Apa Itu Domain Authority dan Page Authority Website, Yuk Kenalan!

Apa Itu Domain Authority dan Page Authority

Pasti sobat di sini sering mendengar istilah mengenai DA dan PA. Kita akan familiar dengan istilah tersebut apabila sering mengulik-ulik website. Sebenarnya apa itu kepanjangan dari DA dan PA? Jadi DA PA adalah singkatan dari Domain Authority dan Page Authority. Lalu apa itu  domain authority dan page authority dalam website? Tulisan ini akan menguliknya secara lebih mendalam agar kamu lebih kenal dengan mereka. Hhe.

Domain authority dan page authority ini sangatlah penting dalam sebuah website. Kehadiran mereka seakan menjadi tolok ukur kualitas sebuah website. Kalau kita membeli sebuah web pasti akan ditanyakan berapa DA dan PA nya. Kalau DA-PA rendah maka web tersebut kurang bagus. Tapi apakah statement tersebut benar bahwa website dengan domain dan page authority rendah sudah pasti jelek? Nanti kita ulas bersama ya sobat.

Sebenarnya Domain authority ini adalah sejenis pemeringkatan kualitas sebuah website. Namun yang memeringkatkan itu bukan dari pihak googlenya lho, melainkan dari tools-tools SEO yang dikeluarkan oleh pakar SEO. Jadi Google sendiri tidak melihat DA PA website itu ketika melakukan perankingkan di halaman pencariannya. Tapi Domain dan Page authority adalah penting untuk kita pelajari sebab kita akan menjadi tahu apa dan bagaimana SEO bekerja sehingga membawa web kita terindeks di halaman satu mesin pencari.

Apa Yang Dimaksud Dengan Authority

Secara kebahasaan, authority berarti otoritas atau reputasi dari suatu hal. Sesuatu yang mempunyai authority yang tinggi berarti kualitasnya baik dan layak untuk kita jadikan patokan. Misalnya otoritas untuk mengurus soal kesehatan pasti akan jatuh ke tangan dokter. Begitu pula dengan otoritas dalam bidang  hukum pasti akan jatuh kepada hakim.

Hal ini juga dapat kita terapkan pada sebuah website. Jadi ketika web kita punya authority bagus maka dapat menjadi patokan bagi user di google untuk mencari referensi. Dan kebanyakan website dengan otoritas yang bagus akan masuk ke dalam sepuluh besar perankingnan di pejwan google.

Authority Adalah Reputasi Web Kita di Mata Google

Kita sudah tahu bahwa sesuatu yang punya otoritas maka layak untuk dijadikan patokan atau rujukan. Itu juga terjadi pada sebuah website. Web dengan authority bagus maka ia sudah dikenali google sehingga lebih mudah untuk masuk ke halaman satunya.

Baca juga :   Manfaat Artikel Seo Friendly Bikin Traffic Website Melejit

Beda lagi dengan website dengan authority yang masih rendah, tentu google masih berpikir ulang untuk memasukannya ke halaman satu karena informasi yang ada di website tersebut masih belum teruji.

Di dalam SEO itu sendiri ada dua jenis otoritas atau reputasi. Pertama adalah Domain Authority dan yang kedua page authority. Keduanya susah untuk kita pisahkan, oleh karena itu keduanya sering menjadi tolok ukur ketika melihat kualitas suatu website. Lalu apa itu Domain authority dan page authority itu sendiri?

Sebelum kita bahas cara meningkatkan DA dan PA maka kita akan bahas dulu apa itu domain authority dan page authority. Jadi DA PA adalah suatu indikator yang dibuat oleh pakar SEO untuk mengukur  kualitas suatu website. Indikator itu terdiri di antaranya dari usia website, popularitas website di mata google, link pendukung, serta kualitas konten yang ada di dalamnya.

Tapi apakah website yang berusia tua sudah pasti DA PA nya tinggi? Oh, belum tentu sobat. Apabila web tersebut tak pernah dioptimasi maka tidak akan naik reputasinya di mata google.

Lalu akan muncul pertanyaan, “berarti website harus dioptimasi secara terus-menerus ya?”. Hanya ada satu jawabannya, yaitu YA. Jadi tidak boleh website hanya sekali optimasi. Kita harus mengelolanya secara terus menerus. Oleh karena itu sering kita mendengar penyedia layanan kelola website. Ini adalah salah satu solusi ketika ingin web kita dapat bertahan di google.

Nah, pasti sobat di sini mulai penasaran bagaimana cara cek domain authority kan? Yuk disimak caranya berikut ini.

Cara Cek Domain Authority

  1. Cek Da Pa

Bagaimana sih caranya ngecek DA PA? Pake tools apa ya kira-kira? Mudah kok kalau kamu ingin mengecek DA da PA. Yang susah adalah meningkatkannya. Hehe. Bercanda. Selagi masih ada usaha pasti kamu dapat meningkatkannya.

Baca juga :   Cara Menambah Kontak WA untuk Bisnis Sebagai Database Customer

Sebelum kita bahas cara meningkatkan Domain authority dan page authority maka kita simak dulu cara cek DA PA dan tools apa saja untuk mengeceknya. Dalam SEO kita mengenal DA PA Checker yang banyak sekali. Apa itu domain authority dan page authority checker? Jadi ini adalah tools yang akan mempermudah kita untuk mengecek DA PA. Ada versi checker yang gratis kok yang bisa digunakan.

Jadi tools buat ngecek ini tidak hanya untuk mengecek website melainkan bisa juga untuk mengecek kualitas blog. Nanti di akhir kita akan bahas DA PA Blog juga.

  1. Domain Authority Checker

Sebenarnya ada banyak website atau tools untuk melihat kualitas Domain Authority dan Page authority dari sebuah website. Di antara yang sering kita gunakan di Kampus Dosen Jualan adalah tools yang bernama Mozbar.

Jadi tools ini sudah tersedia sebagai ekstensi di Google Chrome. Buat kamu yang ingin memasangnya di chrome maka sangat disarankan. Caranya adalah sebagai berikut;

Cara Cek DA PA Website

  • Klik Titik Tiga di bagian kanan atas chrome.
  • Pilih Setting atau Setelan.
  • Pada Menu bagian kiri layar pilih Extensions.
  • Klik Tiga Garis di bagian kiri layar.
  • Pilih Open Chrome Web store.
  • Dalam pencarian, ketikkan mozbar.
  • Pilih Mozbar, lalu klik Add To Chrome.
  • Mozbar sudah berhasil terinstall.

Lalu jika kamu ingin mempunyai mozbar dengan kualitas terbaik untuk mengecek apa itu domain authority dan page authority maka jangan lupa untuk Sign UP terlebih dahulu. Caranya adalah sebagai berikut;

  • Masuk ke Moz.com.
  • Pilih Log In.
  • Pilih Create New Account.
  • Masukkan email dan password, serta nama terang.
  • Klik sign up atau create an account.
  • Lalu konfirmasi email.
  • Selesai.

Dengan akun mozbar yang sudah terverifikasi tersebut maka kamu sudah dapat menggunakan fitur-fitur utama di dalamnya. Kalau ingin fitur yang lebih lengkap, maka harus menggunakan versi berbayarnya.

  1. Cek Da Pa Blog

Nah, si mozbar ini juga dapat kita gunakan untuk ngecek DA PA Blog. Yang namanya blog pasti ada yang sudah berusia tua. Jadi mozbar dapat mendeteksi berapa DA PA blog kita yang sudah tua tersebut.

Baca juga :   Tools Pencari Keyword Gratisan yang Bikin Belajar SEO-mu Makin Asyik

Tidak ada salahnya kita mengeceknya juga sebab blog dengan DA PA yang sudah tinggi dapat kita gunakan sebagai blog dummy untuk memberikan backlink ke website utama. Cara ini dapat meningkatkan domain authority juga lho sobat.

Cara Meningkatkan Domain Authority

Jadi domain authority adalah indikator apakah sebuah website layak masuk ke perankingan halaman pertama google atau tidak. Lalu indikator apa saja yang digunakan oleh mozbar (misalnya) ketika menghitung DA PA website kita?

Kamu wajib tahu indikator-indikator ini biar supaya dapat mengetahui cara meningkatkan domain dan page authority.

Cara Meningkatkan Page Authority dan Domain Authority

Nah apa itu domain authority dan page authority sudah kita ulas singkat di bagian atas. Sekarang kita wajib tahu apa indikator domain dan page authority agar dapat meningkatkannya.

Setidaknya ada lima indikator untuk penentuan nilai DA dan PA, berikut adalah indikator tersebut;

  • Kualitas konten di dalamnya. Jika kontennya bagus akan mendatangkan traffic dan itu salah satu cara google menilai website kita.
  • Berkualitas atau tidaknya link pendukung website tersebut. Jika banyak link yang negative maka menyebabkan DA PA nya jelek.
  • Banyaknya jumlah link error dalam web tersebut.
  • Popularitas web di mata google. Misalnya bisa kita lihat dari ada atau tidaknya web profil untuk dukungan web utama.
  • Lama loading website ketika dibuka. Jadi ketika web kamu lama loadingnya karena berat maka susah untuk DA PA nya meningkat.

Itulah beberapa indikator dari penentuan nilai DA dan PA. Jika kamu ingin tahu cara meningkatkan DA dan PA sebuah website maka bereskan semua indikator di atas, dan teruslah untuk optimasi sepanjang waktu.

Beberapa pengertian tentang apa itu domain authority dan page authority di atas semoga dapat semakin mengenalkan SEO kepadamu. Selamat mengoptimasi dan tunggu tulisan selanjutnya tentang cara meningkatkan page authority dan domain authority.