Strategi Pemasaran Rental Mobil Ramai Orderan

Strategi Pemasaran Rental Mobil

Strategi Pemasaran Rental Mobil. Ada pepatah yang bilang bahwa rejeki gak kemana. Tapi ngomong-ngomong soal rejeki, ternyata ada lho pebisnis yang sangat sepi orderan ketika masa pandemi ini. Siapa lagi kalau bukan mereka yang terjun di bisnis rental mobil atau persewaan mobil. Biasanya orang akan menyewa mobil ketika bepergian ke kota, wisuda, ke sanak saudara, atau untuk berwisata. Tapi di masa pandemi, semua kegiatan tersebut seakan berhenti sehingga rental mobil tidak laku atau sepi orderan.

Namun, fajar telah menyingsing. Angka kasus covid-19 perlahan-lahan menurun sehingga pemerintah menurunkan status PPKM menjadi level 1 atau 2. Pemerintah juga telah memperbolehkan bepergian ke luar kota atau ke sanak saudara, tentunya dengan pengetatan protokol kesehatan. Menyambut momen ini, maka para pebisnis rental mobil wajib untuk berbahagia karena tentunya orderan akan ramai kembali.

Karena sudah vakum agak lama, mungkin para pebisnis perlu mengetahui strategi pemasaran rental mobil terbaru untuk meningkatkan orderan. Di sinilah masalahnya sebab kadang ada pebisnis yang malas untuk mencari strategi terbaru. Maka dari itu kita di sini akan membahas tentang strategi pemasaran rental mobil agar ramai orderan.

Tulisan ini juga akan membahas kepadamu tentang bagaimana keadaan pebisnis rental mobil di masa pasca pandemi, serta cara dan tips untuk memasarkannya. Termasuk platform apa yang bagusnya kita gunakan untuk mengoptimasi digital marketingnya. Oke, sekarang mari kita simak dulu tentang bagaimana besarnya peluang usaha rental mobil pasca pandemi.

Baca juga :   Ide Konten Instagram Reels untuk Tingkatkan Jangkauan Postingan

Pengusaha Rental Mobil Sukses Pasca Pandemi

Menjadi pengusaha rental mobil cenderung gampang-gampang susah. Rejeki kita ditentukan oleh antusiasme masyarakat untuk bepergian. Ketika masyarakat cenderung malas untuk keluar rumah, maka pengusaha rental mobil tidak akan laku dan laris.

Apalagi di masa pandemic seperti sekarang tentunya peluang pengusaha rental mobil sukses semakin besar. Mereka yang selama 1,5 tahun tidak kemana-mana, tentu akan bahagia mendengar kabar bahwa covid sudah menurun. Mereka pasti akan merencanakan liburan di masa seperti sekarang.

Di saat pebisnis lain cenderung menutup bisnisnya, maka sudah saatnya inilah waktu untuk mencari dan menjemput peluang tersebut. Sudah saatnya usaha rentalmu yang terbengkalai tak terurus, harus kita kembangkan lagi dan bahkan waktunya untuk makin bersinar. Nah, di sinilah masalahnya. Kalau kamu tidak mempunyai strategi pemasaran rental mobil yang memadai, tentu akan sulit untuk  menjemput peluang tersebut.

Analisa Usaha Rental Mobil Pasca Pandemi

Setidaknya masa-masa ramainya orang yang menyewa mobil ini akan bertahan sampai 1 hingga 2 bulan ke depan sejak Oktober 2021. Sebab kebanyakan orang pasti akan euphoria ketika mendapati fakta bahwa sekarang pandemi sudah minggat.

Dalam satu atau dua bulan ini manfaatkanlah sebaik mungkin. Karena kita masih belum tahu keadaan untuk tiga bulan ke depan. Bisa jadi dalam tiga bulan ke depan keadaann bisa berubah dan kita tidak diijinkan lagi mengadakan acara bepergian seperti beberapa bulan yang lalu.

Bagaimanakah cara memanfaatkan momentum selama dua bulan ini untuk mencari untung sebanyak-banyaknya sambil mencari strategi pemasaran rental mobil untuk menghadapi era normal baru ke depannya?

Nah, kami punya beberapa saran dan masukan buat kamu untuk bertahan di masa normal baru ini. salah satunya adalah dengan menerapkan prosedur higienitas dan keamanan rental mobil.

Cara Usaha Rental Mobil Yang Aman

Pada masa pasca pandemic ini, pasti banyak orang akan lebih berhati-hati dalam menggunakan barang sewaan. Sebab mereka tidak ingin apa yang mereka sewa itu tidak  higienis, karena sudah dipakai oleh penyewa sebelumnya. Maka dari itu terapkan higienitas terhadap mobil-mobil yang akan anda sewakan. Bahkan kalau perlu kita juga boleh mencari sertifikat bahwa mobil kita aman dari virus dan telah disterilkan.

Baca juga :   Strategi UMKM dalam Menghadapi New Normal

Kalau ingin mencari sertifikat sterilitas itu maka kita bisa mencari lembaga yang bisa menjamin itu. Tapi selain itu kita juga harus meningkatkan keamanan dalam artian para customer harus nyaman dan percaya bahwa jasa sewa kita merupakan rental yang menyewakan mobil-mobil yang resmi atau tidak bermasalah. Sebab dalam banyak kasus, para rental mobil yang tidak bertanggung jawab itu menyewakan mobil-mobil yang bermasalah (seperti kredit macet, mobil hasil curian, dan lain-lain). tunjukkan kepada publik bahwa rentalmu resmi dan dapat dipercaya.

Bisnis Rental Mobil Pemula

Buat kamu yang masih pemula dalam berbisnis rental mobil, maka jangan takut. Sebab kamu bisa membuka penyewaan mobil dengan menerapkan beberapa strategi yang sudah kami bahas di atas. Tapi kamu juga harus perhatikan aspek strategi pemasaran rental mobil ini. sebab di masa sekarang, kalau kita tak dapat memanfaatkan aspek online, maka akan ketinggalan jaman. Tulisan di bawah ini akan bahas tentang tips rental mobil bertahan dengan digital marketing.

Tips Rental Mobil Bertahan dengan Digital Marketing

Strategi pemasaran rental mobil sekarang harus mampu mengonlinekan jasanya. Tentu ini akan menjadi kesulitan kalau sebelumya cara yang kita pakai adalah cara pemasaran konvensional atau jadul. Nah, beberapa tips berikut ini semoga bermanfaat buat kamu yang ingin scale up bisnis persewaan mobil.

  1. Gunakan Teknik Optimasi SEO

Cara paling manjur untuk memasarkan rental mobil adalah menggunakan teknik SEO atau optimasi website di google. sebab kebanyakan pencari jasa tidak mau repot dengan mencarinya di marketplace atau sosmed. Justru mereka memakai google untuk mencari jasa, termasuk sewa mobil.

Tapi memang jasa persewaan mobil ini persaingannya cukup berat daripada jasa lainnya. untuk mengatasinya kamu harus membuat artikel di website dengan jenis longtail keyword. Sasarlah mereka dengan penawaran khusus, seperti kata kunci berikut ini; jasa rental mobil di Jogja antar ke rumah, rental mobil gunungkidul + sopir, atau persewaan mobil di kulonprogo Daihatsu xenia, dan lain sebagainya. Itulah beberapa kata kunci SEO yang cukup banyak dicari oleh orang. Kamu bisa mengkreasinya sendiri sesuai dengan target kotamu.

  1. Pakai Youtube untuk Memberikan Tips Seputar Rental Mobil

Youtube ini boleh kamu pakai untuk mengedukasi customer atau orang yang ingin menyewa mobil. Kamu dapat membuat customer menaruh trust kepada usahamu dengan cara ini. jadi cobalah share tips menyewa mobil dengan aman, atau tips mencari rental mobil yang terpercaya. Pasti dari situ kamu dapat mengambil hati customer dan akhirnya memakai jasa kamu.

  1. Pakai strategi Whatasapp Marketing

Di sini kamu juga dapat bergabung dengan grup-grup keluarga di whatsapp untuk mencari keluarga yang butuh degan sewa mobil. Jangan lupa untuk masuk grup sesuai dengan target kotamu. Misalnya grup arisan, PKK, Dharma wanita, ataupun jamaah istighozah. Untuk lebih lanjut simak : cara memaksimalkan whatsapp business.

  1. Cara Menawarkan Rental Mobil Ke Perusahaan

Kamu juga dapat menawarkan rental mobil ke perusahaan dengan mengirimkan proposal terlebih dahulu. Sebab banyak sekali perusahaan yang butuh mobil  di saat sekarang untuk pelesir karyawan ataupun antar jemput karyawan.

  1. Bentuklah Tim Digital Marketing

Hal ini merupakan salah satu ikhtiar agar kita bisa semakin mengembangkan bisnis sewa mobil. Semua strategi pemasaran rental mobil di atas akan susah kita terapkan kalau tidak mempunyai tim digital marketing. Lalu apa saja tim digital yang kita perlukan? Di antaranya adalah; 1 orang bagian design, 1 orang bagian edit dan take video, 2 orang mengurus website, serta satu orang admin.

Baca juga :   Jago Digital Marketing dengan Whatsapp Bisnis dan Fitur-fiturnya

Itulah beberapa tips tentang strategi pemasaran rental mobil yang dapat kamu terapkan untuk menyambut ledakan orang bepergian di masa normal baru ini. Semoga bermanfaat.