Rahasia sukses merintis bisnis bagi para pemula

Tips untuk Calon Pebisnis : Rahasia sukses merintis bisnis bagi para pemula

 

Rahasia sukses merintis bisnis bagi para pemula. Kebanyakan pemula bisnis memandang sulit pada awal mulai memasuki dunia bisnis. Berkecimpung dalam bisnis sebagai pengusaha atau entrepreneur memang membutuhkan keahlian untuk memanfaatkan segala situasi dan sumber daya yang adsa dan menjadikannya sebagai sesuatu yang bernilai dan berharga.

Seperti yang kita ketahui, banyak dari kita menilai bebrapa bisnis yang sudah besar sekarang ini dimulai dari tempat yang kecil dan dari hal hal yang kecil. Dan dengan modal yang seadanya. Seperti halnya rekayasa IT Micrososft yang mengawali bisnisnya dari garasi mobil atau facebook yang berjalan pertama kali di asrama.

Banyak para pelaku awal bisnis yang merintis dari modal kecil yang mengeluh serta menyalahkan diri atu rival mereka karena kalah dalam persaingan bisnis. Nah, berikut ini adalah hal yang perlu diperhatikan benar-benar oleh pengusaha pemula agar dapat memnangkan persaingan pasar. Kepoin yuk rahasia sukses merintis ;

  1. CARI TAHU PENGETAHUAN BISNIS

Ada hal yang utama yang pada umumnya dialami oleh seorang pengusaha pemula, yaitu wawasan atau pengetahuan bisnis yang kurang matang dan sempurna. Diantaranya pengetahuan bisnis adalah soal bagaimana cara memulai bisnis, membuat rencana sederhana, merancang marketing yang tepat, branding produk, pengemasan, distribusi produk, hingga hal yang sederhana dan administrasi perusahaan.

Banyak dari pemula yang tidak mengetahui bahwa dasar dasar pengetahuan bisnis ini penting. Karena hal ini juga merupakan investasi utama dan sangat berharga untuk keberlangsungan bisnis kedepan.

Kalian juga bisa bergabung dengan komunitas wirausaha untuk mendapatkan ilmu ilmu tentang bisnis.

 

  1. BANGUN DAN BANGKIT.

Luaskan pasaran serta distribusi produk kalian. Jangan salah, banyak faktor penentu apakah suatu produk laris atau tidak laku. Mulai dari promosi ke calon konsumen atau pada jalur marketing produk.

Baca juga :   Mahir Digital Marketing Di Sekolah Bisnis Dosen Jualan

Kendala yang sering dihadapi oleh para pengusaha kecil adalah keterbatasan modal untuk membuka took sendiri atau melakukan distribusi agar produk bisa dilihat dan dibeli konsumen,

Akan tetapi keterbatasan ini bisa ditangani dengan memanfaatkan teknologi internet yang kini sedang trend. Pengusaha pemuloa akan lebih baik juga mengembangkan pemasaran dan branding secara online ke semua media social dan media pemasaran internet, termasuk menggunakan platform took online.

Dengan pemasaran online ini pula, kalian dapat memasarkan produk tanpa batasan geografis. Tentu juga sangat menguntungkan bagi para pengusaha pemula. Hanya saja kita perlu membangun jaringan pemasaran online dengan baik supaya pencarian produk konsumen selalu mengarah ke produk kita.

 

  1. MENGELOLA MODAL DENGAN MANAJEMENT CASH FLOW

Memulai bisnis memang membutuhkan modal dan investasi yang tidak bisa dibilang kecil. Agar bisnis yang kalian jalankan terus berkembang dan berjalan maka modal pun harus dikelola dengan baik. Jangan sampai pengeluaran terlalu banyak dan hingga modalnya didapat dari meminjam, tetapi bisnis belum menghasilkan profit yang dapat menutupi hutang