Optimasi IG Marketing ala Dosen Jualan

Optimasi IG Marketing

Dalam melakukan kegiatan social media marketing salah satu yang kita lakukan adalah optimasi IG Marketing secara organik. Kegiatan pemasaran ini akan sangat efektif dilakukan jika kita menggunakan metode dan selalu melakukan riset di dalam media sosial instagram ini. Selain itu kamu sebagai pemilik bisnis harus selalu up-to-date dengan tren dan berita yang berhubungan dengan industri atau bisnis yang kamu jalankan agar bisnis yang kamu miliki tetap mendatangkan cuan.

Akun organik sendiri adalah akun bisnis milik kamu untuk berjualan atau melakukan bisnis  dan memiliki followers nyata dan selalu aktif berhubungan dengan akun instagram bisnis kamu. Kegiatan pemasaran di dalam Instagram marketing biasanya berada di lingkup riset Hashtag, Caption, Call To Action, dan Karakter User Instagram itu sendiri. Saat kamu melakukan posting di instagram ada beberapa hal yang harus diperhatikan jika memiliki akun bisnis baru di Instagram. Mari kia simak dulu soal bagaimana menerapkan optimasi instagram marketing.

Teknik Follow Unfollow dalam optimasi instagram marketing

Salah satunya ketika akun bisnis tersebut membutuhkan banyak follower agar akun bisnis tersebut dapat bersaing bersama dengan kompetitor. Akun bisnis tersebut dapat mengikuti balik akun-akun pribadi yang telah mengikuti akun bisnis tersebut yang ada di Instagram. Tetapi kita tidak boleh sembarangan mengikuti balik akun-akun pribadi karena jika terlalu sering Instagram akan menganggap akun bisnis tersebut melakukan spam. Inilah salah satu teknik optimasi IG marketing. Kita perlu tahu follower organik atau follower akun bisnis kamu yang benar-benar tertarik dengan bisnis kamu. Terdapat aturan yang dapat menghindari spam tersebut jika :

  1. Followers kurang dari 1.000 orang kita harus membatasi following 20 orang per hari.
  2. Pengikut di antara 1.000 sampai 5.000 orang batas following 50 orang per hari.
  3. Kita dapat follow sebanyak 100 orang per hari jika kita punya pengikut lebih dari 5.000 pengikut.
  4. Kita dapat follow sebanyak kita mau jika kita mempunyai followers lebih dari 10.000

Tetapi meskipun kita dapat mengikuti banyak orang, maksimal cara follow unfollow instagram per jam sebanyak 25 akun. Selalu ingat ini ketika menerapkan optimasi IG marketing. Akun bisnis harus menghindari spam agar akun bisnis tersebut memiliki tingkat kepercayaan yang tinggi dari audiens. Jika akun bisnis kamu masih baru lebih baik akun bisnis tersebut selalu posting di media sosial secara konsisten dengan jumlah post yang tinggi untuk mengangkat akun bisnis kamu atau meningkatkan awareness akun bisnis tersebut.

Baca juga :   Cara Jualan di WA Story, Omset Meledak Bermodal Status

Waktu Efektif Posting Instagram

Kita juga harus menentukan waktu ketika akan posting konten di instagram. Biasanya waktu efektif upload instagram jam pagi antara jam 7 sampai jam 9. Waktu lainnya bisa pada jam istirahat mulai dari jam 11 sampai jam 1 siang dan pada waktu setelah pulang kerja pukul 6 sore sampai 8 malam. Waktu posting konten kamu di instagram biasanya dilihat banyak orang di media sosial di waktu tersebut, tapi jika kamu mengetahui pada jam berapa audiens kamu aktif menggunakan instagram sebaiknya kamu mengirim konten kamu pada waktu tersebut.

Kita juga harus me-monitoring seberapa banyak akun bisnis tersebut follow akun karena jika jumlah following sebanyak 7.300 akun dan terdapat banyak akun yang tidak aktif atau akun yang jarang interaksi dengan akun bisnis tersebut akan memperburuk engagement rate akun.

Lalu apakah kita dapat membeli follower untuk meningkatkan jumlah follower di dalam Instagram?. Jawabannya boleh jika akun tersebut adalah akun pribadi sebagai alat untuk awareness akun di Instagram. Membeli follower untuk akun bisnis sangat tidak direkomendasikan karena akun-akun hasil beli dapat menyebabkan engagement rate turun secara drastis.

Setelah kita mengetahui beberapa hal mengenai followers dan post akun kita dapat melakukan kegiatan instagram marketing yang penting dilakukan seperti riset hashtag, caption, call to action, dan sebagainya.

Optimasi Hashtag Instagram

Kegiatan optimasi instagram organik biasanya berada di optimasi hashtag instagram. Jadi kegiatan ini merupakan kegiatan riset hashtag menggunakan search engine di instagram. Kegiatan ini cukup penting karena kita juga mencari calon konsumen yang tertarik dengan produk atau jasa yang kita tawarkan. Kita cukup mengetik tagar tergantung tujuan bisnis kamu. Jika konten yang akan kamu post merupakan konten untuk berjualan biasanya tagar yang digunakan long-tail hashtag dengan awalan tagar jual atau beli diteruskan produk yang kamu jual dan keunggulan produk tersebut. Terdapat beberapa hashtag yang perlu kamu kenal untuk melakukan post di instagram agar dikunjungi banyak orang yaitu sebagai berikut ( optimasi IG marketing dengan hastag),

  • Hashtag Umum

Hashtag umum merupakan tagar yang terdiri dari satu kata dan digunakan untuk menampilkan sesuatu yang berhubungan dengan tagar tersebut. Tagar ini dapat menjangkau orang-orang secara luas. BIasanya tagar ini berisi peristiwa atau nama brand. Sebagai contoh, hashtag yang berisi nike atau seagames2022 akan menampilkan beragam postingan instagram yang membicarakan tentang tagar tersebut.

Baca juga :   Kursus SEO untuk Pelaku UKM

Kamu bisa mulai riset cara optimasi hashtag instagram dengan melihat jangkauan akun bisnis kamu di instagram. Kelebihan hashtag ini kamu bisa menjangkau lebih banyak audiens tetapi jika akun bisnis kamu masih baru kamu akan kesulitan berada di peringkat atas untuk tagar ini karena sudah terlalu banyak menggunakan tagar ini.

  • Long-tail Hashtag

Long-tail hashtag terdiri dari dua sampai tiga kata. Jenis tagar ini dapat digunakan untuk postingan instagram yang lebih spesifik. Tagar ini biasanya mendatangkan traffic yang benar-benar beresonansi dengan konten yang dibuat dengan tagar ini.

Contoh hashtag ini yaitu tagar berisi jual sepatu modello. Hashtag ini akan mendatangkan orang-orang yang memiliki intent atau niat untuk beli sepatu merek modello karena konten yang dibuat memiliki niat untuk menjual sepatu tersebut. Long tail hashtag merupakan tagar yang banyak digunakan untuk optimasi hashtag instagram karena selalu mendatangkan audiens yang tepat.

  • Hashtag Niche & Lokasi

Hashtag ini berguna bagi kamu yang memiliki tempat bisnis atau area bisnis tertentu. Salah satu cara optimasi hashtag instagram adalah menambah tempat bisnis kamu misalnya di Jogja atau Bandung. Tagar ini membantu audiens untuk menemukan bisnis yang dekat dengan mereka terutama menemukan bisnis yang kamu miliki.

  • Hashtag Target Market

Dalam instagram marketing kita harus menentukan target ideal untuk bisnis kita. Cari dan riset hashtag instagram dengan melihat siapa saja pelanggan dan audiens yang melihat postingan kamu. Kita juga bisa mencarinya dengan tagar di kotak pencarian instagram atau jika kamu memiliki target ideal sebelumnya gunakan tagar yang berisi target ideal kamu ingin melibatkan mereka dengan konten tertentu.

  • Hashtag Edukasi

Konten secara umum memiliki tujuannya masing-masing. Salah satunya memberikan informasi bermanfaat bagi audiens. Dengan memberikan konten yang mendidik dan informatif, kita dapat melibatkan audiens dengan bisnis kita. Konten tersebut perlu diberikan tagar sehingga mereka dapat mengetahui bahwa postingan atau konten tersebut merupakan konten edukasi. Biasanya tagar ini berawalan dengan kata tips, cara, kiat, dan sebagainya. Kamu bisa analisis hashtag di instagram untuk mendapat hashtag yang cocok dengan postingan edukasi kamu.

  • Hashtag Komunitas

Mirip dengan tagar target market di atas, hanya hashtag ini menargetkan kepada kumpulan audiens dengan karakteristik tertentu dalam suatu komunitas. Kita perlu riset hashtag instagram untuk menemukan komunitas yang tepat untuk bisnis yang kita miliki agar kegiatan marketing ini menghasilkan cuan nantinya.

  • Hashtag Gambar

Tagar ini berguna untuk menjelaskan konten atau foto yang kita posting di instagram. Contohnya seperti foto produk miband 6, kita dapat menambahkan tagar berisi miband6 sehingga audiens dapat mencari secara spesifik yang berhubungan produk yang mereka cari di instagram.

Baca juga :   Cara Menampilkan Insight pada Facebook Marketplace

Setelah mengetahui jenis-jenis tagar yang dapat kita gunakan di instagram kamu harus tahu. Jika kamu menggabungkan tagar yang memiliki 5000 postingan tidak boleh digabung dengan tagar yang memiliki pos lebih sedikit. Hal tersebut berpotensi konten yang kamu post tidak akan dilihat banyak audiens. Cara terbaik untuk optimasi hashtag instagram tersebut kita bisa mengelompokkan hashtag-hashtag dan mencoba mencocokkannya dalam postingan sehingga kita tahu kelompok hashtag mana yang dapat mendatangkan like, share, dan comment.

Jika hashtag memiliki lebih dari 10.000 post sebaiknya kamu mengelompokkan dengan 15 sampai 20 hashtag dan jika hashtag memiliki kurang dari 10.000 post kamu bisa mix hashtag dengan 7 sampai 12 hashtag. Urutan untuk optimasi hashtag instagram terbaik yaitu menggunakan long tail, niche & lokasi, target market, edukasi, komunitas, dan yang terakhir gambar. Kamu bisa mix tagar di dalam konten sesuai keinginan dan riset yang kamu lakukan.

Caption dan Call to Action

Selain hashtag, kegiatan membuat caption dan call to action menjadi  faktor penting dalam optimasi instagram marketing. Caption sendiri adalah penjelasan singkat mengenai postingan kamu. Alt text dalam postingan kamu juga dapat mendorong postingan ke bagian atas instagram. Tentu di setiap konten yang kamu posting harus terdapat text atau gambar yang dapat mendorong audiens kamu untuk melakukan sesuatu berdasarkan tujuan konten yang kamu buat. Caption yang kamu buat harus singkat dan menarik untuk dibaca karena biasanya audiens akan membaca caption postingan instagram setelah mereka melihat gambar dari konten tersebut.

Masih banyak tentang cara optimasi ig marketing untuk bisnis yang kita miliki. Artikel di atas dapat menjadi pengetahuan bagi kamu dalam melakukan instagram marketing untuk bisnis kamu. (by : santana)