Belajar Digital Marketing untuk Pemula Bagi Lulusan SMA/SMK

belajar digital marketing pemula

Belajar Digital Marketing untuk Pemula – Apa yang terlintas dalam benakmu ketika mendengar anak lulusan SMA/SMK? Mungkin kita sering berpikir bahwa pengalaman lulusan SMA/SMK di dunia kerja sangat jauh dari harapan. Sejauh ini banyak sekolah menengah atas tidak memberikan kemampuan teknis dan sotfskill bagi anak didiknya. Tapi ini bukanlah sebuah problem, karena lulusan SMA/SMK tetaplah punya segudang potensi yang kita tidak tahu.

Potensi lulusan SMA dan SMK saja tentunya berbeda. Sebab porsi praktek dan teori di kedua jenis sekolah tersebut sudah berbeda. Setiap sekolah baik SMA maupun SMK mempunyai kelebihan sendiri-sendiri. Lalu apa saja potensi bagi lulusan SMA dan SMK selama ini, yang dapat mereka kembangkan sebagai seorang pemula?

Potensi Lulusan SMA/SMK

Lulusan SMA dan SMK adalah orang yang paling banyak terserap ke dunia kerja. Jumlah mereka cukup banyak sehingga terkadang tidak bisa terserap di dunia kerja sepenuhnya. Lalu sebenarnya apa saja potensi mereka yang bermanfaat di dunia kerja?

Potensi lulusan SMA mungkin adalah dalam kemampuan berpikir analitis dan penataan administratif perkantoran. Para lulusan SMA seringkali mempunyai kelebihan dalam soal belajar teori, seperti berhitung, statistik, dan pekerjaan lainnya. Karena harus berkompetisi dengan lulusan perguruan tinggi alhasil mereka juga kesusahan untuk mencari kerja.

Sedangkan potensi lulusan SMK adalah dalam soal praktek dan softskill. Banyak sekali jurusan di SMK yang bertujuan langsung untuk menyiapkan anak didiknya ke dunia kerja. Jurusan tersebut antara lain adalah Belajar Marketing atau Pemasaran, Informasi dan Komunikasi, Teknik Bangunan, Otomotif, dan lain-lain. Saking banyaknya jumlah lulusan SMK, terkadang mereka juga tidak terserap di dunia kerja karena masih dianggap pemula.

Baca juga :   Cara Membangun Backlink Berkualitas Bersama Didik Arwinsyah

Potensi Lulusan SMA/SMK dalam Dunia Bisnis

Salah satu bidang yang masih terbuka lebar untuk distribusi lulusan SMA dan SMK adalah di dunia bisnis online untuk pemula. Anak SMA dan SMK merupakan generasi milenial yang sangat mengikuti teknologi. Meskipun mereka tidak mempunyai modal dan relasi yang kuat tapi mereka adalah penguasa di dunia digital atau internet.

Salah satu kemampuan yang dapat dikembangkan anak SMA/SMK dalam dunia bisnis pemula adalah dalam aspek internet marketing. Para lulusan sekolah menengah pasti memiliki kemampuan yang baik dalam belajar dunia internet marketing. So, tidak perlu bingung lagi kalian yang baru lulus sekolah menengah lalu belum punya keinginan untuk lanjut ke jenjang selanjutnya. Sebab dunia bisnis online sudah menanti kalian wahai generasi milenial.

Belajar Internet Marketing untuk Pemula bagi Lulusan Sekolah Menengah Atas

Telah kita sebutkan di atas bahwa anak-anak generasi sekarang adalah generasi yang sangat peka dengan teknologi dan dunia digital. Mereka adalah penguasa bagi dunia digital di era sekarang, sebab hampir semua platform dapat mereka operasikan secara bersamaan.

Potensi ini harus kita lihat sebagai sebuah anugerah, karena dunia bisnis online sangat membutuhkan orang-orang yang mampu belajar digital dengan cepat. Meskipun begitu, para lulusan SMA/SMK perlu berlatih dalam aspek marketingnya di tataran pemula. Sebab kemampuan digital tidak akan berguna dalam dunia bisnis online apabila tidak mempelajari juga aspek marketingnya

Belajar Marketing Pemula, Bagaimana Caranya?

Marketing adalah salah satu tools dalam berbisnis. Kita tidak dapat mengenalkan produk pada pembeli apabila tidak menerapkan trik marketing. Apabila kalian seorang lulusan SMA/SMK yang ingin terjun dalam dunia bisnis online tentunya juga harus mendalami marketing atau pemasaran.

Baca juga :   Cara Daftar Gmail Tanpa Verifikasi No Hp Wajib Dicoba

Pemasaran atau marketing terkait bagaimana sebuah produk, barang, atau jasa dapat dikenal oleh khalayak ramai. Ada banyak strategi dalam dunia marketing. Kombinasi antara marketing dengan internet menghasilkan pendekatan digital marketing.

Bagi seorang pemula, belajar internet marketing adalah sebuah hal yang sangat ditakuti. Sebabnya adalah selama ini internet marketing sering dianggap sebagai hal yang susah kita pelajari dan membutuhkan keahlian khusus. Namun ini semua tidak benar, sebab sudah banyak kursus atau pelatihan internet marketing yang khusus untuk pemula.

Belajar Digital Marketing Sampai Mahir di Kampus Dosen Jualan

Pasti kamu jarang mendengar ada lembaga pelatihan digital marketing untuk seorang pemula yang bergaransi akan diajari sampai mahir selama tiga bulan full. Di Kampus Dosen Jualanlah tempatnya mendalami ilmu internet marketing untuk para lulusan SMA dan SMK yang ingin menekuni dunia bisnis online.

Selama beberapa tahun ini Kampus Dosen Jualan selalu menerima siswa dari anak-anak lulusan SMA dan SMK. Mereka datang ke KDJ ada yang diundang maupun yang datang sendiri ke sini. Mereka berlatih digital marketing untuk diterapkan pada bisnisnya masing-masing. Pasti kamu penasaran siapa saja mereka para lulusan SMA/SMK yang belajar dari pemula sampai mahir di Kampus Dosen Jualan.

Salah satu program KDJ yang mendatangkan para lulusan SMA/SMK untuk mendalami bisnis online adalah Program Beasiswa dan Program Inkubator Jualan Online. Dari program Beasiswa ada dua orang pemuda dari Klaten yang bernama Agus dan Danu.

Keduanya adalah lulusan SMKN 2 Klaten tahun 2020 dan selepas lulus langsung datang ke Kampus Dosen Jualan untuk terjun dalam dunia digital marketing. Secara kemampuan digital mereka sudah sangat expert. Namun mereka masih merasa kurang dalam strategi marketing untuk memasarkan bisnis mereka. Sebagai informasi, bahwa kedua pemuda asal Klaten ini mempunyai usaha pasang Wi-Fi.

Baca juga :   Untuk Mendaftarkan Domain co .id dibutuhkan apa saja?

Usaha tersebut merupakan usaha patungan mereka berdua semenjak masih bersekolah. Pada saat masih awal merintis bisnis online, mereka mengaku mendapatkan sedikit sekali order untuk memasang wifi. Namun setelah belajar digital marketing selama beberapa bulan di Kampus Dosen Jualan, mereka mengaku mengalami peningkatan orderan. “Apalagi di masa pandemi, kami mendapatkan banyak sekali orderan memasang wifi di rumah warga”, begitu tutur Danu.

Itu merupakan salah satu contoh bagaimana para lulusan SMA/SMK memilih bisnis sebagai jalan hidup mereka. kemampuan digital mereka terupdate dengan mengikuti Program Beasiswa Kampus Dosen Jualan. Memang program ini didesain buat para pemula yang ingin belajar bisnis online secara lebih serius.

Dapat Contoh Aplikasi Digital Marketing dari Dosen Jualan Secara Langsung

Kenapa belajar digital marketing di KDJ sangat mudah untuk para pemula? Di sini kami menggunakan sistem pelatihan learning by doing atau teori sambil praktek. Jadi para siswa pelatihan tidak hanya mendapat teori saja, melainkan mendapat bimbingan langsung dan praktek di tempat.

Cara ini membuat para pemula atau lulusan SMA menjadi akrab dengan strategi digital marketing yang katanya cukup njelimet. Salah satu peserta pelatihan Inkubator Jualan Online di Kampus Dosen Jualan juga mengaku dapat fokus mendalami digital marketing di tempat ini.

Salah satu peserta program IJO itu adalah Mas Ristanto. Seorang lulusan SMA dari Kota Susu, Boyolali. Dia merupakan pebisnis krim pemutih kulit dan tangan. Produknya bernama Rista Sifabella. Dari mengikuti program KDJ selama tiga bulan, Mas Ristanto mengaku dapat meningkatkan penjualannya sebanyak beberapa persen. Sebuah kemajuan yang sangat kita apresiasi.

Semua kesuksesan peserta tersebut tidak lepas dari jasa Pak Dosen Jualan, atau Suryadin Laoddang dalam membina peserta didik di Kampus Dosen Jualan. Beliau membimbing para peserta dari awal sampai mahir dalam bermain digital marketing. Pak Dosen tidak membedakan mereka yang sudah ahli maupun yang masih pemula. Ini semua membuat para siswa yang rata-rata lulusan SMA menjadi lebih nyaman dan nyantai dalam belajar.