Cara Membuat Database Pelanggan Hingga Siap Promosi : Pertemuan 8 Mentoring Onboarding Bank BI

Cara Membuat Database Pelanggan

Bagaimana sobat peserta mentoring Onboarding Bank BI? Sudah banyak kan database offline dan online yang kita dapatkan kemarin? Sudah dong, kan kita sudah memakai dua jurus paling ampuh untuk mendapatkan database pelanggan. Sekarang kita akan bagikan langkah selanjutnya yakni cara membuat database pelanggan.

Kalau sudah ada data yang tersedia maka saatnya save-save massal nih, biar gak repot save dan kasih nama satu-satu. Karena data yang anda punya mungkin sudah lebih dari 1000 bahkan ada yang lebih dari itu. Kalau mau save satu per satu apa nggak keder itu tangannya? Makanya tim KDJ berbaik hati berbagi tips atau cara membuat database pelanggan biar anda gak kerepotan lagi.

Cara membuat database pelanggan ini cukup mudah tapi langkahnya cukup panjang. Tapi ikuti langkahnya satu per satu agar sampai pada garis finish dengan aman. Dan jangan lupa siapkan kopi sambil baca materi ini ya.

Lanjut ke materinya soal cara membuat database pelanggan, kalau kemarin kita sudah belajar mencari 200 tambahan kontak HP baru secara Offline, serta nyari 1.500 database online.

Maka kali ini, kita akan belajar cara save kontak atau cara membuat database pelanggan secara massal. Gimana caranya? Yuk disimak.

Baca Juga : Cara Mendapatkan Kontan WA Tanpa Aplikasi

Database Pelanggan Adalah Kumpulan List Kontak yang Ada di Grup WA Tertarget

Anda sudah join di WAG sesuai target kan? INGAT, cara ini harus join dalam grup. Baru ntar kita bisa grab database nomornya. Caranya? Ikuti yuk :

  1. Bukalah https://web.whatsapp.com/ dan pilih grup yang akan kita ambil data nomornya (lihat gambar berikut). Cara ini dilakukan di Laptop atau PC yaa, oakai web browser google chrome, jadi sangat disarankan gunakan web browser Google Chrome juga yaa. Biar ntar gak bingung.
  2. Kalau udah, arahkan *Course/panah/mouse* ke bawah nama grup. Tepatnya pas di rincian nomor-nomor sampai muncul rincian semua nomornya. lihat gambar ini
  3. Saat semua nomor undah muncul, langsung aja klik kanan yaa(lihat gambar berikut ). Lanjut klik inspect nampak tampilan berubah jadi kayak di gambar selanjutnya
    sesudahnya….
  4. Jika hasilnya sudah seperti ini di gambar ini makan tinggal copy aja dengan tekan Ctrl + C atau bisa juga dengan klik kanan Pilih Copy – copy element (Lihat gambar selanjutnya )
    sesudahnya…
Baca juga :   Punya Akun Email Kena Hack? Jangan Panik, Simak Solusi Berikut ini

Cara Mengelola Database Pelanggan agar Rapi dengan Notepad

Kita dapat menerapkan cara mengelola database pelanggan agar rapi dengan aplikasi notepad. Yuk simak caranya;

  1. Buka aplikasi Notepad di laptop atau PC Anda
  2. Jika sudah, Paste aja copyan dari element yang barusan kita lakukan (lihat hasil jadi seperti ini ).
  3. Sebelum kita merapikan semua datanya, untuk nomor yang sudah ada Namanya mohon untuk dihapus terlebih dahulu. Kemudian cari tulisan *Your Clas* di tengah sepeti gambar kemudian blok sampai paling bawah dan hapus. Pastikan di Notepad tidak ada tulisan atau huruf. Isinya harus nomor semua.
  4. Nah selanjutnya, Silahkan tekan tombol perintah di keyboard Ctrl + H. Kemudian pada kolom Find What Isikan +62 (belakangnya angka 2 kasih satu spasi ya). Sedangkan kolom Replace With isiskan aja ‘0 (tanda petik terus disertai angka 0). Pastikan sesuai contoh gambar ini . Jika sudah sesuai langsung aja klik Replace All. Hasilnya jadi seperti gambar ini selanjutnya..

    sesudahnya…
  5. Selanjutnya kita perlu menghilangkan tanda – pada setiap nomor. Lakukan hal yang dengan tekan tombol perintah Ctrl + H. Kemudian di Find With isikan tanda (-) sedangkan di kolom Replace With Kosongkan aja (Pastikan gak ada spasi sama sekali) Lihat aja gambar ini . Jika sudah sesuai bisa langsung klik Replace All maka hasilnya jadi nyatu seperti gambar ini selanjutnya.

    sesudahnya…
  6. Cek semuanya apakah sudah sesuai? jika sudah copy all aja semua nomornya.

Cara Membuat Data Pelanggan Di Excel

sudah di copy semua kan database yang kita edit di Notepad barusan? Notepad bisa merapikan tapi tidak bisa kita gunakan untuk menyimpan kontak sehingga dapat kita olah lebih lanjut. Lalu bagaimana cara membuat data pelanggan di excel? Tips atau cara membuat database pelanggan di excel ini caranya agak panjang ya sobat, jadi harap pelan dan jangan sampai ada langkah yang terlewat.

Baca juga :   Plugin yang Dibutuhkan untuk Wordpress Agar SEO Maksimal dan Traffic Cethar

Menyimpan Data Pelanggan di Excel

Yuk mulai stay di excel yaaa

  1. Buka Aplikasi Excel, Paste Copyan kita dari notepad barusan. Bisa lihat gambar ini
  2. Tetap posisi klik di kolom utama yang kita paste tadi.
  3. Kemudian silahkan klik toolbar di atas klik yang DATA dan pilih text to columns. Lihat aja gambar ini
  4. Klik Text To Columns maka tampilannya jadi seperti gambar ini
  5. Pilih yang Delimited – Next. Lihat gambar ini  . Kemudian di tampilan selanjutnya ceklis comma dan space kemudian klik aja next. Lihat tampilan ini https://prnt.sc/1376ymk . Maka tampilan selanjutnya jadi seperti ini https://prnt.sc/1377243 tinggal kilk Finish aja.
    1)
    2)
    3)
  6. Jika sudah, secara otomatis semua nomor tadi sudah menempati kolom masing-masing.
  7. Kemudian klik di kolom sehingga semua nomor sudah terblok. lihat gambar ini  . Jika sudah copy aja kemudian pastekan dengan selanjutnya. Ingat jangan asal paste. Ikuti langkah selanjutnya.
  8. Pilih kolom dan klik kanan, kemudian pilih paste yang transpose. Lebih detailnya prhatikan gambar ini . Maka secara otomatis tampilannya nomornya jadi horizontal. Lihat hasilnya disini

    Hasilnya….
  9. Download master excel csv berikut https://drive.google.com/file/d/1vhMWCtIhiqle56UYpwJmT7dJt0miklOx/view?usp=sharing
  10. Buka file excel yang barusan di download
  11. Copy nomor horisontal yang ada di excel sebelumnya. Kemudian pastekan di kolom mobile phone di excel yang kita download tadi. Lihat hasil gambarnya
  12. Kasih nama di First Name dengan identitas grupnya. Kemudian di Last Name bisa dikasih nama dan angka.
  13. Jika sudah, bisa drag ke bawah sampai di nomor yang paling akhir. Lihat gambar sebalum  dan lihat gambar sesudah.
  14. Selanjutnya tinggal save as. Namun sebelumnya kita harus ubah save as type menjadi (CSV (comma delimited) lihat gambar  . Jika udah, save aja
Baca juga :   Kenapa Jualan di Shopee Sepi ? Mungkin Inilah Penyebab dan Mengatasinya

Cara membuat database pelanggan dengan excel di atas kiranya sudah siap untuk kita olah ke tahap selanjutnya. Kalau belum siap untuk berpromosi maka simpan dulu di google contact ataupun kalau sudah siap promosi maka langsung  saja untuk di-blasht.

Aplikasi Database Pelanggan adalah Google Contact

Cara Mengumpulkan Database Pelanggan ke Google Contact

Kita sampai pada tahap cara mengumpulkan database pelanggan ke google contact. Mungkin ini tahap yang terakhir dari cara membuat database pelanggan. Jika anda sudah menyelesaikan cara mengumpulkan database pelanggan ke google contact ini maka anda sudah selangkah lebih maju menjadi pebisnis ulung.

Oke langkah apa saja yang harus kita lakukan untuk cara membuat database pelanggan di google contact?

  1. Buka web browser google crome https://contacts.google.com/ . Catatan : Pastikan email yang ada di browser sama dengan email utama yang kita gunakan smartphone.
  2. Pilih Impor dan cari file csv yang sudah di save. Tampilannya seperti ini yaa . Kalau sudah sesuai, bisa langsung aja klik impor.
  3. Maka tampilan google contact jadi seperti sekarang . Ini menandakan file yang kita impor barusan udah masuk.
  4. Tinggal sinkronkan kontak yang ada di HP.
  5. Cek di nomor wa. Jika sudah masuk

Itulah sejumlah langkah dan cara membuat database pelanggan berupa kontak whatsapp agar dapat kita gunakan untuk agenda promosi selanjutnya. Sekian, dan terima kasih. Semoga bermanfaat.