Rahasia Menulis Ala Tere Liye untuk Kamu yang Baru Belajar Nulis

rahasia menulis ala tere liye

Rahasia Menulis Ala Tere Liye – Ternyata ada banyak manfaat lho dari menulis. Katanya kegiatan ini bisa melepas stress. Katanya juga bisa menjadi cara untuk berbicara dengan diri sendiri. Termasuk bisa menjadi pekerjaan yang mendatangkan duit atau cuan lho. Tapi sayangnya tidak semua orang mau dan mampu untuk melakukannya. Butuh tenaga ekstra untuk memulai tulisan. Untuk itulah kami akan membagikan 5 Rahasia Menulis ala Tere Liye untuk kamu yang baru belajar nulis.

Siapa yang tidak kenal dengan Tere Liye? Pasti kita sering melihat kata motivasi nya tentang kesabaran cinta bersliweran di sosial media. Atau bahkan kita pernah melihat novelnya terpajang manis di rak Gramedia. Dia memang termasuk penulis yang cukup produktif. Sudah banyak novel yang dilahirkan oleh beliau. Untaian kata tere liye tidak hanya tertuang dalam bentuk novel, melainkan juga kata-kata motivasi yang dipostingnya lewat Facebook. Lalu apa rahasia beliau sampai bisa seproduktif itu dalam kegiatan tulis menulis?

Yuk simak rahasia beliau, buat kamu yang ingin belajar menjadi penulis;

Tips Menulis Ala Tere Liye

Dalam kegiatan ini kita tidak perlu menjadi siapapun, tapi mindset ala Bang Tere ini bisa menjadi santapan kita ketika sedang malas atau bingung dalam memulai tulisan. Kamu boleh belajar dari siapa saja terkait menulis, sebab setiap penulis mempunyai pengalaman masing-masing dan itu layak menjadi pembelajaran buat kita. Apa saja tips dari beliau ya kira-kira?

  1. Temukan Hal Sederhana di Sekitarmu, Lalu Tuangkan dalam Tulisan

Kadang penulis juga heran, bagaimana bisa Tere Liye mendapatkan ide untuk menguntai status facebook apalagi merangkai novelnya. Seperti tidak pernah kehabisan ide setiap harinya. Ternyata inilah rahasia di balik produktifitas ala Tere Liye.

Baca juga :   Domain Yang Bagus Untuk Bisnis

Rahasia ala Bang Tere sederhana, yakni temukan ide dari hal-hal yang sederhana di sekitar kamu. Obyek apapun bisa menjadi tulisan lho. Barulah dari sesuatu yang sederhana itu kembangkan menjadi tulisan yang memikat hati. Memang butuh kepekaan tertentu agar bisa merubah hal sederhana menjadi begitu menarik untuk diulas.

Sebenarnya tidak ada hal yang tidak bisa kita tulis. Semua tergantung sudut pandang kita saja dalam melihat obyek. Agar punya kepekaan dalam melihat obyek kita harus banyak-banyak membaca. Kebiasaan ini harus kita miliki sebelum mendeklarasikan diri menjadi seorang penulis. Kalau pengen tulisanmu dibaca orang, tips nya kamu juga harus mau baca tulisan orang dong. Hehe

Baca Juga : Internet Marketers Nahdlatul Ulama (IMNU) Sebagai Strategi NU di Dunia Digital

  1. Memulai dengan Kalimat yang Sederhana

Kadang kala kita begitu mempunyai banyak ide sehingga bingung untuk mulai menuangkannya dari mana. Jangan sampai tidak segera kamu eksekusi karena ide datang dan pergi seperti dia. Eh, seperti angin ding. Biar idemu tidak segera pergi entah kemana, maka segeralah menulis agar idemu hadir dalam bentuk tulisan.

Tips dari Tere untuk memulai nulis adalah kita harus menorehkan kalimat pertama secara sederhana. Jangan kasih kalimat yang susah dicerna karena pembaca akan ogah membaca apabila tulisanmu membuat mereka pusing tujuh keliling. Stop buat mereka pusing. Buat kalimat yang tidak panjang dan bisa dinikmati sambil minum kopi. Barulah secara perlahan tensi tulisan boleh meningkat. Pembaca itu harus kita arahkan kapan harus nyantai dan kapan harus mikir serius ya sobat.

  1. Butuh Amunisi untuk Mencegah Writer Block

Meskipun sudah menerapkan tips menulis ala sang penulis novel pulang ini kamu masih bingung juga mau nulis apa? Tenang sobat, kamu gak sendirian. Memang hal ini seringkali kita alami sebagai penulis pemula. Untuk menyiasatinya kita harus melakukan riset kecil-kecilan sebelum melanjutkan mendeskripsikan sebuah obyek.

Baca juga :   Ide Usaha di Depok yang Paling Menggiurkan

Misalnya nih kamu pengen nulis Tips Diet di Saat Pandemi. Apabila kamu tidak pernah punya pengalaman diet, maka jangan sekali-kali berani nulis topik ini. Nanti kamu tidak kuat, itu berat. Hhehe. Lalu bagaimana untuk mengatasinya? Rahasia dari Bang Tere adalah kamu harus melakukan wawancara kepada mereka yang sedang berdiet. Ini lebih baik daripada kamu Cuma mengarang ke sana dan kemari tidak ada tujuan.

Motivasi Kita dalam Menulis menurut Tere Liye, terkadang naik dan turun. Maka jangan melulu menunggu inspirasi, kita harus jemput dia. 

Merangkai kata memang butuh inspirasi. Tapi inspirasi bukan syarat utama buat menulis. Cobalah melakukannya saat kondisimu sedang nol inspirasi.  Jangan manjakan diri dengan alasan “tidak ada inspirasi”. Sebab menurut Tere Liye, inspirasi itu bisa kita temukan di dalam tiap aksara yang kita ketikkan. Kalau tidak percaya pada rahasia ini silakan kamu coba.

Kalau kamu bisa menulis saat sedang tidak ada ide, tentu ini akan menggembirakan sekali. Sebab, begitu kamu sudah ada inspirasi maka kamu akan lebih lancar dalam menorehkan kata-kata. Inspirasi itu seperti doi yang serba tak pasti. Maka tips nya adalah jangan nungguin inspirasi, mending segera eksekusi. Ssssttt, ini rahasia yang tidak banyak orang ketahui lho. Cuma dibagikan buat kamu yang pengen menjadi penulis aja.

  1. Berlatih dan Berlatih, karena Writing is Doing

Saat ini kita sudah berada di zaman serba digital. Kita tidak harus mengetik di mesin tik yang sangat merepotkan. Kita juga tidak harus mengandalkan computer yang sangat berat itu. Kegiatan penulisan di era sekarang bisa kita lakukan dari gadget dan langsung posting. Oleh karena itu tidak ada lagi alasan untuk malas menulis.

Baca juga :   Kata kata Promosi Donat yang Bikin Customer Nelen Ludah

Menulis itu adalah kata kerja. Oleh karena itu, ia bisa terlaksana apabila kita mengerjakannya. Kunci dan rahasia agar produktif dalam merangkai kata ala Bang Tere adalah terus dan terus berlatih. Butuh proses panjang untuk membuat tulisan indah dan enak dibaca orang lain. perlu trouble dan error untuk melatih kebiasaan yang satu ini.

Rahasia ala Tere Liye untuk soal ini adalah kamu harus membiasakan diri membuat kata atau kalimat. Entah itu mengetik status di sosmed ataupun membalas chat di whatsapp. Apabila kita menghayati proses ini maka kita akan sadar bahwa menulis ternyata bukan pekerjaan mudah. Menguntai kata-kata adalah melatih otak kita untuk menuangkan segenap kandungannya. Perlu serius berlatih ya sobat.

Itu tadi 5 rahasia menulis ala tere liye yang bisa kamu renungkan sebelum memutuskan untuk menjadi seorang penulis. Menjadi penulis memang tidak gampang, tapi akan banyak manfaat apabila kamu bisa expert  di dalamnya. Sebab semua bidang kehidupan manusia pasti membutuhkan tulisan.

Salah satu manfaat tulisan adalah dalam bidang jualan online. Tentunya kita harus terbiasa mengetik status yang enak dibaca apabila ingin jualanmu laku di dunia maya. Ini hanya salah satu tips dan manfaat penulisan. Ada banyak manfaat lain misalnya adalah untuk membuat sebuah website. Melalui semua itu kita dapat menghasilkan uang. Yang terpenting adalah kita mulai belajar dan terus berlatih. Ingat pesan dan rahasia ala Bang Tere dalam menulis, bahwa tidak ada yang tidak bisa dijadikan tulisan. Torehkan kata-kata dan jadilah abadi. Seperti sepenggal kata-kata Pramoedya berikut ini,

“Orang boleh pandai setinggi langit,

tapi selama ia tidak menulis,

ia akan hilang dari masyarakat dan sejarah.

Merangkai tulisan adalah bekerja untuk keabadian”, Pramoedya Ananta Toer.