Cara Mengatasi Like Instagram Menurun

Cara Mengatasi Like Instagram Menurun

Cara Mengatasi Like Instagram Menurun.  Jadi pebisnis online itu kalo lagi gak untung pasti pusingnya dobel. Di satu sisi mereka harus mencari cara bagaimana penjualan meningkat. Dan di sisi yang lain mereka harus mencari cara untuk mengelola strategi pemasaran yang target-able. Masalah pertama sangat berkaitan erat dengan yang kedua. Kalau penjualan menurun berarti itu akibat dari salah urus pemasaran atau marketingnya. Kalau marketingnya amburadul berarti itu efek dari menurunnya interaksi platform dengan customer. Di tulisan ini kita akan bahas tentang penurunan interaksi di platform instagram.

Siapa yang tidak menggunakan instagram untuk sarana jualan? Pasti hampir semua pebisnis online atau Umkm akan menggunakannya. Perusahaan skala besar sampai kecil pasti mempunyai yang namanya instagram. Ini merupakan salah satu platform komunikasi sejuta umat karena banyak penggunanya dan pangsa pasarnya luas. Namun karena banyaknya kompetitor itulah kita harus berjibaku dengan banyak akun lain ketika ingin membangun interaksi dengan customer. Kadangkala ketika kalah berjibaku maka akun kita akan sepi engagement. Misalnya dengan menurunnya likes, komen, dan share. Maka dari itu kita akan bahas bersama tentang cara mengatasi like instagram menurun.

Dengan mengetahui sebab mengapa like instagram menurun, maka kamu akan tahu cara mengatasinya. Jadi kita harus mencari akarnya dulu untuk menyelesaikan sesuatu, termasuk ketika akun instagram kamu turun interaksinya. Nanti kita akan bahas bersama tentang cara mengatasi like instagram turun.

Instagram Sepi Likes dan Comments?

sebenarnya ketika akun instagram kamu interaksinya menurun, itu bukan semata-mata kesalahan kita sebagai penggunanya. Jadi jangan merasa bersalah secara berlebihan ya sob. Sebab instagram sendiri bilang bahwa pada akhir tahun 2020 kemarin sudah terjadi perubahan algoritma instagram secara menyeluruh tanpa terkecuali. Dan sudah banyak para content creator yang merasakan turunnya pendapatan mereka karena perubahan algoritma ini.

Baca juga :   Cara Membuat Video Tiktok FYP

Tugas kita sebagai seorang pebisnis online ketika menghadapi masalah seperti ini bukanlah mengeluh. Tetapi berusaha untuk beradaptasi dengan aturan baru dan algoritma instagram. Sebab pasti ke depannya akan banyak perubahan-perubahan serupa, jadi kita harus bersiap-siap.

Nah, memang ada perubahan algoritma instagram pada akhir tahun 2020 kemarin. Hampir semua akun-akun IG Besar mengalami penurunan engagement. Tapi sebenarnya penurunannya tidak signifikan. Di antara yang menjadi penyebab penurunan itu adalah hal sebagai berikut;

Kenapa Viewers Instagram Menurun 2021

  1. lebih diutamakannya konten video.
  2. ada perubahan terkait searching dan explore.
  3. konten yang banyak interaksi yang akan cepat meluas jangkauannya.
  4. dan lain sebagainya.

Itulah beberapa sebab mengapa banyak akun instagram besar mengalami penurunan engagement. Kalau kita tak bisa mengikuti tren IG sekarang, maka kemungkinan besar akun kita akan senantiasa tenggelam dan susah bangkit. Untuk itu mari kita bahas bersama cara mengatasi like instagram menurun. Namun sebelum itu mari kita simak dulu apa saja beberapa masalah mendasar di luar perubahan algoritma yang banyak dialami oleh para pebisnis online.

Kenapa Like Instagram Sedikit Padahal Followers Banyak

Banyak dari pelaku bisnis online terbiasa untuk memakai cara instan guna mempercepat marketingnya di IG. Di antara cara yang mereka pakai adalah dengan membeli followers sampai lupa untuk melakukan optimasi yang mencukupi di akunnya.

Hal itu akan menyebabkan adanya aktifitas yang tidak wajar di akun mereka, seperti penambahan jumlah followers yang tiba-tiba, atau tidak sebandingnya antara jumlah likes dan followers. Dalam artian jumlah followers ribuan namun yang likes Cuma beberapa biji saja. Jangan sampai hal itu terjadi pada instagram kamu ya sob. Karena engagement rate yang rendah (perbandingan antara followers dan likes yang njomplang) akan menyebabkan menurunnya daya jangkau. Dan bila daya jangkau sudah menurun maka akan susah untuk menaikkannya. Butuh waktu bertahun tahun untuk menaikannya.

Baca juga :   Cara Membuat Akun Tiktok Menghasilkan Uang Ala Kampus Dosen Jualan

Tapi semoga kamu tidak termasuk kelompok yang suka beli followers itu ya sob. Sebab kita di sini akan mencari cara bersama yakni cara mengatasi like instagram menurun. So, daripada kamu sibuk beli followers mahal-mahal mending nyari cara buat naikan engagement. Ya gak sob? Oke mari kita simak cara menaikkan like di IG!

Cara Agar Like Ig Bertambah

  1. Proporsi Video dan Gambar Harus Seimbang

Algoritma instagram yang baru memberikan porsi yang mencukupi untuk instagram. Jadi intinya konten instagram harus seimbang antara jumlah video dan gambarnya. Tidak ada namanya instagram hanya memprioritaskan gambar. Kalau dulu mungkin iya, karena banyak orang tidak suka dengan konten video sebab cenderung berat.

Tapi sekarang IG sudah memprioritaskan video, jadi tidak ada yang namanya susah load video. Maka dari itu ketika kamu ingin meningkatkan jumlah engagement secara drastis maka harus sering sering upload video. Jika kamu dua kali sehari upload konten maka satunya video dan satunya lagi gambar. Itu akan lebih baik.

  1. Riset dan Cari Apa yang Dibutuhkan Followers

Sesekali tidak ada salahnya kamu menghadiahi followersmu dengan pulsa gratis dengan syarat mereka harus mengisi kuosioner. Apakah isinya kuosioner itu? Jadi isinya adalah jajak pendapat tentang konten apakah yang mereka butuhkan atau yang mereka minati. Dari situ kamu akan lebih mengetahui apa yang dibutuhkan oleh followers. Sebab kalau kita tak membuat konten yang mereka butuhkan maka engagement-nya akan rendah.

Tidak perlu membuat kuosioner panjang-panjang, karena itu akan membuat followers kamu malas mengisi. Dan jangan lupa jika sudah punya database maka olahlah itu menjadi strategi kelola followers.

  1. Bentuklah Kesetiaan Followers

Kita bisa membangun kesetiaan followers. Caranya adalah dengan memberikan mereka promo dan semacamnya. Sebenarnnya tidak harus dalam bentuk materi sebab kamu dapat membagikan juga ebook atau materi lainnya, seperti e-course. Tentunya buatlah ebook yang disukai oleh followers. Kamu juga bisa mencari kesetiaan followers itu dengan mencoba untuk undur diri sementara dari mengkonten. Kalau mereka  merasakan kepergian sementaramu maka itu tanda yang baik. Tapi kalau mereka biasa-biasa saja maka itu tandanya kamu harus lebih sering mengkonten lagi.

  1. Riset Jam-jam Prime Time Followers nya

Riset prime time caranya adalah sebagai berikut ini; klik insight -> audience -> pengikut -> jam.

Baca juga :   Sosmed yang Cocok untuk Jualan (Facebook, Instagram, dan Whatsapp)

dari situ kita dapat melihat jam berapa saja audience kita melihat konten kita. Maka dari itu pilihlah jam-jam yang potensial ketika upload video. Jika ingin melihat tentang jam berapa posting instagram agar banyak like maka klik link tersebut.

  1. Hastag Tertarget

Sepertinya ini sudah banyak diulang di tulisan kami. Bahwa postingan instagram tidak akan punya taring jika tidak memasang hastag. UNtuk hal ini pun kami juga sudah menulisnya pada pembahasan tersendiri, sebab saking pentingnya hal ini untuk meningkatkan engagement instagram kita. dan tentunya sudah banyak sekali testimony di mana mereka mendapatkan customer hanya bermodal hastag.

Itulah tadi beberapa cara mengatasi like instagram menurun alias bagaimana cara push jumlah like kita di instagram. Sekian mengenai artikel ini, sampai jumpa di tips soal marketing selanjutnya.