan nama perusahaan FB dari yang awalnya facebook ganti nama meta. Ada yang berasumsi bahwa perubahan nama ini ikut mempengaruhi algoritma sosial media yang dinaungi facebook, seperti whatsapp dan instagram. Ada pula yang berasumsi bahwa perubahan nama ini turut membawa konsekuensi berupa perkembangan facebook menjadi raksasa media seperti halnya google.

Facebook ganti nama meta ini baru terjadi sekali sepanjang berdirinya platform media sosial ini. Banyak yang bertanya-tanya, ada juga yang bilang bahwa ini hanyalah sekadar pencarian sensasi untuk semakin meningkatkan brand awareness mereka. Namun kita patut mencari dan menggali informasi terkait perubahan nama facebook ganti nama meta itu dari sumber aslinya langsung. Di bawah nanti kita akan simak alasan Zuckerberg mengganti nama perusahaannya dan apakah ada implikasi terkait perubahan nama tersebut.

Admin sendiri jujur kaget dengan perubahan nama facebook menjadi meta ini. admin mengira perubahan itu akan meliputi nama platformnya. Dalam artian tidak ada lagi nama facebook alias facebook ganti nama meta. Kamu berpikir seperti itu juga kan awalnya? Tapi permasalahan akan  menjadi jernih ketika kita melihat langsung apa alasan mereka merubah nama tersebut dan sejauh mana perubahan nama berdampak pada brand FB secara keseluruhan.

Sebelum kita menginjak pada dampak dari pergantian nama FB tersebut, mari kita simak dulu alasan facebook ganti nama jadi Meta. Kita akan simak penjelasan langsung dari pemiliknya atau CEO nya, yakni Mark Zuckerberg. Mungkin dari penjelasan Kang Mark tersebut akan mencerahkan kita sehingga tidak kebingungan lagi.

Baca juga :   Manfaat Youtube Marketing Untuk Bisnis

Alasan Facebook Ganti Nama jadi Meta

Berdasarkan pantauan dari tim spionase KDJ,ternyata ada faktor tertentu terkait alasan facebook ganti nama jadi meta. Tentunya facebook fanti nama meta ini tidak karena agar namanya menjadi lebih bagus lagi. Facebook tetaplah facebook dan akan dikenang sebagai fb sampai ke depannya.

Lalu kenapa Kang Mark memilih nama yang lain daripada saat perusahaan tersebut berdiri? Apakah Kang Mark ingin move on? Hehehe. Mari kita simak potongan berita berikut ini, yang kami kutip dari sumber terpercaya yakni situs terkenal Theverge;

Kalau coba admin artikan maka artinya adalah sebagai berikut; “Saya pikir ada banyak kebingungan dan kecanggungan tentang merk perusahaan menjadi merk salah satu aplikasi media sosial, “katanya. Saya pikir sangat membantu bagi orang untuk memiliki hubungan dengan perusahaan yang berbeda dari hubungan dengan salah satu produk tertentu, yang dapat menggantikan semua itu.”

Jadi, kalau boleh menyimpulkan, kebijakan perubahan nama ini karena Kang Mark merasa bahwa perusahaannya akan susah berkembang karena brand dan namanya terikat dengan salah satu produk tertentu (dalam hal ini adalah aplikasi facebook seperti yang kita kenal). Mengapa keterkaitan nama perusahaan dengan nama salah satu produk tersebut dapat menghambat laju perkembangan perusahaannya?

Sebabnya adalah orang cenderung susah membedakan antara facebook sebagai aplikasi dengan fb sebagai perusahaan. Memang benar adanya. Admin sendiri seringkali menganggap kalau facebook itu ya Cuma sekadar aplikasi FB itu. Padahal kan mereka sudah mempunyai beragam aplikasi lain, seperti IG, Whatsapp, dan lain sebagainya. Inilah yang coba untuk Mark atasi ketika merubah nama facebook menjadi meta. Coba bayangkan bagaimana kalau ke depanya nama perusahaan kang Mark tersebut masih dilekati oleh nama salah satu produkmu? Tentu akan sulit untuk berkembang bukan?

Baca juga :   Cara Pemasaran Madu Sebuah Tips Agar Customer Mau Repeat Order

Alasan Mark Zuckerberg Mengganti Nama Perusahaannya

Kita sudah simak alasan mengapa Mark Zuckerberg mengganti facebook jadi meta. Ternyata kepentingannya adalah untuk branding perusahaan. Bayangkan jika kamu punya perusahaan yang bergerak di bidang bisnis perkapalan, ekspor impor, sekaligus tambang. Lalu perusahaanmu tersebut bernama PT Citra Tambang. Akankah orang akan mengenal perusahaanmu sebagai  perusahaan ekspor impor jika namanya tetap citra tambang? Tentu akan sulit bukan?

Hal inilah yang coba untuk menjadi fokus dari Mark Zuckerberg. Dia juga ingin seperti halnya Google yang mempunyai banyak unit bisnis lain. seperti yang kita ketahui google mempunyai platform seperti youtube, maps, dan lain sebagainya. Hal inilah yang coba untuk meta kembangkan di masa depan. Perusahaan yang awalnya bernama fesbuk tersebut ingin seperti dan ingin menjadi seperti google. mereka akan sulit untuk menjangkau impian itu jika masih bernama facebook. Gimana? Cukup visioner juga ya ternyata si kang Mark ini. Hehehe. Lalu bagaimana sih logo dan arti nama baru FB itu?

Arti Logo dan Makna Nama Baru Facebook

Buat kamu yang masih penasaran dengan nama dan logo baru dari FB, maka berikut inilah penampakannya;

Facebook ganti nama meta

Cukup mudah diingat bukan logonya perusahaan si kang Mark ini? Memang logo tersebut mereka buat dengan teknologi yang hanya dimiliki oleh FB sendiri. Logo tersebut bagi Facebook bermakna sebagai metaverse atau gabungan antara dunia nyata dan virtual. Jika kita lihat logo tersebut berbentuk angka 8 (tak terhingga), namun juga bisa kita artikan sebagai huruf M yang berarti meta. Memang ini merupakan impian facebook dari dulu yakni membuat suatu platform yang mengatasi sekat-sekat yang ada sehingga menjadi tidak terhingga. Namun di dalam bahasa beberapa negara, meta ini punya arti macam macam. Ada yang artinya mati, namun ada juga yang berarti tujuan.

Baca juga :   Sosmed yang Cocok untuk Jualan (Facebook, Instagram, dan Whatsapp)

Meskipun facebook sudah berganti nama menjadi meta, tapi bukan berarti akun fb kamu akan berubah nama jadi meta juga ya sob. Jadi yang berubah Cuma nama perusahaannya kok. Tapi apakah ada dampak dari perubahan nama tersebut pada para penggunanya? Dalam artian bagi para pengguna aktif FB, IG, maupun whatsapp?

Dampak Facebook Ganti Nama jadi Meta

Sebenarnya tidak ada dampak signifikan bagi pengguna FB, Instagram, dan whatsapp ketika perusahaan FB berubah menjadi meta. Hal ini Mark sampaikan sendiri dalam pernyataannya. Namun yang jelas para pengguna harus siap-siap dengan berbagai perubahan dan terobosan dari meta. Sebab visi meta adalah menciptakan pengalaman bagi para penggunanya yang belum pernah mereka rasakan sebelumnya.

Ini masih menjadi teka-teka terkait bagaimana dampak perubahan nama facebook ganti nama meta. Sampai sejauh ini belum ada perubahan apapun terkait algoritma maupun tata peraturan yang ada di ketiga platform facebook tersebut. namun bagaimanapun juga kita harus senantiasa sigap ketika ada perubahan yang mendadak. Kami di tim KDJ juga masih akan memantau perkembangan terbaru dari platform di bawah naungan meta ini untuk kamu semuanya.

Yang pasti kita ke depannya harus siap menyaksikan persaingan antar raksasa bisnis media dan teknologi ini. tentunya kehadiran meta akan ikut meramaikan kontestasi, selain pemain lama seperti google dan Microsoft. Semoga tulisan singkat tersebut dapat menjadi titik penjelas bagi kita. Semoga manfaat dan salam inspirasi.