Tugas Seorang SEO Specialist yang Wajib Kalian Ketahui

Tugas dan Cara Menjadi Seorang SEO Specialist

Apakah kalian tertarik menjadi seorang SEO Specialist? Profesi ini memang sepertinya sedang marak dicari dan dikenal oleh banyak orang baru-baru ini. Kira-kira apa sajakah tugas dan tanggung jawab seorang SEO Specialist? Artikel ini cocok buat kalian yang tertarik memulai karier di bidang SEO karena di sini mimin akan bagikan informasi mengenai tugas dan tanggung jawabnya (tugas seorang SEO Specialist), serta cara menjadi seorang SEO Specialist.

Apa itu SEO Specialist?

Seorang spesialis SEO merupakan profesi yang bertanggung jawab untuk mengoptimalkan kualitas halaman situs web agar dapat muncul di peringkat pertama mesin pencari.   Jutaan situs berlomba-lomba untuk mendapatkan peringkat teratas di halaman mesin pencari Google. Dengan cara ini, perusahaan yang memiliki website bisa mendapatkan keuntungan lebih  karena mampu menjangkau lebih banyak target audiens.

Untuk memastikan agar sebuah website bisa memperoleh peringkat yang tinggi, maka website perlu dioptimasi dengan serangkaian praktik SEO. Di sinilah peran SEO specialist menjadi penting.

Langkah-Langkah Menjadi Seorang SEO Specialist

  • Pahami Cara Kerja Search Engine

Kalian perlu mengetahui bagaimana cara kerja search engine dan konsep-konsep dasar Google.

  • Pahami Konsep Dasar SEO

Kalian harus mengetahui gambaran tugas, tanggung jawab serta tool-tool yang akan kalian gunakan untuk meningkatkan peringkat sebuah website. Kalian harus paham kedudukan SEO dalam lingkup Digital Marketing.

  • Pahami Makna SEO

SEO bukan hanya sekedar kata kunci dan link. Tetapi lebih dari itu, misi SEO yang sebenarnya adalah memberikan pengalaman menyenangkan dan informasi yang dibutuhkan bagi user. Tujuan kalian menggunakan SEO sebaiknya bukan hanya untuk meningkatkan pendapatan semata tetapi juga mempertahankan pengunjung langganan.

  • Mengikuti Pelatihan SEO yang Tepat

Dengan begitu banyaknya informasi yang ada di internet, maka tidak mungkin untuk menerapkan semuanya ke situs web perusahaan yang kalian kelola, karena hal itu hanya akan semakin membingungkan kalian.

Baca juga :   Kelebihan Website e Commerce untuk Kemajuan Bisnis Online

Saat ini, banyak kelas-kelas bootcamp menawarkan program pelatihan SEO. Kalian dapat menghemat banyak waktu dengan belajar dan berlatih secara privat dengan mentor yang berpengalaman untuk meminimalisir kemungkinan kesalahan yang akan kalian lakukan karena keterbatasan ilmu SEO.

  • Tetap up to date pada SEO

SEO bukanlah ilmu yang statis. Seiring dengan perkembangan algoritma Google, teori dan praktek SEO juga akan berubah seiring dengan berjalannya waktu. Sebagai catatan, Google melakukan perubahan sistem algoritma sebanyak 250 kali dalam setahun. Bisa bayangkan pelajaran yang kalian dapatkan tahun ini belum tentu masih berlaku untuk tahun depan?

Pakar SEO seharusnya memahami perubahan dinamis ini dan bisa bergerak cepat mengaplikasikan sistem yang baru pada website-nya. Lalu bagaimana caranya agar terus update informasi seputar SEO? Salah satu caranya adalah kalian bisa subscribe newsletter atau website relevan dan terpercaya yang membahas topik seputar SEO agar tidak ketinggalan zaman.

  • Memilih SEO Tools yang Tepat

SEO tidak dapat kalian gunakan secara mandiri. Dalam prosesnya kalian membutuhkan data pelengkap dan tools lain yang bisa mendukung analisa agar hasil yang kalian dapat sesuai tujuan. Memang beberapa tools ini bisa sangat mahal namun ini adalah ‘investasi’ bagi website kalian agar dapat menghasilkan pendapatan dan trafik yang lebih banyak lagi.

Berikut beberapa contoh alat yang dapat kalian manfaatkan:

  • Google Webmaster; merupakan aplikasi gratis untuk analisis SEO. Informasi yang diberikan cukup komprehensif untuk membantu kalian dalam membuat keputusan SEO.
  • Google Analytics; juga merupakan aplikasi gratis yang dapat kalian gunakan untuk melihat lalu lintas ke situs web, serta laporan navigasi dan sorotan konten yang kalian buat.
  • SEMrush; meskipun tidak gratis, namun aplikasi ini sangat kalian butuhkan sebagai SEO pemula untuk melakukan analisis komprehensif tentang PPC, riset kata kunci, pembuatan tautan, media sosial, dan mengetahui situs web pesaing.
  • Ahrefs; merupakan aplikasi alternatif untuk SEMrush. Dengan berlangganan bulanan kalian bisa mendapatkan informasi lengkap yang kalian butuhkan untuk meningkatkan peringkat website di mesin pencari. Jika ingin mencobanya, Ahrefs menawarkan fitur tersebut secara gratis selama tujuh hari sebelum kalian memutuskan untuk membelinya.
Baca juga :   Lowongan Kerja di Kampus Dosen Jualan

Semua tools di atas dapat anda pergunakan secara gratis maupun berbayar.

  • Mempraktikkan Pengetahuan SEO

Setelah mempelajari banyak teori mengenai SEO, semua itu belumlah lengkap apabila kalian tidak mempraktikkannya langsung. Setiap situs web itu unik, dan mempraktikkan SEO di situs web kalian akan memungkinkan kalian mengetahui lebih banyak kebutuhan situs web tersebut. kalian bisa membaca studi kasus website lain yang sukses menerapkan SEO ke dalam proyek mereka sambil mencari inspirasi untuk website yang kalian handle sendiri.

  • Bagikan Pengetahuan Kalian

Berbagi ilmu akan mendatangkan lebih banyak ilmu lagi bagi kita. Cara terbaik untuk belajar SEO adalah dengan membagikan ilmu yang kalian peroleh kepada orang lain. Maka kalian akan terkejut mengetahui banyaknya informasi baru yang bisa kalian peroleh dan bagikan kepada orang lain. Kalian bisa gunakan platform media sosial untuk membagikan pengetahuan dan pengalaman ini.

  • Bersabar

Tidak ada yang instan di dunia ini. SEO membutuhkan waktu untuk mengukur kesuksesannya. Hanya karena kalian tidak berhasil di minggu ini, bukan berarti kalian tidak akan berhasil sama sekali. Jika kalian menginginkan hasil yang cepat, maka SEO bukanlah cara yang tepat.

SEO akan memberikan hasil jangka panjang pada bisnis kalian dengan meningkatkan trafik organik ke situs web kalian. Sebelum menggunakan layanan seorang profesional SEO, pastikan untuk mencatat peringkat situs web kalian dan jumlah trafik dari waktu ke waktu sebagai perbandingannya.

  • Mintalah Saran dari Pakar SEO

Pakar SEO memiliki waktu terbang yang cukup tinggi di dunia internet marketing. Akan ada masanya di mana kalian sebagai pemula merasa kesulitan untuk mendapatkan hasil yang diinginkan. Tantangan ini sangat normal dan menjadi kesempatan kalian untuk membaca pengalaman-pengalaman para pakar serta kesulitan apa yang pernah mereka hadapi sehingga kalian tidak perlu takut gagal.

Baca juga :   Manfaat Youtube Marketing Untuk Bisnis

Tugas dan Tanggung Jawab SEO Specialist

  • Mengembangkan strategi optimasi yang bertujuan untuk meningkatkan peringkat website pada hasil pencarian di mesin pencari.
  • Melakukan riset kata kunci yang akan digunakan pada seluruh halaman website.
  • Melakukan analisis aktivitas pengembangan trafik organik kompetitor.
  • Memonitor dan mengevaluasi metrik kinerja harian.
  • Mengembangkan dan mengintegrasikan strategi pemasaran konten.
  • Memberi masukan terkait perubahan pada struktur situs web, konten, link, serta komponen website lainnya.
  • Mengembangkan dan menerapkan strategi link building.
  • Bekerja sama dengan para pemangku kepentingan yang berbeda untuk menerapkan inisiatif SEO yang perlu.
  • Bekerja sama dengan tim web developer untuk memastikan agar praktik SEO dapat diaplikasikan dengan benar di seluruh situs web.
  • Memantau perubahan algoritma mesin pencari untuk dapat mengikuti perubahan yang terjadi di dalam lanskap SEO.

Demikianlah pembahasan artikel kali ini mengenai tugas seorang SEO Specialist.

Jangan lupa bagikan artikel ini ke teman kalian! Dan nantikan artikel-artikel berikutnya yang akan mimin bagikan!

Hotmaria S