Cara Pasang Iklan Di Google Maps Tanpa Ribet : Pertemuan III Mentoring Onboarding Bank BI

Cara Pasang Iklan Di Google Maps

Cara Pasang Iklan di Google Maps – Jumpa lagi teman-teman semua di Kelas Mentoring ini, materi kita hari ini adalah membuat Acara, Penawaran & Produk di GMB (Google Maps Bisnis). Sesungguhnya materi ini sudah sekalain kami share sekaligus di materi kemarin. Terutama materi tentang tehnis membuat dan mempostingnya. Ilmu dasarnya sudah kami share ke teman-teman semua. Materi lanjutannya adalah materi optimasi, termasuk agar bisa cara pasang iklan di google maps gratis. Bagaimana membuat postingan tersebut menjadi bagus, layak muncul di pencarian Google. Sehingga mudah juga muncul di pencarian Google, jadi hari ini kita belajar SEO tipis-tipislah.

Seperti yang sudah kita bahas kemarin, bahwa kita bisa dengan mudah memasang iklan atau promosi di google maps bisnis. Ternyata di balik gmaps ini tersimpan banyak sekali manfaat lho sobat-sobat semua. Termasuk kita bisa menerapkan cara pasang iklan di google maps. Jadi ketika ada orang yang mencari suatu produk di pencarian google, maka akan langsung menemukan titik maps kita. Sehingga mereka bisa langsung pergi ke toko anda atau minimal melakukan orderan lewat Call to Action (kontak person) yang telah dipasang.

Namun anda tidak bisa ujug-ujug membuat titik google maps bisnis langsung muncul di pencarian google. Perlu optimasi SEO tipis-tipis karena yang akan kita sasar adalah mesin pencari. Jadi ada beberapa trik yang anda harus terapkan. Tapi jangan khawatir kita akan belajar sesuatu yang susah dan njelimet karena materi ini adalah materi dasar yang akan bersahabat dengan anda. Maka simak ulasan di bawah ini.

Baca juga :   Ini Dia Manfaat Website Untuk Bisnis

Baca Juga : Cara Promosi di Google Maps

Penerapan SEO di Google Bisnisku

Apasih SEO itu?Anda boleh tanya Mbah Google untuk tau defenisi sebenarnya. Tapi bagi kami di Kampus Dosen Jualan, seperti kami ajarkan dalam kelas 10 hari Inkubator SEO. SEO adalah Supaya Entok Orderan. Ha ha ha ha, simpel kan? Karena mau seribet apapun kita belajar SEO kalau tidak dapat orderan alias closingan maka tidak akan gunanya. Maka dari itu kita akan belajar SEO dengan sudut pandang yang lebih sederhana namun tetap aplikatif.

Nah agar G-Maps Anda dan Postingan sertanya fotonya mudah muncul di Halaman Google, perhatikan kaidah berikut :

Cara Promosi Di Google Maps dengan Mindset SEO

  1. Buatlah minimal 2 G-Maps; 1 yang menggunakan Nama Brand Anda, karena nama Brand itulah nanti yang diingat oleh orang yang sudah menjadi konsumen Anda atau pelanggan Anda. Contoh : Mukena Distro, Mukena VIP, Dosen Jualan
  2. Titik G-Maps yang satunya lagi adalah full kata kunci, hal ini untuk menjaring pembeli baru. Karena pembeli baru belum kenal brand Anda, mereka tidak akan mencari brand Anda di Google Maps. Melainkan mencari kata kunci dari produk yang anda inginkan. Contoh : Orang pengen beli Mukena, maka akan mencari di Google dengan kata kunci : Produsen Mukena atau Jual Mukena Terdekat, Toko Mukena Terdekat. Makanya buatlah nama Google Maps seperti ini; Produsen Mukena, Jual Mukena Murah, Toko Mukena Jogja
  3. Jika ingin menghemat energi dan waktu, nama brand dan kata kunci bisa Anda gabungkan. Perpaduan antara kata kunci dan brand yah, jangan dibalik menjadi perpaduan antara brand dan kata kunci. Artinya Kata Kunci di depan, Brand di Belakang. Contoh : Produsen Mukena Distro, Toko Mukena VIP, Jual Mukena Distro Jogja. Ingat brand taroh di belakang yah.
  4. Sebenarnya boleh pasang nomor HP di depan atau belakang nama G-Maps, tapi agak rawan keblokir sih biasanya.
  5. Jika bisnis Anda targetnya lokal, boleh Anda tambahkan nama kota di bagian belakang.
  6. Coba perhatikan contoh G-Maps pada gambar berikut ini. Ini ada contohnya yah, yang merah itu full kata kunci, yang biru full brand, yang hijau kombinasi kata kunci dan brand.
Baca juga :   5 Makna Etos Kerja Orang Jepang

Percayalah bahwa nama titik gmaps yang memakai mindset SEO ini akan lebih top markotop untuk kita gunakan sebagai cara pasang iklan di google maps. Sebab kebanyakan orang yang mencari produk di google akan menuliskan produk yang mereka cari beserta tempatnya. Dan bukan langsung menuliskan nama brand nya. Lalu bagaimana cara agar gmaps kita nampak menarik di mata pembeli sehingga mendatangkan closingan? Simak caranya di bawah ini.

Cara Pasang Iklan Di Google Bisnis : Meramu Foto dan Video dengan SEO

  1. Foto atau Video yang akan Anda posting, sebaiknya Anda rename dulu nama filenya. Jangan langsung posting, gantilah nama filenya dengan kata kunci.
  2. Kata kunci untuk menggantikan nama filenya bisa Anda dapatkan idenya dari Google, lihat contoh yah
  3. Lihat contoh eksekusinya di gambar di bawah ini.
  4. Satu hal lagi, foto dan video yang Anda posting di sini sebaiknya juga dapat anda pasang watermark berupa logo dan paling utama adalah nomor telpon juga nempe di gambar. Gunakanlah foto yang sudah guru kita ajarkan, Om Ricardo, Om Rio dan Mbak Diah
  5. Contoh eksekusinya lihat di sini.
  6. Komposisi pemasangan logo dan nomor telpon yang benar dalam gambar, ikuti kaidah yang sudah dipelajari di kelas Canva dan Foto Produk yah.

Baca juga : Cara Agar Pencarian Google Teratas Dikupas di Inkubator SEO Edisi Juni

Cara Pasang Iklan Di Google Gratis dengan Rutin Upload Postingan Gmaps

Postingan Anda yang berupa artikel itu juga sebaiknya menggunakan kaidah SEO. Perhatikan kaidah berikut :

  1. Judul Postingan gunakanlah kata kunci yang juga idenya dapat di Google
  2. Judul juga bisa Anda ganti dengan Headline Jualan yang menarik,
  3. Di Paragraf pertama juga pasanglah kombinasi kata kunci, agar mudah dikenali Google.
Baca juga :   Cara Menaikan Rating Google Maps untuk Bisnis dan Tokomu

Sampai di sini cara pasang iklan di google maps sudah selesai. Kita tadi telah belajar tiga hal pokok, yakni cara menamai titik maps, cara memasang foto dan video yang seo-friendly, serta cara untuk membuat postingan artikel di google. Kami yakin anda dapat membuatnya dengan mudah dan benar. Dan jangan lupa untuk segera eksekusi ya.

Beberapa tips di atas sebaiknya segera anda terapkan pada bisnis Anda. Sebab ilmu yang tak segera diamalkan akan cepat lupa. Sebaik-baik ilmu yang baik adalah ilmu yang diterapkan. Buat anda yang masih bingung bagaimana cara pasang iklan di google maps, maka dapat melihat postingan lain di website ini. Semoga dapat membantu.

Coba Terapkan Cara Pasang Iklan Di Google Lewat Hp atau Laptop Anda

Sesudah belajar mengenai teorinya sekarang waktunya kita praktek. Cara ideal untuk belajar adalah dengan metode learning by doing, di mana setelah bahas teori maka segera lekas mencoba. Prakteknya adalah sebagai berikut : buatlah satu paragraf (paragraf pertama) untuk postingan Anda. Lengkapi postingan tersebut dengan headline jualan yang menarik, serta foto dan video yang kamu perlukan. Jika sudah, maka kamu dapat melakukan konsultasi di whatsapp chat Kampus Dosen Jualan. Selamat praktek, dan jangan lelah untuk berjuang. Karena menjadi seorang pengusaha harus bernafas panjang.

Baca Juga : Kaitan SEO dengan Strategi Pemasaran Dikupas Tuntas di Kelas Inkubator SEO KDJ Jogja