Dampak Negatif Spam Score Website Tinggi

Dampak Negatif Spam Score Website Tinggi

Mari kita lanjutkan pembahasan kemarin soal spam score blog dan website. Beberapa hari lalu kita sudah bahas soal artikel bertema cara menurunkan spam score blog dan website. Agar kita semakin bersemangat untuk menurunkannya maka harus tahu dulu apa dampak negatif spam score website tinggi. Tentu dampaknya tidak bisa dirasakan secara langsung. Namun kalau kita biarkan bisa merembet dan nantinya mempengaruhi pada penjualan. 

Banyak orang merasa tidak penting untuk memperhatikan tingkat spam score. Beberapa bahkan merasa jika website tidak begitu berpengaruh terhadap jalanya bisnis mereka. Namun hal itu salah besar. Sebab hal hal sekecil apapun dalam bisnis kalau tak segera kita selesaikan maka bisa mempengaruhi performa bisnis kita di masa depan. 

Oleh karenanya kita perlu tahu apa saja dampak negatif spam score website tinggi ini. Minimal dengan mengetahui resiko-resikonya kita menjadi tahu apa langkah yang sebaiknya kita siapkan. Pun apabila harus berganti domain agar bisnis kita terselamatkan. 

Banyak aspek di website yang mempengaruhi jalannya bisnis kita. Namun tidak ada yang mengalahkan bahayanya jika website anda punya spam score tinggi. Ada banyak dampak dan resiko jika web atau blog anda memiliki spam score di atas rata-rata. Artikel beberapa hari lalu sudah membahas bagaimana cara cek tingkat spam score di website. Jika anda sudah tahu caranya maka segeralah untuk cek. Lalu berapa sih tingkat aman dari spam score web tersebut? Untuk itu simak dulu uraian berikut ini. 

Baca juga :   Cara Menurunkan Spam score Blog dan Website

Berapa Minimal Spam Score Website? 

Kalau kita mengecek spam score menggunakan website seo checker, maka jika spam score itu sudah ada di level atas akan bertanda warna merah di tulisannya. Sebab tools tersebut melihat bahwa spam score yang ada di atas 10% sudah berkategori tinggi. 

Memang itu benar, bahwa spam score yang sudah ada di tas 10 persen punya besar kemungkinan untuk terus naik bahkan tembus 50%. Namun kami mempunyai rumus tersendiri untuk hal ini. Jadi kami melihat bahwa website yang berkategori spam score tinggi adalah di atas 11%. 

Ketika anda mengecek web anda dan ternyata spam score nya sebesar 11% maka itu masih aman. Maksudnya web tersebut tidak terkena dampak negatif spam score website tinggi. Jadi masih aman. Namun jangan bersenang hati dulu, sebab web yang spam nya di atas 10% itu kemungkinan naik semakin tinggi. Jadi sebelum hal itu terjadi lebih baik anda segera mengambil langkah taktis untuk menurunkan spam score tersebut. Atau minimal mempertahankan agar tidak naik. 

Untuk cara mempertahankan spam score kita sudah sedikit bahas di artikel sebelumnya ya, Sob. Nah, agar anda bisa menerapkan cara menurunkan spam score tersebut tentu ada harus tahu apa saja penyebab spam score web tinggi. 

Penyebab Spam Score Website Tinggi

Sebenarnya penyebab web spam score tinggi itu sulit ditebak. Pun para pakar SEO seantero indonesia dunia selama ini masih mengira-ngira saja berdasarkan analisa mereka apa sebabnya. Namun secara umum penyebab spam score tinggi itu adalah beberapa hal berikut ini. 

  1. Banyaknya Konten Plagiat Pada website. 
  2. Banyaknya spam komentar di dalam website. 
  3. Website terkena backlink negatif dari kompetitor. 
  4. Web terkena backlink negatif secara tidak sengaja dari web lain yang mencantumkan link web kita. 
  5. Banyaknya postingan spam di website kita karena kebobolan. 
Baca juga :   Contoh Kalender Konten Instagram Versi Kampus Dosen Jualan

Setidaknya lima hal itulah yang membuat website kita menjadi berspam score tinggi. Oleh karenanya anda harus menghindari semua faktor di atas. Jika memang anda terkena backlink negatif yang tak disengaja dari kompetitor maka anda harus membuat backlink positif untuk menghimbanginya. 

Setidaknya itulah cara menurunkan atau membuat spamscore tetap stabil. Sebab jika anda mengharapkan penurunan spam score itu suatu hal yang jarang terjadi. Kecuali anda berhasil meyakinkan google untuk menurunkannya. 

Akibat Spam Score Website Tinggi

Ada beberapa dampak negatif spam score website tinggi yang perlu anda ketahui. Di sini bukan niatnya untuk menakut-nakuti anda namun lebih kepada sarana kita semua untuk mawas diri. Sebab website se-aman apapun tetap punya potensi berspam score tinggi. Maka dari itu ktia harus berhati-hati karena akibatnya jika SS tinggi itu sangat besar. Di antaranya adalah sebagai berikut : 

  • Artikel dan Konten Sulit Terindeks Google

Apabila website anda mempunyai SS yang tinggi maka artikel ataupun konten lain yang diposting akan sulit terindeks atau masuk mesin pencari. Hal ini tentu membuat kita jengah karena konten kita kalau tak masuk indexing bisa jadi hal yang sia-sia. Bayangkan anda sudah membuat artikel beribu kata namun ketika diposting tidak ada satupun yang masuk. 

Termasuk ketika anda posting konten seperti list produk juga sulit untuk terindeks sebagai dampak negatif spam score website tinggi ini. 

  • Kunjungan Menurun Setiap Harinya

Akibat jika spam score tinggi lainnya adalah website anda akan menurun traffic nya setiap hari. Hal ini bukan karena disebabkan poin pertama di atas. Tetapi karena artikel-artikel yang sudah anda posting sebelumnya akan ikutan turun ranking saat spam score web tinggi. Hal ini bisa  menurunkan traffic sebab orang tak lagi bisa menemukan website anda ketika mereka mencari sesuatu di google pencarian. 

Baca juga :   Paham Pentingnya Sertifikasi Digital Marketing, 7 Mentor KDJ Sudah Bersertifikasi BNSP

Maka dari itu anda harus lekas berhati-hati jika SS web anda mulai merangkak pencariannya. 

  • Menurunkan Kapasitas Bisnis untuk Bersaing

Lalu ada juga akibat dari spam score tinggi itu adalah bisnis anda menjadi sulit bersaing dengan kompetitor lainnya. Misalnya anda saat ini memiliki kompetitor yang sama-sama berada di halaman 1 pencarian. Lalu misalnya web anda terkena spam score tinggi , tentu itu akan menurunkan ranking kata kunci utama sehingga anda tak lagi berada di halaman 1. Itulah dampak negatif dari web yang punya spam score tinggi yakni sulit bersaing lagi dengan kompetitor. 

  • Menurunkan Brand Bisnis Anda

Ini adalah dampak lanjutan dari poin ketiga di atas. Jika anda tak lagi berada di halaman 1 untuk kata kunci target maka perlahan-lahan brand anda akan terlupakan orang. Hal ini karena orang lebih duluan menemukan brand orang lain daripada brand anda. Oleh karena itu jangan sampai spam score anda melejit ya sobat. Sebab akan sangat sayang jika brand anda turun hanya karena spam score web nya tinggi. 

  • Menurunkan Penjualan dari Internet

Kemudian dampak negatif spam score website tinggi selanjutnya adalah bisa menurunkan penjualan anda dari internet. Misalnya selama ini customer anda menemukan produk anda dari website atau google. Lalu karena spam tinggi kemudian menurunkan ranking artikel anda. Jika artikel anda turun ranking maka potensi ditemukan orang semakin kecil. Jika sudah begitu lead yang masuk akan makin minim. Hal inilah yang dimaksud spam score tinggi bisa menurunkan penjualan dari website. 

Sudah tahu kan apa saja akibat nya jika web anda punya spam score tinggi? Oleh karena itu jika web anda masih terus merangkak naik persentase SS nya segeralah untuk ambil langkah taktis. Semoga bermanfaat.