Gonta Ganti Usaha ? Ini Tips Agar Anda Setia Pada Satu Bisnis

Gonta Ganti Usaha

Tahukah anda dalam dunia bisnis itu sudah tidak asing lagi dengan istilah gonta ganti usaha? Jika anda seorang pebisnis mungkin akan sering mendengar istilah ini. Bahkan kemungkinan besar teman anda juga melakukan hal ini ketika sedang bosan. Tidak menutup kemungkinan anda juga punya problem serupa yakni sering gonta ganti usaha. Hehe. Jika begitu maka dapat kita simpulkan bahwa fenomena ini memang sering dialami oleh para pebisnis. Tidak memandang skala bisnisnya baik berskala besar maupun kecil.

Untuk itu mari kita bahas saja bagaimana agar kita tak gonta ganti usaha. Sebab jika kita gonta ganti usaha bisa menyebabkan bisnis tak pernah seattle. Bahkan anda tidak bisa menemukan ritme yang pas karena anda tidak bisa melewati badai dalam sebuah momen. Artikel ini tidak hendak melarang anda untuk ganti usaha. Namun artikel ini lebih kepada usaha agar anda mempertimbangan segala sisi dan kemungkinan ketika hendak berganti usaha atau bisnis. Jika anda tahu apa penyebab, akibat dari gonta ganti bisnis tentu akan lebih berpikir dua kali jika hendak melakukannya. 

Kita akan bahas dulu penyebab gonta ganti usaha agar anda bisa melakukan refleksi ketika keinginan tersebut muncul. Dengan melakukan refleksi diri maka anda bisa menelusuri apa alasan dari niatan ganti bisnis tersebut. Kemudian jika sudah mengetahui apa alasannya maka anda harus mulai memikirkan apa akibat jika ganti ganti bisnis tersebut terus anda lakukan. Kemudian setelah itu anda juga harus tahu tips apa agar gonta ganti usaha ini tidak menjadi kebiasaan. 

Baca juga :   Tips Menyusun Konten Edukasi untuk Digital Marketing

Tanpa berlama-lama lagi mari kita simak dulu soal penyebab sering ganti ganti bisnis berikut ini. 

Penyebab Gonta Ganti Usaha

Jadi ada beberapa hal yang mungkin menjadi sebab anda sering gonta ganti usaha. Beberapa hal itu harus kita share di sini agar sobat KDJ semua bisa menganulir keinginan gonta ganti usaha. 

Di antara yang menjadi sebab sering ganti bisnis adalah sebagai berikut : 

  1. Minimnya Modal

Sebab pertama yang membuat anda sering ganti bisnis adalah minimnya modal. Jika modal anda minim maka keinginan ganti bisnis semakin besar. Sebab anda melihat bisnis lain lebih bermodal minim. Namun sebenarnya itu bukan solusi. Sebab jika anda ganti bisnis maka modal justru akan membengkak lagi. Pentingnya mempertahankan bisnis adalah karena investasi yang sudah kita tanam sebaiknya harus terus terjaga agar menjadi kapital yang bisa diputar. 

  1. Brand Belum Dikenal

Lalu penyebab sering ganti bisnis selanjutnya adalah brand yang belum terkenal. Di sini anda kadang hanya melihat keterkenalan kompetitor saja. Padahal dalam prosesnya mereka juga harus melalui masa ketika brand belum dikenal. 

Berhubung brand yang dirintisnya tak kunjung dikenal terkadang orang lebih kepincut untuk ganti bisnis. 

  1. Tidak Mengalokasikan Biaya Promosi

Lalu sebab selanjutnya yang membuat kita berkeinginan ganti bisnis adalah tak adanya alokasi modal khusus untuk promosi. Sebenarnya sekecil apapun promosi yang kita lakukan sebenarnya akan berdampak terhadap keterkenalan brand kita. 

Jika anda tak punya modal promosi dan ingin brand terkenal maka itu mustahil. Jika itu terjadi maka keinginan untuk ganti brand semakin besar. 

  1. Terlalu Banyak Pesaing

Pada awalnya keinginan untuk ganti bisnis adalah karena adanya pesaing yang ketat. Ini adalah akibat dari riset kompetitor yang tak kita lakukan dengan baik. Jika terlalu banyak pesaing maka anda selalu punya niatan untuk ganti bisnis. Sebenarnya ini bukan sebuah solusi sebab pesaing bisa saja kita kalahkan asal mempunyai ketekunan. 

  1. Pangsa Pasar Belum Terbentuk

Lalu keinginan untuk ganti bisnis biasanya juga disebabkan oleh belum terbentuknya pangsa pasar untuk produk anda. Pangsa pasar ini penting sebab jika sebuah produk tak ada peminatnya maka akan sepi kayak kuburan. Jika sudah begitu maka sang owner akan diuji karena ada keinginan untuk ganti bisnis. Jika dituruti keinginan tersebut maka sang owner tidak bisa belajar untuk mengembangkan bisnisnya lebih lanjut. 

Baca juga :   Sosmed yang Cocok untuk Jualan (Facebook, Instagram, dan Whatsapp)

Akibat Sering Gonta-Ganti Usaha

Anda sudah tahu apa saja penyebab dari keinginan untuk ganti bisnis bukan? Sekarang mari kita simak apa akibat jika keinginan ganti bisnis tersebut terus aja kita turuti. Di antara akibatnya adalah kita menjadi malas belajar suatu hal sampai tuntas. 

Jika itu terjadi maka kemungkinan bisnis anda membesar akan semakin tipis. Bisnis besar itu bukan terjadi dalam semalam. Di sini anda harus setia menjalaninya dari nol. Jika anda cepat bosan maka tidak pernah terbentuk sebuah brand yang terkenal. Maka dari itu jangan pernah anda gonta ganti usaha. Jika memang tidak dengan alasan yang mendasar dan urgent. 

Jika anda pernah gonta ganti usaha dan sekarang masih punya kebiasaan tersebut maka jangan khawatir. Ada beberapa tips agar anda setia pada satu bisnis. Apa saja tips nya? Simak berikut ini. 

Tips Agar Setia Pada Bisnis

Kami merangkum beberapa tips dari para praktisi bisnis agar anda tak lagi ganti bisnis karena satu atau dua hal tertentu. Apa saja tips nya simak berikut ini. 

  1. Tentukan Goals Jangka Pendek, Menengah, dan Panjang

Jadi agar anda tidak gonta ganti usaha tips pertamanya adalah anda harus menentukan apa goals jangka panjang, pendek, dan menengahnya. Hal ini penting karena lewat goals tersebut anda akan ingat ketika ingin berhenti. Jika belum sampai goals maka jangan biarkan anda berhenti menjalani bisnis ya Sob. 

  1. Temukan Alasan Anda Menjalani Bisnis Tersebut

Lalu tips agar tak gonta ganti selanjutnya adalah temukan satu alasan mengapa anda menjalani bisnis tersebut. Jika anda buat alasan berdasarkan hobi pun tak masalah. Pun jika alasan menjalani bisnis adalah untuk orang tua itu juga tak masalah. Penting anda mempunyai satu alasan kuat untuk melanjutkan bisnis jika suatu saat keinginan untuk berhenti itu muncul. 

  1. Temukan Mentor untuk Membimbing di Saat Buntu

Kemudian tips agar tak berganti ganti usaha adalah anda harus punya satu mentor entah itu istri, guru, orang tua, ataupun kakak anda untuk membimbing. Mentor ini tugasnya adalah untuk mengingatkan anda ketika semangat mulai meredup. Pun mentor ini juga bermanfaat ketika anda hendak menghentikan bisnis karena bosan. Dengan adanya mentor maka anda selalu akan diingatkan tentang goals jangka pendek, menengah, dan panjangnya. 

  1. Perluas Jaringan dan Kenalan

Lalu tips terakhir agar tak sering berganti bisnis atau usaha adalah anda harus perluas jaringan. Sharing itu penting. Utamanya ketika anda mengalami hambatan maka solusinya harus dicari lewat circle yang sehobi. Jika sudah begitu maka keinginan untuk ganti usaha bisa diminimalisir. Itulah beberapa tips agar anda tak gonta ganti usaha. Semoga bermanfaat Ya Sobat. Tunggu konten-konten menarik dan berkualitas lainnya di website KDJ setiap harinya.

Baca juga :   Ini Dia Manfaat Website Untuk Bisnis