Aktifitas Menunggu Waktu Berbuka Puasa yang Asyik

Aktifitas Menunggu Waktu Berbuka Puasa

Aktifitas menunggu waktu berbuka puasa. Bulan ramadhan menjadi bulan yang banyak ditunggu sebagian besar umat muslim terutama di Indonesia. Waktu puasa di Indonesia sendiri memiliki durasi selama 12 hingga 13 jam, durasi ini termasuk lebih pendek dibandingkan dengan durasi puasa di negara lainnya. Dengan durasi di atas, banyak orang yang menggunakan waktunya selama satu sampai dua jam untuk menunggu waktu berbuka puasa. Kira-kira apa saja aktifitas yang dilakukan orang-orang ketika menunggu waktu berbuka puasa?

Menunggu Waktu Buka Puasa dengan Ngabuburit

Anda pasti sudah tidak asing dengan istilah ngabuburit. Yap benar, ngabuburit adalah kegiatan yang dilakukan untuk menunggu datangnya adzan maghrib saat bulan ramadhan. Di bawah ini adalah kegiatan-kegiatan ngabuburit yang sering ditemui dan dilakukan oleh orang-orang di Indonesia.

  • Berburu Takjil

Kegiatan yang jarang terlewatkan oleh orang-orang di bulan ramadhan adalah berburu takjil. Takjil berasal dari bahasa arab yang artinya ‘menyegarakan’. Namun di Indonesia sendiri, takjil selama ini dimaknai sebagai makanan untuk berbuka puasa. Contoh menu takjil yang banyak diburu antara lain, kolak pisang, es buah, manisan, dan lain-lain. Aktifitas mencari takjil ini biasanya dilakukan satu atau dua jam sebelum berbuka puasa. Biasanya aktifitas berburu takjil ini dilakukan dengan cara berkeliling mencari masjid-masjid yang menyediakan takjil geratis. Selain itu banyak juga masyarakat atau komunitas yang menyediakan takjil geratis untuk masyarakat dan pengendara yang lewat. Tidak hanya takjil geratis, aktifitas berburu takjil juga dilakukan dengan cara mendatangi pasar kuliner ramadhan. Masyarakat biasanya menghabiskan waktu untuk berjalan-jalan di pasar kuliner untuk mendapatkan menu buka puasa yang diinginkan.

  • Menyiapkan Masakan dan Mencoba Resep Baru

Memasak bisanya dilakukan oleh ibu-ibu atau para istri menjelang buka puasa. Sebenarnya tidak hanya istri, dan ibu-ibu yang harus melakukan pekerjaan ini. Anda bisa memanfaatkan momen memasak dan menyiapkan makanan berbuka puasa untuk menunggu waktu berbuka datang.  Selain lebih hemat dan higienis, kegiatan memasak bisa dijadikan sebagai ajang quality time bersama keluarga di rumah. Dengan pembagian kerja yang jelas, setiap anggota keluarga dapat saling membantu satu sama lain untuk mewujudkan menu berbuka puasa yang disukai orang-orang rumah. Agar tidak bosan, anda bisa mencoba resep-resep baru atau mengkombinasikan beberapa sehingga menjadi menu hidangan yang nikmat saat berbuka puasa.

  • Streaming Film

Selain memasak dan berburu takjil, kegiatan yang sering dilakukan oleh orang-orang ketika menunggu waktu berbuka puasa adalah menghabiskan waktu dengan menonton film. Dengan keberadaan platform-platform untuk streaming film, series, maupun drama, anda bisa dengan mudahnya memilih tayangan kesukaan anda.

  • Hang out atau Menghabiskan Waktu bersama Teman-teman

Menunggu waktu berbuka puasa biasanya lebih seru dengan teman-teman atau kerabat. Anda dan teman-teman anda dapat membuat list kegiatan yang bisa dilakukan bersama-sama untuk menunggu waktu datangnya maghrib. Anda juga bisa melakukan aktifitas seperti bermain kartu, memasak bersama, atau mengunjungi tempat-tempat baru yang belum pernah dikunjungi.

  • Melakukan Hobi yang Anda Miliki

Setiap orang pasti memiliki hobi masing-masing. Melakukan hobi yang anda punya bisa menjadi pilihan untuk menunggu waktu berbuka puasa. Misalkan anda suka melakukan kegiatan fotografi, anda bisa memanfaatkan momen di bulan ramadhan dengan hunting foto di seandar pasar kuliner ramadhan sekalian berburu takjil. Atau jika anda suka memancing, anda bisa pergi ke tempat pemancingan dan hasilnya bisa dijadikan sebagai tambahan menu buka puasa oleh keluarga di rumah.

  • Menjalankan Usaha dari Rumah

Usaha Kuliner

Bagi anda yang bingung mengisi waktu luang saat ramadhan, dan memiliki skill memasak, mungkin anda bisa mencoba bisnis kuliner untuk menu-menu takjil. Selain bisa menjadi kegiatan untuk menunggu berbuka, mencoba bisnis kuliner juga dapat dijadikan sebagai sumber pemasukan tambahan. Anda dapat mencoba menjajakan menu takjil yang digemari orang-orang. Menu takjil yang bisa anda jual antara lain; kolak pisang, es buah, manisan, dan maupun kue kering.

Baca juga :   Ide Konten untuk Bulan Ramadan

Menjual Staterpack Hari Raya

Menjelang hari raya, banyak orang yang berbondong-bondong mencari kebutuhan lebaran. Anda bisa memanfaatkan kesempatan ini untuk menjual staterpack hari raya seperti mukenah, gamis, kerudung, amplop lebaran atau hampers hari raya. Meskipun tidak setiap hari melayani pembeli, setidaknya anda dapat memiliki kesibukan baru untuk mempersiapkan pesanan mulai dari memilih bahan di pasar, mendekor hamper, hingga mengirimkan pesanan yang masuk. Selain itu, dengan strategi marketing yang baik, anda bisa mendapat penghasilan tambahan dengan nilai yang tidak sedikit.

  • Membuat Kue Lebaran

Menunggu waktu berbuka puasa juga dapat anda habiskan dengan membuat aneka kue lebaran. Berbekal resep kue kering di internet, anda dapat belajar mencoba menciptakan hasil kreasi kue lebaran sendiri di rumah. Hal ini bisa menjadi kegiatan yang mengasyikkan untuk menunggu waktu berbuka puasa. Selain bisa menjadi camilan di rumah sendiri ketika hari raya, apabila anda memiliki banyak waktu, sangat memungkinkan produk kue kering yang anda buat dijual kembali kepada sanak keluarga atau tetangga di daerah rumah anda. Anda dapat mempromosikan produk-produk tersebut melalui Whatsapp, Instagram, Facebook, dan media sosial yang lainnya. Lumayan mudah bukan?

  • Bagi-bagi Takjil

Tidak hanya berburu takjil, anda dapat menunggu waktu berbuka puasa dengan bagi-bagi takjil. Anda dapat mengajak teman, saudara, maupun komunitas anda untuk bergabung berbagi takjil. Tidak harus mewah, anda dapat menyiapkan takjil sederhana untuk orang-orang di sekitar rumah anda. Selain itu, anda juga bisa menyasar orang-orang yang kurang mampu dalam hal finansial, anak-anak yatim, ataupun orang-orang yang sedang bepergian jauh. Selain seru, kegiatan ini juga dapat mengasah jiwa sosial anda dan tentunya mendapat pahala. Bagaiamana? Tertarik tidak?

  • Melakukan Kegiatan Keagamaan dan Memperbanyak Ibadah

Sebagai umat muslim, poin terakhir ini bisa dilakukan saat menunggu waktu berbuka. Anda dapat mengikut kajian rutin di masjid dekat rumah anda, ataupun mengikuti pengajian akbar yang biasanya diselenggarakan oleh pemerintah daerah maupun kelompok keagamaan di kota anda. Selain itu, anda juga bisa menghabiskan waktu bersama keluarga di rumah dengan tadarus Al-Quran, memperbanyak dzikir bersama, sholawatan atau jenis ibadah yang lain. Kegiatan-kegiatan tersebut dapat meningkatkan keimanan kita dan tentunya ladang pahala bagi yang menjalankannya, karena Allah berjanji akan memberikan pahala berkali-kali lipat dibandingkan hari biasa.

Baca juga :   Berikut Ini 10 Hal Yang Seharusnya Kalian Persiapkan Menjelang Bulan Ramadan.

Nah, dari beberapa aktifitas menunggu waktu berbuka puasa di atas, mana yang sering anda lakukan ketika bulan ramadhan tiba? Apapun yang anda lakukan untuk menunggu waktu berbuka, pastikan bahwa aktifitas yang anda lakukan tersebut bernilai positif dan tidak merugikan orang lain. Sekian cuap-cuap kali ini bersama mimin, semoga kita semua selalu diberikan keberkahan dan kesehatan agar bisa menjalankan ibadah di bulan ramadhan secara maksimal dan dapat bertemu dengan bulan ramadhan selanjutnya. (shs)