Cara Buat Google My Business yang Dijamin Berhasil : Pertemuan I Mentoring Onboarding Bank BI

Cara Buat Google My Business

Cara Buat Google My Business – Hari ini gak punya Google My Bisnis (baca :Google Maps), itu adalah kefatalan yang sangat fatal. Apalagi jika Anda memiliki bisnis. Google Maps, akan membantu Anda untuk meningkatkan pengunjung ke Bisnis Anda, baik itu datang langsung ke lokasi Anda atau membaca promosi Anda, paling minim mereka tau branding Anda. Google Maps akan menampilkan lokasi usaha Anda dalam radius tertentu dan kata kunci yang telah ditentukan. Hal ini memudahkan Anda untuk meningkatkan kunjungan langsung ke toko Anda sekaligus membangun brand.

Syarat untuk memiliki Google Bisnisku

Untuk memiliki Google Maps atau Google Bisnisku, maka diwajibkan memiliki akan G-Mail dulu, bagi yang belum punya, silahkan buat dulu yah dengan memperhatikan kaidah berikut. (Bagi yang sudah punya, berarti gak usah buat lagi dan langsung menerapkan Cara Buat Google My Business)

  1. Nama email sebaiknya menggunakan nama Bisnis Anda, bukan nama Pribadi.
  2. Saat mengisikan email untuk verifikasi, maka isikan dengan email Pribadi Anda, email yang sudah Anda buat sebelumnya.
  3. Untuk verifikasi nomor HP, pakailah nomor HP yang selama ini Anda pakai, dan dijamin akan Anda pakai selamanya. Disarankan nomor HP yang depannya 081, akan lebih mudah mendapatkan verikasi nantinya di G-Maps

Mungkin itulah cara buat google my business atau google bisnisku yang harus kita awali dengan membuat email terlebih dahulu. Nah, jika sudah ada akun email maka itu adalah kunci untuk menuju ke tahap selanjutnya yakni cara buat google my business. Simak langkahnya di bawah ini.

Baca juga :   Pembicara Webinar Terkenal KDJ Mengisi Mentoring Onboarding Bank BI

Google My Business Login Lalu Memulai membuat G-Maps

Mari kerjakan pelan-pelan, jangan buru-buru dalam menerapkan Cara Buat Google My Business. Jika Anda mengerjakannya bersama teman Anda, pastikan Anda membuat 2 titik Google Maps lewat perangkat (HP/Laptop/Komputer) dan dari Akses Internet (Wifi, tethering hp) yang sama. Karena resikonya adalah Rawan Keblokir

Cara Membuat Google Bisnis Gratis

Yuk ikuti langkahnya cara buat google my business :

  1. Klik disini yah https://business.google.com/u/4/locations
  2. Lihat gambar di bawah ini, klik tombol Tambahkan Bisnis seperti ditunjuk tanda panah merah.
  3. Klik tombol Tambahkan Satu Bisnis seperti pada gambar di bawah ini.
  4. Masukkan nama bisnis Anda, seperti dicontohkan dalam gambar di bawah ini.
  5. Lengkapi kategori bisnisnya, lalu tekan tombol Berikutnya, perhatikan contoh gambar di bawah ini. Ingat pilihlah kategori yang paling cocok untuk bisni Anda yah…
  6. Muncul pertanyaan : _”Apakah Anda ingin menambahkan lokasi yang dapat dikunjungi pelanggan, seperti toko atau kantor?”_ Pilih YA dan tekan tombol BERIKUTNYA. Perhatikan gambar contoh pada gambar di bawah ini.

Edit Google Bisnisku

  1. Lengkapi data alamat Anda dengan benar dan tepat. Lengkap dengan nama jalan, RT / RW dan nomor rumah Anda. Jangan lupa kode pos yah… Perhatikan gambar petunjuk di bawa ini dan tekan tombol BERIKUTNYA.
  2. Jika muncul seperti pada gambar pada bawah ini, pilih tombol Ini Tidak Cocok lalu tekan tombol BERIKUTNYA. Jika tidak muncul lanjut ke langkah nomor 9.
  3. Geserlah titik merah itu sesuai dengan alamat Anda yang benar. Contohnya ada pada gambar di bawah ini.
  4. Muncul pertanyaan _”Apakah Anda juga melayani pelanggan di luar lokasi ini?”_, pilih *Ya, saya juga melayani pelanggan di luar lokasi saya* lalu tekan tombol BERIKUTNYA. 
  5. Tuliskan daftar daerah yang menjadi area layanan Anda. lalu tekan tombol BERIKUTNYA (Jika target pasar Anda adalah Nasional, isi saja Indonesia)
  6. Pada tampilan berikutnya seperti dalam gambar ini maka lengkapilah data Anda yah. Nomor HP dan alamat website Anda, jika Anda tidak punya alamat website boleh masukkan link dari Katalog WA Bisnis Materi ini akan kita bahas di pertemuan 9.
  7. Muncul pertanyaan _Terus dapatkan kabar terbaru_, pilih tombol YA lalu tekan tombol BERIKUTNYA. Sampai di sini kita sudah berhasil dalam Cara Buat Google My Business.

 

Baca Juga : Kelebihan Dan Kekurangan Google Bisnis

Google Bisnisku Verifikasi

  1. .. sisa kita verifikasi. Nanti akan ada surat dari Google datang ke rumah Anda, di surat itu ada kode verifikasi Anda. Maka lengkapi form yang muncul seperti dalam gambar berikut dengan benar yah. Isi dnegan nama lengkap Anda. Lalu tekan tombol KIRIM.
  2. Pada gambar ini tekan tombol LANJUTKAN.
  3. Di bagian ini lengkapi dengan jam kerja, jam operasional Anda, lalu tekan tombol BERIKUTNYA.
  4. Pada bagian ini nyalakan tombol Menerima Pesan, tujuannya agar calon pembeli bisa mengirimi Anda pesan. lalu tekan tombol BERIKUTNYA.
Baca juga :   Cara Menaikan Rating Google Maps untuk Bisnis dan Tokomu

Google Bisnisku Beranda dan Cara Mengisi Deskripsinya

  1. Lengkapi kolom deskrispsi dari produk Anda. Anda bisa memanfaatkan 750 karakter yah (750 huruf, angka, termasuk spasi dan tanda baca). Jelaskanlah produk Anda di situ, termasuk nomor HP juga boleh anda pasang. Lihat gambarnya disini lalu tekan tombol BERIKUTNYA.
  2. Anda sudah berhasil membuat Titik Google Maps Anda. https://drive.google.com/drive/folders/1Dg-3clcyNs4g9a1ZWOpPxIxsbpplXu-U?usp=sharing
  3. Sekarang klik lagi link ini https://business.google.com/u/4/locations . Lihatlah hasilnya, foto atau screen shootlah tampilannya, lalu share di group ini. Dengan menyebutkan nama Anda, dari KPW mana dan Produk Anda apa saja.

Cara Menggunakan Google Bisnisku

Setelah menerapkan cara buat google my business dengan baik dan benar, maka tugas kita selanjutnya adalah cara menggunakan google bisnisku. Bagaimana cara menggunakannya? Sebagai seorang bisnis owner kita hanya perlu untuk telaten mengupdate setiap informasi yang berubah dari toko kita dan sering-sering meminta review dari customer.

Review atau ulasan di google maps ini sangat penting ketika tempat usahamu mempunyai banyak saingan. Algoritma google menilai bahwa tempat yang sering orang kunjungi dan paling banyak review akan otomatis naik ke halaman satu pencarian. Jika kamu selesai menerapkanc ara buat google my business maka tugasmu selanjutnya adalah meminta review dari setiap customer yang pernah datang ke toko. Atau bisa juga kamu menyewa jasa review google maps untuk cara yang lebih instan.

Namun kami sarankan untuk menggunakan cara organik yakni menggunakan tangan customer langsung yang pernah merasakan bagaimana service dan pelayanan kita. bagaimana mendapatkan review secara murah dari customer? Kami mempunyai cara yang mungkin cocok buat kamu setelah cara buat google my business. Jadi selepas customer beli dari toko kita, suruh mereka tunjukkan bukti review lalu bukti tersebut bisa customer tukar dengan kupon. Jika kupon telah terkumpul maka dapat mereka tukar dengan gratis produk tertentu. Itu akan sangat efisien untuk memperoleh ulasan secara instan. Namun jangan lupa untuk tidak memaksa customer memberikan review. Jadi sifatnya lebih kepada opsional. Sebab jika customer tak nyaman dengan perlakuan kita justru mereka tak akan datang lagi ke tokko kita.

Baca juga :   Seminar Digital Marketing 2021 Selama 10 Hari Non Stop oleh Dosen Jualan

Itulah beberapa langkah yang bisa Bapak/Ibu peserta mentoring onboarding coba yakni cara buat google my business dan bagaimana menggunakannya, termasuk mendapatkan review dari customer secara murah dan instan.

Buat Bapak/Ibu peserta Mentoring Onboarding Bank BI, kami ucapkan Selamat Praktek. Semoga dapat manfaat untuk pengembangan bisnis anda. Di tengah persaingan yang semakin sulit tak ada kata menyerah untuk seorang Pengusaha.

 

Baca Juga : Cara Agar Bisnis Muncul di Pencarian Google