Cara Membuat Caption Jualan Di Instagram Menarik dan Menggelitik

Cara Membuat Caption Jualan Di Instagram

Cara Membuat Caption Jualan di InstagramSebuah postingan instagram tentunya mengandung setidaknya tiga hal utama, yakni; foto, caption (teks), dan hastag. Ketiganya adalah syarat yang harus ada dalam sebuah postingan instagram. Kadangkala secara tidak sengaja ketika akan upload foto produk, kita akan melupakan salah satunya.

Jangan sampai hal di atas terjadi karena akan berimpact buruk terhadap performa akun. Nah, tulisan ini akan memberikan tips kepadamu terkait cara membuat caption jualan di instagram. Biar sobat di rumah tidak lagi buntu ketika akan posting produk di IG.

Ada banyak sekali manfaat apabila kita memberikan caption pada sebuah postingan jualan di instagam.  Beberapa manfaatnya adalah sebagai berikut;

  1. Memperjelas keterangan yang ada di foto.
  2. Menjadi media untuk mempersuasi calon pembeli.
  3. Mengarahkan customer untuk klik CTA (Call to Action).
  4. Mempermudah untuk menyapa pembeli.
  5. Dan sebagainya.

Tentunya ada banyak lagi manfaat dari sebuah caption. Namun memang tidak mudah untuk menulis caption. Kita butuh ilmu copywriting dan bukan sekadar writing. Oleh karena itu setidaknya kamu harus tahu cara membuat caption jualan di instagram yang paling dasar. Ini sudah cukup bermanfaat buat kamu saat ingin mengupload foto produk namun bingung mauh dikasih caption apa.

Buat kamu yang mungkin masih belum tahu apa manfaat caption dalam suatu postingan, maka simak dulu penjelasan di bawah ini.

Caption Marketing

Caption menjadi salah satu bagian dalam strategi untuk menarik perhatian pembeli dalam sebuah agenda digital marketing. Sebuah foto bagaimanapun perlu penjelasan agar yang melihatnya dapat menarik kesimpulan.

Baca juga :   Berapa Lama Website Terindex Google , Tips Berikut Ini Menjawabnya

Bayangkanlah ketika ada akun yang upload postingan tanpa caption sama sekali, tentu akan membuat kita bertanya-tanya maksud dari postingan tersebut. Apalagi dalam sebuah toko online, pasti akan lebih membutuhkan caption. Sebab tidak semua calon customer itu membutuhkan barang tersebut. Dengan adanya caption kita dapat menarik orang yang tak membutuhkan barang menjadi membutuhkan.

Lalu bagaimana jika selama ini kamu belum menyiapkan atau memberi caption pada setiap postinganmu?

Tentu tidak masalah. Perbaikilah sobat sebelum terlambat. Pertama kali yang harus perhatikan dalam cara membuat caption jualan di instagram adalah  mulailah menyapa customermu. Salah satu caranya dengan membuat caption coming soon produk.

Contoh Caption Coming Soon Produk

Seorang pebisnis pemula haruslah pede alias percaya diri.  Ini adalah pintu bagi kamu agar tahan malu ketika berjualan di berbagai platform internet. Nah, ketika selama ini kamu tak pernah menyapa customer, maka sapalah mereka lewat postingan coming soon alias info bahwa produkmu sudah mulai jualan.

Sebuah postingan coming soon bisa kita jadikan feed bisa juga menjadi postingan biasa. Nah di sini kita akan belajar cara membuat caption jualan di instagram dalam bentuk coming soon. Ini adalah contoh dari postingan coming soon agar sobat KDJ tidak lagi membayangkan.

Nah, jika tokomu sedang menyelenggarakan sale misalnya maka pasanglah juga postingan coming soon. Ingatlah ada beberapa ciri dan tips dalam dalam membuat postingan coming soon, yakni;

  1. Misterius dan membuat audiens penasaran.
  2. Menawarkan apa yang selama ini customer nanti-nanti.
  3. Biasanya diberikan ketika momen tertentu, misalnya ramadhan, lebaran, atau natal.
  4. Memberikan promo yang menggugah keinginan pembeli.

Itulah syarat yang harus ada dalam sebuah postingan atau caption coming soon. Namun postingan coming soon tidak selamanya ada dalam sebuah toko online. Yang lebih utama adalah caption jualan atau produk. Maka dari itu mari kita simak, cara membuat caption jualan di instagram.

Baca juga :   Cara Memasang Linktree Di Instagram Ampuh Arahkan Traffic

Contoh Caption Promosi Di Instagram

Ternyata cara membuat caption jualan di Instagram juga tidak beda jauh dengan ketika membuat caption untuk coming soon di atas. Sebuah caption jualan produk juga harus menawarkan apa yang selama ini customer nantikan. Selain itu caption juga harus membuat sang audiens penasaran untuk beli.

Oleh karena itu di dalam sebuah caption jangan menuliskan spek produk atau ukuran saja, melainkan juga harus bisa berkomunikasi atau berinteraksi dengan customer. Inilah contoh sebuah caption promosi di instagram.

Apabila kita simak contoh di atas, maka postingan tersebut punya ciri khas; menawarkan apa yang selama ini customer nantikan (mukena), memberikan promo yang cukup menggoda, dan diberikan pada momen tertentu (ramadhan).

Jika kamu upload foto produk jangan lupa untuk sertakan caption yang berciri-ciri seperti itu. Karena dengan adanya caption , jualanmu akan lebih menjangkau orang-orang di luar followers mu. Kemudian jangan lupa untuk memberikan penutup yang mana promo tersebut tak akan diberikan dua kali alias tidak ada promo lagi ke depannya.

Dengan begitu mereka akan buru-buru alias tidak pikir panjang lagi ketika akan membeli produk. Pokoknya kreasikanlah caption kamu sekreatif dan semenarik mungkin. Di instagram kita dapat menulisnya sampai 2200 karakter lho. Cukup banyak ruang bukan untuk menumpahkan segenap ide dan persuasimu kepada pembeli? Yuk segera dieksekusi.

Contoh Caption Jualan Makanan Di Instagram

Ternyata beda produk beda juga cara untuk memasarkannya. Dan beda pemasaran beda pula teknik penulisan copywriting. Setelah kita bahas caption untuk jualan baju, maka simaklah cara membuat caption jualan di instagram  untuk makanan kali ini.

Sebuah postingan yang menjual makanan, entah itu bakpia, kue, ataupun  pancake, pasti akan mengandung rasa atau bagaimana ketika produk tersebut sampai di lidah. Oleh karena itu seorang copywriter produk makanan biasanya akan menikmati produk itu juga agar ketika menulis mereka menjadi menghayati. Nah, inilah contoh dari postingan jualan makanan;

Baca juga :   Ide Bisnis Menjelang Natal dan Tahun Baru Dijamin Cuan

Psikologis dari pembeli makanan adalah mereka ingin apa yang mereka beli cepat sampai di tangannya. Oleh karena itu selalu sertakan caption yang menawarkan pengantaran atau free ongkir agar daya beli mereka makin mengganas.

Selain itu kamu juga boleh menawarkan  promo kepada mereka dengan syarat harus membeli berapa bungkus terlebih dahulu. Atau bisa juga menawarkan harga yang miring untuk pembelian di atas lima pcs. Ini akan membuat mereka pikir-pikir kalau mau membeli dalam jumlah sedikit.

Serta hal yang tak boleh kamu lupakan ketika menerapkan cara membuat caption jualan di instagram adalah memberikan hastag yang relate atau relevan dengan captionnya. Sebab hastag ini berfungsi untuk membantu meluaskan jangkauan dari postinganmu tersebut. Kebayang kan kalau postinganmu bisa menjangkau banyak orang? Calon customer yang mencari produk lewat hastag akan dapat menemukan produkmu jika di captionnya terdapat hastag. Untuk mencari hastag relevan kamu dapat gunakan aplikasi atau tools meta hastag yang ada di google.

Itulah tips dan cara membuat caption jualan online versi Kampus Dosen Jualan. Semoga tips di atas dapat membantu kamu ketika akan upload foto produk, menulis caption, dan mengoptimalkan platform toko online. Tidak ada kata menyerah dalam berjualan. Terus closing dan Salam inspirasi.