Desain Katalog WA Bisnis Otomatis Bikin Cabuy Transfer

Desain Katalog WA Bisnis

aDesain Katalog WA Bisnis

Siapa yang tidak terbantu dengan kehadiran WA Bisnis. Banyak UMKM dan bahkan perusahaan besar memakai fitur-fitur dari whatsapp bisnis ini. Sebab memang whatsapp business menawarkan kemudahan bagi para pemakainya. Whatsapp business juga memudahkan para pemakainya untuk mendapatkan customer lewat whatsapp. Namun ada satu hal yang perlu anda perhatikan ketika hendak berjualan di whatsapp. Satu hal tersebut adalah katalog online. Jadi ketika anda ingin mendapatkan customer dengan mudah maka harus melakukan setting dan desain katalog wa bisnis yang menarik mereka. Kami akan bahas itu secara lengkap dalam artikel ini. 

Desain katalog WA Bisnis sebenarnya tidak perlu estetik dan hasil jepretan dengan kamera yang mahal. Namun ada hanya perlu memperhatikan beberapa hal agar apa yang anda sampaikan dalam katalog tersebut dapat customer pahami dengan mudah. Sebab sebagus apapun desain katalog anda namun kalau tidak memperhatikan beberapa aspek tersebut sudah pasti tak bisa menarik pelanggan. 

Nah sebelum kita membahas tentang desain katalog wa bisnis mari kita simak cara setting katalog terlebih dahulu. Sebab ini juga tahap yang tidak mudah. Banyak kasusnya orang gagal mendaftarkan katalognya di whatsapp business. Untuk itu dalam artikel ini akan kami bahas juga cara agar katalog wa bisnis bisa disetujui. Baru di akhir nanti kita akan bahas kriteria desain katalog whatsapp business yang menarik pelanggan. 

Baca juga :   Mengamankan Data Dengan Backup File Website Di Cpanel

Cara Membuat Katalog di WA Bisnis

Cara ini bisa siapa saja lakukan asalkan anda memahami fungsi dari katalog tersebut. Oleh karena itu akan kami share secara sekilas supaya kita tetap dalam on the track pembuatan katalog wa bisnis. Berikut adalah langkah- langkahnya. 

  1. Buka Setting (pengaturan). Anda bisa klik titik tiga di bagian pojok whatsapp.
  2. Pilih menu business setting atau setting bisnis untuk masuk ke bagian pengaturan bisnis anda. Di sini anda juga bisa menambahkan fitur lain seperti lokasi, keterangan toko, dan lain sebagainya. 
  3. Pilih menu katalog, di sinilah kita akan setting katalog. Di sini nanti anda dapat juga melakukan editing harga dan lain sejenisnya.
  4. Jika anda ingin tambahkan foto maka silahkan add foto. Foto ini tentunya juga harus sesuai dengan desain katalog wa bisnis yang menarik.
  5. Lalu setelah add foto selanjutnya anda bisa masukkan name, price, code, dan description. 
  6. Apabila anda rasa sudah cukup selanjutnya anda bisa klik simpan. 

Itulah untuk cara membuat katalog di wa bisnis yang tentunya mudah dan bisa dilakukan oleh siapa saja. Sebelum anda upload foto alangkah baiknya sudah mendesain dulu katalognya. Hal ini untuk menghindari editing berkali kali yang justru nanti membingungkan customer anda. Lalu bagaimana tips agar katalog whatsapp business bisa disetujui? Simak caranya berikut ini. 

Cara Agar Katalog WA Bisnis Disetujui

Ada beberapa tips dari kami agar katalog anda tidak tertolak oleh whatsapp saat memasangnya. Prinsip yang harus anda pahami di sini adalah anda harus mengikuti ketentuan dari whatsapp soal konten di dalamnya. Berikut untuk ketentuan yang bisa anda ikuti : 

  1. Anda tidak Diperkenankan Mengupload Foto Berbau SARA

Tentunya konten yang anda upload nanti tidak boleh mengandung sara atau mendiskreditkan orang lain. Sebab whatsapp juga menyeleksi konten yang ada dalam foto. Jika anda tak mempunyai gambar ilustrasi yang memadai lebih baik memakai foto produk anda saja. 

  1. Tidak Diperkenankan Gambar yang Mengandung Senjata tajam

Anda juga tidak boleh upload foto katalog yang berisi senjata tajam maupun barang barang yang membahayakan lainnya. 

  1. Tidak Boleh Upload Foto Berisi Teks Saja

Katalog hadir memang fungsinya untuk gambaran customer ketika membeli produknya. Oleh karenanya anda harus memberikan foto sesederhana apapun itu. Jangan hanya memberikan teks saja dalam foto karena itu bisa jadi alasan untuk tak disetujui. 

Baca juga :   Contoh Caption Jualan Baju Di Instagram

Itulah beberapa kaidah dan ketentuan agar katalog wa bisnis anda tak tertolak oleh whatsapp. Selanjutnya simak ciri ciri desain katalog wa bisnis berikut yang menarik hati pelanggan anda. 

Cara Desain Foto Katalog WA Bisnis yang Unik

Berikut beberapa contoh ketentuan desain katalog wa bisnis yang bisa menarik minat pelanggan untuk membeli. 

  • Berilah Space ruang di Bagian Tepi Foto

Ketika mendesain katalog wa bisnis maka anda harus memberikan space ruang di tepi foto agar nantinya ketika terpajang foto tersebut tidak terpotong. Hal ini sangat riskan karena resolusi layar aplikasi di hape setiap orang tidaklah sama. Jika anda memposting yang terlalu mepet dengan border maka bisa jadi kemungkinan foto tidak tampil secara utuh di hadapan customer. 

  • Tampilkan Informasi dan Spesifikasi Selengkap Mungkin

Namanya customer pasti ingin mendapatkan info selengkap mungkin untuk produk yang hendak mereka beli. ANda bisa cantumkan spesifikasi itu di dalam desain foto katalog agar orang bisa menyimaknya secara langsung. Namun yang perlu anda perhatikan di sini adalah desain tersebut harus tertata rapi agar orang mudah memahami. 

  • Tampilkan Harga Tidak di Foto

Selanjutnya ketika anda hendak upload foto katalog jangan menyisipkan harga di dalam desain fotonya. Sebab ketika sewaktu waktu anda ingin merubah harga itu bisa menjadi sangat merepotkan. Repot karena harus mengganti desain dan menguploadnya ulang. Lebih baik anda menambahkan harganya di bagian fitur price whatsapp business. 

  • Berilah Foto 3D agar Memberikan Pengalaman kepada User

Sekiranya anda mempunyai foto produk yang riil maka anda posting saja foto tersebut. Sebab foto produk yang riil akan memberikan pengalaman nyata kepada pembelinya. Apalagi jika anda mempunyai kemampuan editing foto 3D itu bisa lebih bagus lagi. Sebaiknya anda menghindari pengambilan foto dari google sebab itu bisa menurunkan kredibilitas toko anda di mata customer. 

  • Buatlah Kombinasi Warna yang Senada dan Konsisten

Selanjutnya adalah anda bisa memberikan kombinasi desain yang konsisten dari satu foto ke foto yang lain. Sebab konsistensi itulah yang kebanyakan diingat oleh customer. Banyak customer menyukai desain yang tak stabil namun mereka juga menyukai desain foto yang terus diupdate dari waktu ke waktu. Anda bisa menjadwalkan perubahan desain itu setiap sebulan atau beberapa minggu sekali. 

Baca juga :   Canva Free atau Berbayar Kamu Pilih yang Mana?

Itu tadi kiranya desain katalog wa bisnis yang perlu anda perhatikan sebelum upload ke katalog whatsapp. Seperti yang sudah kami sebutkan diatas anda tak perlu mempunyai kemampuan desain di atas rata rata, anda cukup mematuhi beberapa standar di atas dan lihat apa dampaknya kepada penjualan anda. Itulah yang bisa kami share soal desain katalog whatsapp business Semoga bermanfaat.

Jika anda membutuhkan informasi soal digital marketing lebih lanjut seperti tiktok, fb, ig, dan website, maka pantengi terus website kami. Setiap minggunya banyak update terbaru soal digital marketing dan bisnis. Informasi yang kami sediakan pure berdasarkan pengalaman kami dalam menghandle banyak pebisnis pemula untuk mengembangkan bisnisnya.