Cara Menurunkan Spam score Blog dan Website

Cara Menurunkan Spam score Blog

Apakah anda saat ini sedang galau? Galau yang susah membuat tidur disebabkan website susah tembus halaman 1? Bagi para pemain SEO ketika ada website yang sulit tembus halaman satu itu adalah suatu kegelisahan tersendiri. Itu masih mending kalau hanya gagal tembus halaman satu. Yang paling menyedihkan adalah website gagal terindeks di mesin pencari. Jika sudah begitu maka ada satu hal yang tak beres pada website tersebut. Bisa jadi spam score nya tinggi sob. Lalu bagaimana cara menurunkan spam score blog dan website tersebut? 

Kita mungkin tidak menyadari keberadaan spam score ini. Memang ini adalah sebuah indikator yang dibuat oleh para pakar SEO dan google. Jadi spam score ini adalah tingkat spam dari sebuah website. Semakin tinggi spam score maka semakin jeleklah web tersebut. Normalnya untuk spam score web yang sehat adalah 1%. Jika sudah mengkhawatirkan maka spam score bisa mencapai 70%. 

Semoga tingginya spam score itu tidak pernah terjadi pada website kita ya sob. Namun jikalau memang website dan blog anda harus menanggung derita tingginya spam score tersebut maka anda harus mencari solusi. Di sini kami berikan tips dan cara menurunkan spam score blog dan website. Semoga beberapa cara ini bisa menjadi inspirasi dan solusi bagi anda. 

Baca juga :   Cara Menaikan Rating Website dengan Ikut Pekan Raya SEO KDJ

Namun sebelum kita bahas soal cara menurunkan spam score blog dan website mari kita simak dulu cara mengecek tingkat spam di web kita. 

Cara Cek Tingkat Spam Score

Jadi spam score ini sebenarnya tidak bisa dilepaskan dari yang namanya DA/PA. Sehingga misal kita ingin mengetahui tingkat spam score maka juga otomatis akan mendapatkan informasi mengenai DA /PA. Sebagai informasi saja, DA PA ini adalah kependekan dari Domain authority dan page authority. Jadi kedua istilah tersebut adalah untuk mengukur kredibilitas sebuah website di mata mesin pencari, utamanya google. 

Ternyata google ketika melihat website tak hanya melihat dari sisi kredibilitasnya tetapi juga dari sisi ada potensi spam atau tidaknya di website tersebut. Untuk itu google juga membuat indikator yang namanya spam score atau tingkat spam di website. Ukuran dari spam score ini biasanya adalah persen. Semakin tinggi spam score maka semakin jelek pula webstie kita di mata google. 

Kemudian cara mengecek spam score di blog atau website adalah sebagai berikut  : 

  1. Coba ketikkan di google “DA PA checker”. 
  2. Lalu kemudian di situ akan muncul beberapa website untuk spam score checker. 
  3. Kalau admin KDJ lebih memilih pakai tools bernama “website seo checker”.
  4. Penyebabnya adalah tools ini lebih akurat daripada yang lain.
  5. Jika sudah maka masukkan URL homepage web anda. Lalu klik cek. 
  6. Tak lama kemudian akan muncullah data mengenai DA, PA, dan SS. 

Itulah cara cek tingkat spam score yang bisa anda terapkan dalam website anda. Kalau ternyata nanti hasilnya sungguh mengejutkan anda maka jangan patah semangat. Mari kita belajar mengetahui penyebab spam score tinggi sebelum membahas soal cara menurunkan spam score blog. Simak penyebab spam score blog tinggi berikut ini. 

Baca juga :   Belajar Bisnis Online Untuk Pemula

Penyebab Spam Score yang Tinggi

Ada beberapa sebab yang trigger kenaikan spam score di web anda. Berikut di antaranya. 

  • Artikel dan Konten Dinilai Plagiasi oleh Google

Jika anda sering memposting konten atau artikel di blog yang terindikasi plagiat maka bisa jadi tak lama kemudian web itu akan mengalami kenaikan spam score. Jika sudah begitu maka akan menjadi PR yang mahaberat untuk anda menurunkannya. Tips nya agar web anda tidak kena penalti seperti ini maka harus membuat konten free plagiasi. Cek dulu dengan 1 text sebelum posting ya sob. 

  • Dapat Backlink Negatif dari Web Lain

Penyebab lain spam score blog tinggi adalah ketika website orang lain memberikan backlink kepada kita. Backlink ini sebenarnya bagus namun kalau si pemberi backlink juga mempunyai spam score yang jelek maka itu jelas menular kepada web kita. Maka dari itu anda harus berhati-hati ketika mencari sumber backlink. 

  • Terlalu Banyak Postingan dan Komentar Spam

Lalu penyebab lainnya adalah banyaknya postingan di web anda yang mengarah kepada spam. Biasanya ketika ada postingan yang ada komentar oleh banyak orang maka itu lama kelamaan bisa menyebabkan spam score nya naik. 

Oleh karena itu anda harus berhati-hati ketika menerima komentar ya. Lebih baik anda beri filter untuk setiap komen yang masuk. 

Cara Mengatasi Spam Score Tinggi di Website

Nah sudah saatnya kita bahas soal bagaimana cara menurunkan spam score blog dan website. Kami merekomendasikan beberapa tips berikut ini. 

Siapa tahu tips-tips ini worked untuk website anda. 

  • Melakukan Disavow Link

Pertama adalah ketika web anda banyak spam score maka terapkan metode disavow link. Jadi teknik ini adalah teknik menghapus backlink dari web yang mengarah ke web kita. Di sini kita menghapus setiap link yang masuk sehingga berharap tidak lagi dianggap sebagai “teman” mereka oleh google. 

Baca juga :   Galeri pelatihan Dinas Koperasi

Namun cara ini hanya worked ketika website anda spam score nya belum begitu tinggi, misalnya di bawah 11%. Jika di atas itu maka pilih cara lainnya. 

  • Menghubungi Pihak Web Pemberi Backlink

Anda juga bisa menghubungi pihak pemberi backlink tersebut untuk menghapus link yang mengarah ke website kita. Tentunya mereka harus kita berikan feedback yang setimpal karena mereka sudah menghapus link tersebut. Cara kedua ini memang membutuhkan pendekatan yang tidak cepat. Anda harus bersabar agar si pemberi link mau menghapus backlinknya. 

  • Memperkuat DA/PA agar spam score tidak ngaruh ke SEO

Lalu cara lainnya adalah dengan tidak memperdulikan SS atau spam score lagi. Namun anda harus fokus bagaimana cara menaikkan DA PA. Jadi di sini kita berusaha agar kenaikan DA PA bisa lebih cepat daripada kenaikan spam score. Biasanya cara ini bsia kita terapkan dengan membeli backlink dari sumber-sumber terpercaya. 

  • Memperbaiki Citra di Mata Google

Kalau anda tak sanggup beli backlink maka anda harus bersabar. Dalam artian sabar menunggu pemutihan lagi dari google. Memang ini butuh waktu bertahun-tahun plus anda harus rajin mengisi konten di dalam web anda dengan konten yang berkualitas dan anti plagiat. Jika sudah begitu maka citra anda di mata google semakin cepat pulih. 

  • Membeli Domain Baru yang Masih Suci

Jika dari semua cara di atas tidak worked alias tidak bekerja, maka anda bisa membeli domain baru saja untuk bisnis anda. Apalagi jika web anda punya spam score yang melebihi 11% maka segeralah untuk ganti domain saja. Lalu jangan lupa umumkan terkait kepindahan website tersebut agar customer anda tidak merasa ditinggalkan. 

Itulah kelima  cara menurunkan spam score blog. Semoga dari sini bisa bermanfaat dan menjadi solusi bagi anda.