Cara Upload Short Video Youtube agar Banyak Penonton

Cara Upload Short Video Youtube

Halo sobat KDJ, Salam Sehat. Kembali di Website KDJ yang setia memberikan informasi seputar Digital Marketing. Oke sobatku pada hari ini kita akan bahas tentang video nih. So teman-teman sekalian Gimana cara upload short video youtube agar banyak penonton? Tips ini sebenarnya mudah namun tidak banyak yang tahu, apalagi agar video yang diupload itu banyak penontonnya.

Maka dari itu di sini kami akan bagikan cara upload short video youtube agar banyak penonton kepada sobat KDJ semuanya.

Apa itu Video Short di Youtube?

YouTube Shorts merupakan fitur terbaru dari YouTube yang memungkinkan pengguna untuk melihat dan berinteraksi dengan konten dalam waktu kurang dari satu menit. YouTube Shorts versi beta Ini adalah versi yang masih dapat kita gunakan sampai sekarang. Seperti yang sudah kita duga, fitur baru ini berupaya bersaing langsung dengan TikTok, menghasilkan konten baru sedang diminati sekarang. Sebab keberhasilan konten sekarang adalah yang ada video pendeknya.

Tips Upload Short Video Youtube

Jadi kalau teman-teman perhatikan  video-video short saat ini sedang booming di dunia maya ya teman-teman. Coba simak bagaimana platform youtube sekarang juga mengikuti tren itu. Jad youtube sekarang tak sekadar berisi video panjang saja tetapi ada juga video pendeknya.

Gimana sih caranya upload short video saat supaya banyak yang nonton dengan cara yang benar? Jadi kalau semuanya teman-teman sekalian upload video saat biasanya ada yang 15 detik, ada yang 60 detik. Gitu itu biasanya teman-teman masih kebingungan gimana sih cara uploadnya. Berikut adalah cara upload short video youtube agar banyak penonton.

  • Masuk dulu ke laman Youtube Creator. 

Caranya adalah masuk ke aplikasi youtube. Kemudian di sebelah kiri layar ada tombol “video saya”, lalu klik tombol tersebut nanti otomatis kamu akan diarahkan ke studi youtube kamu.

  • Upload Video ke dalam Dasbor Youtube

Kita bisa buat video secara langsung atau teman-teman upload atau kita akan membuat video short tapi yang sudah jadi. Kemudian klik pada tombol di pojok kanan atas bergambar kamera jinjing. Di situ pilih upload video ya teman-teman dan bukan live youtube.

Baca juga :   Berbagi Tips dan Trik Jitu Jualan Online via Media Sosial

Nah disini saya mau Jelaskan ini ada beberapa fungsi yang ada di short video yaitu bisa tambahkan suara atau musik juga. Lalu kita akan coba upload video. Biasanya pada saat kita klik ini yang terupload adalah hanya 15 detik . Kita juga bisa buat panjang video jadi 60 ya. Nah ini dia berubah untuk 20 detik tadi 15 detik aja kita langsung klik tambahkan di sini teman sekalian.

  • Pilih File dari Komputer

Terpenting adalah ketika pilih file maka harus memenuhi beberapa persyaratan. Pilih file dari komputer Anda yang memenuhi persyaratan berikut: format vertikal dan durasi kurang dari satu menit. Tetapkan nama yang berisi kata kunci (pastikan untuk menyertakan kata kunci tema videomu).

  • Lengkapi Deskripsi di bagian Foto

Jangan lupa melengkapi Deskripsi dan foto untuk sampulnya.

  • Pilih apakah Ramah anak Atau tidak.

Coba pilih apakah video Anda ditujukan untuk penonton anak-anak atau tidak. Pilih tag Anda dengan baik, karena berkat itu maka algoritma YouTube akan dapat merekomendasikan video Anda kepada pemirsa yang tepat. Buat semua penyesuaian tambahan yang Anda inginkan dan terakhir klik “POSTING”. Siap! Sampai di sini Anda sudah tahu cara upload short video YouTube dari PC. Setelah dipublikasikan, mereka akan mulai ditampilkan di bagian yang ditentukan dan akan muncul di bagian bawah channel anda.

Sebuah video pendek atau short video tak akan lengkap tanpa adanya suara atau lagu. Maka selain belajar cara upload short video agar banyak penonton, kita juga harus belajar menambahkan suara yang menarik. Hal ini akan membuat betah penontonnya.

Cara Menambahkan Suara di Short Video Youtube

Ada dua jenis audio yang dapat Anda gunakan di youtube.  Dua jenis audio tersebut adalah:

  1. Lagu: Dipilih dari perpustakaan dengan lagu-lagu paling sukses saat ini.
  2. Klip audio: Kita dapatkan dari klip yang sudah ada biasanya kita gunakan untuk tujuan komedi.
Baca juga :   David vs Goliath dalam Bisnis Kita

Untuk menambahkan audio ke video Anda, Anda memiliki dua alternatif:

  1. Klik “Tambahkan suara” sebelum Anda mulai merekam. Di sini Anda dapat menjelajahi antara hasil yang berbeda dan menempatkannya di latar belakang saat merekam.
  2. Anda dapat menambahkannya setelah merekam, dengan mengklik “Suara” di menu edit.

Tidak seperti TikTok, audio yang dapat digunakan di Shorts dibatasi hingga 15 detik. Ingatlah hal ini sebelum merekam untuk menghindari masalah di kemudian nanti.

Nah, kita sudah tuntas membahas soal bagaimana cara upload short video youtube agar banyak penonton. Sekarang saatnya kita bahas mengenai cara agar video tersebut banyak yang nonton. Percuma juga kan kalau video yang sudah capek-capek kita buat ternyata tidak mendapatkan traffic. Maka dari itu inilah beberapa tips untuk meningkatkan penonton di short video youtube.

Tips Meningkatkan Kunjungan Penonton ke Video Youtube

  • Berilah Nama File dengan Kata Kunci Target

Kadang orang tidak begitu memperhatikan penamaan file video yang akan diupload. Padahal ini sangat berimpact ke dalam video kamu nanti. Jadi sebelum upload di dasbor, usahakan sudah menamai file dengan kata kunci target kamu. Misalnya videomu bahas soal seragam sekolah, maka berilah kata kunci yang relevan dengan itu misalnya “seragam sd”.

  • Buatlah Video yang Remake-an

Sekalipun videomu hasil nemu di platform tertentu, tetap remake video itu dan jangan upload secara ala kadarnya. Sebab hal ini bisa menyebabkan videomu terkena hak cipta. Caranya adalah dengan menambahkan bingkai misalnya. Atau dengan memberi rona yang berbeda di videonya.

  • Berilah Caption yang Singkat Namun Jelas dan Menarik

Satu hal yang juga tak dapat disepelekan adalah caption. Sekalipun video youtube dapat berbicara sendiri, tapi penjelas juga diperlukan di sini. Agar penonton juga dapat tergiring dalam memahami video tersebut. Tapi jangan memberi caption yang terlalu panjang karena akan mengalihkan orang dari videonya.

  • Kasih Hastag di Samping Caption

Sebagaimana video tiktok, short video youtube juga akan semakin powerful jika memakai hastag. Untuk mencari hastag ini anda bisa mencarinya di meta hasta, atau hastagify. Hasta ini bisa anda pasang di bagian akhir caption sebagaimana hastag di instagram.

  • Cari Momen atau Prime Time Saat Upload Video Short

Short video youtube ini beda dengan video youtube biasa. Sebab short video akan booming dalam waktu sekejap. Jadi anda harus mencari jam prime time untuk menguploadnya. Jangan sampai kamu upload ketika audience di youtube sedang sepi. Carilah momen ketika orang pada berkumpul di youtube, misalnya jam 13.00 atau jam 19.30 untuk masyarakat Indonesia.

Baca juga :   Manfaat Google Calendar

Itulah beberapa tips dan cara upload short video youtube agar banyak penonton. Semoga setelah ini nanti video anda semakin banyak yang nonton.

Pengunjung juga mencari:

  • trik youtubeshort terbaru